Hewan Peliharaan yang Umurnya Panjang

daftarhewan.com. Bagi banyak orang, hewan mempunyai peran penting dalam kehidupan mereka sehari-hari. Hewan peliharaan dapat mengurangi stres, menawarkan persahabatan, dan memberikan jam hiburan. Meskipun begitu, berbagai keinginan si pemelihara hewan peliharaan, ada yang ingin mempunyai hewan peliharaan yang berumur panjang, sementara ada beberapa orang tidak menginginkan hewan peliharaan berumur panjang karena mereka tidak tahu bagaimana situasi kehidupan mereka akan berubah di masa depan.

Bagi mereka yang mengidamkan hewan peliharaan yang umurnya panjang, merasa sulit untuk mengatasi hilangnya hewan kesayangan. Mereka merasa betapa cepatnya tahun-tahun berlalu, dan sayangnya, hewan peliharaan tersebut tidak hidup selamanya.

Hewan yang memiliki umur panjang

Namun, beberapa hewan peliharaan tampaknya bisa hidup lebih lama dari pemiliknya yang telah dewasa. Ada beberapa spesies hewan peliharaan yang dapat hidup cukup lama asalkan tentu saja, mereka menerima perawatan terbaik. Berikut adalah contohnya:

1. Kura-Kura

harga kura kura brazil, harga kura kura brazil indukan, harga kura kura brazil besar, harga kura kura brazil albino, harga kura kura brazil ukuran besar, harga kura kura brazil umur 1 tahun, harga kura kura brazil ukuran 15 cm, harga kura kura brazil 2019, harga kura kura brazil 20 cm, harga kura kura brazil 30 cm, harga kura kura brazil umur 6 tahun

Salah satu alasan umur panjang mereka adalah metabolisme yang lambat, yang berarti mereka lebih sedikit menderita penyakit dan menua lebih lambat. Kura-kura seperti Kura-kura brazil dan Kura-kura berwarna (Painted turtle) hidup selama beberapa dekade, terutama jika mereka memiliki sumber panas dan cahaya yang tepat. Umur rata-rata kura-kura -+ 40 tahun (bervariasi tergantung spesies).

2. Ikan Koi

hewan umur tertua di dunia, hewan peliharaan yang umurnya panjang, hewan yang umurnya panjang, umur hewan yang paling panjang, hewan yang umur nya panjang

Di Jepang, ikan koi hidup bisa hidup lebih lama hingga 40 tahun dibandingkan di tempat lain, meskipun umur rata-rata mereka adalah 15 tahun. Di negara lain selain Jepang ikan ini dibesarkan lebih cepat dan diberi makan makanan yang lebih bervariasi, sehingga memperpendek masa hidup mereka.

Baca Juga:   Jenis Ayam Pheasant, Gambar dan Harganya

Koi juga lebih mungkin untuk hibernasi di musim dingin di Jepang daripada di tempat lain, dan hibernasi meningkatkan umur panjang mereka. Koi tertua dan paling panjang umur di dunia yang pernah tercatat hidup hingga usia 226 tahun. Wow, amazing!

3. Burung Macaw

fakta unik burung macaw, keistimewaan burung macaw, burung macaw jinak, burung macaw langka, kenapa burung macaw mahal

Mempunyai suara keras dan suka bermain, burung macaw mempunyai bulu yang berwarna-warni, dengan bulu ekor panjang dan paruh besar. Rata-rata umur mereka adalah +30 tahun.

Mereka berasal dari hutan hujan Amerika Selatan dan Tengah. Di penangkaran, mereka membutuhkan kandang besar, ruang bermain serta mainan untuk dihancurkan dan makanan mereka harus selalu tersedia. Jika dirawat dengan benar, mereka dapat hidup lebih lama dari pemiliknya. Macaw tertua dikatakan hidup sampai usia 112 tahun.

4. Burung Kakatua

hewan umur tertua di dunia, umur hewan tertua, hewan dengan umur terpanjang di dunia, hewan yang umurnya panjang, hewan yang umur nya panjang

Rata-rata umur mereka mencapai 30 tahun tapi ada juga Kakatua tertua yang diketahui hidup sampai umur 83 tahun. Burung-burung itu lebih membutuhkan perhatian daripada burung beo lainnya dan akan berteriak ketika meminta perhatian.

Studi tentang keterampilan kognitif Burung Kakatua telah bisa sepintar balita manusia dan sering membuat ulah, burung ini juga bisa menirukan suara manusia.

5. Burung Nuri Abu-abu Afrika

hewan peliharaan yang umurnya panjang, hewan yang umurnya panjang, umur hewan yang paling panjang, hewan yang umur nya panjang, hewan umur tertua di dunia, umur hewan tertua, hewan dengan umur terpanjang di dunia, hewan yang umurnya panjang, hewan yang umur nya panjang

Burung Nuri hidup lebih lama dari jenis burung lain, dan mereka memiliki otak yang lebih besar dan kemampuan komunikasi yang lebih baik. Cerdas dan cerewet, burung yang disebut juga Burung beo abu-abu Afrika ini cerdas, membentuk ikatan dengan manusia, dan dapat menuntut secara emosional. Mereka membutuhkan perhatian, sosialisasi, dan latihan. Harapan hidup mereka mencapai 30 tahun.

6. Ikan Mas Koki

jenis dan ciri ikan koki, jenis ikan mas koki dan gambarnya, nama2 jenis ikan koki, nama jenis ikan mas koki, jenis ikan mas koki paling mahal, jenis ikan koki yg paling bagus, jenis ikan mas koki pasaran, jenis ikan koki apa saja, semua jenis ikan mas koki, 5 jenis ikan mas koki, warna ikan mas koki, 10 jenis ikan mas koki

Ikan mas koki sebenarnya adalah ikan mas prusia yang sangat populer sebagai hewan peliharaan. Sayangnya, popularitas tersebut telah menyebabkan jutaan ikan koki mati lebih dini karena perawatan yang kurang tepat.

Baca Juga:   Ayam Pegar Ring-neck Pheasant

Gagasan populer untuk memelihara ikan ini dalam akuarium bulat yang berukuran mini adalah cara merawat yang salah karena kurangnya ruang sehingga menyebabkan penumpukan amonia dari kotoran ikan. Sementara umur rata-rata mereka tercatat sekitar 10 tahun, Guinness Book of Records telah mencatat ikan mas tertua yang mati pada usia 43 tahun.

7. Burung Falk (Cockatiel)

jenis burung falk yang mahal, jenis burung falk dan harganya, jenis burung falk, jenis burung falk dan harga, jenis burung falk australia, jenis burung falk yang bagus, jenis dan warna burung falk, jenis warna dan harga burung falk, harga dan jenis burung falk, jenis2 burung falk, foto jenis burung falk, gambar jenis burung falk

Umur rata-rata Cockatiel atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan burung Falk mempunyai rata-rata umur 20 tahun. Berasal dari daerah semi-kering di Australia, merupakan burung yang ramah dan suka bergaul.

Mereka suka bersiul pada orang, mainan mereka, atau refleksi mereka. Cockatiel tertua yang diketahui hidup selama 29 tahun. Untuk memaksimalkan umurnya, burung perlu terbang di luar kandang untuk berolahraga dan menggerakan badannya, mereka juga membutuhkan tidur hingga 12 jam di malam hari, dan banyak stimulasi mental seperti mainan dan interaksi sosial.

8. Ular

hewan umur tertua di dunia, umur hewan tertua, hewan dengan umur terpanjang di dunia, hewan yang umurnya panjang, hewan yang umur nya panjang

Sebagai hewan peliharaan, ular dapat berumur panjang, terutama Ular jagung Amerika (Corn snake), Ular Sanca bola (Ball python), ular Sanca bodo, dan Lampropeltis (Kingsnakes). Untuk tetap hidup di penangkaran, mereka membutuhkan makanan, lingkungan dengan suhu dan kelembapan yang tepat, sumber panas, tempat sejuk untuk menyendiri, tempat persembunyian dan penyangga atau tembok untuk didaki.

Salah satu mekanisme bertahan hidup mereka adalah bisa bertahan selama berminggu-minggu tanpa makan dengan menurunkan metabolisme. Ular tertua yang diketahui diyakini adalah Ular Sanca bola (Ball python) yang hidup sampai usia 48 tahun.

9. Kucing

kucing termahal di dunia, kucing termahal dunia, kucing termahal 2020, kucing termahal dan terlucu, kucing termahal di indonesia, kucing termahal di seluruh dunia, kucing termahal saat ini, kucing persia termahal, kucing persia termahal di dunia, jenis kucing persia termahal, harga kucing persia termahal, warna kucing persia termahal

Kucing rumahan dapat hidup lebih lama dari rekan mereka yang hidup di luar penangkaran, rata-rata hidup kucing rumahan adalah 17 tahun. Sedangkan rata-rata harapan hidup kucing liar adalah 2-3 tahun saja.

Di dalam ruangan, kucing tidak menghadapi risiko cedera yang berlebihan seperti tertabrak mobil contohnya, berkelahi dengan hewan lain, atau kecelakaan, mereka tidak terpapar penyakit menular yang sama, dan pemiliknya mungkin lebih mudah mengidentifikasi masalah kesehatan lebih dini dan memeriksakannya ke dokter hewan.

Baca Juga:   Kenali Kelinci Peliharaan Lebih Dekat, Melalui 6 Fakta Ini!

Tetapi di dalam rumah kucing juga membutuhkan banyak aktivitas agar tetap bugar, dan mereka tidak boleh diberi makan berlebihan. Menurut Guinness Book of World Records, kucing tertua yang diketahui berumur 38 tahun.

10. Anjing Pomeranian

anjing rumahan yang lucu, jenis anjing rumahan, harga anjing rumahan, makanan anjing rumahan, tipe anjing rumahan, ternak anjing rumahan, resep makanan anjing rumahan, anjing rumahan murah, gambar anjing rumahan

Umumnya rata-rata umur anjing adalah sekitar 10-13 tahun. Pomeranian adalah keturunan kecil dari anjing kereta luncur Islandia dan Lapland, rata-rata umur mereka adalah 15 tahun. Menurut PetPom, anggota tertua dari trah ini hidup sampai usia 21 tahun.

Meskipun cerita berikut mungkin tidak terkait dengan umur panjang alami, ternyata dua Pomeranians selamat dari tenggelamnya Titanic pada tahun 1912, tampaknya karena mereka memang cukup kecil untuk menyelinap ke dalam sekoci.

11. Kadal

hewan peliharaan unik indonesia, nama hewan peliharaan unik, hewan peliharaan yang unik, apa hewan peliharaan yang unik, berbagai jenis hewan peliharaan unik, jenis hewan peliharaan unik, jenis2 hewan peliharaan unik

Umur rata-rata mereka adalah 5-12 tahun (bervariasi tergantung spesies). Kadal adalah hewan peliharaan unik yang berumur relatif lama. Iguana hijau dapat hidup hingga 15 tahun, dan Tokek Leopard (leopard gecko) selama lebih dari 20 tahun.

Kadal hidup lebih lama di penangkaran daripada di alam liar, terutama jika diberi makanan bernutrisi yang baik dan tanpa predator. Salah satu kunci untuk membantu umur panjang mereka adalah menyediakan lingkungan yang tepat dengan pencahayaan, ruang, suhu, pasokan air, dan kelembapan yang ideal.

12. Kera capuchin berleher putih

hewan peliharaan yang umurnya panjang, hewan yang umurnya panjang, umur hewan yang paling panjang, hewan yang umur nya panjang, hewan umur tertua di dunia, umur hewan tertua, hewan dengan umur terpanjang di dunia, hewan yang umurnya panjang, hewan yang umur nya panjang

Disebut juga Monyet capucin adalah spesies yang paling sering digunakan dalam film-film Hollywood seperti The Night at the Museum, oleh karena itu mereka sangat populer. Sebagai hewan peliharaan primata ini cerdas dan juga digunakan untuk membantu orang cacat setelah pelatihan ekstensif. Monyet-monyet ini dapat hidup hingga 45 tahun di penangkaran, tetapi tidak disarankan untuk pemula.

error: