9 Hewan Pemakan Semut dan Rayap yang Unik

daftarhewan.com. Hewan pemakan semut. Hidup bergerombol dengan mobilisasi tinggi, jadi keunikan hewan imut yang tidak asing bagi kehidupan kita, yakni semut. Karena sangat akrabnya, semut juga tersemat dalam sebuah pepatah, “Ada gula ada semut”. Ukuran yang super mini, membuat kehidupan semut dilingkupi intimidasi kapan saja. Terinjak, tertindas, atau terseret.

Tetapi, walau terabaikan dan kita kira tidak penting, semut jadi sasaran predator. Bahkan juga, semut bukan hanya digemari oleh hewan yang memiliki ukuran kecil seperti undur-undur, tetapi hewan sebesar trenggiling, yang lantas kerap disebutkan ant-eater atau hewan pemakan semut.

Hewan Pemakan Semut

Disamping semut, hewan yang termasuk dalam subordo Vermilingua ini menyukai rayap sebagai makanannya. Dapat disebutkan, beberapa anteater merupakan hewan yang misteri karena mereka memiliki sifat soliter (penyendiri) dan nocturnal (beraktivitas pada malam hari). Bila kamu ingin mengetahui bentuk dan substansi beragam jenis binatang pemakan semut atau anteater, berikut 10 di antaranya:

Baca Juga:   Penyerbukan adalah? Berikan contohnya

1. Echidna

nama binatang pemakan semut, binatang pemakan serangga, gambar binatang pemakan semut, binatang pemakan semut tts 5 huruf, hewan pemakan semut 5 huruf, hewan binatang pemakan semut, jenis binatang pemakan semut, hewan pemakan semut namanya

Hewan mamalia yang bertelur bernama lain Spiny Anteater atau ekidna ini, datang dari teritori Papua New Guinea (Pulau Papua) dan Australia. Asal mula nama mereka dari mitologi Yunani, yang memiliki makna “induk segala monster”. Wujud mereka memang kelihatan menakutkan, terhitung pula saat merasa terancam. Mereka dapat bergulung dan mengeluarkan duri-duri tajam.

2. Giant Anteater

hewan pemakan semut bermulut panjang, binatang pemakan semut nama hewan, hewan pemakan semut dan rayap, nama binatang pemakan semut, binatang pemakan serangga, gambar binatang pemakan semut, hewan binatang pemakan semut, jenis binatang pemakan semut, hewan pemakan semut namanya

Tipe binatang pemakan semut satu ini merupakan yang paling besar atau raksasa, yakni mencapai 2,1 mtr. Dengan lidah lekat sepanjang 61 cm, mereka dapat makan 30.000 ekor semut dan rayap setiap harinya. Tetapi, ada juga predator yang mengincar beberapa giant anteater, yakni jaguar, puma, dan cougar.

3. Giant Armadillo

hewan makan semut, hewan pemakan semut, hewan pemakan serangga, binatang pemakan semut, hewan yang memakan semut, nama hewan pemakan semut, hewan pemakan semut adalah, hewan pemakan semut dan rayap, hewan apa yang memakan semut

Walau termasuk anteater, Giant Armadillo kerap kali mengonsumsi rayap dan belatung. Sama sesuai namanya, hewan asal dari Amerika Selatan ini memiliki ukuran besar dengan berat badan mencapai 30 kg. Mereka sering dibasmi oleh manusia, karena dipandang seperti hama.

4. Northern Tamandua

nama binatang pemakan semut, jawaban tts binatang pemakan semut, gambar binatang pemakan semut, hewan pemakan semut jawaban tts, hewan pemakan semut namanya, hewan pemakan semut rangrang, hewan pemakan semut tts 5 huruf, binatang pemakan semut 5 huruf, binatang pemakan semut jawaban tts, binatang pemakan semut nama, hewan pemakan semut, hewan pemakan semut adalah, hewan pemakan semut bermulut panjang, binatang pemakan semut nama hewan, hewan pemakan semut dan rayap

Dengan badan yang bercorak hitam, Northern Tamandua gampang dikenal dan dapat ditemui di teritori Meksiko Selatan sampai rimba pantai Pasifik, sekitaran Ekuador dan Peru. Mereka dapat mencapai panjang 130 cm, bergigi sedikit, dengan lidah yang panjang dan lekat.

Baca Juga:   Apa yang Dimaksud Hewan Nokturnal? Berikan Contohnya

5. Numbat

hewan dari n, hewan yang huruf depannya n, hewan depannya n, hewan yang depannya n, hewan huruf depan n, nama binatang huruf n

Seperti anteater lain, numbat atau banded anteater mempunyai lidah panjang dan lekat. Tetapi, cakarnya yang kurang kuat membuat mereka memilih tanah yang lebih halus. Skema di badan mereka, diperkirakan terkait dengan Tazmania atau Thylacine yang sudah musnah. Karena populasi anteater jenis ini sudah menipis, usaha pelestarian terus dilaksanakan untuk menjaga keberadaan mereka.

6. Pink Fairy Armadillo

hewan warna pink

Warnanya yang cute, membuat Pink Fairy Armadillo jadi terlihat adorable dan lucu. Ditambah lagi, ukuran badannya imut, hanya 4,5 inch. Dengan lapisan baja, ia dapat bergulung dan menelusup seperti kura-kura. Tetapi, sedihnya hewan asal Argentina ini sudah ada diambang kepunahan.

7. Pygmy Anteater

apa nama binatang pemakan semut, apa nama hewan pemakan semut, apa itu hewan pemakan semut, binatang pemakan semut apa, jawaban tts binatang pemakan semut, binatang pemakan semut adalah, tts binatang pemakan semut, nama binatang pemakan semut, binatang pemakan semut nama hewan, binatang pemakan semut 5 huruf

Pemakan semut yang disebut Silky ini berasal Amerika tengah dan Amerika Selatan. Mereka hidup di teritori hutan dan memiliki tubuh kecil, dengan berat kurang dari 1 pon (0,4 kg) dan panjang 45 cm. Anteater jenis ini termasuk nocturnal dan jarang-jarang terlihat. Walau begitu, mereka belum dikelompokkan sebagai hewan yang terancam punah.

8. Southern Tamandua

pemakan semut, binatang pemakan semut, semut pemakan manusia, pemakan semut raksasa, hewan yang memakan semut, nama hewan pemakan semut, hewan pemakan semut adalah, landak pemakan semut, binatang pemakan semut tts, tapir pemakan semut

Eksotisme hewan atau binatang yang disebut juga Collared atau Lesser Anteater ini membuatnya kerap dicari. Walau sebenarnya, semprotan kelenjar bau busuk dari anusnya, menjadi satu diantara keunikan pertahanan Southern Tamandua. Anteater yang makan serangga seperti lebah ini, hidup di daerah Amerika Selatan. Ia mempunyai cakar yang tajam, tetapi tidak mempunyai gigi, seperti anteater yang lain.

Baca Juga:   Hewan yang Dimanfaatkan Bulu dan Kulitnya

Nama anteater satu ini datang dari bahasa Afrika Selatan, yang maknanya babi bumi. Tetapi, walau moncongnya terlihat seperti babi, mereka punyai telinga seperti keledai, dan kulit merah muda pucat yang kerutan.

9. Trenggiling

trenggiling bahasa inggris, trenggiling english, trenggiling english indonesia, trenggiling in english

Hewan bersisik bernama lain Pangolin atau Scaly Anteater ini dapat kita temui di Indonesia, wilayah barat Asia Tenggara sampai Samudra Atlantik di Afrika. Trenggiling banyak dicari sebagai makanan dan obat-obatan, hingga IUCN menulis jika populasinya tengah turun secara signifikan. Tubuh trenggiling dapat mencapai 100 cm. Susunan badan yang kuat dan tersusun atas keratin bisa melindunginya dari gempuran predator.

Walau kita tak pernah menyaksikan mereka dalam kehidupan setiap hari, tetapi beberapa anteater jadi bagian utama dalam keseimbangan alam. Karena itu, hargai dan jaga kelestarian habitat mereka, ya!

error: