10 Hewan Prasejarah: Leluhur Hewan yang Masih Hidup

daftarhewan.com. Tidak diragukan lagi bahwa terdapat keragaman yang sangat besar di antara hewan di bumi. Sebenarnya tidak ada yang benar-benar tahu, betapa bervariasinya keanekaragaman ini, sekitar 10.000 spesies baru ditemukan setiap tahun dan beberapa perkiraan menyebutkan jumlah total spesies hewan di antara 2 juta dan bahkan mungkin lebih dari 50 juta.

Namun hanya sekitar 1,9 juta dari hewan tersebut yang telah diberi nama dan dideskripsikan. Ada jutaan hewan yang telah punah, para ahli paleontologi mempelajari catatan fosil dan membuat hubungan antara spesies hewan-hewan prasejarah yang punah ini dan keturunannya di zaman modern seperti saat ini. Dengan membandingkan hewan-hewan masa kini, dengan kerabat prasejarahnya mereka terlihat seperti versi kerdil.

Hewan Prasejarah Nenek Moyang Hewan yang Masih Hidup

1. Arctodus (Beruang Bermuka Pendek)

hewan hewan prasejarah, hewan hewan zaman purba, hewan zaman purba, hewan prasejarah, hewan pada zaman purba, hewan prasejarah terganas di dunia, hewan di zaman purba

Nama lain hewan ini adalah Short-faced bears. Saat ini beruang kutub dan beruang kodiak dianggap sebagai spesies beruang terbesar, keduanya memiliki berat sebanyak 680 kg yang merupakan ukuran yang mengesankan, tetapi dibandingkan dengan Arctodus, beruang yang ada saat ini ini masih ringan daripada nenek moyangnya.

Beruang yang telah punah ini menghuni Amerika Utara selama masa Zaman Pliosen hingga 11.000 tahun yang lalu dan ketika berdiri dengan kaki belakang ia bisa mencapai tinggi 3 meter bahkan diperkirakan memiliki berat lebih dari 1360 kg.

Baca Juga:   10 Hewan Laut Prasejarah Terbesar dan Terganas di Dunia

2. Megalodon

hiu prasejarah tts, hiu prasejarah game, nama hiu prasejarah, sejarah megalodon hiu prasejarah, ikan hiu prasejarah, hiu prasejarah jawaban tts

Jika Anda mengira hiu modern berukuran besar dan menakutkan, Anda mungkin belum pernah mendengar tentang Megalodon yang berarti “gigi besar”. Megalodon adalah spesies hiu raksasa yang telah punah, yang hidup sekitar 1,5 juta tahun yang lalu.

Dengan ukuran panjangnya yang luar biasa hingga 60 kaki (18 meter), Megalodon dianggap salah satu predator terbesar dan terkuat yang pernah ada di seluruh dunia. Megalodon pada dasarnya tampak seperti versi hiu putih besar yang jauh lebih besar dan tangguh.

3. Meganeura

capung di indonesia, capung pdf, capung punah, capung purba

Spesies serangga bahkan memiliki kerabat prasejarah raksasa Meganeura adalah genus serangga yang punah dari Karbon (Carboniferous) yang terkait dengan capung masa kini. Dengan sayap hingga 26 inci (66 cm). Merupakan salah satu spesies serangga terbang terbesar yang pernah hidup di bumi. Meganuera adalah pemangsa dengan makanan utamanya terdiri dari serangga lain dan semut dan amfibi kecil.

4. Glyptodon

hewan aneh prasejarah, daftar hewan prasejarah, hewan hewan prasejarah, foto hewan prasejarah, gambar hewan prasejarah, info hewan prasejarah

Armadillo peri merah muda, spesies terkecil dari armadillo yang hidup dengan berat sekitar 4,2 ons dan berukuran sekitar 4 inci (10 cm) ternyata berasal dari Glyptodon, armadillo raksasa yang mencapai lebih dari 3 meter panjangnya dan beratnya mencapai 2 ton. Herbivora berlapis baja, hewan prasejarah ini adalah seukuran mobil kecil.

Baca Juga:   Alat Pernapasan Pada Hewan

5. Pulmonoscorpius (Kalajengking Raksasa Skotlandia)

jenis kalajengking besar, kalajengking hitam indonesia, kalajengking hitam, kalajengking purba

Meskipun ukurannya kecil, kalajengking modern adalah makhluk berbahaya dan tangguh yang ditakuti oleh banyak orang. Karena itu mari kita lihat kerabat prasejarah sepanjang 30 inci (76 cm).

Pulmonoscorpius akan menjadi mimpi buruk jika masih hidup sampai saat ini. Pulmonoscorpius adalah spesies kalajengking raksasa yang telah punah, yang hidup sekitar 345 hingga 330 juta tahun yang lalu. Kalajengking besar ini adalah makhluk darat yang mungkin memakan arthropoda kecil dan tetrapoda.

6. Gigantopithecus

kera purba terbesar di dunia, monyet terbesar sepanjang sejarah, monyet yang terbesar di dunia, monyet terbesar dunia, jenis monyet terbesar

Sangat mirip dengan kera raksasa fiksi King Kong Gigantopithecus adalah hewan nyata yang hidup antara 9 juta hingga 1.000 tahun yang lalu di Asia saat ini dengan tinggi hingga 10 kaki (3 meter) dan berat hingga 1.200 pon (544 kg).

Gigantopithecus adalah kera terbesar di bumi, makhluk yang diyakini telah berjalan dengan empat kaki seperti gorila dan simpanse modern, namun pendapat minoritas mendukung gerakan bipedal seperti manusia.

7. Terror Bird

burung terbesar di bumi yang tidak bisa terbang, gambar burung terbesar, nama burung terbesar di dunia, burung terbesar purba, burung terbesar unta

Dengan berat mencapai 145 kg dan tinggi hingga 2,7 meter, burung unta modern adalah burung terbesar dan terberat di dunia. Tetapi dibandingkan dengan pendahulunya yaitu terror bird (Phorusrhacidae), burung unta adalah masih tergolong ringan.

Phorusrhacidae atau Terror Bird adalah Karnivora prasejarah yang sedikit lebih tinggi tetapi jauh lebih kuat dan besar daripada burung unta masa kini, dan beratnya sekitar setengah ton, tetapi meskipun memiliki massa tubuh yang sangat besar, mereka mungkin bisa berlari secepat cheetah.

Baca Juga:   Apa Saja Kegunaan Nyamuk? Berikut 10 Manfaatnya!

8. Archelon

penyu terbesar di dunia, penyu terbesar di indonesia, penyu terbesar di palembang, penyu belimbing terbesar, penyu sisik terbesar, penyu belimbing terbesar di dunia, tempat peneluran penyu belimbing terbesar di asia pasifik terdapat di provinsi, penyu terbesar dunia

Berbicara tentang penyu purba kita juga harus menyebutkan penyu terbesar yang pernah ada yaitu Archelon, penyu laut raksasa yang kerabat terdekatnya saat ini adalah penyu belimbing. Dengan panjang kurang lebih 4 meter dengan fosil yang ditemukan terutama di bagian utara Amerika Serikat. Berat kura-kura diperkirakan lebih dari empat ribu delapan ratus lima puluh pon atau -+ 2 ton.

9. Deinosuchus

gambar buaya terbesar, buaya.terbesar, buaya terbesar di dunia ini, buaya terbesar sepanjang sejarah, buaya purba terbesar, buaya purba terbesar di dunia

Saat ini buaya masih dianggap sebagai hewan yang besar dan menakutkan, mereka dianggap sebagai keturunan langsung dari dinosaurus. Tetapi kenyataannya ada spesies buaya yang benar-benar memburu dinosaurus. hidup 80 hingga 73 juta tahun yang lalu, Deinosuchus adalah reptil yang mencapai panjang hingga 40 kaki (12 meter) dengan berat 10 ton. Deinosuchus memiliki gigi tajam besar yang mampu membunuh dan memakan ikan penyu laut dan bahkan dinosaurus yang besar.

10. Deinotherium

gajah terbesar dan terberat di dunia, gajah terbesar sepanjang masa, gambaran gajah terbesar di dunia, gajah purba terbesar, photo gajah terbesar di dunia, gajah raksasa terbesar di dunia, tentang gajah terbesar di dunia, gajah yang terbesar di dunia, gajah yang terbesar

Woolly Mammoth bukan satu-satunya nenek moyang gajah saat ini jika mereka pergi lebih jauh ke masa prasejarah kita akan menemukan Deinotherium makhluk danau yang merupakan gajah besar. Dengan taring pendek aneh yang tumbuh dari rahang bawahnya sesuai dengan ukuran tengkorak yang ditemukan di Jerman pada tahun 1836. Kita tahu bahwa ukuran hewan-hewan ini sangat melebihi gajah modern. Fitur paling khas dari Deinotherium adalah sepasang gading yang aneh, tetapi fungsi gading tersebut belum diketahui.

error: