Daftar Hewan Purba yang Masih Hidup Hingga Saat Ini

daftarhewan.com. Hewan purba yang masih hidup. Berbicara mengenai hewan purba tak terbatas pada dinosaurus saja. Tidak pada komodo, sebagai reptil purba asli Indonesia. Ada banyak hewan yang lain telah lama jadi penghuni bumi.

Bahkan juga dahulu mereka memandang bumi sebagai tempat tinggalnya, sampai selanjutnya manusia tiba dan semakin berkembang, lalu menggantikan semua tempat. Berikut ini adalah informasi tentang hewan purba yang masih hidup.

1. Bangau Sandhill (10 Juta Tahun)

burung purba yang masih hidup, hewan zaman purba yang masih hidup, makhluk purba yang masih hidup, hewan purba masih hidup, hewan hewan purba yang masih hidup, hewan purba yang masih hidup di dunia, hewan purba yang masih ada, hewan purba yang masih hidup sekarang, hewan yang masih hidup dari zaman purba

Hingga saat ini sisa 15 spesies bangau di penjuru dunia. Salah satu mereka adalah Sandhill Crane atau Bangau Sandhill, yang telah berumur 10 juta tahun. Mereka hidup di Amerika Utara, persisnya di area basah air tawar. Jika dari fosilnya, susunan mereka tetap sama dengan periode Miocene Epoch.

Baca Juga:   Sapi Berkembang Biak Dengan Cara?

2. Kalajengking Kaisar (400 Juta Tahun)

hewan purba yang masih hidup, hewan purba yang masih hidup sampai sekarang, 10 hewan purba yang masih hidup, 7 hewan purba yang masih hidup versi on the spot, hewan purba yang masih hidup di dunia, hewan hewan purba yang masih hidup, binatang purba yang masih hidup sampai sekarang, hewan purba yang masih hidup sampai sekarang di indonesia, hewan purba yang masih hidup saat ini

Kalajengking Kaisar atau Emperor Scorpion ini jadi yang paling besar dalam kelasnya. Dia sebagai hewan darat paling renta yang ada dari muka bumi. Dari fosilnya, kelihatan jika susunan hewan ini tetap belum berbeda. Sekarang mereka telah mencapai 400 juta tahun.

3. Udang Kecebong (300 Juta Tahun)

hewan purba yang masih hidup, hewan purba yg masih hidup, binatang purba yang masih hidup, hewan purba yang masih hidup sampai sekarang, 10 hewan purba yang masih hidup, penemuan hewan purba yang masih hidup, hewan zaman purba yang masih hidup, hewan hewan purba yang masih hidup, hewan purba yang masih hidup di dunia, hewan purba yang masih ada

Hewan air yang disebut juga Tadpole Shrimp, Triops ini mempunyai tehnik bertahan hidup yang unik, yang membuat mereka sukses mencapai usia sampai 300 juta tahunan. Triops mempunyai kekuatan “stasis”, yang umum dikatakan sebagai “diapause” . Maka, telur yang baru keluar itu menjalani masa di mana mereka jadi kering dan perkembangannya itu seolah berhenti. Tetapi yang mengagetkan, mereka malah tidak mati. Telur-telur itu masih tetap pada status mereka sepanjang 27 tahun lama waktunya. Jika airnya cukup, baru mereka menetas dan bertahan hidup.

Baca Juga:   10 Hewan yang Bisa Menyimpan Cadangan Makanan

4. Tuatara (200 Juta Tahun)

hewan purba yang masih ada, 5 hewan purba yang masih hidup, binatang purba yg masih hidup sampai sekarang, hewan purba yang masih hidup hingga sekarang, hewan purba yang masih hidup saat ini, gambar hewan purba yang masih hidup, penemuan binatang purba yang masih hidup, hewan purba yang masih ada hingga kini, 7 hewan purba masih hidup

Sepintas, binatang ini mengingati kita pada kadal. Tetapi dia ialah hanya satu anggota dari ordo Rhynchocephalia yang hidup. Binatang epidemik New Zealand atau Selandia baru ini lahir dengan mata ke-3 . Tempatnya ada antara dua mata depannya. Tetapi ketika tuatara mencapai periode dewasa, mata ke-3 ini seolah tertutup. Tuatara sendiri dapat hidup di alam liar sampai 100 tahun lama waktunya.

5. Katak Ungu (130 Juta Tahun)

hewan purba yang masih hidup sampai saat ini, jenis hewan purba yang masih hidup, hewan purba yg masih hidup hingga sekarang, hewan purba yang diyakini masih hidup, hewan purba di laut yang masih hidup, hewan purba yang hidup sampai sekarang, sebutkan hewan purba yang masih hidup

Ketika melihatnya, kita kemungkinan belum ngeh jika hewan itu disebut katak ungu. Bentuknya justru lebih serupa dengan agar-agar yang menggumpal. Tetapi dia sebagai salah-satu survivor yang bertahan, persisnya di Western Ghats, yang disebut wilayah pegunungan India Selatan. Mereka disebut juga Purple Frog dan bernama latin Nasikabatrachus sahyadrensis.

6. Nautilus (500 Juta Tahun)

hewan zaman purba yang masih hidup, makhluk purba yang masih hidup, hewan laut purba yang masih hidup, hewan hewan purba yang masih hidup, hewan purba yang masih hidup di dunia, hewan purba yang masih hidup saat ini, hewan purba yang masih hidup hingga sekarang

Cephalopoda dengan pola belang ini dapat ditemui di semua perairan samudera hindia serta pasifik. Mereka suka ada di tempat terumbu karang. Ada 90 tentakel disekitaran cangkangnya. Disamping untuk tangkap mangsa, tentakel itu benar-benar menolong gerakan nautilis.

Baca Juga:   Paus Pembunuh Palsu, Ciri dan Keterangan Lainnya

7. Ubur-ubur (600-700 Juta Tahun)

ubur ubur terkuat, ubur-ubur terbesar di dunia

Hewan yang disebut Jellyfish ini mempunyai kesan elok dan cerah ini sebagai makhluk multi-organ paling tua di dunia. Bahkan juga bisa saja mendahului dinosaurus, yang saat ini tinggal film dan dongeng. Meskipun begitu, ubur-ubur masih menyebar di tiap samudera. Mereka masih tetap panjang umur walaupun tanpa tulang, otak, apa lagi hati. Tidak terpungkiri, ubur-ubur sebagai makhluk unik.

8. Giant Chinese Salamander (170 Juta Tahun)

hewan purba yang masih hidup saat ini, jenis jenis hewan purba yang masih hidup, jenis hewan purba yang masih hidup, apakah hewan purba masih hidup, hewan purba yang masih hidup sampai saat ini, 10 hewan purba yang masih hidup sampai sekarang

Salamander Tiongkok – via : earth.com

Kawan kita ini tengah ada di tahap yang malang. Perlu perlakuan khusus supaya mereka tidak betul-betul punah. Salamander Tiongkok raksasa ini sendiri adalah amfibi terbesar. Tetapi saat ini tersisa kurang dari 50.000 ekor saja di dunia.

Mengagumkan jika mereka masih ada di sekitaran kita. Namun tetap hati-hati, karena kemusnahan selalu menyertai salah satunya. (Dari berbagai sumber)

error: