Home » Pengetahuan » 10 Daftar Hewan Terancam Punah di Dunia

10 Daftar Hewan Terancam Punah di Dunia

Daftarhewan.com. Flora dan fauna merupakan salah satu kekayaan alam yang wajib dijaga dan dilindungi. Sebagian di antar flora dan fauna liar di dunia melakukan evolusi untuk beradaptasi dan mempertahankan diri agar tetap memiliki keturunan hingga jangka panjang.

Hewan terancam punah di dunia

Hanya saja, terdapat beberapa faktor yang membuat flora dan fauna mengalami kepunahan seperti pembalakan liar, perburuan, atau menghilangnya habitat asli mereka karena ulah manusia. Apa saja hewan langka yang terindikasi akan segera terancam punah tersebut?

1. Burung Kondor California

hewan yang terancam punah di dunia, hewan paling terancam punah di dunia, daftar hewan terancam punah di dunia, hewan yang hampir punah di dunia, hewan yg hampir punah di dunia, hewan langka di dunia beserta asalnya, hewan langka di dunia beserta keterangannya

Burung Kondor California (California condor)

Binatang satu ini sempat menghilang dari alam liar. Warnanya cukup cantik dan memiliki lebar sayap hingga 3 meter membuat keperkasaannya terlihat sangat nyata. Hewan yang tumbuh dan berkembang di kawasan California ini sedang diupayakan untuk pengembangbiakan. Sebelumnya, sejumlah 27 ekor ditangkap untuk pembudidayaan agar jumlahnya semakin bertambah.

Dengan melakukan hal ini, hal yang menjadi harapan para pecinta hewan dan lingkungan ingin mengupayakan agar California Condor tak lagi termasuk dalam 10 daftar hewan terancam punah di dunia. Melestarikannya secara perlahan akan membuatnya berkembang meski jumlahnya belum terlalu banyak.

2. Macan Tutul Amur (Amur leopard)

hewan paling terancam punah di dunia, daftar hewan terancam punah di dunia, hewan langka di dunia dan asalnya, hewan langka di dunia dan penjelasannya, hewan langka di dunia dan keterangannya, binatang hampir punah di dunia, daftar hewan terancam punah, binatang yang hampir punah di dunia

Macan Tutul Amur atau Pantera Pardus Orientalis termasuk salah satu satwa unik di dunia yang telah langka. Bulu kulitnya indah dan memanjakan mata. Habitatnya berada di sekitar Rusia bagian tenggara hingga timur laut negeri China. Saat ini diperkirakan hanya berkisar 30-35 ekor yang masih bertahan hidup di alam liar.

Baca Juga:   Jenis Adaptasi Hewan dan Contohnya

3. Lumba-lumba Vaquita

apa saja hewan yang hampir punah, nama hewan yang terancam punah, nama hewan yg terancam punah, mengapa hewan dan tumbuhan terancam punah, hewan yang terancam punah di dunia, hewan paling terancam punah di dunia, daftar hewan terancam punah di dunia, hewan yang hampir punah di dunia

Salah satu dari 10 daftar hewan terancam punah di dunia adalah satwa laut vaquita. Mamalia laut sejenis lumba-lumba ini hingga 2016 hanya memiliki jumlah kisaran 100 ekor saja. Nominal tersebut tentu sangat sedikit jika dibandingkan jenis satwa laut lainnya yang mendiami seluruh lautan di dunia. habitatnya banyak ditemui di Teluk California Utara diperbatasan Meksiko.

Penelitian terbaru hingga 2019 jumlahnya menurun drastis hingga 20 ekor saja. Hal ini disebabkan banyaknya penangkapan ikan ilegal untuk dijual. Bila berhasil menangkap spesies satu ini, harga yang bisa ditawarkan di pasaran bisa mencapai mencapai angka 4000 dollar Amerika atau sekitar 57 juta rupiah, kurs sekarang Juni 2020. Sebuah harga yang sangat fantastis bukan?

4. Badak Hitam (Diceros Bicornis)

hewan terancam punah di dunia, hewan yang hampir punah adalah, faktor yang menyebabkan hewan terancam punah adalah, faktor yang dapat menyebabkan hewan terancam punah adalah, hewan yang terancam punah beserta asalnya, hewan yang hampir punah beserta penjelasannya, hewan yang hampir punah beserta asalnya, contoh hewan terancam punah, contoh hewan yg terancam punah

Badak Hitam (Diceros Bicornis) hewan terancam punah

Badak Hitam merupakan satwa yang masuk kategori dalam 10 daftar hewan yang terancam punah di dunia. Satwa ini kerap dijadikan sasaran buruan selama masa kolonial. Culanya cukup bernilai tinggi jika didistribusikan di pasar gelap. Dagingnya juga menjadi santapan lezat yang dipercaya bisa menambah stamina tubuh. Maka tak mengherankan bila populasinya semakin berkurang setiap tahunnya.

Tak hanya faktor perburuan, habitat yang sudah tidak mumpuni menjadi salah satu kendala lain yang dihadapi para badak hitam di alam bebas. Habitat aslinya sudah tidak mendukung untuk mendapatkan pangan, sehingga banyak hewan yang mati kelaparan. Hingga saat ini, jumlahnya diperkirakan hanya berkisar 4000 ekor di seluruh dunia.

5. Lumba-lumba Tak Bersirip Yang Tze

lumba-lumba air tawar sungai, berita lumba lumba di sungai, ikan lumba lumba sungai cina, ikan lumba lumba sungai china, ikan lumba lumba sungai cina pupus, lumba lumba di sungai, gambar lumba-lumba di sungai, lumba lumba masuk sungai

Mamalia yang dikenal sebagai ‘panda air raksasa’ satu ini menjadi salah satudari10 daftar hewan terancam punah di dunia. Pasalnya, populasi lumba-lumba ini hanya terantuk pada angka 1000-1800 ekor saja. Salah satu satwa laut ini banyak ditemukan di sekitar sungai YangTze, salah satu sungai terpanjang di Asia.

Baca Juga:   Mengenal Hewan yang Hidup di Air dan Penjelasannya

Selain dikarenakan adanya penangkapan ilegal, faktor makanan juga menjadi masalah yang semakin mempersempit angka survive hewan satu ini. Perubahan kondisi laut di sekitar habitatnya telah banyak digunakan untuk pengembangan pabrik, bendungan, dan bangunan lainnya, sehingga mereka tergeser perlahan dan menjadi spesies yang amat langka.

6. Serigala Merah

hewan terancam punah, hewan terancam adalah, hewan apa terancam punah, hewan yang terancam punah adalah, berita hewan terancam punah, contoh hewan terancam punah, hewan terancam di dunia, gambar hewan terancam punah, hewan hewan terancam punah

Tak banyak yang mengetahui bahwa ada jenis serigala merah yang hidup di dunia. Angka populasinya yang semakin mengecil membuat satwa satu ini tergolong dalam 10 daftar hewan terancam punah di dunia. Dari sekian juta hewan yang ada di bumi ini, Serigala Merah hanya menyisakan 12 – 15 ekor saja hingga tahun 2019 lalu. Hidup di sekitar North Carolina, fauna satu ini juga menjadi salah satu buruan paling dicari sebagai santapan.

Berdasarkan angka yang semakin menciut, pemerintah setempat berencana akan melakukan pemulihan dengan mengandangkan beberapa hewan yang tersisa untuk dikembangbiakkan secara intensif. Hingga saat ini, pertambahan jenis Serigala Merah masih jauh dari angka yang aman dari kelangkaan.

7. Ikan Alabama Sturgeon

hewan terancam punah 2020, hewan terancam adalah, hewan apa terancam punah, hewan yang terancam punah adalah, berita hewan terancam punah, contoh hewan terancam punah, hewan terancam di dunia

Spesies hewan laut ini memiliki jumlah angka pertumbuhan yang cukup memprihatinkan. Hanya berkisar ribuan ekor saja, jenis Alabama Sturgeon menjadi salah satu dari10 daftar hewan terancam punah di dunia. Banyak pecinta fauna yang menjadikan binatang satu ini sebagai salah satu jenis ikan yang patut dilindungi.

Komunitas Endangered Species Act dan para pecinta hewan seperti Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) berkesempatan memberikan dukungan penuh dengan melakukan konservasi untuk fauna laut langka termasuk Alabama Sturgeon. Diharapkan upaya ini dapat membantu peningkatan populasi mereka agar bisa diselamatkan dan tidak mengalami kelangkaan yang signifikan.

8. Gorilla Dataran Rendah

hewan apa terancam punah, hewan yang terancam punah adalah, berita hewan terancam punah, contoh hewan terancam punah, hewan terancam di dunia

Western lowland gorilla

Gorila dataran rendah utamanya spesies Western lowland gorilla termasuk salah satu jenis fauna yang dilindungi. Kini Taman Nasional Kahuri-Biega menjadi salah rumah perlindungan satwa satu ini. Penempatannya di wilayah konservasi dikarenakan adanya kerusuhan di Kongo yang mengorbankan spesies ini dalam peperangan yang terjadi kala itu.

Baca Juga:   Hewan Aneh di Dunia dan Gambarnya

Sempat terjadi perebutan dan digunakan sebagai tambang ilegal, WWF dan organisasi lain terkait perlindungan hewan akhirnya bisa merebut Taman Nasional itu kembali dan masih beroperasi hingga kini. Hingga tahun 2019 lalu, Gorilla Dataran Rendah menempati rangking 5 besar fauna yang paling sedikit perkembangannya.

9. Trenggiling Pangolin Cina

daftar hewan terancam punah, daftar hewan terancam punah di dunia, hewan paling terancam punah di dunia, hewan yang hampir punah di dunia

Salah satu hewan lain yang masuk 10 daftar hewan terancam punah di dunia adalah Pangolin Cina atau trenggiling. Hewan yang kerap dijuluki sebagai ‘buah pinus berkaki’ ini benar-benar memiliki sisik menyerupai buah pinus berwarna coklat yang aneh tetapi menggemaskan. Penelitian WWF dalam beberapa tahun belakangan mencatat bahwa spesies ini sudah sangat langka.

Hal ini dikarenakan oleh kelakuan penduduk lokal yang menjadikan hewan ini sebagai konsumsi harian.Tak hanya itu saja, rupanya perdagangan ilegal Pangolin Cina telah memasuki Vietnam karena sisiknya digunakan sebagai salah satu jenis obat yang bisa dicampurkan dengan produk herbal untuk menyembuhkan penyakit.

10. Antelop Hirola (Hirola Antelope)

hewan yang terancam punah di dunia, hewan paling terancam punah di dunia, daftar hewan terancam punah di dunia, hewan langka di dunia beserta asalnya, 10 hewan yang sudah punah di dunia, daftar hewan terancam punah, 5 hewan hampir punah di dunia, 10 hewan terancam punah, binatang yang hampir punah di dunia

Hirola semakin mengempis jumlahnya dari tahun ke tahun. Antelop satu ini memiliki tanduk unik yang melengkung dan berbeda dengan jenis rusa atau kancil pada umumnya. Wabah penyakit yang menyerang wilayah habitatnya pada tahun 1980-an membuat populasinya berkurang hingga 90%. Mereka juga harus bertahan hidup dengan kondisi lingkungan yang tak lagi bersahabat. Hingga 2019 lalu, tercatat angka 450 dalam data persebarannya.

Berdasarkan data dari 10 daftar hewan terancam punah di dunia tersebut dapat memberikan wawasan agar sebagai manusia yang memiliki hati nurani, terdapat kewajiban moril yang harus dijaga. Dengan tidak melakukan perburuan liar demi keuntungan pribadi, manusia seharusnya tetap menjaga ekosistem alam agar binatang-binatang langka tersebut masih bisa dilihat oleh anak cucu di masa yang akan datang.

error: