12 Hewan Terkecil di Dunia, Ada yang 1 Cm Saja!

daftarhewan.com. Tentunya menarik menelusuri kehidupan hewan di dunia, ada hewan yang terbesar di dunia dan ada juga hewan terkecil di dunia.

Hewan Paling Kecil di Dunia

Dibandingkan Gajah dan paus, manusia terbilang kecil. Namun di sisi lain, ada hewan yang jauh lebih kecil dari dari manusia bahkan sangat kecil, sehingga kita hampir tidak dapat menemukannya di alam liar, apalagi memahami bagaimana mereka bertahan hidup pada kehidupan mereka.

1. Brookesia micra

hewan paling kecil di dunia, hewan terkecil adalah, kelelawar bumblebee, binatang terkecil di dunia, hewan terkecil di dunia adalah, hewan yang paling kecil di dunia, binatang terkecil, hewan yang terkecil di dunia, gambar hewan terkecil di dunia

Jenis bunglon terkecil di dunia dan merupakan hewan terkecil di dunia. Bunglon Brookesia micra dewasa rata-rata tumbuh dengan panjang lebih dari 1 inci (2,5 cm). Hewan ini cukup kecil untuk diletakkan di atas jari manusia dan menjadi hewan peliharaan terkecil di dunia. Peneliti menemukan spesies endemik Madagaskar itu pada awal 2012.

Baca Juga:   Makna dan Arti Mimpi Tentang Sapi

2. Etruscan shrew (Etruscan shrew)

tikus terkecil di dunia, hewan terkecil, hewan apa yang terkecil di dunia, sebutkan nama hewan terkecil, nama hewan yang terkecil di dunia, siapakah hewan terkecil di dunia, sebutkan nama hewan terkecil di dunia, nama hewan terkecil di dunia, apa hewan terkecil di dunia

Tikus Etruria dewasa, bernama latin Suncus etruscus, panjangnya rata-rata sekitar 1,5 inci (11,4 sentimeter, tidak di hitung dengan ekor). Ditemukan di daratan yang membentang dari kawasan Mediterania hingga Asia Tenggara, hewan mungil ini makan hingga 25 kali sehari karena metabolisme yang tinggi.

3. Hiu lentera katai (Dwarf Lanternshark)

hiu terkecil di dunia, hiu terkecil di indonesia, hiu terbesar dan terkecil di dunia, jenis hiu terkecil

Spesies hiu terkecil di dunia adalah Dwarf Lanternshark yang bernama ilmiah Etmopterus perryi, tumbuh hingga sekitar 8,3 inci (21,1 sentimeter). Tubuh mereka mengandung organ pemancar cahaya yang memungkinkan mereka untuk berkamuflase di bawah sinar matahari dan menarik hewan kecil di perairan yang lebih gelap dan lebih dalam.

4. Kelelawar bumblebee (Kitti’s hog-nosed bat)

kelelawar bumblebee, hewan terkecil, hewan paling kecil di dunia, hewan terkecil adalah, binatang terkecil di dunia, hewan terkecil di dunia adalah, hewan yang paling kecil di dunia, hewan yang terkecil di dunia, gambar hewan terkecil di dunia, binatang paling kecil di dunia

Berukuran rata-rata antara 1,1 – 1,3 inci (2,8 – 3,3 cm) dengan kepala dan tubuh digabungkan, Kelelawar Bumblebee yang bernama latin Craseonycteris thonglongyai, adalah mamalia terkecil di dunia. Ditemukan di Thailand dan Burma, spesies yang terancam punah ini hidup terutama di gua batu kapur.

5. Kolibri Lebah (Bee hummingbird)

segala jenis burung kecil, nama jenis burung kecil, jenis burung kecil kicau, jenis burung kecil pengicau, nama dan jenis burung kecil, nama nama jenis burung kecil

Burung terkecil di dunia, burung kolibri lebah, dengan nama ilmiah Mellisuga helenae, biasanya tumbuh dengan panjang sekitar 2,2 inci (5,6 cm). Burung endemik Kuba ini memiliki berat kurang dari uang koin satu sen dan dapat mengepakkan sayapnya hingga 200 kali per detik.

Baca Juga:   9 Arti Mimpi Menangkap Burung, Makna dan Interpretasi

6. Lemur Tikus Madame Berthe (Madame Berthe’s mouse lemur)

hewan terkecil di dunia, hewan terkecil adalah, hewan terkecil di dunia amuba, hewan yang terkecil di dunia, hewan apa yang terkecil di dunia

Lemur tikus nokturnal, atau yang bernama latin Microcebus berthae, adalah spesies primata kecil lainnya, Ditemukan hanya di pulau Madagaskar, mereka hidup dan berburu sendiri dan tumbuh hanya 3,6 inci (9,1 centimeter).

7. Marmoset kerdil (Pygmy marmoset)

hewan terkecil di dunia, hewan terkecil, hewan paling kecil di dunia, hewan terkecil adalah, binatang terkecil di dunia, hewan terkecil di dunia adalah, hewan yang paling kecil di dunia, hewan yang terkecil di dunia, gambar hewan terkecil di dunia, binatang paling kecil di dunia

Pygmy marmoset adalah monyet terkecil yang hidup di dunia, oleh karena itu, mereka telah diberi nama genus mereka sendiri, Cebuella. Ukurannya yang kecil sekitar 4 inchi atau sekitar 10 cm, sangat kecil untuk ukuran monyet.

Mereka berasal dari Amerika Selatan dan dapat ditemukan di Brasil, Kolombia, Ekuador, dan Peru yang hidup dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5-10 monyet.

8. Monte Iberia eleuth

hewan monyet terkecil, binatang monyet terkecil di dunia, hewan primata terkecil di dunia, binatang yang terkecil di bumi, binatang yg paling kecil, binatang terkecil, hewan terkecil di dunia, hewan terkecil adalah, hewan peliharaan terkecil, binatang paling terkecil di dunia

Monte Iberia eleuth yang bernama Eleutherodactylus Iberia, adalah katak terkecil di belahan bumi utara. Itu terikat untuk tetrapoda terkecil di dunia lainnya Brachycephalus didactylus. Keduanya hanya mencapai ukuran sekitar 0,4 inci (1 centimeter).

Baca Juga:   Daftar 10 Hewan Terganas di Dunia, Waspadalah!

9. Speckled cape tortoise

hewan terkecil di indonesia, 10 hewan terkecil di dunia, gambar hewan terkecil di dunia, hewan peliharaan terkecil, poto hewan terkecil, nama hewan yang terkecil di dunia, hewan vertebrata terkecil di dunia, nama hewan terkecil di dunia, hewan terkecil adalah brainly, apa hewan terkecil di dunia

Spesies kura-kura terkecil di dunia adalah speckled padloper tortoise, yang bernama ilmiah Homopus signatus. Panjangnya tumbuhnya antara 2,4-3,1 inci (6,1 – 7,9 centimeter). Seluruh populasi spesies ini hanya ada di wilayah Little Namaqualand di Afrika Selatan.

10. Tokek Biru Tanzania (Lygodactylus williamsi)

hewan terkecil adalah, binatang terkecil di dunia

Dikenal oleh banyak orang sebagai Turquoise atau Electric Blue Gecko, rata-rata tokek kerdil Williams dewasa, dengan nama ilmiah Lygodactylus williamsi, hanya memiliki panjang 3 inci (7,6 cm). Hanya ditemukan di Tanzania, spesies ini dianggap sangat terancam punah.

11. Tokek Kerdil Kepulauan Virgin (Virgin Islands dwarf sphaero)

hewan terkecil, hewan terkecil di dunia, hewan terkecil adalah, hewan yang terkecil di dunia, hewan apa yang terkecil di dunia

Sphaero kerdil Kepulauan Virgin, atau Sphaerodactylus ariasae, tinggal di Karibia dan rata-rata panjangnya hanya 0,6 inci (1,5 cm). Dianggap sebagai reptil terkecil di dunia, para peneliti percaya bahwa spesies tersebut hanya ada di Taman Nasional Jaragua di Republik Dominika.

12. Ular benang barbados (Barbados threadsnake)

hewan terkecil di dunia, hewan terkecil adalah, hewan yang terkecil di dunia, hewan apa yang terkecil di dunia, hewan terkecil di indonesia, 10 hewan terkecil di dunia, gambar hewan terkecil di dunia

Dipercaya sebagai ular terkecil di dunia, ular benang Barbados, atau Leptotyphlops carlae, tumbuh rata-rata hanya sekitar 4,1 inci (10,4 centimeter). Beberapa ilmuwan percaya bahwa seluruh populasi ular benang ada dalam beberapa kilometer persegi di Barbados, sebuah Negara di Karibia.

error: