10 Hewan Terkuat di Dunia Air, Orca hingga Buaya!

daftarhewan.com. Hewan Terkuat di Dunia Air. Karena sangat misterius kehidupan bawah air seperti lautan, beberapa peneliti mengaku jika hampir dua pertiga kehidupan di samudra tidak dikenali oleh manusia. Kehidupan di sana benar-benar kaya. Bahkan juga beberapa hewan tua juga masih exist. Disamping itu, lautan jadi tempat tinggal beberapa hewan paling besar dan paling kuat di dunia.

Beberapa penghuni laut tidak terbatas pada ikan saja. Ada mamalia, reptil, dan hewan lain. Mereka sering jadi magnet untuk beberapa peneliti. Namun tetap saja banyak yang misteri dan sukar dipahami. Beberapa film dan sastra Hollywood telah coba mendokumentasikannya, namun tetap saja gambarannya tidak begitu tepat.

Industri hiburan kerap memberinya kesan-kesan jika makhluk-makhluk laut itu jumbo, menakutkan, dan haus darah. Walau sebenarnya siapa yang tahu kenyataannya mereka malah malas bermasalah dengan manusia. Mereka mungkin lebih suka tidak dihiraukan, serta dibiarkan hidup nyaman di komunitasnya.

Hewan Terkuat di Laut

Berikut beberapa hewan terkuat di dunia laut.

1. Orca

ikan paus pembunuh, orca paus pembunuh, fakta paus pembunuh, keunikan paus pembunuh, klasifikasi paus pembunuh, ikan paus pembunuh lumba-lumba, paus pembunuh vs hiu putih youtube, nama paus pembunuh, hiu vs paus pembunuh asli, paus pembunuh bahaya

Hewan ini disebut juga Killer Whale atau Paus Pembunuh. Namanya datang karena kesukaannya membunuh dan menyantap hewan apa saja yang berada di laut maupun permukaan air. Sebagai anggota paling besar di tengah-tengah keluarga lumba-lumba, mereka dapat memiliki bobot 6 ton. Giginya unik dan dapat memanjang sampai 10 cm. Banyaknya sekitaran 40-56 gigi. Gigi-gigi itu dipakai untuk menyobek dan menggunting makanan. Mereka tidak mengunyah, tetapi langsung menelannya sesudah mangsanya jadi potongan kecil.

Orca dijumpai di mana saja. Mulai dari jarak dekat khatulistiwa sampai di perairan dingin utara. Dalam rantai makanan, status mereka berada di atas. Karenanya, jika dapat bertahan sepanjang 6 bulanan pasca lahir, umurnya cenderung panjang. Yang betina dapat hidup dalam waktu 46-50 tahun. Yang jantan dapat hidup sampai 38 tahun. Sebenarnya tidak ada yang menjadi predator Orca, terkecuali beberapa manusia usil.

Baca Juga:   Hewan yang Tidak Memiliki Tulang Belakang Disebut?

2. Great White Shark

hewan paling ganas di laut, hewan laut paling ganas, hewan paling buas di laut, hewan laut paling ganas di dunia

Lain dengan paus yang terhitung mamalia, karena itu hiu putih terhitung ikan biasa. Tetapi mereka adalah hewan karnivora yang termasuk hewan terganas di bumi. Ukuran di antara 4,5 – 6 mtr. dengan berat 2,5 ton. Walau termasuk gendut, tetapi kecepatan renangnya tidak diragukan. Mereka dapat melejit sepanjang 15 mil /jam.

Hiu ini jadi salah-satu ikan dengan gigitan terkuat. Keringanan mereka saat menggunting daging, seperti pisau yang menebas mentega hangat. Mereka mempunyai 300 gigi segitiga bergerigi hingga gigitannya kuat dan merusak. Walau hidup dalam barisan kecil, tetapi ketika berburu tidak dilakukan bersama kelompoknya.

Umur mereka dapat melewati jatah hidup rerata manusia, yaitu 70 tahunan. Imej mereka terganggu karena pernah menyerang manusia. Tetapi umumnya informasinya terlalu dibesarkan. Mereka umumnya cuman mengigit untuk memberi peringatan, selanjutnya masih tetap melepasnya.

3. Giant Pacific Octopus

gurita terbesar, gurita yang besar, gurita paling besar, gurita yang paling besar, gurita besar sekali, gurita yang paling besar di dunia

Gurita besar – via : fartaknews.com

Gurita raksasa karnivora ini tumbuh dengan berat rerata lebih dari 45 kg. Panjangnya 3-5 mtr. Tetapi ada yang sampai memiliki ukuran 9 mtr. dengan berat 270-an kg. Mereka suka memakan udang, lobster, serta kerang. Mereka kuat sehingga dapat menyerang dan menyantap hiu. Mulutnya dapat menusuk, menyobek, dan menelan daging buruannya.

Baca Juga:   Apa Saja Hewan yang Bertelur?

Gigi, tentakel, dan daya hirup gurita ini benar-benar kuat. Mereka juga pintar dan bisa jadi jahat. Mereka tidak segan-segan menganiaya beberapa penghuni laut yang lain.

4. Tiger Shark

hewan hiu harimau, gambar hiu harimau, hiu ikan macan

Saat masih kecil Hiu Macan, ikan karnivora ini mempunyai corak garis-garis pada badannya. Berat badan ukuran dewasa yang pernah diukur adalah sekitar 635 kg. Sementara panjang umumnya 4 meteran.

Kemampuan gigi mereka tidak disangsikan. Sampai cangkang kura-kura saja dapat mereka pecahkan. Mereka termasuk juga ikan berani yang sampai hati melukai, bahkan juga membabat manusia. Ya, mereka tidak pilih kasih masalah korbannya. Mereka dapat makan anjing laut, ikan pari, burung, dan lain-lain.

5. Giant Squid

cumi cumi besar, cumi cumi raksasa, cumi cumi terbesar, cumi-cumi terbesar, cumi cumi raksasa samudra atlantik, ikan cumi besar, cumi cumi 1 kg, jenis ikan cumi-cumi apakah yang besar, gambar cumi cumi besar, cumi-cumi raksasa yang hidup, cumi-cumi raksasa hewan

cumi cumi raksasa

Cumi-cumi raksasa khusus ini sebagai invertebrata paling besar di dunia dan jadi salah-satu makhluk laut paling misterius. Mereka serta habitatnya memang sulit dipahami. Ukuran sekitaran 10 meteran. Tetapi cumi-cumi paling jumbo yang sempat diketemukan memiliki ukuran 18 mtr. dengan berat 900 kg.

Mata cumi-cumi ini besar sekali karena mereka melakukan aktivitas di kedalaman samudera yang kurang akan cahaya. Tidak banyak info yang dapat digali. Yang pasti, cumi-cumi sanggup membunuh dan mengkonsumsi paus kecil. Kekuatan ini menunjukkan kemampuan tentakelnya.

6. Lion’s Mane Jellyfish

ubur ubur terkuat, ubur-ubur terbesar di dunia

 

Ukuran makhluk yang disebut Ubur-ubur Surai Singa ini bahkan juga melewati cumi-cumi raksasa. Tentakelnya dapat memiliki ukuran 36,5 mtr.. Angka ini bahkan juga menaklukkan ukuran rerata dari satu ekor paus biru. Mereka tidak mempunyai darah, tulang, dan otak. 95 % badannya adalah air.

Diprediksi ubur-ubur ini telah berlanglangbuana sepanjang 650 juta tahun di lautan, jauh saat sebelum dinosaurus memijakkan kakinya di bumi. Mereka sebagai perenang kuat yang suka makan ikan serta ubur-ubur yang lain. Walau tidak mempunyai gigi, tetapi tentakel mereka memiliki kandungan racun. Mangsanya dapat lumpuh dan mereka segera menelannya secara mudah.

7. Sperm Whale

gambar paus sperma, sperm whale

Walau bukan paus paling besar di dunia, tetapi kekuatannya tidak bisa dikategorikan kecil. Demikian pula dengan otaknya, yang memiliki ukuran terbesar antara makhluk bumi yang lain. Kekuatan berenang paus ini benar-benar mengagumkan. Mereka dapat menyelam sedalam 3000 kaki (914 meter) untuk mengincar makanan. Sajian kegemarannya ialah cumi-cumi, terkecuali cumi-cumi raksasa yang serupa kasarnya.

8. Bull Shark

ikan air tawar terbesar di bumi, ikan hiu air tawar terbesar, ikan air tawar terbesar di dunia, ikan tawar terbesar di dunia, ikan tawar terbesar, ikan hias air tawar terbesar, jenis ikan air tawar terbesar, ikan predator air tawar terbesar

Hiu Banteng ini masih berkerabat dengan hiu lemon serta hiu macan. Beratnya di antara 90 – 226 kg. Panjangnya dapat mencapai 3,5 mtr.. Hiu ini menyenangi air dangkal seperti wilayah pesisir. Bukti ini pasti jadi berita buruk untuk manusia. Apa lagi hiu banteng agresif bila merasa terganggu. Mereka tidak segan-segan melukai apa saja dan siapa saja.

Walau terhitung kelompok hiu memiliki ukuran kecil, tetapi gigitannya malah begitu tajam dari hiu besar. Sebetulnya tidak demikian dimengerti mengapa kemampuan gigitannya benar-benar kuat, walau sebenarnya mangsa mereka tidak demikian memerlukan kekuatan itu. Tapi kemampuan itu memungkinkannya hiu untuk menyantap beragam mangsa.

9. Blue Whale

apakah paus biru masih hidup, apakah paus biru memiliki suara paling keras, berapa ukuran paus biru, mengapa paus biru gajah badak hampir punah, mengapa paus biru terancam punah, mengapa populasi paus biru makin lama makin sedikit

Paus biru dan anaknya – via : newsdeeply.com

Inilah Paus Biru mamalia, hewan paling besar sekaligus hewan terkuat di dunia. Berat lidahnya saja dapat sama dengan satu ekor gajah. Sementara berat organ hatinya hampir sama dengan mobil Volkswagen Beetle. Ukuran bobot seluruh badannya bisa mencapai angka 200 ton, atau kurang lebih sama dengan 33 ekor gajah.

Mereka biasa berenang dengan kecepatan 5 mil /jam. Tetapi bila keadaannya sedang mendesak atau mengetahui bahaya, mereka dapat melejit dengan kecepatan 20 mil /jam. Kemampuan renang itu memungkinkannya paus biru untuk melakukan migrasi ke tempat yang jauh pada musim dingin.

Selainnya gagah, suaranya keras sampai 190 desibel. Bila anda dapat mendengarnya, kemungkinan telinga akan segera rusak. Tingkat ini memungkinkannya mereka untuk sanggup mendengar suara dari jarak 1.600 km. Meskipun begitu, mereka tidak terlepas dari musuh. Orca dan hiu lain sering menyerangnya. Benar-benar disayangkan , karena sekarang statusnya hampir punah.

10. Saltwater Crocodile

Lolong, buaya terbesar, buaya terbesar di dunia, buaya paling besar di seluruh dunia, buaya terbesar di bumi

Saltwater Crocodile (Buaya Air Asin) sebagai buaya paling besar di dunia yang masih hidup. Beratnya menggapai 453 kg dengan panjang 5 meteran. Komunitasnya berada di Australia Utara, Asia, dan Pasifik Selatan di India. Kekuatan serta penyamaran mereka kerap membuat mangsa terjerat tidak memiliki daya. Apa lagi jika sudah terjatuh ke air, karena kecepatan buata ini capai 18 km /jam. Tetapi bila di darat, kecepatan larinya cenderung melambat.

Makhluk purba yang masih exist ini tidak pilih-memilih mangsa. Walau manusia tidak ada pada menu makanannya, tetapi bila terusik, buaya lapar kemungkinan akan memangsanya. Karenanya, dianjurkan supaya manusia masih tetap menghargai habitat alaminya. Ada juga kemampuan giginya disebut dapat menandingi Tyrannosaurus rex. Kemampuan ini kemungkinan punya pengaruh untuk umurnya yang panjang hingga sampai 100 tahunan.

Sebenarnya kehadiran makhluk-makhluk ganas di lautan ini penting untuk kesetimbangan ekosistem. Lawan paling besar mereka bukan beberapa predator, tetapi manusia. Hewan-hewan laut banyak yang diangkut. Paus, hiu, buaya, dan lain-lain jadi tidak kebagian jatah makan.

Bahkan juga manusia mengincar beberapa predator laut, walaupun sebenarnya usaha itu ilegal. Mengakibatkan populasi mereka terus melorot.

error: