18 Hewan Termahal di Dunia, Ada yang Triliunan!

daftarhewan.com. Hewan termahal di dunia. Bukan sekadar ternak atau peliharaan, sebagian orang beranggapan bahwa hewan merupakan sahabat, bahkan anggota keluarga. Tidak heran, mereka bersedia untuk mencurahkan tenaga dan biaya, demi memenuhi kebutuhan primer, sekuder, hingga tersier para hewan kesayangan.

Tapi, apakah ratusan miliar rupiah merupakan angka yang masuk akal? Bisa jadi.

Karena, bersama rasa cinta pada hewan dan hobinya, beberapa orang pun memiliki visi yang cukup unik terkait prestise, prestasi, serta investasi. Implikasinya, beberapa hewan memiliki nilai yang fantastis, bahkan melampaui harga unit di kawasan elite Jakarta Selatan.

Hewan Termahal di Dunia

Nah, seberapa mahal para hewan yang luar biasa ini? Dan, mengapa mereka bisa melampaui angka yang tidak biasa?

Yuk, simak!

1. Fusaichi Pegasus, Si Kuda Pacu

kuda termahal, kuda paling mahal, hewan termahal di dunia, hewan paling mahal di dunia, hewan tercantik dan termahal di dunia, hewan paling mahal, binatang termahal di dunia, hewan termahal di dunia 2021, 2022, 2023, 2024 hewan peliharaan termahal di dunia, hewan yang termahal di dunia, hewan yang paling mahal di dunia

Harga: $ 60 juta (877 miliar rupiah)

Melampaui 17 hewan termahal di dunia dalam daftar ini, Fusaichi Pegasus, Si Kuda Pacu, menjadi hewan paling berharga di dunia. Ia memenangkan Kentucky Derby pada tahun 2000, dan terjual kepada John Magnier’s Coolmore Stud, pada tahun yang sama seharga $ 60 juta (877 miliar rupiah).

Apabila disesuaikan dengan inflasi, angka tersebut mencapai $ 91,1 juta (1,3 triliun rupiah) dalam nilai tahun 2021. Pada suatu waktu, biaya pembiakannya mencapai $ 150.000 atau sekitar 2 miliar rupiah.

2. Green Monkey, Si Kuda

hewan termahal, hewan termahal di dunia, hewan termahal di indonesia, nama nama hewan peliharaan termahal di dunia, nama hewan termahal, apa nama hewan termahal di dunia, apa saja hewan termahal di dunia, apa nama hewan peliharaan termahal di dunia

Harga: $ 16 juta (234 miliar rupiah)

Meski diberi nama Green Monkey, ia bukan primata, melainkan seekor kuda pacu ras murni. Green Monkey terjual di suatu lelang pada tahun 2006 dengan harga $ 16 juta atau setara dengan 234 miliar rupiah.

Namun, rupanya angka tersebut menjadi terlalu besar, karena ia pensiun dari balapan setelah mendapatkan $ 10.440 atau sekitar 150 juta rupiah. Green Monkey juga menjadi indukan bagi beberapa nama besar dalam pacuan kuda, sebelum akhirnya lengser pada tahun 2018, di usia 14 tahun.

3. Horizon, Si Kerbau Afrika

binatang paling mahal, hewan paling mahal di dunia, binatang harganya mahal, hewan paling mahal, binatang yang harganya mahal, binatang paling mahal di dunia, 7 hewan paling mahal, binatang yg mahal, haiwan paling mahal di malaysia, hewan paling mahal sedunia, binatang yg paling mahal, harga binatang paling mahal di dunia, binatang apa yang paling mahal, binatang yang mahal

Harga: $ 11 juta (160 miliar rupiah)

Horizon, seekor banteng Afrika Selatan menjadi kerbau termahal di dunia, berkat bentangan tanduknya yang nyaris mencapai 1,5 meter. Horizon bernilai $ 11 juta (160 miliar rupiah) pada tahun 2016, ketika seorang pengusaha membayar $ 2,75 juta (40 miliar rupiah) untuk 25% bagian hewan tersebut.

Pemilik cagar alam menampilkan kerbau untuk menarik para wisatawan, karena menjadi salah satu dari lima hewan terbesar di Afrika. Keturunan Horizon, masing-masing terjual lebih dari $ 150.000 atau sekitar 2 miliar rupiah.

Baca Juga:   Contoh Hewan Mamalia yang Menggunakan Sirip untuk Berenang

4. El Rey Magnum, Si Kuda Arab

hewan paling mahal, hewan paling mahal di dunia, binatang paling mahal, hewan yang paling mahal di dunia, hewan paling mahal di indonesia, harga hewan yang paling mahal, hewan peliharaan paling mahal, hewan peliharaan yg paling mahal, hewan yang harganya mahal, hewan yang sangat mahal, hewan yang mahal harganya, hewan peliharaan yang paling mahal, hewan yang berharga mahal, hewan paling mahal sedunia

Salah satu kuda termahal di dunia – via : imgur.com

Harga: Beberapa juta dollar (>40 miliar rupiah)

Colt El Rey Magnum, dikembangbiakkan secara khusus, untuk memiliki moncong yang sangat mancung, laiknya kuda kartun. Umumnya, kuda-kuda Arab populer atas wajah mereka yang konkaf.

Orrion Farms di Washington, selaku peternakan yang menjadi tempat El Rey Magnum lahir, mengklaim bahwa ia “mendekati kesempurnaan”, dan bernilai beberapa juta dolar karena penampilannya. Kuda jantan ini lantas dipelihara sebagai indukan dari anak-anak kuda yang sangat berharga.

5. Unta dari Kontes Kecantikan

unta termahal

Harga: $ 2,7 juta (39,5 miliar rupiah)

Pada tahun 2008, Sheikh Hamdan, putra mahkota Dubai, membeli unta betina seharga $ 2,7 juta (39,5 miliar rupiah), dari suatu kontes kecantikan unta di Uni Emirat Arab. Putra mahkota, yang menyebut dirinya Fazza, sering kali tampil pada unggahan media sosial bersama aneka hewan termahal, termasuk kuda, unta, elang, dan bahkan jerapah.

6. Tibetan Mastiff “Berdarah Singa”

Anjing Tibetan Mastiff termahal

Harga: $ 2 juta (29,2 miliar rupiah)

Hewan termahal di dunia berikutnya adalah anjing. Ketika berusia satu tahun, seekor Tibetan Mastiff menyabet predikat sebagai anjing termahal di dunia, setelah terjual dengan harga nyaris $ 2 juta atau sekitar 29,2 miliar rupiah pada tahun 2014. Terpesona penampilan laiknya “singa” dari anjing seberat 90 kg tersebut, seorang pengembang properti di Tiongkok mengeluarkan 12 juta yuan.

Angka tersebut melebihi harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk seekor anjing Tibetan Mastiff berusia 11 bulan bernama Big Splash, yaitu $ 1,5 juta (21 miliar rupiah) pada tahun 2011. Anjing jenis ini menjadi begitu berharga, karena dianggap sebagai simbol kekayaan di Tiongkok.

7. New Kim, Si Merpati Balap

merpati termahal di dunia, burung dara termahal di dunia, burung dara mahal, burung merpati termahal di dunia, merpati paling mahal, burung merpati mahal, merpati balap termahal di dunia, burung merpati paling mahal, merpati paling mahal di dunia

Harga: $ 1,9 juta (27,7 miliar rupiah)

New Kim berhasil mencuri gelar Armando, ketika ia menjadi merpati balap termahal di dunia, pada bulan November 2020. New Kim terjual kepada seorang penawar China anonim dengan harga $ 1,9 juta atau sekitar 27,7 miliar rupiah.

Fakta yang mengejutkan, yaitu karena harga awal New Kim hanya $ 242 atau sekitar 3 juta rupiah, karena burung betina hanya menghasilkan lebih sedikit keturunan. New Kim hanya balapan pada tahun 2018, dan lantas pensiun lebih awal, setelah dinobatkan sebagai “Burung Muda Terbaik”.

8. Missy, Si Sapi Perah

sapi paling mahal, jenis sapi termahal, harga sapi termahal di dunia, sapi paling mahal di dunia, jenis sapi termahal di dunia, harga sapi paling mahal, bagian sapi yang paling mahal, bagian sapi paling mahal, jenis daging sapi termahal

Harga: $ 1,2 juta (17,5 miliar rupiah)

Eastside Lewisdale Gold Missy, a.k.a Missy terjual dengan harga $ 1,2 juta (17,5 miliar rupiah) pada lelang di Ontario tahun 2009, dan menjadi sapi termahal di dunia. Missy memproduksi susu 50% lebih banyak dari rata-rata sapi perah (50 kg/hari), sehingga dianggap sangat berharga bagi pengembangan genetika sapi elite.

Ketika lelang, manajer pemasaran dari peternakan asal Missy, Chris Parry, menggambarkan Missy sebagai sapi yang “sangat tinggi, panjang, dan bergaya. Dia berjalan dengan kaki yang hebat, serta memiliki sistem mammae yang luar biasa. Missy begitu ideal dalam produksi susu”.

9. Double Diamond, Si Domba

foto domba garut termahal, domba mahal, domba paling mahal, jenis domba mahal

Harga: $ 510.000 (7,6 miliar rupiah)

Domba Texel, Double Diamond, terjual di Lanark, Skotlandia, dengan harga $ 510.000 atau sekitar 7,6 miliar rupiah pada bulan Agustus 2020. Harga Double Diamond melampaui rekor sebelumnya, yaitu $ 325.000 (4,7 miliar rupiah) untuk domba lain dari jenis yang sama pada tahun 2009.

Baca Juga:   Jenis Adaptasi Hewan dan Contohnya

10. Bolt, Si Merpati Balap

merpati termahal, merpati kolong termahal, merpati hias termahal, merpati termahal di dunia, merpati termahal di indonesia 2022-2023, merpati balap termahal, merpati pos termahal, merpati termahal di indonesia, ring merpati termahal, burung merpati termahal di dunia, merpati paling mahal, sawangan merpati termahal, merpati balap termahal di indonesia

Harga: $ 400.000 (5,8 miliar rupiah)

Merpati balap termahal sangat populer di Tiongkok. Bahkan, salah satunya, terjual kepada pengusaha Tiongkok, Gao Fuxin, dengan harga $ 400.000 atau sekitar 5,8 miliar rupiah, pada tahun 2013. Merpati luar biasa ini bernama Bolt, yang merujuk pada nama pelari Olimpiade Jamaika, Usain Bolt.

Pemiliknya, seorang peternak Belgia bernama Leo Heremans, mengembangkan virus karena menghabiskan terlalu banyak waktu dengan burung-burungnya, sehingga terpaksa menjual seluruh kawanan, yang terdiri dari 530 merpati, seharga $ 5,6 juta atau sekitar 81 miliar rupiah. Merpati dapat hidup sekitar empat tahun, dan Bolt dibeli dengan tujuan pembiakan.

11. Wilodge Poshspice, Sapi Limosin Termahal

sapi limosin termahal, sapi limosin asli, jenis sapi limosin asli, harga sapi limosin termahal, sapi limosin cirinya

Sapi Limosin Termahal, harganya miliaran

Harga: $ 363.000 (5,3 miliar rupiah)

Sudah sering muncul dalam daftar hewan termahal di dunia. Posh Spice merupakan julukan yang diberikan pada Victoria Beckam, Spice Girl. Sementara itu, Wilodge Poshspice merupakan seekor sapi Limousin termahal di dunia, yang terjual dengan harga $ 363.000 atau sekitar 5,3 miliar rupiah, pada suatu lelang di Carlisle, Barat Laut Inggris.

Sapi betina terbaik yang populer dengan sebutan Wilodge Poshspice ini, bagian dari kawanan Wilodge, dan induknya merupakan sapi juara Millbrook Gingerspice, yang menjadi asal muasal namanya.

Harga jual Wilodge Poshspice melampaui dua kali lipat dari rekor sebelumnya, yang tercatat pada tahun 2014.

12. Sir Lancelot Encore, Si Anjing Kloning Pertama

anjing termahal di dunia, jenis anjing mahal, anjing termahal dunia

Harga: $ 155.000 (2,2 miliar rupiah)

Ketika seekor labrador bernama Sir Lancelot meninggal pada tahun 2008, Edgar dan Nina Otto selaku pemilik, mengeluarkan biaya hingga $ 155.000 (2,2 miliar rupiah) untuk kloning, dan menyebut anjing baru yang tercipta sebagai Sir Lancelot Encore.

Seiring waktu, Lancey menjadi ayah dari delapan anak anjing pada tahun 2012. Otto mengatakan bahwa anjing hasil kloning memiliki perilaku, gerakan, dan semua sifat yang sama seperti Sir Lancelot.

13. Kumbang Rusa Raksasa

kumbang termahal, jenis kumbang tanduk termahal, harga kumbang tanduk termahal, harga kumbang termahal

Harga: $ 89.000 (1,3 miliar rupiah)

Pada tahun 1999, seekor kumbang rusa raksasa dengan panjang sekitar 8,5 cm, terjual di Jepang dengan harga $ 89.000 atau sekitar 1,3 miliar rupiah. Kumbang rusa raksasa sangat bernilai di Jepang.

Toko serangga di Tokyo yang menjadi perantara kesepakatan, mengatakan bahwa kumbang tersebut dibesarkan oleh seorang amatir di Fukui, dan dijual kepada presiden perusahaan komunikasi. Kedua pria tersebut bertemu dengan penyamaran di sebuah bilik karaoke untuk melakukan serah terima kumbang tersebut.

14. Harimau Bengal Mike Tyson

hewan peliharaan paling mahal milik mike tyson

Harga: $ 70.000 (1 miliar rupiah/ekor)

Pada tahun 1990-an, Mike Tyson mejadi bahan pembicaraan, karena mengadopsi tiga anak harimau Bengala, yang konon mencapai $ 70.000 (1 miliar rupiah per ekor). Lebih dari itu, mereka juga membutuhkan $ 4.000 (55 juta rupiah) per bulan untuk makanan, dan $ 100.000 (1,4 miliar rupiah) per tahun untuk asuransi. Dalam nilai uang hari ini, biaya awalnya saja masing-masing sekitar $ 130.500 (1,8 miliar rupiah).

Baca Juga:   15 Cara Mengusir Tikus yang Membandel!

Salah satu harimau benggala yang telah dipelihara Tyson selama 16 tahun, konon pernah merobek lengan seorang wanita yang masuk tanpa izin di properti Tyson. Dengan unggahan berupa fotonya yang tengah memeluk seekor harimau benggala, di Twitter ia menulis: “Tidak banyak orang yang bisa mengatakan bahwa mereka memelihara harimau”.

15. Anjing Kloning Barbra Streisand

anjing termahal, anjing termahal di dunia, jenis anjing mahal, anjing paling mahal

Harga: $ 50.000 (700 juta rupiah/ekor)

Barbra Streisand memiliki anjing  Coton de Tulear bernama Samantha, yang meninggal di usia 14 tahun. Namun, sebelumnya, pada tahun 2017, aktris tersebut telah memiliki empat klon Samantha yang tecipta dengan biaya masing-masing sekitar $ 50.000 (700 juta rupiah) per ekor.

Satu ekor telah mati, seekor lagi ia hibahkan, dan memelihara si kembar, Miss Scarlett dan Miss Violet. Terkait tindakan kloning tersebut, Steisand menuturkan, “Aku hanya ingin dia (Samantha) tetap bersamaku”.

16. CC, Si Kucing Kloning Pertama

kucing kloning, kloning kucing, kloning pada kucing

Harga: $ 50.000 (700 juta rupiah)

CC a.k.a “Copy Cat” merupakan kucing kloning pertama yang lahir pada tahun 2002. CC merupakan kucing domestik berbulu pendek (short hair) yang lahir dari kucing tabby, namun identik secara genetik dengan Rainbow, yang menjadi donor betina.

Kloning dilakukan pada suatu universitas di Texas, dengan nilai proyek $ 50.000 (700 juta rupiah), yang didanai oleh sebuah bisnis kloning hewan peliharaan.

Pada tahun 2006, CC memiliki tiga anak kucing yang lahir secara alami, dan tinggal bersama salah satu profesor dari universitas di Texas. Dan, setelah berhasil hidup hingga mencapai usia 17 tahun, CC dilaporkan meninggal pada bulan Maret 2020.

17. Cato, Si Kucing Bengal

harga kucing bengal, kucing bengal harga, kucing bengal harganya, kucing bengal harga 1 juta, harga kucing bengal marble, harga anakan kucing bengal, harga kucing bengal asli

Harga: $ 41.435 (600 juta rupiah)

Penampilan kucing bengal memang terlihat mahal dan unik, karena memiliki corak eksotis yang menyerupai kucing hutan. Persilangan antara kucing domestik dan kucing kuwuk (Asian leopard) ini umumnya terjual dengan harga $ 500 – $ 5.000 (7-70 juta rupiah) per anakan.

Namun, pada tahun 1998, seseorang dari London membeli seekor kucing bengal bernama Cato, dengan harga yang fantais, hingga mencapai $ 41.435 (600 juta rupiah). Jika disesuaikan dengan inflasi mata uang, kini harga Cato setara dengan $ 66.495 atau sekitar 900 juta rupiah.

18. Kim, Si Anjing Gembala

anjing paling mahal, anjing mahal, anjing paling mahal di dunia, anjing mahal di dunia, anjing yang paling mahal, harga anjing paling mahal, jenis anjing paling mahal, anjing paling mahal sedunia, jenis anjing yang paling mahal di dunia

Harga: $ 37.350 (540 juta rupiah)

Pada bulan Februari 2021, seekor anjing gembala Welsh berusia satu tahun bernama Kim, memecahkan rekor sebagai anjing gembala dengan harga jual paling mahal. Umumnya, seekor anjing gembala dibanderol dengan harga $ 2800 atau sekitar 40 juta rupiah.

Namun, seorang peternak Staffordshire membeli Kim dengan harga 13 kali lipat, yaitu sebesar $ 37.350 atau sekitar 540 juta rupiah. Dewi Jenkins selaku pelatih Kim, menyatakan bahwa harga tersebut menjadi pantas, karena Kim memiliki kecerdasan tinggi, mampu belajar dengan cepat, serta tampil dengan bulu kemerahan yang tengah digandrungi pada anjing gembala.

Menarik sekali, bukan? Ternyata, hewan dapat menjadi komoditas yang berharga, dan investasi yang begitu menjanjikan jika mendapat perlakuan yang tepat. Namun, tentu saja hal tersebut tidak menjadi satu-satunya poin atas keberadaan mereka.

Lebih dari itu, hewan di alam liar, yang tidak menjadi milik siapa-siapa selain Tuhan, justru bernilai sangat tinggi, karena berkontribusi dalam menjaga alam raya tetap lestari.

error: