30 Nama Hewan Ternak dan Manfaatnya

daftarhewan.com. Hewan ternak. Dengan modal pengetahuan, keahlian tangan dan kaki, peradaban manusia berkembang benar-benar cepat. Nenek moyang kita demikian mahir menggunakan beberapa komponen alam untuk memenuhi tuntutan hidup, atau untuk sekedar kepuasan semata.

hewan ternak, hewan ternak dan manfaatnya, gambar hewan ternak, hewan ternak adalah, 10 hewan ternak, 20 hewan ternak, hewan-hewan ternak, apa saja hewan ternak, foto hewan ternak, 5 hewan ternak

Gayal disebut juga mithun adalah salah satu hewan ternak di India

Dan, semenjak menginjakkan kaki di muka bumi, manusia mempunyai jalinan yang kuat dengan hewan, khususnya dalam perihal konsumsi serta transpotasi. Bermacam hewan ternak, dari tipe unggas hingga mamalia, diperkembangbiakkan atas beragam tujuan dan alasan.

Ada yang menghasilkan telur, susu, daging, ada juga yang memberikan faedah lainnya untuk manusia, seperti: kulit, tanduk, kekuatan, sampai kotorannya.

Sebutlah saja, hewan ternak yang menghasilkan susu terpopuler di seluruh penjuru dunia, seperti sapi, kambing, unta, maupun kerbau. Disamping ambing yang produktif, mereka memberi daging yang sedap, kulit yang bermanfaat untuk pakaian.

Baca Juga:   Karapan Sapi, Kesenian Tradisional dari Madura yang Penuh Gengsi

Sedangkan, dari jenis ternak unggas, seperti ayam, bebek, kalkun, maupun entog. Mereka bisa mendatangkan daging, telur yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh manusia, bulu-bulu yang sering dipakai dalam bermacam kebutuhan, sampai kotoran sebagai pupuk yang memberikan dukungan pada kesuburan tanaman.

Disamping itu, ada juga hewan seperti keledai, kuda, yak, dan llama yang digunakan sebagai fasilitas transportasi. Lantas, sebagai hewan peliharaan, pengiring, atau sekedar jadi teman, ada kucing dan anjing yang terbagi dalam bermacam ras. Mereka bisa memberikan kesenangan, ketenangan, bahkan juga ada juga beberapa ras unggulan yang bisa jadi peserta kontes dan bermacam festival.

Nama-Nama Hewan Ternak

Ya, peradaban semakin berkembang, begitupun arah dan argumen pengembangbiakkan hewan ternak. Jika kamu ingin mengetahui nama hewan dan manfaat mereka yang exist di zaman modern, lihatlah daftar berikut:

Baca Juga:   Cara Merawat Ayam Bekisar Agar Rajin Berkokok
  1. Alpaka: susu, transportasi, wol, daging
  2. Angsa: daging, bulu-bulu, telur
  3. Anjing: memburu, gembala, hewan peliharaan, penjaga, daging, kontes
  4. Ayam: daging, bulu-bulu, telur, pupuk
  5. Babi: daging, kulit, rekan
  6. Banteng: tenaga, daging, susu
  7. Bebek: telur, daging
  8. Domba: wol, daging, susu, kulit
  9. Emu: daging, bulu-bulu
  10. Entog: daging, bulu-bulu
  11. Gayal: daging
  12. Ikan air tawar: daging
  13. Kalkun: buku, daging
  14. Kambing: susu, daging
  15. Keledai: transpotasi, tenaga, daging
  16. Kelinci: hewan peliharaan, daging, bulu
  17. Kerbau: tenaga, daging, susu, sundul
  18. Kucing: pemburu tikus, daging, hewan peliharaan
  19. Kuda: daging, transportasi, tenaga
  20. Lebah: madu, lilin, penyerbukan
  21. Llama: transportasi, tenaga, daging
  22. Marmut: daging, rekan
  23. Merpati: daging, kontes
  24. Rhea: daging, telur, minyak
  25. Sapi: daging, susu, kulit, tenaga, pupuk
  26. Siput: daging, lendir
  27. Ulat sutra: sutra
  28. Unta: daging, susu, transportasi, kulit
  29. Yak: susu, tenaga, daging, wol
  30. Zebu: daging, susu, kulit, tenaga, pupuk
ayam brahma buff

Ayam Brahma

Menariknya, disamping spesies biasa yang sudah beratus-ratus tahun dijadikan hewan ternak, ada juga hibrida sebagai hasil persilangan genetis antara hewan yang sejauh ini kita kenal.

Baca Juga:   Ayam Onagadori, Si Ekor Panjang dari Jepang

Mereka bisa mengalami perkembangan karena situasi keadaan atau eksperimen genetika yang sengaja dilaksanakan oleh manusia untuk menciptakan jenis hewan ternak yang lebih unggul.

Dan, sejarah mencatat kesuksesan leluhur kita. Ada bermacam tipe hewan ternak hibrida yang tercipta dan memberikan manfaat besar. Berikut daftar hewan ternak hibrida dan asal muasal genetikanya:

• Beefalo: sapi yang disilangkan dengan bison Amerika
• Ayam black rock: Ayam Rhode Island red disilangkan dengan ayam plymouth rock
• Mule: kuda betina dan keledai jantan
• Yakow/dzo: sapi jantan dan yak
• Yakalo: yak dan kerbau
• Żubroń: sapi dan bison Eropa

Nach, apa info tentang hewan ternak di atas bisa memberikan inspirasi kamu untuk bereksperimen dalam sektor peternakan atau hewan peliharaan?

error: