Home » Pengetahuan » Klasifikasi Hewan Vertabrata dan Contohnya

Klasifikasi Hewan Vertabrata dan Contohnya

daftarhewan.com. Hewan vertebrata adalah? Hewan diklasifikasikan dari struktur tubuh dan morfologinya. Berdasarkan struktur tubuh, hewan terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu hewan Vertebrata (bertulang belakang) dan hewan Invertebrata (tidak bertulang belakang).

Kali ini kami akan mengulas mengenai klasifikasi hewan vertabrata dan contohnya atau yang sudah biasa kita kenal hewan yang bertulang belakang.

hewan vertebrata yaitu, hewan vertebrata adalah kelompok hewan bertulang belakang, hewan vertebrata adalah brainly, hewan vertebrata apa aja, hewan vertebrata adalah dan contohnya, hewan vertebrata brainly, hewan vertebrata beserta alat gerak dan fungsinya, hewan vertebrata berkembang biak dengan cara, hewan vertebrata bertulang belakang, hewan vertebrata contohnya, hewan vertebrata ciri ciri, arti dari hewan vertebrata, penjelasan dari hewan vertebrata, hewan vertebrata gambar

Hewan Vertebrata adalah dan Contohnya?

Nah, sebelum pada contoh, kita ketahui dulu secara detail seperti apakah hewan vertabrata? Hewan vertebrata adalah hewan yang memiliki tulang belakang sejati. Ia memiliki tulang tengkorak sejati (cranium) yang melindungi otak hewan vertabrata.

Kelompok hewan ini juga terbilang hewan yang tulangnya berkerangka sempurna (endoskeleton) dan hewan ini juga memiliki ukuran tubuh yang bermacam-macam ada yang berukuran kecil, sedang bahkan sangat besar.

Selain itu, hewan ini juga mempunyai alat gerak lengkap, seperti kaki, tangan, sirip dan ekor. Geraknya aktif, sebab terususun oleh otot bukan hanya sekadar tulang sehingga hewan vertabrata geraknya lincah dan cepat.

Sistem peredaran darah pada hewan vertabrata tertutup. Bernapas melalui paru-paru, ingsang, dan kulit. Mengindra dengan sepasang mata, dan jufa sepasang telinga.

Hewan vertabrata juga memiliki dua lapisan kulit yaitu epidermis dan dermis. Terdapat pula jantung sebagai pusat peredaran darahnya dan ulang belakangnya memiliki ruas-ruas tulang. Ia juga memiliki saraf pusat.

Setelah kita cukup banyak mendapatkan gambaran tentang ciri-ciri hewan vertabrata di atas, lalu apa saja klasifikasi hewan vertabrata dan contohnya? Berikut ulasan detailnya:

1. Ikan (Pisces)

jenis ikan komet dan gambarnya, jenis ikan komet lengkap, jenis ikan komet dewasa, macam macam ikan komet, bentuk ikan komet, jenis ikan komet slayer, aneka jenis ikan komet

Dari nama spesiesnya saja sudah tergambar, klasifikasi pertama dari hewan vertabra ini. Ya, pisces adalah hewan yang hidup di dalam air. Alat pernapasannya berupa insang bukan paru-paru seperti hewan vertabrata yang sering kita jumpai di darat.

Baca Juga:   Ketahui, Hubungan antara Hewan dan Penyebaran COVID-19

Pisces atau ikan juga memiliki alat gerak yang unik yaitu sirip dan ekor, tidak dengan kaki atau tangan. Struktur tubuhnya tersusun atas kepala, badan dan ekor.

Spesies hewan vertabrata ini memiliki tubuh berlendir dan di bagian luarnya berlapis sisik. Sistem pencernaannya meliputi mulut, kerongkongan, lambung, usus, dan anus. Mengenai alat untuk sistem eksresi pisces menggunakan ginjal. Tapi untuk jenis superkelasnya, alat kelaminnya terpisah. Ia juga disebut sebagai jenis hewan yang berdarah dingin.

Pisces termasuk hewan ovipar (bertelur), vivipar (hewan beranak), dan termasuk juga hewan ovovipar (bertelur dan beranak) karena memang pisces baik di luar maupun di dalam tubuhnya selalu melakukan fertilisasi.

2. Amfibi (Amphibia)

amfibi adalah, amfibi bergerak dengan cara, amfibi artinya, amfibi bergerak menggunakan, amfibi adalah hewan yang, amfibi berkembang biak dengan, amfibi adalah hewan, amfibi alat gerak, amfibi alat geraknya, amfibi alat geraknya adalah, amfibi atau amphibi, amfibi bergerak menggunakan kaki dengan cara, amfibi bernapas dengan

Beberapa jenis hewan amfibi – via : omaze.com

Selanjutnya, hewan vertabrata diklasifikasikan menjadi amfibi. Spesies hewan vertabrata kali ini terbilang cukup unik. Pasalnya, karena jenis hewan ini dapat di dua tempat sekaligus, di air dan di darat. Amfibi sama dengan pisces, ia juga termasuk hewan yang tidak dapat mengatur suhu tubuhnya alias berdarah dingin. Selain dari kerangka dan tempat hidupnya yang berbeda, alat pernapasannya pun berbeda. Pisces dengan insang sedangkan klasifikasi kedua hewan vertabrata ini melalui paru-paru.

Kita bisa temukan hewan ciri-ciri hewan amfibi pada katak, salamander, dan kadal air. Termasuk jenis hewan ovipar atau berkembang biak dengan cara bertelur. Hewan ini, biasa meninggalkan telurnya pada tempat lembab atau berair.

Selain hanya dengan paru-paru, pada lain fase hidup, amfibi juga bernapas melalui kulit atau insang. Stuktur tubuhnya juga berbeda-beda dan bentuk kaki yang berselaput.
Kulit spesies ini mengandung racun dan lendir. Tekstur kulitnya ada yang berbulu, tipis, berpori dan ada juga yang halus. Sementara jantungnya, terbagi menjadi 2 atrium dan 2 vebtrikel. Terdiri dari empat ruang hampir sama denga milik manusia.

Baca Juga:   3 Hewan yang Mengalami Metamorfosis Sempurna dan Gambarnya

3. Reptil (Reptilia)

hewan paling ganas sepanjang masa, hewan paling ganas dan mematikan, hewan paling ganas di zaman purba, hewan purba paling ganas di dunia, hewan paling buas di bumi, hewan paling buas di zaman purba, hewan laut paling ganas di dunia, hewan laut purba paling ganas, hewan paling buas sepanjang masa

Hewan vertabrata dan contohnya juga akan kita temukan pada klasifikasi vertabrata spesies reptil (reptilia). Jenis hewan vertabrata ini termasuk hewan melata dan bersisik pada bagian tubuhnya. Ia juga tidak dapat mengatur suhu tubuhnya, sehingga sama dengan hewan amfibi dan pisces berdarah dingin.

Diperhatikan dari cara geraknya yang melata membuat hewan ini sangat mudah dikenali. Kita bisa lihat, buaya, kadal atau ular, hewan-hewan ini adalah hewan reptilia. Sebagian orang geli bahkan takut ketika melihat hewan reptil ini. Karena memang sebagian berbahaya dan memiliki bentuk dan tekstur kulit yang tidak biasa.

Tekstur kulit yang dimilikinya bersisik dan kering membuat hewan reptil lebih mudah beradaptasi. Ia juga memiliki ekor panjang dan kaki yang berukuran pendek sebagai alat gerak aktifnya. Hewan ini ada yang bertubuh kecil bahkan ada juga yang besar.

Sedangkan alat indera pada hewan reptilia hanya ada telinga, hidung dan mata. Hewan reptilia juga termasuk hewan karnivora (pemakan daging) sehingga bisa dibilang hewan ini rata-rata adalah hewan predator (pemangsa hewan lainnya)

Walaupun sebagian besar sistem berkembang biaknya ovipar atau bertelur. Reptilia juga ada yang berkembang biak dengan sistem ovovivipar atau bertelur dan beranak.

4. Burung (Aves)

aneka macam burung kecil, jenis burung kecil cantik, kicau semua jenis burung kecil, jenis burung kecil dan namanya, macam2 burung kecil, macam macam burung kecil, macam-macam burung kecil, poto burung kecil, foto burung kecil berkicau, macam macam burung kecil hutan, jenis burung kecil mahal

Ada juga spesies hewan vertabrata yang seluruh tubuhnya diselimuti bulu dan memiliki alat gerak sayap yang membuat sebagian hewan vertabrata ini bisa terbang.

Burung (Aves) hewan vertabrata yang alat gerak aktifnya meliputi kaki dan sayap. Tapi, walaupun aves semuanya memiliki sayap tidak semuanya bisa terbang seperti halnya ayam, bebek, angsa atau kalkum. Mereka adalah kelompok burung yang tidak bisa terbang tinggi layaknya burung pada umumnya, namun lebih bebas bergerak aktif dengan kakinya.

Baca Juga:   Q&A Semua Tentang Hewan Amfibi

5. Mamalia

lumba-lumba air tawar adalah, ciri ciri lumba lumba air tawar, lumba lumba di air tawar, lumba-lumba air tawar, jenis lumba lumba air tawar, jenis ikan lumba lumba air tawar, nama lain lumba lumba air tawar, lumba-lumba air tawar sungai

Lumba-lumba Tucuxi yang lucu

Hewan vertebrata dan contohnya terdapat pula pada spesies mamalia. Apa itu hewan mamalia? Jenis hewan ini memiliki kelenjar susu (mammae). Berguna untuk menghasilkan susu sebagai sumber makanan untuk anak-anaknya. Itulah sebabnya, sebagian kita mengenal hewan ini sebagaj hewan menyusui.

Jenis hewan vertabrata satu ini merupakan hewan yang paling mudah diambil manfaatnya. Sehingga sering kita jumpai hewan ini habitatnya berada di sekitar kita, bahkan kita sendirilah yang membuatkan tempat tinggal untuk mereka. Misalnya, seperti kucing, sapi, kambing, gajah, anjing, dan domba atau hewan berkaki empat lainnya.

Walaupun begitu, tidak semua spesies hewan menyusui ini hidup di darat, sebagian lainnya juga berhabitat di dalam air. Seperti, lumba-lumba, ikan duyung, dan paus.

Mamalia sendiri berbeda dengan sebagian hewan vertabrata yang lain seperti pisces, amfibi atau reptil, ia termasuk hewan berdarah panas. Artinya ia adalah hewan yang dapat mengatur suhu tubuhnya. Mamalia mempunyai sistem berkembang biak vivipar (beranak atau melahirkan)

Organ jantung pada hewan mamalia sama dengan hewan amfibia yang memiliki empat ruang sekat jantung.

Jika pisces tubuhnya berselimut sisik dan aves tubuhnya diselimuti bulu. Mamalia juga sama, tubuh mamalia diselimuti pleh rambut. Sama halnya dengan hewan vertabrata sebagian yang lain, mamalia juga bernapas dengan paru-paru dan memiliki sistem mekanik serupa manusia yaitu dengan mempunyai susunan gigi yang lengkap, yaitu: gigi geraham, gigi seri dan gigi taring.
Inilah sahabat pengetahuan klasifikasi hewan vertabrata dan contohnya yang bahkan macam-macam hewannya bisa ditemukan di sekitar lingkungan kita.

error: