10 Hewan yang Bernapas dengan Insang Selain Ikan

Posted on

daftarhewan.com. Apa saja Hewan yang bernapas dengan insang?. Berbeda hewannya, berbeda metode bernapasnya. Alat pernafasan pada seragga ialah trakea, pada burung yakni paru-paru, mamalia paru-paru, dll. Sedang ikan telah kita kenal bernapas dengan insang.

Hewan yang Bernapas Menggunakan Insang

Tetapi rupanya ikan bukanlah satu-satunya hewan yang memakai insang sebagai alat pernafasan. Ada binatang yang lain sama memakai insang. Apa sajakah itu? Yuk kita lihat daftarnya.

Baca Juga:   12 Hewan yang Bernapas Menggunakan Trakea

1. Katak

yang termasuk hewan ovipar, apa contoh hewan ovipar, yg termasuk hewan ovipar, sebutkan 10 contoh hewan ovipar, sebutkan lima contoh hewan ovipar, sebutkan tiga contoh hewan ovipar, sebutkan 5 contoh hewan ovipar, contoh contoh hewan ovipar, contoh-contoh hewan ovipar, pengertian dan contoh hewan ovipar, contoh hewan hewan ovipar, hewan yang termasuk ovipar, 30 contoh hewan ovipar, 50 contoh hewan ovipar, contoh jenis hewan ovipar
Gambar katak dengan telurnya

Namanya hewan amfibi, maka katak dapat hidup di darat dan di air. Tidaklah aneh jika katak mempunyai paru-paru dan kulit sebagai alat pernafasannya. Tetapi saat masih berupa Tadpole (Berudu) atau kecebong yang hidup di air, katak juga memakai insang yang ada pada tubuhnya. Teksturnya halus, dan didalamnya ada kandungan kapiler darah.

Saat kecebong berumur 9 hari, alat pernapasannya beralih menjadi insang luar. Bertambah tumbuh besar, insang itu akan makin berkurang fungsinya dan lenyap. Selanjutnya mereka menjadi bernapas dengan kulit dan paru-paru.

Maka bila Anda ditanya berudu bernapas dengan apa? jawabnya ialah insang, Ok?!

2. Kepiting

hewan arthropoda adalah, hewan arthropoda yang bukan serangga adalah, kelompok hewan arthropoda adalah, contoh hewan arthropoda adalah, ciri hewan arthropoda adalah, apa itu hewan arthropoda, yang termasuk hewan arthropoda, apa yang dimaksud dengan hewan arthropoda, hewan arthropoda brainly, arthropoda (hewan berbuku-buku), contoh hewan arthropoda brainly, hewan arthropoda contohnya, ciri hewan arthropoda
Kepiting adalah contoh hewan arthropoda yang bukan serangga

Hewan bernapas dengan insang selanjutnya adalah Kepiting. Wujud insangnya yang gepeng mengingati kita pada udang. Letaknya tersendiri berada di segi kanan dan kiri, dekat dengan sisi kaki. Ketika masuk air, insang menjadi lembab.

Kandungan oksigen di air akan teresap masuk dan bersatu dengan darah kepiting. Demikian hewan ini menuju ke darat, kelembabannya tetap terlindungi, hingga mereka bisa melakukan proses pernafasan.

3. Kuda Laut

kuda laut bahasa inggris, kuda laut english, bahasa inggris e kuda laut, kuda laut kering fungsinya, kuda laut in english

Kita biasa menyebut makhluk unik ini sebagai kuda laut, walau sebenarnya hewan yang nama latinnya hippocampus ini masih tergolong jenis ikan. Tidaklah aneh jika mereka bernapas dengan insang.

Bentuk alat pernapasannya itu benar-benar khas serta unik. Bila diperhatikan secara seksama, ada 4 lengkungan di masing-masing sisinya. Pada filamen kartilaginnya, insang itu tersusun secara teratur.

Baca Juga:   Alat Pernapasan Pada Hewan

4. Udang

hewan yang bernapas dengan insang selain ikan, contoh hewan yang bernapas menggunakan insang, hewan yang bernapas dengan insang luar, sebutkan hewan yang bernapas menggunakan insang, 5 hewan yang bernapas dengan insang, sebutkan 5 hewan yang bernapas dengan insang, 5 hewan insang, sebutkan 4 hewan yang bernapas dengan insang, hewan yang bernapas dengan insang disebut, hewan yang memiliki insang luar sepanjang hidupnya adalah, hewan yang bernapas dengan insang

Disamping mempunyai peredaran darah terbuka, udang manfaatkan insang sebagai alat pernafasannya. Mereka akan mengisap oksigen dari dalam air, lalu mengalirkan ke pembuluh insang. Sementara itu, kandungan karbondioksida menyebar, tetapi arahnya berlawanan. Maka oksigen pada tubuh udang disebarkan tanpa melewati pembuluh darah.

5. Lamprey berkantong (Geotria australis)

insang merupakan alat pernapasan pada hewan, alat pernapasan hewan selain insang pada ikan, insang alat pernapasan hewan, insang adalah alat pernapasan hewan yang hidup di air yakni, hewan yg bernafas dengan insang hewan yang bernapas menggunakan insang, hewan yang bernapas dengan insang selain ikan

Lamprey berada di kelas Agnatha, superkelas ikan tanpa rahang. Ikan ini memiliki ciri khusus karena merupakan hewan parasit. Mereka menempelkan mulut ke inangnya dan menyerap nutrisi. Ketika mereka melakukan ini, mulut mereka yang terkunci tidak membiarkan air masuk, sehingga mereka harus mengambil air melalui celah insang. Mereka adalah hewan penghisap darah.

Spesies ini berasal dari belahan bumi selatan, kecuali pantai Afrika. Selain itu, mereka adalah hewan anadromous, yang berarti mereka memanjat sungai air tawar ke hulu untuk bertelur.

6. Kerang raksasa (Tridacna gigas)

hewan yang insang, apa saja hewan yang bernapas dengan insang, hewan apa yang bernapas dengan insang, hewan apa yang bernapas menggunakan insang, hewan apakah yang bernapas dengan insang

Kerang raksasa adalah moluska bivalvia yang hidup di terumbu karang Samudra Pasifik dan Hindia. Mereka bernafas melalui insang mereka. Air diambil oleh siphon penyerap dan dikeluarkan melalui yang lain. Selain bernapas, insang kerang memiliki fungsi lain yang terlibat dengan pencernaan, ekskresi dan osmosis.

Baca Juga:   Hewan yang Bernapas Dengan Kulit adalah?

7. Nudibranch

hewan yang bernapas dengan insang, 3 hewan yang bernapas menggunakan insang, 5 hewan yang bernapas dengan insang, sebutkan 5 hewan yang bernapas dengan insang, sebutkan 4 hewan yang bernapas dengan insang, sebutkan 3 hewan yang bernapas menggunakan insang, hewan yang memiliki insang, hewan yang menggunakan insang

Nudibranch adalah ordo moluska gastropoda yang umumnya dikenal sebagai “siput laut” bahkan ada juga yang menyerupai kelinci laut. Mereka secara khusus terkenal karena warnanya yang mencolok yang sering menunjukkan bioluminesensi.

Insangnya berada di luar tubuh. Anda dapat melihatnya di punggung mereka di cabang seperti struktur. Beberapa spesies nudibranch dapat menelan bagian berbisa dari makhluk lain dan kemudian menggunakannya di duri mereka sendiri untuk mencegah pemangsa.

8. Kadal Air Jambul Selatan (Triturus karelinii)

hewan yang menggunakan insang, hewan yang bernapas dengan insang adalah, sebutkan 5 hewan yang bernapas insang, hewan bernapas insang, hewan berikut yang bernapas dengan insang adalah, hewan yang bernapas dengan insang adalah brainly, hewan yang bernapas dengan insang yaitu
Kadal Air Jambul Selatan (Triturus karelinii)

Kadal air jambul atau newt adalah sejenis amfibi salamander yang mendiami daerah sekitar Turki dan Bulgaria. Ketika kita berbicara tentang kadal air yang memiliki insang, kita harus membedakan antara spesimen muda dan tua.

Kadal air jambul selatan dewasa memiliki pernapasan paru-paru dan kulit (masing-masing melalui paru-paru dan kulit). Seperti kebanyakan amfibi, kadal ini bernapas melalui insang selama tahap larva dan remaja. Beberapa jenis salamander seperti axolotl memiliki insang di belakang kepala mereka bahkan ketika dewasa.

9. Gurita biru besar (Octopus cyanea)

insang contoh hewan, hewan yang bernapas dengan insang luar, hewan yang menggunakan insang, hewan yang memiliki insang, hewan yg bernapas menggunakan insang, hewan bernafas dengan insang, hewan yang bernapas dengan insang adalah, hewan bernapas insang
Gurita besar – via : medium.com

Gurita adalah moluska cephalopoda yang fitur utamanya adalah kemampuan untuk menyamarkan diri. Hewan-hewan ini bernapas melalui insang yang mereka hadir di bagian belakang kepala mereka. Mereka memiliki siphon di mana mereka mengambil air yang kaya oksigen dan mengeluarkan air yang kaya karbon dioksida.

Baca Juga:   Hewan yang Bernapas Menggunakan Paru-Paru

10. Kepiting Yeti (Kiwa hirsuta)

hewan yang bernapas dengan insang adalah brainly, hewan yang memiliki insang luar yang digunakan sepanjang hidupnya adalah, 5 hewan insang, sebutkan 5 hewan insang

Kepiting yeti mendapatkan namanya dari kedua warna putih dan fakta bahwa ia ditutupi setae, struktur seperti bulu yang terlihat seperti rambut. Banyak jenis bakteri yang berbeda ditemukan pada setae ini, tetapi tujuannya belum sepenuhnya diketahui.

Ini adalah jenis kelomang berukuran besar yang bisa mencapai sekitar 18 cm. Mereka bernafas melalui insang yang dilindungi oleh cangkangnya. Air mencapai insang mereka melalui lubang di belakang mata mereka. Meski memiliki mata, kepiting yeti dianggap buta.

Jadi, insang itu tidak hanya punya ikan, iya kan?

Comments are closed.