15 Hewan yang Bisa Berubah Warna

Posted on

daftarhewan.com. Hewan yang bisa berubah warna. Di alam liar, banyak hewan memakai beragam trik untuk tetap bertahan hidup.

Salah satunya yang paling aneh dan memesona ialah kebolehannya untuk berbeda warna dalam beradaptasi. Hewan mempunyai hubungan yang mendalam dengan warna.

Hewan yang Bisa Berubah Warna

Kamuflase membuat perlindungan dari pemangsa kemungkinan merupakan langkah hewan yang paling populer untuk menggunakan warna.

Bunglon adalah profil khusus dari pemakaian warna ini, karena mungkin kemampuannya yang paling mencolok. Ada beberapa langkah lain, yang serupa cerdiknya, di mana satu ekor hewan berubah warna untuk menguntungkan mereka.

1. Burung arktik

hewan berubah warna, hewan yang bisa berubah warna, hewan yang berubah warna, hewan bisa berubah warna, hewan yang suka berubah warna, hewan apa yang bisa berubah warna, hewan berubah warna disebut, hewan yang bisa berubah warna selain bunglon, hewan apa yang berubah warna, nama hewan yang bisa berubah ubah warna, hewan yang mudah berubah warna, hewan yang bisa berubah ubah warna, hewan yang dapat berubah warna tts, burung arktik

Burung yang disebut Ptarmigan batu ini hidup di kutub utara, di mana nyaris sepanjang tahun berwarna putih bersih untuk menyamakan lingkungan bersaljunya.

Tetapi, sepanjang musim panas utara yang cepat, bulu-bulu itu rontok dan menutupi mantel abu-abu berbintik-bintik yang lucu, lebih baik untuk berbaur dengan batu. Baca Juga : Apa yang Dimaksud dengan Bioma?

Baca Juga:   Bagaimana Cara Semut Berkembang Biak?

2. Green Anole

hewan yang bisa berubah warna, hewan yang berubah warna, binatang berubah warna, binatang yang bisa berubah warna, hewan yang dapat berubah warna, hewan bisa berubah warna, nama hewan yang bisa berubah warna, binatang yang berubah warna, green anole, anole hijau

Satu diantaranya kadal yang umum di tenggara Amerika adalah Green anole atau anole hijau yang sanggup merubah warna tubuhnya menjadi hijau dan coklat.

Apa yang sangat menarik mengenai anole hijau ialah bahwa walau merupakan hewan yang umum, beberapa ilmuwan tidak benar-benar yakin mengapa atau kapan mereka berubah warna.

Kadang mereka melakukan untuk berbaur, sebagai kamuflase; terkadang mereka memilih warna yang berlawanan, beralih menjadi hijau sambil berdiri di atas batang kayu cokelat.

3. Gurita penyamar (Mimic octopus)

hewan bunglon berubah warna, binatang bisa berubah warna, hewan yang bisa berganti warna, Gurita penyamar (Mimic octopus)

Kekuatan gurita mimik (Thaumoctopus mimicus) untuk menyamarkan diri benar-benar menakjubkan. Mereka adalah spesies yang menempati perairan disekitaran garis pantai Australia dan Asia di kedalaman maksimal 37 m.

Dengan tujuan bersembunyi dari pemangsa, gurita ini sanggup mengadopsi warna nyaris 20 spesies laut yang lain. Spesies ini heterogen dan termasuk ubur-ubur, ular, ikan serta kepiting.

Disamping itu, badan mereka sanggup mengikuti wujud hewan lain seperti pari manta. Mereka selanjutnya bisa menyerang mangsa yang mengira mereka adalah makhluk laut yang tidak begitu berbahaya.

4. Hogfish

hewan berubah warna, ikan berubah warna
Hogfish – via : flickr.com

Ikan ini bisa juga berubah warna dengan sangat cepat, biasanya untuk menyamakan sekelilingnya untuk penyamaran, dari putih menjadi merah, lalu menjadi coklat sampai berbagai warna berbintik-bintik.

Menariknya, sebuah riset belakangan ini mendapati jika hogfish betul-betul mendeteksi warna dengan kulit mereka. Mereka tidak bisa melihat dengan kulit mereka, tapi mereka bisa mengetahui beberapa pola.

Baca Juga:   Pertanyaan dan Jawaban Seputar Hewan Amfibi

5. Ikan Merak Cichlid

Ikan Merak Cichlid, peacock cichlid

Merak cichlid adalah ikan air tawar paling berwarna. Anda bisa mendapati Peacock cichlid dalam beragam warna dari merah, biru sampai kuning. Warna menakjubkan mereka berubah saat mereka tumbuh.

Umumnya mereka mempunyai warna biru ketika masih burayak, dan selama masa hidup mereka, itu bisa diubah jadi warna yang sama sekali baru. Ikan ini dapat dipelihara di akuarium air tawar, dan kemungkinan Anda dapat menyaksikannya berubah warna.

6. Kuda Laut Kerdil

ikan yang bisa berubah warna, ikan bisa berubah warna, ikan hias yang bisa berubah warna, hewan yang berubah warna, hewan bisa berubah warna

Mereka umumnya melekat pada satu karang dan tinggal di sana sepanjang hidup mereka, berbaur dengan beberapa warna ceria yang sama dan struktur karang.

Rupanya mereka tercipta dengan warna abu-abu pucat, dan secara cepat mengembangkan warna dan teksturnya berdasarkan karang tempat mereka mendarat. Meskipun saudara kandung kemungkinan nampak benar-benar berbeda.

7. Laba-Laba Kepiting

hewan yang dapat berubah warna, hewan bisa berubah warna, nama hewan yang bisa berubah warna, binatang yang berubah warna, hewan bunglon berubah warna

Laba-laba kepiting, yang hidup di seluruh kutub utara dan subarktik, adalah pemburu aktif, melompat dari bunga ke bunga untuk mencari mangsa. Laba-laba kepiting goldenrod, tinggal dan suka nongkrong di bunga putih dan kuning.

Tidak seperti hewan lain dalam daftar ini, laba-laba kepiting sebetulnya mengeluarkan pigmen kuning ke bagian luarnya, secara efisien melukis dirinya. Atau dapat menyembunyikan pigmen kuning itu, menjadi lebih putih.

8. Rubah Arktik

rubah putih, rubah salju, rubah arktik, rubah kutub, harga rubah arktik, nama rubah, kenapa rubah licik, apa makanan rubah arktik
Perubahan Warna Rubah Arktik, Musim Panas dan Dingin

Walau kita kemungkinan tidak memandang mereka sebagai hewan yang bisa berubah warna, ada mamalia yang sanggup berbeda warna. Rubah Arktik (Vulpes lagopus) adalah spesies mamalia tersebut, yang biasa disebut rubah putih. Mereka tinggal di wilayah Arktik Amerika, Asia dan Eropa.

Baca Juga:   Apa itu Hewan Ruminansia, Berikan Contohnya?

Bulu-bulu spesies rubah ini memiliki warna coklat atau abu-abu sepanjang musim hangat. Mereka selanjutnya mengganti bulu mereka menjadi putih cemerlang saat musim dingin mendekat.

Perubahan warna ini memungkinkannya mereka untuk bersembunyi di lanscape bersalju, suatu hal yang membantu mereka bersembunyi dari kemungkinan serangan dan mendapatkan keuntungan saat berburu mangsanya.

9. Sotong flamboyan Pfeffer

hewan apa yang bisa berubah warna, hewan berubah warna disebut, hewan yang bisa berubah warna selain bunglon, hewan apa yang berubah warna, nama hewan yang bisa berubah ubah warna, hewan yang mudah berubah warna

Tidak seperti hewan lain, sotong flamboyan tidak mencoba berbaur, jadi mereka mewarnai dirinya dengan warna garnet dan emas.

Tapi dia mempunyai kemampuan mengubah warna kerabatnya, seperti sotong, cumi-cumi, dan gurita yang lain, dan memakainya untuk menyampaikan demonstrasi yang lebih gila: pola bergulir, nyaris seperti proyektor yang diarahkan kepadanya.

10. Sotong Raksasa Australia

hewan yang bisa berubah warna, hewan yang berubah warna, binatang berubah warna, binatangnya berubah warna, binatang yang bisa berubah warna, hewan bisa berubah warna, hewan yang dapat berubah warna, binatang yang berubah warna

Umumnya dia memakai kemampuan mengubah warna yang mengagumkan untuk penyamaran, tapi ketika menarik pasangan, dia memamerkan dengan garis-garis zebra yang berani, aksen biru dan hijau neon, dan rangkaian gelombang warna bergelombang.

Nama-nama hewan lain yang bisa berubah warna adalah :

11. Kadal naga berjanggut

12. Kumbang penyu

13. Kuda laut longsnout

14. Ikan Goby batu

15. Ikan Flounder Eropa

Comments are closed.