7 Hewan yang Bisa Terbang Selain Burung

Posted on

daftarhewan.com. Hewan yang bisa terbang. Sebetulnya hewan yang betul-betul sanggup terbang hanya serangga, burung, dan hanya satu mamalia, yaitu kelelawar.

Hewan-hewan lain cuma mempunyai kekuatan untuk melakukan “pertunjukan” atau perjalanan lewat udara dengan melonjak dari kedalaman atau melesat dari ketinggian.

Hewan yang Bisa Terbang?

Apakah hewan tersebut? Seperti apakah atraksi mereka? Cekidot!

1. Ikan Terbang

ikan apa yang bisa terbang, ikan terbang ikan terbang, nama ikan terbang, ikan terbang, ikan yang bisa terbang, ikan terbang indosiar, ikan terbang di laut, ikan bisa terbang foto ikan terbang, ikanterbang, ikan terbang di laut, ikan terbang ikan terbang, ikan yang ada sayapnya, ikan yang bisa terbang, ikan apa yang bisa terbang, ikan ikan apa yang bisa terbang, ikan yg bisa terbang, ikan ikan apa yang bisa terbang

Di bumi ini, ada sekitaran 50 spesies flying fish atau ikan terbang yang lain. Sejumlah besar mereka hidup di perairan tropis. Sebenarnya flying fish ialah makluk laut, tetapi dia sanggup mengudara. Namun mereka tidak dapat kelamaan di udara.

Baca Juga:   12 Binatang Buas Sungai Amazon

Masalahnya ikan terbang ini memakai dorongan kuat dari sirip dadanya. Para peneliti memperhatikan jika ikan ini melompati gelombang air dengan rentang waktu kurang lebih 45 detik.

2. Katak Terbang

binatang yang bisa terbang, binatang terbang, binatang bisa terbang, hewan bisa terbang, binatang yang terbang nama hewan yang bisa terbang, nama nama hewan yang bisa terbang, hewan yang bisa terbang selain burung
Katak Terbang

Flying Frog atau Katak terbang Wallace (Rhacophorus Nigropalmatus) kerap diketemukan di Indonesia dan Malaysia. Mereka umumnya hidup di pucuk pohon-pohonan.

Tetapi untuk peristiwa tertentu, misalkan kawin dan betelur, mereka perlu turun ke tanah. Untuk melonjak atau melaju ke sana-kemari, dia memakai jari-jari berselaput dan kulit uniknya.

3. Kubung pelanduk Filipina

hewan apa yang bisa terbang, nama hewan yang bisa terbang dalam bahasa inggris, bagaimana hewan terbang, bagaimana hewan yang bisa terbang, hewan apa yang terbang, apa saja nama hewan mamalia yang bisa terbang, apa saja hewan ciptaan allah yang bisa terbang, hewan apa yang bisa terbang tapi tidak punya sayap, bagaimana hewan yang dapat terbang di udara jelaskan, hewan apakah yang bisa terbang, apa saja hewan yang bisa terbang
Kubung pelanduk Filipina – via : spektrum.de

Banyak sebutan untuk hewan ini diantaranya : Flying Lemur (Bahasa Inggris), Kubung, Cobego, Colugos. Kubung tidak betul-betul masuk kelompok lemur. Mereka masuk ke kerabat Cynocephalidae yang mempunyai kekeluargaan dengan bangsa primata.

Hewan yang bisa terbang merupakan semacam tupai adalah makhluk nokturnal yang melakukan aktivitas malam hari. Komunitasnya berada di Asia Tenggara. Mereka memiliki patagium alias flap kulit yang ada pada bagian depan dan belakang kaki, dan memanjang ke tempat leher dan ekor.

Di jari-jari kakinya bahkan juga ada selaput. Patagium ini memungkinkannya mereka untuk melonjak seperti terbang di antara pohon-pohonan.

4. Pari Mobula

gambar ikan terbang, ikan pari terbang, foto ikan terbang, ikan terbang adalah, www ikan terbang, ikan terbang yang paling besar, ikan terbang yang pernah ditemukan, nama ikan terbang, ikan terbang yang tepat
Ikan pari terbang – via : fijisharkdiving.blogspot.com

Seperti pari manta hewan yang dalam bahasa Inggris disebut Devil Ray ini merupakan ikan yang menjadi salah-satu simbol Indonesia, menjadi daya magnet rekreasi alam. Pari mobula dapat melonjak beberapa meter dari permukaan air.

Entahlah bagaimana mereka melakukannya, yang pasti pertunjukan itu menjadi tontonan menarik. Mereka memang jadi simbol perairan Indonesia. Panjangnya dapat capai 3 mtr., sementara lebarnya sampai 5 meteran. Mereka berotot, tetapi tidak lumayan berkemampuan untuk membuat perlindungan diri dari semua ancaman.

5. Tokek Terbang

hewan yang terbang, hewan yg terbang, gambar hewan yang bisa terbang, hewan terbang kecil, hewan cicak terbang jenis hewan yang bisa terbang, binatangnya bisa terbang
Tokek Terbang – via : monaconatureencyclopedia.com

Hewan epidemik Asia Tenggara ini masih masuk ke famili Gekkonidae. Flying Gecko (Parachute Gecko) serupa tokek atau cecak, namun bentuknya memang mempunyai ciri khas.

Gecko terbang ini mempunyai patagium yang dapat digunakan sebagai parasut, atau media supaya dia dapat melaju dari tempat tinggalnya (pucuk pohon). Sebagian orang memelihara mereka sebagai hewan peliharaan.

6. Tupai Terbang

tupai terbang, tupai yang bisa terbang
Tupai terbang – (Photo by Wu Shuhuai/Xinhua) – via : ecns.cn

Ada 43 spesies berlainan dari Flying Squirrel atau Tupai Terbang (pteromyini). Aslinya dari Siberia, Eropa Utara, dan Amerika Utara. Saat melonjak pada ketinggian, di beberapa pohon, mereka suka menghamparkan kulitnya sampai seperti layang-layang.

Hewan yang bisa terbang ini dapat mengatur gerakan memakai pergelangan tangannya, sekalian menyesuaikan kekencangan patagiumnya.

7. Ular Terbang

ular terbang, ular bisa terbang, gambar ular terbang, ular pohon terbang, nama ular terbang, ular layang terbang, melihat ular terbang, ular terbang langit, ular terbang yang, penampakan ular terbang
ular terbang

Flying Snake, Chrysopelea Paradisi alias ular terbang ini hidup di rimba hujan Asia Tenggara. Mereka tidak seperti kubung yang mempunyai patagium, tetapi kekuatan untuk meratakan badannya. Dengan begitu, ular ini dapat melaju secara lancar dari pucuk pohon ke pohon lain.

Menakutkan, memang. Tetapi flying snake telah digolongkan ke binatang yang “tidak beresiko bagi manusia”.

Di luaran sana, ada banyak hewan yang lain sanggup mengapung, melaju, atau meloncat gesit seperti terbang dengan gampangnya. Begitulah, 7 Hewan yang Dapat Terbang selainnya Burung.

Comments are closed.