Home » Pengetahuan » Mengenal Hewan yang Hidup di Air dan Penjelasannya

Mengenal Hewan yang Hidup di Air dan Penjelasannya

daftarhewan.com. Di Indonesia terdapat berbagai macam hewan air yang sangat banyak dengan jenis beragam. Anda bisa menemukannya di air tawar, laut, bahkan sungai dengan ciri dan bentuk yang berbeda.

Hewan yang hidup di air bukan hanya berasal dari spesies ikan saja, banyak hewan lainnya yang bisa Anda temukan dan tentunya bisa Anda ketahui di penjelasan yang ada di bawah ini.

Macam-Macam Hewan yang Hidup di Air, Ciri dan Penjelasannya

1. Ikan Pari

hewan yang hidup di air asin, hewan yang hidup di air apa saja, hewan yang hidup di air apa aja, hewan yang hidup di air asin tts, hewan yang hidup di air laut, hewan yang hidup di air beserta ciri-cirinya, hewan yang hidup di ekosistem air laut, empat hewan yang hidup di air, contoh hewan yang hidup di dasar atau endapan air adalah, hewan yang hidup di dalam air, apa saja hewan yang hidup di air, hewan yang hidup di air beserta gambarnya

Ikan pari memiliki bentuk sirip seperti sayap yang membentang. Ikan ini masih satu spesies dengan ikan hiu, hanya saja ia memiliki tubuh yang lebih rata. Sirip yang seperti sayap tersebut merupakan ciri khas yang dimiliki ikan tersebut dan menjadi daya tarik sendiri ketika mereka sedang berenang dalam perairan.

Hewan yang hidup di air ini memiliki ciri-ciri seperti ekor yang sangat panjang, dan beberapa diantaranya memiliki duri serta bisa yang digunkan untuk melindungi diri ketika sedang terancam dalam bahaya. Mereka akan menyengat apapun sesuatu yang mengganggunya hingga terluka dan menimbulkan rasa sakit yang sungguh hebat.

2. Ikan Salmon

hewan yang hidup di air laut dan air tawar, hewan yang hidup di ekosistem air laut, gambar hewan yang hidup di air laut, gambar hewan yang hidup di air asin, hewan yang hidup di air halal dimakan diantaranya, contoh hewan yang hidup di habitat air adalah, binatang yang hidup di air laut, contoh hewan yang hidup di air laut, nama hewan yang hidup di air laut

Ikan Salmon, hewan yang hidup di air laut dan air tawar

Ikan salmon tentu saja dikenal banyak orang karena sering dimasak dan dimakan oleh manusia. Ikan ini memiliki daging yang empuk dan memiliki citarasa yang lezat apalagi ditambah rempah-rempah khas Indonesia. Bukan hanya itu saja, kandungan vitamin yang terdapat dalam ikan salmon sungguh tinggi, seperti adanya asam lemak omega 3, protein, serta vitamin D yang cukup tinggi.

Baca Juga:   Q&A Semua Tentang Hewan Amfibi

Perlu diketahui bahwa hewan yang hidup di air ini masih merupakan salah satu dari member salmonidae. Ikan ini sebenarnya merupakan hewan air yang hidup di perairan air tawar. Namun, di lain waktu mereka sering mengadakan migrasi ke laut dan kembali lagi ke habibat aslinya hanya untuk berkembang biak serta mempersiapkan kematian.

3. Kuda Laut

binatang yang hidup di air laut, contoh hewan yang hidup di air laut, nama hewan yang hidup di air laut, hewan hidup di air laut, hewan yg hidup di air, macam hewan yang hidup di air,nama hewan yang hidup di air, nama2 hewan yang hidup di air, 10 nama hewan yang hidup di air, hewan yang hidup di air dan penjelasannya

Sebagian dari Anda pasti sudah mengetahui bentuk kuda laut yang memang mirip seperti kuda namun memiliki moncong yang lebih panjang. Hewan ini sangat unik dengan ekor melengkung seperti sebuah miniatur dengan bentuk yang begitu mungil. Biasanya hewan ini memakan apapun yang berasal dari krustasea kecil ataupun larva ikan yang berada di sekitarnya.

4. Ubur-Ubur

hewan yang hidup di air selain ikan, jenis hewan yang hidup di air asin, 10 jenis hewan yang hidup di air, 5 jenis hewan yang hidup di air, binatang lunak yang hidup di air keluarga tiram, kumpulan hewan yang hidup di air, kelompok hewan yang hidup di air, binatang yg hidup di air, binatang yang hidup di air

Hewan yang hidup di air ini memiliki bentuk lunak, transparan layaknya jeli sehingga sering juga disebut sebagai jellyfish. Terkadang hewan ini juga memiliki warna yang berbeda-beda seperti warna merah muda, ungu bahkan berwarna biru.

Ubur-ubur memiliki bentuk tubuh seperti lonceng dan memiliki beberapa tentakel serta kepala layaknya payung. Sebagian besasr dari mereka memancarkan cahaya sehingga terkadang membuatnya terlihat cantik serta lucu. Namun Anda jangan tergoda oleh penampilannya karena jika sudah tersengat oleh ubur-ubur, maka akan merasakan sakit yang amat luar biasa bahkan pernah terjadi kasus ada orang meninggal karena sengatan hewan ini.

Baca Juga:   10 Hewan yang Melompat Paling Tinggi

5. Ikan Hiu

jenis hewan yang hidup di air,jenis hewan yang hidup di air asin, 10 jenis hewan yang hidup di air, 5 jenis hewan yang hidup di air, hewan yang hidup di air beserta keterangannya, kliping hewan yang hidup di air, hewan kecil yang hidup di air, kumpulan hewan yang hidup di air, kelompok hewan yang hidup di air

Sebagai hewan yang terkenal dengan julukan predator laut, hewan yang hidup di air ini sangat ditakuti oleh banyak hewan laut lainnya karena sangat ganas dan selalu memangsa keberadaan hewan yang ada di sekitarnya. Hiu memiliki penciuman sangat tajam sehingga bisa mencium darah dari jarak jauh sekalipun. Oleh sebab itu, ketika Anda akan melakukan penelitian kepada hewan laut, usahakan untuk berada di kedalaman laut yang menjadi tempat tinggal hewan buas ini.

6. Lumba-Lumba

binatang apa saja yang hidup di air, hewan apa saja yang hidup di air, nama hewan yang hidup di air, hewan apa yang hidup di air, apa saja hewan yang hidup di air, binatang apa yang hidup di air, hewan yang hidup di air asin, hewan yang hidup di air dan darat, hewan yang hidup di air selain ikan, hewan yang hidup di air laut

Jika ikan hiu sangat ditakuti oleh hewan dan manusia, justru lumba-lumba sangat disukai karena lucu dan memiliki keramahan ketika sedang bermain. Ia juga lebih suka hidup berkelompok dan menolong ketika hewan lain atau ada manusia yang terjebak oleh hiu. Bahkan, ada yang mengatakan bahwa lumba-lumba selalu menolong paus yang terdampar menuju ke perairan kembali.

7. Paus

hewan yang hidup di air asin,hewan yang hidup di air asin tts, hewan-hewan yang hidup di air asin, hewan yang hidup di air tawar selain ikan, binatang yang hidup di air selain ikan, jenis hewan yang hidup di air asin

Meskipun hewan yang hidup di air ini memiliki tubuh paling besar yang ada di muka bumi ini, tetapi ia tidak seganas hiu dan masih menjadi ikan yang ramah layaknya lumba-lumba. Paus bernapas menggunakan paru-paru sehingga selalu muncul ke permukaan dalam seperkian menit untuk mengambil udara dan menyimpannya.

Hewan ini juga termasuk ke dalam hewan mamalia yang mana menghasilkan kelenjar susu karena dapat melahirkan bayi secara langsung. Makanan yang dilahap oleh paus hanya ikan-ikan kecil, plankton, kepiting larva dan apapun yang tidak membahayakan hewan lainnya.

8. Penyu

hewan yang hidup di air laut,hewan yang bisa hidup di air dan darat, hewan yang bisa hidup di air, contoh hewan yang bisa hidup di air dan darat, binatang yang bisa hidup di air dan darat, nama hewan yang hidup di air dan darat, nama hewan yang hidup di air laut

Hewan yang hidup di air ini masih berkerabat dekat dengan kura-kura, karena ciri-cirinya yang bahkan tidak ada bedanya. Penyu hidup di perairan laut dan memiliki ciri khas memiliki tempurung atau batok sebagai tempat ia melindugi diri oleh serangan lawan.

Baca Juga:   Daftar Contoh Hewan Amfibi Beserta Ciri-Cirinya

Saat ini, penyu tengah terkenal di kehidupan masyarakat karena seringkali menjadi hewan peliharaan dan ditempatkan pada kolam atau akuarium. Penyu sendiri hanya memakan makanan yang tidak membahayakan dan mudah dicari serta aman untuk dipelihara.

9. Walrus

hewan yang hidup di air dan darat, hewan hewan yang hidup di air, hewan yang hidup di air tawar selain ikan, jenis hewan yang hidup di air dan darat, 10 jenis hewan yang hidup di air, kliping hewan yang hidup di air, kumpulan hewan yang hidup di air, kelompok hewan yang hidup di air

Hewan yang hidup di air ini memiliki nama ilmiah odobenus rosmarus dengan ukuran yang besar serta hanya hidup di daerah kutub utara. Ia hidup secara berkelompok karena dirasa cukup aman dan akan memudahkan untuk meminta pertolongan jika salah satu diantaranya mengalami ancaman dari musuh.

Walrus hanya memakan kerang serta makhluk air lainnya meskipun ia memiliki gigi taring yang cukup tajam. Karena sebenarnya gigi itu hanya digunakan untuk memotong es ketika mereka merasa terancam oleh musuh yang akan mendekati.

10. Manta Rays

jenis hewan yang hidup di air, macam binatang yang hidup di air, jenis hewan yang hidup di air payau, jenis hewan yang hidup di air asin, macam hewan hidup di air, jenis binatang yang hidup di air, hewan yang hidup di air asin, hewan yang hidup di air adalah, hewan yang hidup di air apa saja

Dan hewan yang hidup di air terakhir ini adalah manta rays, yang mana memiliki bentuk sirip seperti sayap yang terbentang layaknya ikan pari. Hewan ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu bisa bertaham hidup di perairan dengan suhu mencapai 80° C. Itulah sebabnya hewan ini lebih banyak ditemukan pada perairan yang cukup dalam dan jauh, yaitu di dekat gunung laut yang memiliki suhu cukup panas.

Itulah beberapa hewan yang hidup di air dan bisa Anda pahami lebih dalam lagi. Dari beberapa hewan yang sudah disebutkan diatas, Anda bisa mengetahui hewan yang termasuk buas serta jinak, dan hewan mana yang aman untuk di konsumsi oleh manusia.

error: