Hewan yang Hidup di Ekosistem Padang Rumput

daftarhewan.com. Padang rumput memiliki banyak nama, seperti padang rumput di Amerika Utara, stepa Asia, sabana atau (savannah) padang rumput di Afrika, padang rumput Australia. Padang rumput pampa, Llanos dan Cerrado di Amerika Selatan. Tapi itu semua adalah tempat di mana curah hujan terlalu sedikit untuk pohon tumbuh dalam jumlah besar.

hewan yang ada di ekosistem padang rumput, contoh hewan yang hidup di padang rumput, dalam ekosistem padang rumput terdapat beberapa jenis hewan yang hidup, hewan ekosistem padang rumput, hewan dan tumbuhan yang ada di ekosistem padang rumput, hewan yang hidup di padang rumput, hewan yg hidup di padang rumput

Sebaliknya, tanah ini ditutupi dengan rerumputan dan tanaman mirip rumput yang memiliki titik tumbuh dekat dengan tanah dan dapat terus tumbuh bahkan setelah dimakan oleh hewan. Rerumputan ini dapat mendukung hewan penggembalaan dengan kepadatan tinggi, seperti zebra, antelop, dan bison. Dan kawanan ini pada gilirannya mendukung predator ikonik, termasuk singa dan cheetah.

Ekosistem padang rumput sangat rapuh karena air yang langka. Padang rumput di Australia, Afrika dan Amerika Selatan seringkali bergantung pada episode kebakaran reguler untuk pembaruan. Padang rumput juga merupakan target utama pembangunan manusia, yang dapat menimbulkan konsekuensi yang menghancurkan.

Baca Juga:   Apakah Kelelawar Termasuk Hewan Mamalia?

Manusia membajak padang rumput untuk menanam gandum dan tanaman lain, menggantikan satwa liar dengan ternak domestik, dan membunuh predator dan mangsa. Saat ini beberapa padang rumput terlindungi dari pembangunan.

Padang rumput memiliki iklim yang unik dan beragam, yang menyediakan rumah bagi beberapa hewan yang paling aneh dan berbeda. Padang rumput memiliki iklim khusus karena mengandung banyak rumput, sangat sedikit pohon, periode curah hujan dan biasanya iklim kering, itulah sebabnya hewan yang menghuni daerah berumput memiliki adaptasi visual dan internal yang khusus untuk menghadapi ekosistem.

Hewan Ekosistem Padang Rumput

a. Hewan Besar di Padang Rumput

Ekosistem padang rumput memiliki ragam hewan yang besar dan beragam. Jerapah, gajah Afrika, Bison, Badak hitam, Hyena, Singa dan burung unta adalah contoh jenis hewan yang menghuni padang rumput dengan ukuran mereka yang besar. Pada umumnya hewan ini merupakan hewan penggembalaan, artinya mereka membutuhkan ruang dan wilayah yang luas untuk mencari makan atau berburu, berkembang biak dan makan. Hewan ini dapat ditemukan di padang rumput di mana saja dari Amerika Serikat hingga Afrika Barat.

Baca Juga:   20 Contoh Daftar Nama Hewan Vivipar dan Gambarnya

b. Burung di Padang Rumput

Banyak burung besar menghuni padang rumput, di mana mereka bisa terbang berjam-jam dan berburu mangsa. Elang ekor merah, alap-alap Amerika, burung hantu telinga pendek, Serak Jawa (Barn Owl).

Pada umumnya burung ini memiliki kemampuan terbang berjam-jam untuk mencari mangsa di daerah berumput. Burung ini biasanya memakan hewan padang rumput yang lebih kecil, seperti anjing padang rumput (Prairie dog), tikus, musang, luwak, ular, dan hewan pengerat lainnya.

c. Predator Padang Rumput

Selain burung, yang merupakan predator padang rumput udara, ada banyak predator darat yang mencari hewan kecil. Singa, Serigala, Koyote (Coyote), Rubah Swift (Swift fox), Macan tutul, Hyena, Musang, Ferret dan Ular mewakili banyaknya predator yang mencari tupai, tikus, tikus tanah, tikus modok, cacing, rayap dan kumbang untuk makanan. Hewan ini biasanya memiliki kamuflase dan kemampuan untuk berbaur dengan lingkungan berumput untuk menyelinap ke dekat mangsanya.

Baca Juga:   Alat Pernapasan Pada Hewan

d. Hewan Kecil

Selain hewan besar di udara dan di tanah, berbagai hewan kecil menghuni celah-celah kecil pohon, tanah, dan rumput di padang rumput.

Misalnya, ular rubah timur, Ular garter Butler (Butler’s garter snake), belalang sembah Cina, belalang sembah Eropa, belalang berkaki merah, belalang burung Amerika, kupu-kupu raja, burung walet hitam timur, kumbang daun milkweed, dan laba-laba goldenrod, dan berbagai jenis lainnya termasuk berbagai jenis cacing yang juga menghuni tanah di padang rumput.

Serangga dan cacing mewakili tingkat yang lebih rendah dari rantai makanan dan ekosistem.

error: