20 Hewan yang Hidup di Tanah, dari Burung hingga Cacing

Posted on

daftarhewan.com. Hewan dalam tanah. Apa cuma cacing saja yang kita tahu sebagai hewan yang hidup di tanah? Berbicara mengenai hewan tanah, sejumlah besar dari kita mungkin terpikir cacing. Walau sebenarnya ada banyak binatang yang lain menempati habitat ini.

Hewan yang Hidup di Dalam Tanah

Fauna-fauna dalam daftar ini sering mengeruk tanah, membuat terowongan sebagai tempat hidup dan bereproduksi. Mereka mendalami medan yang lain. Ada yang memutuskan bersembunyi di bawah tanah, di bawah beton pasir, kebun, tanah lempung, kebun, dan lain-lain. Lubang terowongan ciptaan mereka dapat berbentuk sangat simpel, juga bisa benar-benar kompleks dan panjangnya menggapai beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu meter.

Teknik mereka hidup condong menarik dibanding dengan hewan kelas lain seperti hewan pengerat, amfibi, mamalia, reptil, serangga, dan burung. Karena transisi hidupnya memang dihabiskan dalam tanah. Nah berikut ini adalah hewan yang hidup di dalam tanah :

1. Badger

hewan yang hidup di tanah, hewan dalam tanah, hewan di dalam tanah, binatang dalam tanah, hewan yang ada di dalam tanah, binatang di dalam tanah, binatang yang hidup di dalam tanah
Badger

Ciri-ciri fisik hewan omnivora ini unik. Mamalia nokturnal ini mempunyai moncong panjang hitam putih. Cakarnya benar-benar tajam, mendukung kepiawaiannya untuk mengali tanah dan membuat jaringan kompleks.

Terowongan yang mereka gali akan sampai pada sarang khusus masing-masing. Adapun tanah opsi mereka hidup yakni tanah lempung dan yang berpasir. Dengan begitu, mereka mempunyai akses gampang untuk makan dan memeroleh air tawar.

2. Burung hantu penggali (Burrowing owl)

burung bersarang di tanah, burung hantu tanah
Burung hantu penggali (Burrowing owl)

Burung tipe ini ada di teritori Amerika utara dan selatan. Persisnya di wilayah pertanian, padang rumput, gurun, dan rimba. Tidak seperti umumnya burung hantu, mereka itu diurnal dan melakukan aktivitas di saat siang.

Untuk banyak kasus, burung hantu ini mendiami liang-liang yang telah dibuat oleh mamalia kecil seperti anjing padang rumput maupun landak. Mereka tinggal menghimpun bahan lain untuk melapis liangnya, meskipun itu dengan memakai kotoran hewan.

3. Cacing Tanah

hewan yang membantu menyuburkan tanah adalah, hewan yang dapat menyuburkan tanah adalah, berikut hewan yang bermanfaat dalam menyuburkan tanah adalah, diantara hewan berikut yang dapat menyuburkan tanah adalah, hewan yang dapat membantu menyuburkan tanah adalah, hewan yang bermanfaat bagi lingkungan untuk menjaga kesuburan tanah yaitu, hewan yang dapat menyuburkan tanah
Cacing tanah, adalah salah satu hewan yang bermanfaat menyuburkan tanah

Biasanya, hewan penyubur tanah ini akan menempati lokasi tanah lempung. Mereka memperlebar badan supaya gerakannya menjadi lebih bebas dan optimal menggali tanah. Sementara kulit lembabnya dipergunakan sebagai alat pernafasan. Ya, mereka tidak mempunyai organ khusus untuk proses respirasi. Cacing tanah perlu lebih dihargai, karena bertanggung-jawab untuk kesuburan dan menggemburkan tanah yang dihuninya.

Baca Juga:   9 Hewan Pemakan Semut dan Rayap yang Unik

4. Celurut

Celurut, hewan yang hidup di dalam tanah
Celurut – via : ecologyasia.com

Cecurut, Celurut atau Cucurut yang disebutkan dalam Bahasa Inggris sebagai Shrew ini umumnya kita jumpai. Mereka menempati daerah di seputar semak belukar, rimba, padang rumput, dan lain-lain. Tetapi sebagian besar dari mereka tidak mengeruk sendiri, tetapi memakai liang yang telah ada.

Tiap 2-3 jam sekali, mereka akan merasa lapar lantas menyantap laba-laba, serangga, amfibi, cacing, atau tikus kecil. Jika datang musim dingin, hewan ini kurang aktif. Makanan yang mereka perlukan juga menjadi lebih sedikit.

5. Chipmunk

hewan huruf c, hewan huruf depan c, sebutkan nama hewan huruf c, sebutkan hewan dari huruf c, nama hewan huruf c, binatang awalan c, hewan awalan huruf c, binatang awalan huruf c, hewan huruf depannya c, hewan berawalan huruf c, hewan huruf awal c, hewan yg huruf depan nya c
Chipmunk

Hewan dari huruf C ini adalah pengerat mirip tupai atau bajing ini asli dari Amerika Utara. Mereka termasuk ke ordo Rodentia. Masalah mengeruk liang tanah, umumnya mereka akan membuat yang ukuran luas.

Dengan begitu, mereka dapat memakainya untuk penyimpanan makanan, istirahat, sekalian tempat buang air. Tetapi areanya berbeda. Mereka cukup pandai mengendalikan kebersihan diri pribadi. Jika datang musim gugur, mereka biasanya sibuk mempersiapkan makanan. Lantas bila datang musim dingin sampai semi, mereka akan santai dalam liang.

6. Ferret

hewan dalam tanah, hewan yang hidup di tanah

Hewan seperti musang ini benar-benar lucu dan suka bermain, apa lagi jika mood-nya sedang baik, hingga beberapa orang yang tertarik memiaranya. Sementara di komunitas alaminya, mereka suka mengeruk liang dengan beberapa saluran. Saluran itu mempunyai bermacam peranan, dipergunakan untuk istirahat atau reproduksi. Sebagai karnivora, ferret sering mengonsumsi mamalia kecil, biasanya kelinci dan tikus.

7. Garangan

hewan pemakan ular, hewan pemakan ular berbisa, hewan pemakan ular sejenis musang, hewan yang makan ular, hewan yang memakan ular, hewan yang suka makan ular, hewan yg makan ular

Garangan (Mongoose) ini mempunyai 38 spesies yang lain. Seperti berang-berang, mereka memutuskan tinggal di liang yang telah ada. Di teritori anak benua India, hewan ini kerap jadi tontonan selingan bersama ular ini merupakan pemakan ular.

8. Gerbil

hewan tanah, hewan dalam tanah, hewan di dalam tanah, ekologi hewan tanah, hewan gali tanah, hewan tanah merupakan, hewan penggali tanah, jenis2 hewan tanah, 5 hewan yang hidup dalam tanah

Sepintas, sang pengerat imut yang cute ini mengingati kita pada tikus. Mereka datang dari Asia dan Afrika, yang umumnya hidup di wilayah kering berpasir. Walau imut, tetapi mereka mempunyai rutinitas menghancurkan dan merusak vegetasi. Tidaklah aneh jika kewenangan di negara bagian California tidak mengizinkan masyarakat untuk memiara gerbil.

9. Jangkrik

hewan tanah, jangkrik, lobang jangkrik, lubang jangkrik
Jangkrik dan lubang jangkrik

Serangga yang dapat terbang ini masuk ke ordo Hemiptera. Mereka jadi penghuni liang-liang kecil, yang umumnya tidak jauh dari pepohononan. Karena tempat itu menjadi tempat cocok untuk mencari makanan dan bertelur.

Baca Juga:   12 Hewan yang Bernapas Menggunakan Trakea

Makanan yang mereka buru tidak jauh dari getah xilem ari pohon cemara, oak, maple, dll. Badan sisi depan mereka benar-benar kuat, hingga dapat mengeruk dengan kedalaman 1/2 sampai 2,5 mtr.

10. Jerboa

hewan aneh di dunia yang masih hidup, hewan aneh unik di dunia, hewan paling aneh di dunia, hewan yang aneh di dunia, gambar hewan aneh di dunia, hewan paling aneh di dunia tebak tebakan, jenis hewan aneh di dunia, penemuan hewan aneh di dunia, gambar binatang aneh di dunia, hewan hewan aneh di dunia

Jika ditilik-tilik, hewan ini seperti terlihat miniatur kangguru. Tapi mereka bukan hewan ciri khas Australia, tetapi asli dari Afrika Utara, Tiongkok, dan Asia. Namun, mereka mempunyai kemampuan untuk melonjak seperti kangguru.

Mereka membuat liang sementara dan liang tetap. Yang sementara dipakai untuk berlindung saat sedang memburu siang dan malam. Sementara yang tetap itu menjadi tempat kembali dan bereproduksi.

11. Marmot Tanah

marmot tanah, hewan yang hidup di dalam tanah, hewan yang hidup di tanah, hewan dalam tanah, binatang dalam tanah, hewan yang ada di dalam tanah, binatang di dalam tanah, binatang yang hidup di dalam tanah, binatang bawah tanah, hewan hidup di tanah, binatang yang hidup dalam tanah, binatangnya merusak tanah
Marmot Tanah

Hewan dalam tanah ini termasuk pengerat, lebih suka membuat sarang di lahan pertanian, kebun jagung, kebun buah-buahan, semak-belukar, atau sekitar tanaman berbunga. Groundhog (Marmot tanah) akan membuat beberapa lubang, yang selanjutnya tersambung ke terowongan utama. Mereka akan mendesain spot khusus untuk bab . Maka dapat disebutkan, mereka cukup mahir dalam menjaga kebersihan.

12. Pika

hewan yang hidup di dalam tanah, hewan yang hidup di tanah, hewan dalam tanah, hewan di dalam tanah, hewan yang ada di dalam tanah, hewan hidup di tanah, hewan yang suka menggali tanah, binatangnya merusak tanah
Pika

“Ponakan” dari kelinci yang disebutkan Kelinci Batu ini mukanya serupa beruang. Mereka imut, tetapi telah terhitung langka. Sebagian besar memutuskan hidup di celah-celah dan tempat sisi pegunungan berbatu. Spesies pika daurian kerap diketemukan di wilayah Rusia, Mongolia, Manchuria, dan di sejumlah propinsi Tiongkok. Pada musim dingin, mereka seringkali kelihatan di padang rumput gurun.

13. Rayap

jurnal hewan tanah, hewan pada tanah, hewan bawah tanah, hewan tanah kecil, gambar hewan tanah, hewan yg hidup tanah, jenis hewan tanah, habitat hewan tanah, hewan tanah adalah

Serangga sosial ini masuk ke ordo Blattodea. Rayap jadi hama penghancur yang membuat manusia jadi risih. Pasalnya hewan dalam tanah ini kerap bersarang dan mamakan piranti, terutama yang dibuat dari kayu. Mereka terdiri 3 jenis sesuai posisi sarangnya. Ada rayap tanah, rayap kayu lembab, dan kayu kering. Beberapa pakar menambah rayap subteran serta rayap pohon.

14. Rubah Fennec

hewan lucu di dunia, hewan lucu di dunia ini, hewan yang paling imut di dunia, hewan di dunia lucu, hewan lucu seluruh dunia

Jika rubah merah suka menggali tanah di daerah lereng pegunungan, karena itu hewan asli gurun Sahara di Afrika Utara ini menempati wilayah bawah bukit pasir. Kondisi tempat itu dipandang lebih terlindungi dan konstan. Kerennya lagi, mereka memperlihatkan sikap bertetangga seperti manusia. Sarang mereka berdampingan dan hidup dengan serasi. Namun, beberapa orang yang mengincar rubah fennec untuk jadi hewan piaraan eksotik yang berharga tinggi.

15. Rubah Merah

rubah merah

Walau namanya dalam Bahasa Inggris yakni Red fox, tetapi rubah ini mempunyai sentuhan warna abu-abu, orange, cokelat kehitaman, putih, amber, platinum, dan perak. Hewan ini hoby mengeruk liang di sekitaran lereng gunung, tepi sungai air terjal, parit, dan lain-lain. Pokoknya mereka kerap mencari lokasi yang telah dikeringkan secara baik, untuk selanjutnya mengeruk liang dan menjadikan sebagai tempat istirahat sesaat.

Baca Juga:   Hewan Apa yang Memakan Ular?

16. Semut

semut tercepat di padang pasir, semut tercepat di dunia, semut gurun pasir, semut padang pasir

Sudah tidak aneh, hewan dalam tanah ini tentu masuk daftar. Mereka membuat gundukan besar sebagai pintu dari sarangnya. Menu makanan mereka cukup banyak. Tidak jauh dengan manusia, apa pun dikonsumsi. Dimulai dari gula, daging, beberapa bijian, buah-buahan, sayur-sayuran, jamur, dan lain-lain. Yang omnivora bahkan juga condong kanibal, hingga mereka tega mengonsumsi semut yang lain.

17. Slow Worm

jenis2 hewan tanah, jurnal hewan tanah, hewan pada tanah, gambar hewan tanah

Seirama dengan namanya yang woles, pergerakannya memang lamban. Demikian jika kita melihatnya, kemungkinan kita menganggap hewan ini ialah ular kecil. Walau sebenarnya slow worm masih termasuk keluarga kadal. Mereka jadi reptil yang vivipar, alias berkembangbiak dengan melahirkan atau beranak. Mereka suka menggali tanah di wilayah hangat seperti hutan serta padang rumput. Mereka memakan cacing tanah, ulat, serta laba-laba.

18. Tarantula

tarantula terbesar, tarantula terbesar di dunia, tarantula indonesia, tarantula adalah, tarantula raksasa, laba laba tarantula terbesar, tarantula besar, tarantula kecil, tarantula termahal, gambar tarantula terbesar di dunia

Laba-laba berbulu ini mempunyai performa ciri khas. Tubuhnya besar dan kesannya gahar. Mereka berbisa, tetapi gigitannya tidak termasuk fatal. Korban cuman akan rasakan iritasi berkelanjutan. Sementara di Afrika, dijumpai jika gigitan laba-laba ini dapat mengakibatkan fantasi. Mereka dijumpai di Asia, Afrika, Australia, Eropa, dan Amerika tengah-barat-utara. Mereka mengeruk lubang komplet dengan susunan sutranya. Baca : Tarantula paling besar.

19. Tikus Mondok

hewan pemakan cacing tanah

Mamalia kecil yang disebut Mole ini mempunyai moncong kerucut dan bulu beludru. Sementara mata dan telinganya tidak demikian jelas. Jemari mereka yang runcing didukung dengan cakar tajam, hingga sanggup mengeruk tanah dengan optimal. Di seputar pintu masuk ke arah sarangnya, hewan ini akan menumpuk tanah dan membuat bentuk seperti bukit.

Kekuatan mengagumkan yang lain yakni dapat memakai oksigen yang telah dihirup. Tidaklah aneh jika mereka dapat bertahan di dalam lingkungan yang kandungan oksigennya rendah. Sepanjang tinggal di tanah, mereka suka memakan cacing tanah dan invertebrata yang lain.

20. Undur-Undur

hewan undur undur, apa itu hewan undur undur, apa manfaat hewan undur undur, apa khasiat hewan undur undur, cara budidaya hewan undur-undur, cara mengkonsumsi hewan undur undur, cara mencari hewan undur undur, asal usul hewan undur undur, hewan undur undur, binatang undur undur, foto hewan undur undur, undur undur hewan, serangga undur undur, gambar binatang undur undur

Undur-undur nampaknya tidak perduli dengan tipe tanah apa tempat mereka mengeruk. Bisa diketemukan di lubang di pasir kuarsa, batu pasir merah, humus, kayu lapuk, gipsum dan abu batubara.

Syarat yang stabil nampaknya ialah jika substrat harus terbagi dalam partikel kecil, kering, dan gembur. Bila Anda ingin menarik perhatian undur-undur, tempatkan pasir di bawah atap dari sisi rumah Anda di tempat yang nyaris selalu kering.

One thought on “20 Hewan yang Hidup di Tanah, dari Burung hingga Cacing

Comments are closed.