10 Hewan yang Melompat Paling Tinggi

daftarhewan.com. Inilah Daftar Hewan Suka Melompat. Tiap hewan tentu memiliki gerakan tersendiri yang bisa berbeda antara satu dan yang lainnya. Ada hewan merayap, melata, terbang, melompat, dan lainnya.

Berbicara tentang hewan yang melompat, mungkin yang ada dalam bayangan Anda adalah katak. Namun, hewan yang melompat bukan hanya katak. Berikut adalah deretan hewan yang suka melompat yang perlu diketahui.

Hewan yang melompat lompat

1. Belalang

hewan yang menggunakan trakea, hewan yang menggunakan trakea sebagai sistem pernapasan, hewan yang menggunakan trakea sebagai sistem pernapasannya adalah, hewan yang bernapas dengan trakea adalah brainly, hewan yang bernapas menggunakan trakea yaitu, hewan yang bernapas dengan trakea adalah, hewan berikut yang bernapas menggunakan trakea adalah, hewan yang bernapas dengan menggunakan pembuluh trakea adalah, hewan invertebrata yang respirasinya menggunakan sistem trakea adalah

Binatang yang termasuk ke dalam kelompok pemakan tumbuhan (herbivora) ini termasuk ke dalam salah satu jenis hewan yang bergerak dengan cara melompat. Bahkan, binatang yang satu ini dikenal memiliki lompatan yang cukup tinggi dan juga jauh. Meskipun memiliki perawakan yang cukup kecil, namun Belalang mampu melompat hingga seukuran 20 kali ukuran panjang tubuh yang dimilikinya.

Belalang termasuk ke dalam sub-ordo Caelifera dan menjadi salah satu jenis serangga pemakan tumbuhan yang paling kuno. Menurut sejumlah penelitian. Belalang sudah ada sejak 250 juta tahun yang lalu sebagai salah satu binatang yang sudah ada sejak zaman purba.

2. Domba Biru (Bharal)

hewan jago melompat, hewan melompat memiliki kaki dengan ciri, hewan mamalia yang melompat, macam macam hewan yang melompat, hewan yang pandai melompat, hewan pandai melompat, hewan yang suka melompat, contoh hewan yang melompat hewan yg melompat

Mungkin banyak yang mengira bahwa Bharal adalah kambing. Memang penyebutan ini tidak sepenuhnya salah karena Bharal memang masih memiliki kekerabatan dengan kambing. Mengingat bentuk tubuh dan ciri-ciri fisik yang hampir mirip kambing, banyak yang menyebut Bharal ini dengan sebutan Naur atau Domba Biru Himalaya.

Bharal termasuk ke dalam jenis hewan suka melompat yang hidup di daerah pegunungan dan tebing. Kebiasaannya melompat ini dipengaruhi oleh habitatnya yang mengharuskan mereka melompat dari satu tebing ke tebing yang lain dalam rangka untuk mencari makanan.

3. Froghopper (Cercopoidea)

hewan yang melompat paling tinggi, hewan yang bisa melompat, sebutkan hewan yang bisa melompat, hewan melompat contohnya, hewan cepat melompat, hewan apa saja yang melompat, gambar hewan yang melompat, hewan jago melompat hewan yang pandai melompat, hewan pandai melompat, sebutkan 10 hewan yang melompat

Hewan yang melompat paling tinggi. Froghopper bisa melompat 70 kali tinggi tubuhnya. Saat melompat, mereka menghasilkan tenaga paling besar dalam kaitannya dengan berat badan hewan mana pun – lebih dari 400 kali berat badan mereka. Mereka awalnya berakselerasi pada 4.000 meter per detik, dalam satu milidetik mencapai kecepatan lepas landas empat meter per detik!.

Baca Juga:   20 Contoh Daftar Nama Hewan Vivipar dan Gambarnya

4. Kanguru Merah

hewan apa saja yang bisa melompat, hewan apa saja yang bergerak dengan cara melompat, hewan apa yang melompat, nama hewan yang melompat, nama nama hewan yang bisa melompat, hewan melompat contohnya, hewan cepat melompat, hewan yang bergerak dengan melompat, hewan yang berjalan dengan melompat, hewan apa saja yang melompat, hewan yang suka melompat lompat, hewan yang bergerak secara melompat, hewan yang memiliki telinga besar dan suka melompat

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Kanguru. Binatang berkantong yang hidup di Australia ini dikenal dengan cara bergeraknya yang melompat-lompat. Dari semua jenis kanguru yang telah diketahui, Red Kangaroo atau Kanguru Merah menjadi jenis yang tercepat diantara semua kanguru.

Kanguru Merah bahkan bisa melompat dengan kecepatan hingga 56 km/jam. Ketika melakukan lompatan, tingginya bisa mencapai 3 meter dan jangkauan panjang lompatan sekitar 7,6 meter. Selain kemampuan yang luar biasa ini, Kanguru Merah juga merupakan jenis mamalia marsupial terbesar. Secara rata-rata, mereka dapat tumbuh hingga maksimal mencapai ukuran 2 meter.

5. Katak

metamorfosis katak adalah, metamorfosis katak pdf, metamorfosis katak brainly, metamorfosis katak apa, metamorfosis apakah katak, metamorfosis pada katak adalah, metamorfosis katak berapa lama, metamorfosis katak berapa hari

Hewan suka melompat berikutnya yang tentu sudah tidak asing adalah katak. Binatang amfibi yang satu ini memang bergerak dengan cara melompat. Dan tiap-tiap jenis katak, bahkan bisa memiliki kemampuan lompatan yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Hingga kini, dikenal ada sekitar 5.000 spesies katak di seluruh dunia.

Dari sekian banyak jenis atau spesies katak, jenis katak pohon atau Tree Frog menjadi jenis yang cukup istimewa dalam hal lompatan yang dimilikinya. Katak jenis ini mampu melompat dengan jangkauan maksimal hingga 150 kali ukuran panjang tubuh yang dimilikinya. Kemampuan yang luar biasa ini menjadikan katak pohon sebagai jenis katak dengan kemampuan melompat yang cukup ulung.

6. Kijang Afrika (Klipspringer)

sebutkan 10 hewan yang melompat, 5 hewan melompat, 5 hewan yang melompat, 4 hewan melompat, sebutkan 3 hewan yang bergerak dengan cara melompat, 3 hewan yang melompat, sebutkan 2 contoh hewan yang suka melompat, 10 hewan yang melompat, hewan yg melompat, contoh hewan yang melompat, hewan yang suka melompat lompat

Binatang yang suka melompat berikutnya adalah Klipspringer atau yang biasa dikenal dengan sebutan Kijang Afrika. Disebut demikian karena habitat alamiah dari binatang yang satu ini memang berada di kawasan benua Afrika, khususnya Afrika Selatan dan Afrika Timur.

Baca Juga:   Metamorfosis Sempurna, Penjelasan dan Contohnya

Secara morfologi, Kijang Afrika ‘hanya’ memiliki ukuran tubuh sebesar 1,5 meter saja. Jika diperhatikan, mungkin ukuran kijang ini kurang lebih sama dengan ukuran kambing. Namun sekali lagi jangan tertipu dengan bentuk dan ukuran tubuh karena binatang yang satu ini termasuk golongan jenis hewan yang sangat lincah.

Selain memiliki kemampuan berlari yang cukup cepat dan juga gesit, Kijang Afrika juga termasuk hewan suka melompat yang memiliki lompatan tinggi dan jauh. Secara rata-rata, satu kali lompatan Kijang Afrika bisa mencapai 10 kali lipat tinggi badannya sendiri.

7. Laba-laba peloncat (Jumping Spider)

hewan melompat contohnya, hewan lompat2, hewan melompat lompat, hewan yang bisa melompat dan memanjat, hewan cepat melompat, hewan dapat melompat, hewan yang dapat melompat, gambar hewan melompat, nama hewan melompat, jenis hewan melompat, macam macam hewan melompat, gerakan hewan melompat, gambar hewan yang melompat, hewan jago melompat, hewan yang suka melompat lompat

Bagi laba-laba pada umumnya, bergerak dengan cara yang pelan-pelan adalah salah satu ciri khas yang mereka miliki. Namun nyatanya tidak bagi si Jumping Spider ini. Laba-laba yang satu ini bergerak dengan cara melompat dari satu lokasi ke lokasi yang lain. Dan lompatan yang dilakukan pun cukup mengaggumkan karena dalam sekali lompatan mereka bisa menjangkau hingga 100 kali ukuran panjang tubuh yang dimilikinya.

Skill melompat yang dimiliki oleh Jumping Spider memang menjadi senjata andalan yang dimilikinya. Mereka bahkan menggunakan kemampuan ini untuk berburu makanan. Hal ini dikarenakan Jumping Spider tidak bisa memburu makanan dengan menggunakan jarring seperti laba-laba pada umumnya.

8. Pinjal Atau Flea

hewan yang melompat paling tinggi, hewan apa yang melompat, hewan apa yg melompat, hewan bisa melompat, hewan yang bisa meloncat, hewan yg meloncat, hewan meloncat, jenis hewan melompat, macam macam hewan melompat, hewan yang melompat, nama hewan melompat, hewan yang bisa loncat, nama hewan yg melompat

Mungkin tidak banyak yang mengenal apa itu pinjal. Namun hewan yang satu ini termasuk hewan suka melompat yang sangat mengaggumkan. Perlu Anda ketahui bahwa pinjal adalah sejenis kutu yang suka hidup terutama pada Kucing.

Meskipun memiliki ukuran yang cukup kecil, namun kemampuan lompatan yang dimiliki oleh Pinjal ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Kutu yang suka membuat kucing menjadi gatal ini mampu melakukan lompatan dengan tinggi hingga 150 kali ukuran tubuhnya dan jangkauan panjang lompatan hingga mencapai 220 kali panjang tubuh yang dimilikinya.

Jika dihitung secara matematis, sekali lompatan pinjal bisa menjangkau jangkauan hingga 400 meter dan tinggi lompatan hingga maksimal 250 meter. Suatu kemampuan yang cukup luar biasa, bukan?

Baca Juga:   12 Hewan yang Hidup di Pohon

9. Terwelu

hewan yang melompat lompat, hewan yang melompat paling tinggi, hewan yang melompat dan meloncat, hewan yang melompat disebut, hewan yang melompat lompat tts, hewan yang melompat adalah, hewan yang melompat dalam bahasa inggris, hewan yang bergerak melompat adalah, hewan yang bergerak dengan melompat adalah, hewan yang bisa melompat, hewan yang bergerak melompat disebut, hewan yang bergerak melompat

Hewan suka melompat yang perlu Anda ketahui berikutnya adalah Terwelu. Secara sekilas. Terwelu ini agak mirip dengan kelinci biasa. Namun Terwelu yang biasa juga disebut dengan Hare atau Jack Rabbit ini cukup berbeda dari kelinci biasa.

Selain melompat, Terwelu juga dapat berlari dengan kecepatan hingga mencapai 72 km/jam. Dukungan kaki yang lebih besar dan kuat inilah yang membuat Terwelu menjadi salah satu hewan melompat yang cukup handal. Jika Anda merasa handal, cobalah untuk menangkap dan mengatasi lompatan Terwelu yang satu ini.

10. Tikus Kanguru

hewan melompat dengan tinggi, hewan lompat2, hewan bergerak melompat, hewan bisa melompat, hewan yang bergeraknya melompat, hewan yang tidak bisa melompat, hewan cepat melompat, hewan dengan melompat, hewan yang dapat melompat, hewan melompat selain katak, gambar hewan melompat, nama hewan melompat, jenis hewan melompat, hewan yg melompat, macam macam hewan melompat

Mungkin masih banyak dari Anda yang cukup asing dengan binatang yang satu ini. Tikus kanguru (Kangaroo Rat) merupakan salah satu jenis tikus yang cukup lincah dan juga gesit dengan kemampuan melompat yang tidak perlu diragukan lagi. Dinamai dengan sebutan Tikus Kanguru karena memang tikus ini bisa bergerak dengan cara melompat seperti halnya seekor Kanguru.

Sebagai hewan suka melompat, Tikus Kanguru mampu mencapai lompatan sejauh maksimal 45 kali dari ukuran panjang tubuh yang dimilikinya. Berbekal dengan kemampuan yang luar biasa ini, membuat Tikus Kangguru mampu menghindar dari berbagai ancaman predator alamiahnya termasuk ular dan juga burung pemakan tikus.

Tiap-tiap binatang tentu dibekali dengan mekanisme pergerakan yang berbeda antara satu dan yang lainnya. Kemampuan bergerak inilah yang menjadi cara atau mekanisme untuk bertahan hidup dan juga beradaptasi dengan lingkungan di sekitarnya agar dapat tetap bertahan meskipun terdapat seleksi alam yang cukup ketat.

Itulah beberapa deretan hewan suka melompat yang perlu Anda ketahui. Jika selama ini bayangan dalam benak Anda bahwa hewan yang melompat hanyalah katak dan atau kanguru, nyatanya tidaklah demikian. Dengan berbekal informasi di atas dapat diketahui mengenai berbagai jenis binatang yang memiliki kemampuan melompat luar biasa.

error: