12 Hewan yang Bernapas Menggunakan Trakea

daftarhewan.com. Jenis Hewan yang Bernapas Menggunakan Trakea. Berbicara tentang hewan tentunya banyak sekali jenis-jenisnya baik itu dari yang paling kecil hingga yang paling besar, dari yang tidak berbahaya dan sampai yang berbahaya.

Apa itu Trakea?
Trakea adalah sistem pernapasan serangga yang terdiri dari tabung yang sangat kecil, sempit, dan halus yang terdiri dari kitin – seperti exoskeletons kumbang. Kebanyakan ada satu “tabung” utama dengan banyak “cabang” kecil. Cabang tertipis disebut trakea. Mereka terhubung langsung ke organ dan otot.

Apa itu Spiracle?
Hewan seperti lipan, ulat bulu, kepiting, dan kalajengking tidak menggunakan mulutnya untuk bernapas. Mereka memiliki banyak “lubang pernapasan” kecil di sekujur tubuh mereka, yang disebut spirakel. Udara memasuki trakea melalui spirakel itu. Jika perlu mereka juga bisa menutup lubang kecil mis. untuk mencegah kotoran masuk.

Trakea, dalam bahasa sehari-hari disebut batang tenggorokan, adalah tabung tulang rawan yang menghubungkan laring ke bronkus paru-paru, memungkinkan lewatnya udara, dan ada di hampir semua hewan yang bernapas dengan paru-paru.

Kata “trakea” digunakan untuk mendefinisikan organ yang sangat berbeda pada invertebrata daripada vertebrata. Serangga memiliki sistem pernapasan terbuka yang terdiri dari spirakel, trakea, dan trakeol untuk mengangkut gas metabolik ke dan dari jaringan.

Namun dindingnya dapat menjadi fleksibel. Dengan demikian juga dapat menahan tekanan dengan batas waktu tertentu. Tanpa adanya deformasi ataupun tanpa penutup penuh pada trakea. Selain itu, pernapasan yang terdapat di rongga tubuh hewan tersebut dapat membawa oksigen keberbagai jaringan. Umumnya hewan jenis artropoda darat serta air yang menggunakan trakea

Perlu kamu ketahui juga bahwa hewan-hewan tersebut diantaranya yaitu krustasea, myriapod, aracnida dan juga serangga. Spiracle dan juga stigma menjadi pintu masuk ke tabung trakea. Nah kedua hal tersebut adalah pori-pori kecil yang melintasi jaringan integumen. Selain itu juga pergerakan perutpun bisa berjalan keluar masuknya udara melalui trakea itu sendiri.

Hewan yang Bernapas dengan Trakea adalah

Jika kamu termasuk orang yang tertarik dengan hewan yang bernapas menggunakan trakea. Nah berikut ini adalah beberapa spesies hewan tersebut yang harus kamu ketahui.

1. Belalang

hewan yang menggunakan trakea, hewan yang menggunakan trakea sebagai sistem pernapasan, hewan yang menggunakan trakea sebagai sistem pernapasannya adalah, hewan yang bernapas dengan trakea adalah brainly, hewan yang bernapas menggunakan trakea yaitu, hewan yang bernapas dengan trakea adalah, hewan berikut yang bernapas menggunakan trakea adalah, hewan yang bernapas dengan menggunakan pembuluh trakea adalah, hewan invertebrata yang respirasinya menggunakan sistem trakea adalah

Jenis Hewan yang bernapas menggunakan trakea yang terakhir adalah Belalang. Mempunyai tiga bagian tutama, yaitu terdapat kepala, thorax serta abdomen. Biasanya mereka dapat kita lihat di persawahan. Kemudian mereka juga sangat banyak serta jumlah spesies dari hewan tersebut masih banyak juga. Hewan yang satu ini pun sudah diperkirakan populasinya yaitu 6 sampai 10 juta.

2. Capung

hewan yang menggunakan trakea, hewan yang menggunakan trakea sebagai sistem pernapasan, hewan yang menggunakan trakea sebagai sistem pernapasannya adalah, hewan yang bernapas dengan trakea adalah brainly, hewan yang bernapas menggunakan trakea yaitu, hewan yang bernapas dengan trakea adalah, hewan berikut yang bernapas menggunakan trakea adalah, hewan yang bernapas dengan menggunakan pembuluh trakea adalah, hewan invertebrata yang respirasinya menggunakan sistem trakea adalah

Selanjutnya merupakan bangsa Odonata. Capung ini mempunyai metamorfosis yang tidak lengkap atau bisa dibilang sederhana dibandingkan dengan kupu – kupu. Berbeda dengan hewan diatas, capung ini tidak melewati proses pupa. Selain itu hewan tersebut bertransformasi dari lava kemudian serangga seutuhnya . ciri – cirinya memiliki perut yang panjang, mata yang besar serta memiliki antena yang pendek.

3. Garrapata

hewan apa saja yang bernapas dengan trakea, hewan apa yang bernapas menggunakan trakea, hewan apa yang bernapas dengan trakea, hewan apakah yang bernafas dengan trakea, hewan trakea, hewan apa yang bernafas dengan trakea

Bentuknya sama halnya seperti kutu namun hewan yang satu ini merupakan satu-satunya anggota dari keluarga tungau. Hewan ini juga bertahan hidup dengan menghisap darah.

4. Kalejengking

hewan kelompok arthropoda, hewan kelas arthropoda, klasifikasi hewan arthropoda, kelas hewan arthropoda, nama lain hewan arthropoda, suatu spesies hewan arthropoda mempunyai ciri-ciri sebagai berikut, hewan yang memiliki arthropoda, ciri ciri hewan mollusca arthropoda echinodermata coelenterata, arthropoda merupakan hewan, nama kelompok hewan arthropoda, contoh nama hewan arthropoda, apa nama hewan arthropoda

Jenis Hewan yang bernafas menggunakan trakea ini, terkenal mengerikan ini mempunyai ekor yang panjang serta melengkung. Hal yang paling menarik sekaligus berbahaya adalah mereka memiliki racunnya yang tentunya sangat mematikan.

Baca Juga:   Q&A Semua Tentang Hewan Amfibi

Hewan yang satu ini juga merupakan salah satu hewan yang eksotis dan bisa dipelihara di rumah. Walaupun demikian juga termasuk kedalam hewan yang mematikan. Sehingga untuk pemeliharaannya tentu harus melakukan berbagai macam kewaspadaan ketiak mendekati kalajengking ini karena jika tersengat bisa fatal.

5. Kelabang Atau Lipan

jenis hewan arthropoda, hewan hewan arthropoda, hewan filum arthropoda, kelompok hewan filum arthropoda, hewan termasuk filum arthropoda, ciri ciri hewan filum arthropoda, persamaan ciri hewan filum arthropoda, foto hewan arthropoda, pengertian hewan arthropoda

Jika dilihat hewan yang satu ini terlihat unik, namun juga menyeramkan. Perlu kamu ketahui juga hewan ini pun termasuk kedalam hewan arhropoda dan masih termasuk pad akelas upafilum Myripoda  serta Chilopoda. Akan tetapi hewan ini termasuk nokturnal dan juga berbisa.

Sehingga sangat berbahaya. Untuk tubuhnya sendiri memanjang, selain itu beberapa spesies jenis ini pun terlihat berbentuk tabung dan pilih. Disisi – sisinya terdapa kaki yang sangat banyak dan juga kecil.

6. Kepiting Renang Beludru

hewan yang bernapas trakea, hewan yang bernapas dengan trakea, hewan trakea, hewan yang bernapas dengan trakea pada gambar adalah, hewan nafas trakea, hewan yang bernapas menggunakan trakea ditunjukkan oleh angka, hewan yang bernapas dengan trakea yaitu, sebutkan 3 hewan yang bernapas dengan trakea, 4 jenis hewan yang bernapas dengan trakea, 5 hewan trakea, sebutkan 5 hewan yang bernapas dengan trakea

Selain disebut kepiting renang beludru, hewan ini juga memiliki panggilan lain yaitu Velvet crab dimana hewan ini mempunyai perawakan yang datar dan juga lebar. Selain itu diantara matanya ada delapan bahkan 10 gigi gergaji yang tajam. Sepasang kaki pertama  kepiting ini adalah penjepit khusus yang sering kali mereka gunakan agar dapat bertahan hidup dan menjebak mangsanya.

7. Kupu-Kupu

tahapan metamorfosis kupu-kupu adalah, metamorfosis kupu kupu cantik, contoh gambar metamorfosis kupu kupu, metamorfosis kupu kupu dan fakta menarik, eksplanasi metamorfosis kupu kupu, teks eksplanasi metamorfosis kupu kupu, fase metamorfosis kupu kupu, foto metamorfosis kupu kupu, daur hidup kupu kupu dan penjelasannya, daur hidup kupu kupu meliputi, siklus hidup kupu kupu adalah, jenis daur hidup kupu-kupu adalah

Siapa yang tidak tahu dengan hewan cantik satu ini, kupu-kupu ini termasuk serangga dengan metamorfosis sempurna. Dalam artian, serangga ini melewati fase yang termasuk lengkap. Kupu-kupu ini berasal dari telur kemudian larva lalu pupa dan sampai akhirnya menjadi dewasa. Hewan jenis ini sangat menarik karena sayapnya yang kaya akan warna.

8. Kutu

hewan bernapas trakea, contoh hewan trakea, hewan dengan trakea, hewan yang menggunakan sistem trakea dalam pernapasannya adalah, hewan nafas trakea, hewan yang menggunakan trakea, trakea hewan, trakea pada hewan, trakea alat pernapasan hewan

Hewan yang satu ini termasuk serangga parasit serta memiliki sifat eksternal serta tidak bersayap seperti serangga lainnya. Supaya mereka bisa bertahan hidup, mereka akan menyedot darah dan bisa jadi bersemayam di rambut Anda, sehingga terkadang membuat kulit kepala menjadi gatal. Kutu mempunyai tubuh yang bisa memungkinkan melompat kesana dan kemari.

Baca Juga:   10 Daftar Hewan Terancam Punah di Indonesia dan Keterangannya

9. Laba-laba penuai (Opilion)

hewan trakea, hewan yang bernapas dengan trakea yaitu, sebutkan 3 hewan yang bernapas dengan trakea, 4 jenis hewan yang bernapas dengan trakea, 5 hewan trakea, sebutkan 5 hewan yang bernapas dengan trakea

Jika dilihat, hewan ini memang mirip dengan laba – laba. Selain itu hewan tersebut juga termasuk pada kelas arachnida. Namun bedanya, hewan tersebut tidak mempunyai sekat maupun pembatas baik itu antara promosa dan juga perut. Mereka pun tidak bisa menghasilkan jaring putih. Berbeda dengan laba-laba yang mempunyai 8 mata, Opilion ini hanya mempunyai 2 mata saja.

10. Lobster

contoh hewan yang menggunakan trakea sebagai alat pernafasannya, contoh hewan yang menggunakan trakea sebagai alat pernapasannya, trakea hewan, contoh hewan trakea, hewan nafas trakea

Selain kepiting, lobster juga sering kali diolah menjadi makanan yang sangat enak sekali bagi pecinta seafood. Terlepas dari itu hewan ini terkadang disebut juga udang karang maupun udang barong. Selain itu, tubuhnya pun terbilang kaku dan terbagi menjadi tiga bagian.

Lobster tersebut mempunyai dua penjepit yang tebal dan biasa digunakan oleh mereka untuk bertahan hidup, menjebak mangsa, berburu dan juga menggiling makanannya.

11. Pauropoda

hewan yang menggunakan trakea, trakea hewan, trakea pada hewan, trakea alat pernapasan hewan, hewan yang bernapas menggunakan trakea yaitu, hewan yang bernapas dengan trakea pada gambar adalah, 5 hewan bernafas dengan trakea, hewan yang bernapas dengan trakea

Hewan yang termasuk pada arhropoda ini memiliki ukuran tubuh yang kecil. Hewan pauropod tersebut juga mempunyai antena bercabang di bagian kepalanya. Kemudian tubuhnya sendiri sangat lembut. Selain itu, disisi tubuhnya terdapat 9 hingga pasang kaki.

12. Tarantula

hewan apa saja yang bernapas dengan trakea, hewan apa yang bernapas menggunakan trakea, hewan apa yang bernapas dengan trakea, hewan apakah yang bernafas dengan trakea, hewan trakea, hewan apa yang bernafas dengan trakea

Hewan ini termasuk pada jenis laba-laba dengan ukuran yang besar. Selain itu habitatnya mereka berada di kota Taranto dan Italia. Hal unik lainnya bahwa laba – laba tersebut selain memiliki tubuh yang besar, di sekujur tubuhnya pun diselimuti oleh bulu – bulu.

Selain hewan-hewan diatas tadi tentunya masih banyak juga hewan lainnya yang tidak kalah menariknya dengan hewan diatas tadi dan termasuk jenis hewan yang bernapas menggunakan trakea. Semoga dengan demikian bisa menambah wawasan kamu tentang berbagai macam hewan yang dimana belum kamu ketahui.

error: