Iguana Biru, Kadal dengan Ukuran Jumbo

daftarhewan.com. Iguana biru yang bernama latin atau ilmiah Cyclura lewisi, juga dikenal sebagai iguana Grand Cayman, atau iguana biru Pulau Cayman, adalah spesies kadal yang terancam punah yang endemik di pulau Grand Cayman.

iguana biru besar, iguana warna biru, iguana biru jumbo, iguana biru tosca, iguana biru tokopedia, ukuran iguana biru, warnanya iguana biru, jenis iguana biru, iguana biru jual, harga iguana green biru, foto iguana biru, iguana biru

Klasifikasi Iguana Biru

Kingdom : Animalia
Filum : Chordata
Kelas : Reptilia
Ordo : Squamata
Family : Iguanidae
Genus : Cyclura
Nama ilmiah : Cyclura lewisi

Iguana biru besar adalah hewan darat asli, yang terbesar di Grand Cayman. Hewan ini bisa memiliki panjang dari hidung ke ekor 5 kaki (1,5 m). Warnanya cokelat ke abu-abu dengan corak kebiruan (lebih pada jantan dan selama musim kawin).

Hewan besar dan bertubuh berat dengan puncak punggung mempunyai duri pendek yang membentang dari bagian bawah leher hingga ujung ekor. Beratnya mencapai 30 lb (14 kg). Iguana biru adalah salah satu kadal yang hidup paling lama, atau hewan berumur panjang : rekornya adalah 67 tahun.

Iguana Biru adalah spesies kadal langka yang berasal dari pulau Grand Cayman. Kadal besar ini memiliki jari-jari kaki artikulasi yang efisien dalam menggali dan memanjat pohon.

Baca Juga:   8 Daftar Harga Kura-Kura Peliharaan Berdasarkan Jenisnya

Warna kulit jantan dewasa berkisar dari abu-abu tua hingga biru kehijauan atau tosca, sedangkan betina lebih hijau zaitun hingga biru pucat. Hewan muda cenderung berwarna coklat tua atau hijau seragam dengan pita lebih gelap.

Iguana dewasa mengubah warna mereka menjadi biru ketika mereka berada di hadapan iguana lain untuk memberi sinyal dan membangun wilayah. Warna biru lebih terlihat pada spesies jantan. Jantan juga mempunyai ukuran lebih besar dan memiliki punggung yang lebih menonjol serta pori-pori femoralis yang lebih besar pada paha mereka, yang digunakan untuk melepaskan feromon.

iguana biru baby

a. Makanan Iguana Biru

Iguana biru adalah reptil herbivora (folivora, frugivora). Mereka mengkonsumsi tumbuhan, daun-daunan, bunga, dan berbagai buah-buahan. Mereka mungkin sangat jarang memakan serangga, kepiting, siput, dan jamur.

Catatan fosil menunjukkan bahwa ada banyak iguana biru sebelum pemukiman Eropa; tetapi kurang dari 15 dari mereka yang tersisa di alam liar pada tahun 2003, yang diperkirakan akan menghilang dalam beberapa tahun. Penurunan mereka disebabkan oleh predator seperti hewan peliharaan liar (kucing dan anjing) dan juga perusakan habitat aslinya. Pertanian buah-buahan telah diubah menjadi padang rumput untuk penggembalaan ternak.

Baca Juga:   Nama Hewan dari Huruf B Bahasa Inggris dan Penjelasannya

Sejak 2004, ratusan iguana biru yang dibiakkan dan dikumpulkan telah dibawa ke suaka di Grand Cayman. Dengan cara ini diharapkan dapat menyelamatkan spesies tersebut. Setidaknya lima organisasi nirlaba bekerja dengan pemerintah Kepulauan Cayman untuk memastikan hal ini. Program pelestarian telah melepaskan lebih dari 700 iguana biru Grand Cayman yang ditangkarkan sejak tahun 2004 terendah sepanjang masa dari 12 hewan yang tersisa.

iguana biru, iguana biru besar, iguana warna biru, iguana biru jumbo, iguana biru tosca, iguana biru tokopedia, ukuran iguana biru, warnanya iguana biru, jenis iguana biru, iguana biru jual, harga iguana green biru, foto iguana biru

b. Habitat Iguana Biru

Iguana biru dapat ditemukan di seluruh pulau Grand Cayman kecuali daerah perkotaan Bodden Town, Gun Bay, Seven Mile Beach, dan West Bay. Mereka sekarang hanya terdapat di pedalaman di semak belukar xerofit alami dan lebih menyukai daerah berbatu, diterangi matahari, dan terbuka di hutan kering atau dekat pantai. Mereka juga dapat ditemukan di sepanjang antarmuka antara pembukaan lahan pertanian, jalan, dan kebun.

Baca Juga:   Burung Falk, Si Parkit Australia yang Cantik dan Jinak

Iguana biru adalah makhluk soliter dan berkumpul hanya untuk berkembang biak. Mereka adalah hewan diurnal, yang aktif pada siang hari dan tidur pada malam hari di lubang batu dan rongga pohon. Saat dewasa, Iguana Biru umumnya hidup di darat meskipun mereka dapat memanjat pohon setinggi 4,6 m dan lebih tinggi. Iguana yang lebih muda cenderung lebih arboreal atau hewan yang hidup di pohon.

c. Fakta Tentang Iguana Biru

  • Iguana Biru adalah salah satu spesies kadal yang berumur panjang.
  • Kerabat terdekat iguana Biru adalah iguana Kuba dan iguana batu Bahama Utara (Northern Bahamian rock iguana).
  • Nama “iguana biru” juga digunakan untuk bentuk biru cerah dari Iguana Hijau.
  • Iguana Biru adalah salah satu spesies kadal terbesar di Belahan Bumi Barat.
  • Iguana biru memiliki mata merah yang disesuaikan untuk melindungi pupil dari sinar matahari.
  • Telur iguana Biru termasuk yang terbesar dari semua kadal.
  • Pada tahun 2006 iguana Biru adalah salah satu kadal yang paling terancam punah di Bumi.
error: