Iguana Laut Raksasa Galapagos yang Mirip Godzilla

daftarhewan.com. Iguana Laut Raksasa Galapagos. Pernahkah kamu menonton film Godzilla? Kadal raksasa yang hadir karena reaksi radioaktif, yang kabarnya ia juga akan tampil di film terbarunya di tahun 2021 melawan King Kong. Tetapi kali ini kita akan membahas hewan yang mirip Godzilla di dunia nyata. Berikut informasinya;

iguana laut berasal dari, iguana laut reptil, klasifikasi iguana laut, iguana laut galapagos, foto iguana laut, lokasi iguana laut, makanan iguana laut, pulau iguana laut, iguana raksasa, iguana terbesar

Klasifikasi Iguana Laut

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Squamata

Family : Iguanidae

Genus : Amblyrhynchus

Nama Ilmiah : Amblyrhynchus cristatus

Nama lain iguana laut adalah : Iguana Laut Galapagos, Galapagos Marine iguana, Fernandina Marine iguana, Sea iguana, Marine iguana.

Iguana laut adalah satu-satunya kadal laut di dunia yang hidupnya semi aquatic yang artinya bisa hidup di darat dan di air laut. Mereka biasanya berwarna hitam atau abu-abu tetapi selama periode kawin jantan dewasa mempunyai warna hijau dan merah.

Pigmen kulit gelap membantu melindungi hewan dari sinar ultraviolet dan juga membantu menghangatkan tubuh mereka. Iguana muda memiliki garis punggung berwarna lebih terang. Sisik punggung mereka berbentuk segitiga dan memiliki ekor panjang yang mendorong mereka melewati air saat berenang. Mereka sering bertatahkan zat putih, yang terutama terdiri dari kelebihan garam yang dikeluarkan melalui kelenjar hidung mereka.

Baca Juga:   Tentang Burung Gereja, Makanan dan Fakta Menarik Lainnya

Iguana laut hidup di Kepulauan Galapagos, sebuah kepulauan dekat pantai Amerika Selatan. Banyak dari pulau-pulau ini memiliki dataran intertidal, tebing batu terjal, dan tepian batu yang rendah. Iguana laut membutuhkan akses ke laut dan daerah berpasir untuk bertelur.

a. Kebiasaan dan Gaya Hidup

Iguana laut adalah hewan diurnal. Saat tidak berburu di laut untuk mencari makan, mereka berjemur di atas batu, seringkali beberapa ribu individu berkumpul di daerah yang sama. Mereka hidup berkoloni. Sebelum bisa makan, iguana laut harus menaikkan suhu tubuhnya hingga kurang lebih 36 ° C. Suhunya bisa turun hingga 10 ° C saat berada di lautan.

Untuk mengatur suhu tubuhnya, seekor iguana harus menghabiskan waktu lama berjemur di bawah sinar matahari. Dengan suhu tubuh yang rendah, ia akan bergerak lebih lamban, dan karenanya berisiko lebih besar dari predator. Untuk memerangi kerentanan ini, iguana bertindak dengan cara yang sangat agresif untuk menghindari bahaya.

makanan iguana laut, pulau iguana laut, iguana raksasa, iguana terbesar, iguana laut raksasa, iguana laut berasal dari, klasifikasi iguana laut, iguana laut galapagos, iguana jenis, iguana adalah, foto iguana laut, lokasi iguana laut

Makanan Iguana laut adalah rumput laut dan alga

b. Makanan Iguana Laut

Iguana laut kebanyakan memakan alga laut. Iguana yang lebih besar akan menyelam ke laut untuk mencari makan, terkadang menyelam sedalam 12 m (39 kaki) dan tetap terendam selama lebih dari satu jam. Dalam keadaan normal mereka melakukan penyelaman dangkal, biasanya berlangsung sekitar 10 menit. Iguana yang lebih kecil terus keluar dari air, memakan alga di bebatuan di daerah pasang surut.

Baca Juga:   Pesut Mahakam, Si Irrawaddy Dolphin

c. Populasi Iguana Laut

Ancaman populasi. Predator atau pemangsa potensial alami untuk Iguana laut termasuk elang Galapagos, bangau lava, bangau biru besar, bangau lurik, burung hantu bertelinga pendek, dan burung fregat. Mereka juga terancam oleh perubahan iklim, dan pencemaran laut termasuk tumpahan minyak, yang dapat menghancurkan alga yang mereka makan, serta habitat mereka.

d. Jumlah Iguana Laut

Menurut sumber Wikipedia, Persatuan Konservasi Alam Internasional memperkirakan bahwa setidaknya ada 50.000 iguana Laut, sedangkan perkiraan dari Stasiun Penelitian Charles Darwin mencapai ratusan ribu. Secara keseluruhan, saat ini Iguana Laut diklasifikasikan sebagai Rentan (VU) di Daftar Merah IUCN.

klasifikasi iguana laut, iguana laut galapagos, iguana jenis, iguana adalah, foto iguana laut, lokasi iguana laut, makanan iguana laut, pulau iguana laut

Iguana muda yang baru menetas, siap diburu oleh ular Galapagos racer

e. Fakta Menarik Tentang Iguana Laut

  • Iguana laut adalah salah satu dari sedikit kadal herbivora atau vegetarian di dunia. Hewan ini memakan rumput laut.
  • Duri di punggung iguana laut yang seperti gergaji tidak hanya memberikan penampilan yang menyeramkan tetapi juga membantu mengatur suhu tubuhnya saat iguana berjemur di bawah sinar matahari.
  • Iguana laut pun bisa bersin. Mereka melakukan ini karena ketika makan, mereka menelan air asin, dan begitu kembali ke darat mereka harus membuang garamnya. Kelenjar penghasil garam membantu mereka melakukan ini, dan, saat mereka bersin, air asin keluar.
  • Iguana laut memiliki hubungan yang baik dengan burung mockingbird karena ketika elang Galapagos sedang berburu, burung mockingbird mengeluarkan teriakan khas mereka, yang telah dipelajari beberapa iguana berarti bahaya, sehingga mereka lari mencari perlindungan.
  • Beberapa iguana laut tumbuh sangat besar karena melimpahnya makanan di lingkungannya. Jika ada pasokan ganggang bawah air yang berlimpah, hal tersebut berarti mereka dapat tumbuh jauh lebih besar daripada iguana yang hidup di mana makanan lebih sedikit. Di pulau mana pun mereka tinggal, menjadi hewan terbesar adalah sesuatu yang harus mereka capai. Betina lebih suka jantan terbesar, dan telur terbaik dihasilkan juga oleh betina terbesar.
  • Seekor iguana laut dewasa mampu bertahan di bawah air selama 45 menit.
  • Seekor iguana laut dapat menumbuhkan ekornya jika dipotong. Seringkali mereka akan mematahkan ekornya sendiri untuk melarikan diri dari predator ketika mereka telah ditangkap.
  • Iguana mampu menghentikan detak jantungnya selama satu menit.
  • Iguana yang baru menetas dari telur di beberapa tempat di Galapagos mengalami ketakutan yang luar biasa saat keluar dari pasir tempat mereka menetas. Karena saat mereka menetas langsung diburu oleh ular Galapagos racer yang ber-habitat di pasir pantai tersebut. Untuk lebih detail menyaksikan ketirnya hidup mereka, coba lihat youtube Marine iguana vs snake.
Baca Juga:   Nama Hewan dari Huruf H, Bahasa Inggris
error: