6 Fakta Tentang Iguana Merah yang Langka

Posted on

daftarhewan.com. Iguana merah adalah semacam istilah umum yang dipakai untuk iguana dari spesies apa saja dengan warna merah. Seringkali, nama iguana merah, dipakai untuk mengarah pada iguana hijau (nama ilmiahnya iguana iguana) dengan warna merah. Spesiesnya sama, tapi itu adalah spesialis warna atau morf.

iguana merah,iguana yang bagus, iguana warna merah, iguana merah besar, iguana merah berbahaya, iguana kepala merah, klasifikasi iguana merah, perawatan iguana merah, tentang iguana merah, pemeliharaan iguana merah,perbedaan iguana merah dan hijau, iguana merah wikipedia, iguana merah adalah, asal iguana merah, harga iguana merah red
Iguana merah – via : sohu.com

Iguana Merah

Iguana merah adalah anggota dari keluarga Iguadnidae yang sudah memperoleh reputasi yang hebat karena warna merahnya yang unik. Yang tidak diketahui oleh banyak orang ialah jika iguana merah adalah variasi dari iguana hijau pada umumnya.

Warna merah ialah dari hasil proses pemuliaan selektif yang diprioritaskan pada manipulasi gen warna, sehingga mereka tergolong iguana langka. Baca Juga : Iguana Biru

Pewarnaan bisa bervariatif dari rona merah atau oranye sedikit sampai warna merah tebal, seluruhnya dengan garis-garis hitam atau bayang-bayang yang condong menggelap pada bagian ekor.

Bagian bawah iguana merah umumnya mempunyai sedikit warna hijau, walau jumlahnya bisa sekitar dari beberapa bintik kecil sampai bagian bawah yang semuanya memiliki warna hijau.

1. Ciri-Ciri Iguana Merah

  • Iguana Merah adalah reptil besar yang tumbuh lebih besar dari enam kaki (1,8 meter) panjangnya.
  • Iguana merah memiliki tubuh merah dan perut hijau cerah.
  • Iguana memiliki kulit bergelombang dan duri mengalir ke bawah punggung mereka.
  • Iguana Merah hidup di bagian selatan dan timur Afrika.
  • Iguana, seperti kadal lainnya, berdarah dingin. Mereka menggunakan matahari, air, dan hal-hal lain dalam lingkungan untuk membantu mereka tetap hangat dan sejuk.
  • Iguana dapat hidup lebih dari 20 tahun.
  • Iguana merah adalah herbivora, yang berarti mereka memakan tanaman seperti bayam, sayuran hijau, brokoli, wortel, dan bahkan stroberi.
Baca Juga:   6 Fakta Tentang Hewan Gharial

Baik iguana hijau dan iguana merah bisa menjadi sangat besar, yang bisa menjadi faktor bagi mereka yang akan menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Beberapa spesies yang lebih besar bisa tumbuh sampai 2 m dan beratnya bisa mencapai 8 kg.

Jantan dari spesies ini condong tumbuh lebih besar dibanding betina dan umumnya bisa dideteksi dengan dewlap (kulit bawah dagu) dan puncak punggung yang lebih besar. Jantan mempunyai benjolan di belakang lubang, yang berisi organ reproduksi.

Baik iguana jantan atau betina mempunyai jejeran duri yang diawali di pangkal tengkorak dan berakhir di ujung ekor. Badan iguana sempit, panjang, dan ditutupi sisik lembut. Mereka mempunyai lima jari kaki panjang dengan cakar yang relatif tajam untuk menolong mereka memanjat pada habitat aslinya.

Ciri-ciri lain dari iguana ialah deretan gigi yang tajam, yang mereka pakai untuk makan makanan yang beragam yang terdiri dari daun dan bunga. Sementara makanan iguana dewasa mayoritas adalah herbivora, iguana remaja kemungkinan makan serangga untuk sumber nutrisi khusus mereka. Beberapa konsumsi air mereka ialah lewat makanan yang dimakannya.

Di penangkaran, iguana hijau dan merah umumnya gampang dipelihara. Mereka, membutuhkan beberapa lingkungan yang meniru lingkungan atau habitat alam mereka.

Baca Juga:   Kura-Kura Raksasa Aldabra, Terbesar Di Dunia

Karena iguana menikmati cahaya matahari langsung dan lindungan yang disiapkan oleh pohon, kandang mereka harus dipasang dengan lampu hanya di satu sisi.

Temperatur kandang harus ditata serta harus disediakan lampu pemanas, dan tingkat kelembapan bisa dicapai lewat sumber air dan dengan menyemprotkan air (dengan semprotan) secara teratur.

harga iguana merah, iguana merah harga, harga anakan iguana merah, iguana warna merah, iguana merah besar, jual iguana merah, iguana kepala merah, iguana merah dewasa, anakan iguana merah, harga iguana merah anakan, iguana merah anakan

2. Ukuran Iguana Merah

Sementara iguana merah secara teknis ialah spesies yang serupa dengan iguana hijau, warna unik mereka bukan salah satu karakter yang membedakannya. Sementara iguana hijau cenderung ada di kisaran panjang lima sampai 1,8 m saat dewasa, iguana merah ada di puncak spektrum panjang, dengan banyak yang dengan mudah mencapai 2 meter pada umur dewasa penuh.

Bila Anda membeli iguana saat bayi, ukuran hewan itu akan berubah secara drastis selama masa hidupnya. Tukik atau anak iguana hanya mempunyai panjang sekitaran 15 cm. Iguana tidak selesai tumbuh sampai mereka berumur sekitaran 5 sampai 6 tahun.

Saat ingin memelihara iguana ingat-ingatlah ukuran akhir hewan dewasa dan pastikan untuk merencanakannya dengan tepat.

3. Merawat Iguana Merah

Iguana merah memerlukan perawatan yang serupa seperti iguana hijau secara umum. Karena mereka bisa sangat besar dan bisa hidup sampai 20 tahun, siapa saja yang membeli iguana harus pahami keperluan kadal ini sejak awal. Iguana muda perlu ditangani dan dilatih untuk menanggapi manusia dengan baik saat mereka masih kecil.

Ini membantu menahan mereka menyerang penangan manusia saat mereka tumbuh menjadi ukuran penuh. Sebaiknya iguana dipelihara oleh orang dewasa, karena mereka memerlukan kesabaran dan dapat berbahaya bila salah penanganan. Saat dikondisikan dengan baik untuk ada di sekitar manusia, mereka menjadi hewan peliharaan yang luar biasa dan bahkan bisa saja mengenal wajah orang yang memelihara dan merawatnya.

Baca Juga:   Cicak Berkembang Biak Dengan Cara?

4. Diperlukan Terarium yang Cocok

Untuk merawat iguana dewasa secara benar, dibutuhkan kandang yang lumayan besar. Sementara iguana remaja bisa ditempatkan di tangki terarium yang unik sesuai kebutuhan, iguana dewasa memerlukan kandang dengan tinggi sekitaran 1,8 m dengan lebar 2 m.

Kandang yang dibuat khusus yang dibuat menggunakan beragam kayu, kaca plexiglass, dan kawat ialah opsi yang umum, walau ada banyak kandang yang didesain untuk iguana yang ada di toko hewan peliharaan dan online.

5. Mempersiapkan Terarium

Sediakan penerangan dan kontrol temperatur yang pas ialah bagian penting dalam merawat iguana Anda. Bila memungkinkan, tempatkan kandang di lokasi yang bisa menerima sinar alami akan membantu tetap sehat.

Cahaya alami harus diperlengkapi dengan lampu reptil yang ada di toko hewan peliharaan. Iguana tumbuh subur di cuaca tropis yang hangat, jadi dibutuhkan lampu pemanas. Baca Juga : Terarium Reptil

6. Makanan Iguana Merah

Iguana membutuhkan makanan sayuran dan buah-buahan. Sebagai herbivora, mereka tidak memerlukan protein, seperti serangga, yang merupakan bagian umum dari makanan beberapa macam kadal peliharaan yang lain.

Sayur cincang harus menjadi bagian paling besar dari makanan iguana. Sayur, seperti brokoli, bisa juga digabung untuk melengkapi sayur hijau. Buah-buahan bisa ditambahkan sebagai makanan, tapi jangan menjadi bagian besar dari makanan. Anda harus juga memberikan iguana air bebas klorin yang diganti setiap hari.