Ikan Acipenser Ruthenus, si Sterlet Sturgeon

daftarhewan.com. Meskipun tidak berkerabat dengan ikan hiu , para penggemar ikan hias yang satu ini biasa menyebutnya hiu air tawar. Tidak salah karena struktur tubuhnya memang mirip dengan hiu. Selain itu mungkin karena penampilan fisiknya yang memang mirip dengan hiu.

jenis ikan acipenser, ikan acipenser ruthenus, ikan acipenser harga, harga ikan acipenser sturgeon, pelihara ikan acipenser, macam macam ikan acipenser, ikan acipenser sturgeon, makanan ikan acipenser, jual ikan acipenser, ikan brekecek, ikan hias acipenser, jual ikan hias acipenser, harga ikan acipenser, cara memelihara ikan acipenser, perawatan ikan acipenser

Ikan Acipenser ruthenus atau Sterlet sturgeon

Sterlet Sturgeon, mempunyai struktur tubuh yang sangat eksotis, badanya lurus panjang dengan ekor melengkung ke atas,  di sepanjang punggungnya terdapat duri-duri yang berderet rapi, sirip punggung yang letaknya hampir mendekati ekornya dan tepat diatas sirip anal, benar-benar mirip penampilan hiu. Kesan mirip hiu ini semakin diperkuat lagi dengan kemiripan lainnya, yaitu ususnya memiliki katup spiral, ciri yang sama dimiliki oleh ikan hiu.

Sterlet sturgeon adalah termasuk dalam keluarga Acipenseridae, ordo Acipenseriformes; kelompok ikan bermoncong agak panjang. Ikan yang termasuk dalam ikan primitif keturunan dari ikan purba ini, habitatnya tersebar di sungai dan danau di daerah beriklim dingin, seperti Eropa dan Amerika Utara.

Baca Juga:   7 Jenis Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

Macam Macam Ikan Acipenser

Ikan acipenser yang terkenal sebagai ikan hias antara lain Ikan Acipenser ruthenus atau Starlet sturgeon, acipenser transmontanus atau White sturgeon (Sturgeon putih), acipenser oxyrhynchus, acipenser fulvescens atau Lake sturgeon (Sturgeon danau), dan acipenser medirostris atau Green sturgeon (Sturgeon hijau).

Di daerah asalnya, sterlet sturgeon yang berasal dari Eropa Timur ini hidup di sungai-sungai yang bermuara di Laut Hitam, Azov dan Caspia. Hiu air tawar ini bisa mencapai panjang 125 cm dan berat sekitar 15 kg. Ukuran yang lebih besar dimiliki oleh salah satu kerabatnya dari Amerika, Acipenser transmontanus atau white sturgeon, yang bisa mencapai panjang 610 cm dan berat sekitar 453 kg. Inilah ikan air tawar terbesar yang pernah ada.

Ketika masih kecil, ikan ini bisa dipelihara dalam akuarium dan bisa disatukan dengan ikan jenis lain yang tidak rakus dan galak. Jadi jangan sampai dicampur dengan ikan jenis siklid (cichlid), karena jenis ini rakus dan galak.

Baca Juga:   Jenis Ikan yang Tidak Boleh Dimakan atau Dikonsumsi

Si Sturgeon kecil mempunyai keistimewaan yang biasa ia pamerkan dalam akuarium, yaitu gerakannya yang lincah dan variatif. Ia suka berenang dari bawah sampai atas, dan bila sudah mendekati permukaan dengan cepat tubuhnya dibalikkan, perut diatas dan punggung menghadap dasar akuarium. Selain itu ia juga sangat senang memutar-mutar dan menungkir-balikkan badannya. Kelincahannya tersebut akan berkurang bila tubuhnya bertambah semakin besar.

Cara Memelihara Ikan Acipenser

Untuk memelihara ikan ini dalam akuarium tidak terlalu sulit, hanya suhu airnya yang harus selalu diperhatikan. Ikan ini sangat tidak tahan terhadap panas, karena memang berasal dari daerah subtropis, daerah dingin. Bila di habitat asalnya, ikan ini biasa hidup dengan suhu sekitar 12 sampai 18 derajat celsius, dalam akuarium ia masih tahan dengan suhu tidak lebih dari 25 derajat celsius. Hal ini dengan catatan, peningkatannya harus secara perlahan-lahan.

Baca Juga:   17 Penyakit Ikan Mas Koki, Gejala dan Cara Mengatasinya

Kalau suhunya tidak diperhatikan dan terlalu panas, badannya akan langsung bengkok dan mati. Selain itu, perlu diperhatikan adalah kebersihan sirkulasi air dan ph yang netral. Kedalaman akuarium juga perlu diperhatikan. Paling ideal kedalamannya tidak lebih dari 40 cm. Hal ini mengingat kebiasaan ikan yang suka berenang dari dasar kepermukaan. Bila terlalu dalam, akan membuat ikan cape dan sakit bahkan bisa mati.

Makanan Ikan Acipenser

Ikan acipenser cukup senang diberi pakan cacing sutra dan cacing beku. Meskipun di habitat aslinya ikan ini mau memakan bekicot dan cacing tanah. Karena ikan ini bukan termasuk ikan yang rakus, ia tidak membutuhkan makan yang terlalu banyak, yang terpenting harus selalu ada agar tidak sampai kelaparan.

error: