9 Contoh Ikan yang Hidup di Air Payau

Hewata.com. Ikan air payau. Air payau dapat didefinisikan sebagai air kombinasi di antara air tawar beserta air laut. Ikan yang ada di habitat ini umumnya ada di area muara. Di situ ada keberagaman hayati tertentu.

Ikan Air Payau

Ikan-ikan air payau banyak dan kerap diperbudidayakan. Ada yang memakainya untuk kepentingan konsumsi, ada pula yang memeliharanya sebagai ikan hias (akuarium).

Berikut daftar ikan yang hidup di air payau:

1. Drum Fish

ikan air payau, contoh ikan air payau, jenis ikan air payau, ikan payau, perikanan air payau, jenis jenis ikan air payau, jenis ikan payau

Banyak spesies ikan yang namanya ‘Drum’. Tetapi mereka datang dari genus yang berlainan. Dua ikan Drum paling terkenal yakni ikan Red Drum dan Black Drum. Ke-2 nya sama datang dari kerabat Sciaenidae, kerabat yang mempunyai kira-kira 275 spesies. Beratnya besar sekali, hingga kemampuan akuarium yang diperlukannya lumayan besar.

Ikan ini dapat hidup di air asin atau air payau. Sebagian besar ikan drum itu karnivora, hingga kurang pas hidup bersama ikan-ikan imut, karena mereka akan melihat ikan-ikan itu sebagai mangsa. Tetapi ikan drum dapat berteman dengan ikan yang lain tidak agresif, asal ukuran sama.

2. Asian Cichlids

ikan yang hidup di air payau, contoh ikan air payau, jenis ikan air payau, ikan payau, ikan perairan payau, hewan yang hidup di air payau, perikanan air payau

Green Chromide – via : fishyology.com

Barisan ikan ini datang dalam macam ukuran, ada yang kecil dan yang extra besar. Temperamennya berbeda-beda. Mereka berenang di area tengah. Ketika di akuarium mereka bisa hidup bersama siklid Asia lain, loach yang jumbo, dan ikan yang lain ukuran tidak jauh berbeda. Mereka sebagai ‘keluarga besar’, sampai mempunyai lebih dari 2.000 spesies yang unik.

Baca Juga:   Top 15 Daftar Ikan Tercantik di Dunia

Sebagian besar siklid hidup di Amerika dan Afrika. Tetapi ada banyak siklid yang endemik Asia. Bahkan juga ada siklid Asia yang condong imut, sekitaran 12 cm. Tetapi spesies Mango Tilapia dapat tumbuh sampai sekitaran 40 cm dan Nile Tilapia capai 60-an cm. Banyak tipe siklid Asia yang digunakan untuk keperluan konsumsi. Tetapi ada pula yang dipiara khusus dalam akuarium, misalnya Green Chromide.

3. Julung-Julung/ Halfbeak (Hemiramphidae)

ikan yang hidup di air payau adalah, ikan hias air payau, jenis ikan yang hidup di air payau, contoh ikan yang hidup di air payau, jenis ikan payau, perairan payau, ikan di air payau, jenis ikan perairan payau

Julung-Julung/ Halfbeak (Hemiramphidae) – via : wikimedia.org

Ikan dari kerabat Hemiramphidae ini populer karena rahangnya yang unik. Karena sisi bawahnya lebih panjang dari yang atas. Ikan memiliki ukuran kecil ini hidup dalam komunitas.

Ada juga ukuran akuariumnya cukup yang sedang saja. mereka lebih senang berenang disekitaran permukaan. Rekan-rekan seakuarium yang pas untuk Halfbeak yakni ikan gurami, tetra, rasbora, dan lain-lain.

4. Ikan Palmas Tambang / Reedfish (Erpetoichthys calabaricus)

sebutkan jenis ikan air payau, pengertian ikan air payau, macam macam ikan air payau, berikut ini merupakan ikan yang hidup di air payau, contoh hewan yang hidup di air payau, ikan yang dibudidayakan di air payau adalah, perbedaan perikanan air payau dan air tawar, cara membuat air payau, nama ikan air payau

Ikan Palmas Tambang / Reedfish (Erpetoichthys calabaricus) – via : polltab.com

Ikan ini memiliki ukuran lumayan besar, hingga akuarium yang dibutuhkan perlu berkapasitas ekstra besar. Ukuran harus lebih dari 190 liter. Tetapi personalitas ikan ini tidak agresif. Mereka dapat tinggal dengan Mono Fish, Scat, Archer Fish, dan lain-lain.

Badannya memanjang serupa ular. Mereka sebagai ikan nokturnal, hingga lebih aktif pada malam hari. Pada siang harinya, mereka akan terus menerus sembunyi, terkecuali jika ada makanan. Berhati-hati, ikan ini suka kabur dari akuarium.

Baca Juga:   5 Ikan Konsumsi Termahal di Dunia

5. Ikan Pari / Ray Fish / (Batoidea)

ikan hias air tawar termahal di dunia, ikan hias air tawar termahal, ikan hias air tawar termahal di indonesia, ikan hias air tawar yg mahal, macam macam ikan hias air tawar termahal, gambar jenis ikan hias air tawar termahal, jenis ikan hias air tawar yang mahal, jenis ikan hias air tawar mahal, ikan hias air tawar yang mahal

Disamping berukuran besar, ikan ini condong agresif. Keperluan akuariumnya, otomatis harus besar, lebih dari 190 liter. Mereka lebih suka bereneng di dasar. Teman-teman yang dapat menemaninya ketika di akuarium yakni ikan Pacu, Siver Dollars, dan Banded cichlid (Ikan severum). Jika masih pemula, seharusnya tidak memutuskan merawat ikan pari hias. Ikan ini cuman ditujukan untuk mereka yang telah memiliki pengalaman dan professional. Baca juga : Ikan Hias Air Tawar Termahal

Ikan ini mempunyai keterikatan kuat dengan hiu, hingga karakternya agresif. Badannya gepeng dan mempunyai skeleton dari tulang yang rawan. Mulutnya berada di bawah tubuh, hingga bebas untuk mengisap mangsa. Saat berasa terancam, ikan akan manfaatkan ekornya yang panjang supaya menghasilkan sengatan listrik dan toksin atau racun.

6. Ikan buntal / Puffer Fish (Tetraodontidae)

ikan buntal air tawar raksasa, ikan buntal air tawar besar, sifat ikan buntal air tawar, apakah ikan buntal air tawar berbahaya, ikan buntal air tawar predator atau bukan, apakah ikan buntal bisa hidup di air tawar, ikan buntal air tawar hias, mengenal ikan buntal air tawar, makalah ikan buntal air tawar, karakter ikan buntal air tawar, apakah ikan buntal air tawar predator

Sama dengan palmas tali, ikan yang dipercayai sebagai vertebrata beracun ini memiliki ukuran jumbo. Ada banyak spesies yang dapat menghasilkan neurotoxin, toksin mematikan untuk beberapa predatornya. Kemampuan akuariumnya harus besar, ukuran 190 liter lebih. Mereka berenang di tengah-tengah permukaan air. Ikan-ikan yang pas tinggal dengan ikan buntal yakni molly, Mono, Goby, dan Archer Fish. Baca Juga : Ikan Buntal Air Tawar

Sama sesuai namanya, ikan ini mempunyai wujud yang menggemaskan, karena dapat menggembung sampai seperti bola. Wujud itu keluar bila ia berasa sedang dalam bahaya atau di bawah teror. Pergerakannya aneh. Ikan ini cukup lincah dan dapat mengarah ke semua arah, tetapi tetap berenangnya lamban.

Baca Juga:   15 Daun untuk Pakan Ikan Mas, Lele dan Lain-lain

7. Ikan Mono/ Fingerfish (Monodactylus sebae)

ikan air payau, ikan yang hidup di air payau, contoh ikan air payau, ikan di air payau, pengertian ikan air payau, ikan hidup di air payau, jenis ikan di air payau, nama ikan air payau, ikan ikan air payau

Reputasi ikan ini tidak disangsikan lagi, apa lagi di kelompok aquarist dunia. Performanya benar-benar khusus, karena wujud badannya seperti mutiara. Sirip akor dan punggungnya terlihat kuning. Dan ukuran termasuk besar. Tidak sangsi, ikan ini harus berada di akuarium besar dengan ukuran lebih dari 190 liter. Mereka suka berenang di tengah. Ikan yang dapat disatukan dengan Mono Fish ini yakni Silver Dollar, Archer Fish, dan Goby.

8. Goby (Gobiidae)

Seperti siklid, goby sebagai keluarga besar yang dengan anggota lebih dari 2000 spesies. Umumnya pada mereka tinggal di lingkungan laut. Tetapi ada pula yang menempati air tawar dan air payau. Ukuran kecil dan umumnya berupa seperti torpedo.

Karena ukuran tidak demikian besar, ikan ini juga cukup di akuarium memiliki ukuran sedang. Personalitasnya tidak agresif. Hingga ikan dapat dekat dengan Guppy, Platy, Archer Fish, dan Mono Fish.

9. Ikan Pemanah/ Archerfish (Toxotes)

nama ikan air payau, ikan ikan air payau, jenis ikan air payau dan gambarnya, sebutkan ikan air payau, macam ikan air payau, ikan yang ada di air payau, jenis ikan air payau dan nama latinnya, ikan air payau dan nama latinnya, ikan air payau hias, klasifikasi ikan air payau

Biasanya ikan ini memiliki ukuran kecil. Sikapnya pun tidak agresif. Tetapi ikan pemanah membutuhkan akuarium yang lumayan besar, lebih dari 190 liter. Ikan-ikan yang pas menjadi temannya adalah ikan Platy, Molly dan ikan pedang (Swordtail).

Walau terlihat imut, tetapi ikan ini benar-benar spesial. Kemampuan memanahnya memang juara. Tidaklah aneh jika dia dinamakan sebagai ikan pemanah. Ikan ini dapat melejitkan tembakan dari di air, hingga membuat serangga atau hewan kecil lain di darat dapat terjungkal ke dalam air sehingga dapat menjadi makanan.

Tembakannya tepat dan bidikannya cepat. Apa lagi jika mereka bertambah tumbuh dewasa, karena itu kemampuan memanahnya juga makin terasah. Anda tertarik memelihara yang mana, nih?

error: