10 Ikan Air Tawar Terbesar, Berukuran Raksasa!

daftarhewan.com. Kita semua tahu bahwa lautan mempunyai berbagai macam jenis ikan besar, dan kebanyakan ikan-ikan tersebut bisa disebut sebagai ikan raksasa. Namun, ternyata tidak hanya lautan yang didiami bermacam ikan besar. Sungai dan danau air tawar pun menjadi habitat bagi ikan-ikan air tawar berukuran besar.

Ikan Air Tawar Terbesar di Bumi

Meskipun pada umumnya, sebagian besar ikan air tawar berukuran lebih kecil dari ikan di lautan yang asin, ada juga beberapa yang dapat tumbuh hingga ukuran yang fantastis. Dari ikan hiu banteng hingga ikan pari besar, berikut adalah beberapa ikan air tawar terbesar di dunia.

1. Hiu banteng (Bull shark)

ikan hiu air tawar terbesar, ikan air tawar terbesar di bumi, ikan hiu air tawar terbesar, ikan air tawar terbesar di dunia, ikan tawar terbesar di dunia, ikan tawar terbesar, ikan hias air tawar terbesar, jenis ikan air tawar terbesar, ikan predator air tawar terbesar

Hiu banteng yang bernama ilmiah Carcharhinus leucas adalah ikan hiu pesisir dan air tawar yang menghabiskan waktunya di perairan tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Mereka bisa mencapai panjang lebih dari 3 meter, meskipun sebagian besar yang sering ditemukan panjangnya berkisar 2 meter. Umumnya ditemukan di perairan dangkal, hiu banteng adalah satu-satunya spesies hiu yang dapat bertahan lama di air tawar.

Merupakan spesies yang agresif, hiu banteng diketahui menyerang manusia. Mereka hampir terancam karena interaksi dan perkembangan manusia di dekat habitat mereka.

2. Ikan Beluga Sturgeon

ikan tawar raksasa, ikan air tawar besar, ikan air tawar terbesar, ikan air tawar raksasa, ikan air tawar berukuran besar, jenis ikan air tawar besar, jenis ikan air tawar ukuran besar

Beluga mungkin merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Beberapa telah ditemukan yang panjangnya lebih dari 6 meter dan berat lebih dari 1 ton, angka yang juga membuat mereka dianggap sebagai ikan dengan tulang terbesar di dunia berdasarkan beratnya.

Ikan Beluga yang bernama latin huso huso ini adalah salah satu spesies sturgeon yang menempati sebagian Laut Hitam dan Laut Kaspia. Tubuh mereka terus mengalami pertumbuhan sepanjang hidup mereka yang bisa mencapai umur 100 tahun.

Baca Juga:   5 Ikan Terkecil Di Dunia, Paling Kecil 7,9 mm!

Ikan Beluga Sturgeon menetaskan telurnya di sungai air tawar dan kemudian menjalani kehidupan dewasanya di air asin, lalu kembali ke hulu untuk bertelur. Ikan Beluga Sturgeon juga terancam punah, dengan populasi yang menurun.

3. Ikan Lele Raksasa Mekong

ikan patin sungai mekong, ikan lele sungai mekong, ikan di sungai mekong, ikan raksasa sungai mekong, ikan mekong, sungai mekong menghasilkan ikan, ikan sungai mekong thailand

Banyak spesies ikan lele yang dapat tumbuh hingga ukuran raksasa, tetapi tidak ada yang sebanding dengan ikan lele raksasa Mekong (Mekong Giant Catfish) yang bernama ilmiah Pangasianodon gigas dari Asia Tenggara.

Ikan yang disebut Patin Raksasa Mekong ini mampu tumbuh hingga panjang 3 meter dan berat lebih dari 290 kg, ukurannya membuat mereka menjadi tangkapan yang berharga, dan lele raksasa ini hampir punah. Meskipun sekarang dilindungi, mereka kemungkinan besar akan tetap terancam punah karena pembangunan bendungan di Sungai Mekong.

4. Ikan Aligator

Ikan Aligator, Ikan Alligator gar, ikan air tawar berukuran besar tts,ikan hias air tawar berukuran besar, ikan air tawar cepat besar, ikan hias air tawar yang cepat besar, ikan hias air tawar yg cepat besar, ikan air tawar terbesar di dunia

Bernama ilmiah Atractosteus spatula memiliki dua baris gigi besar dan moncong seperti aligator, ikan Alligator gar yang termasuk predator ini mampu hidup di air tawar dan air asin. Berukuran sepanjang 3 meter dan berat lebih dari 150 kilogram, aligator gar adalah ikan terbesar kedua di Amerika Utara yang termasuk ikan karnivora.

Mereka hidup hingga 50 tahun dan memiliki sedikit predator atau pemangsa alami. Ditemukan di lembah Sungai Mississippi yang lebih rendah dan di perairan negara bagian Gulf Coast (Pantai Teluk Amerika Serikat), ikan ini cenderung berenang di dekat permukaan atau di antara alang-alang tempat mereka dapat menyergap mangsanya.

5. Ikan Arapaima gigas

ikan arapaima adalah, ikan arapaima air tawar, apa itu arapaima, ikan arapaima bisa dimakan, ikan arapaima boleh dimakan, foto ikan arapaima, fakta ikan arapaima, foto ikan arapaima gigas, fakta tentang ikan arapaima, ikan arapaima gigas berasal dari mana, ikan arapaima gigas pirarucu, ikan hias arapaima, ikan arapaima wikipedia indonesia, jenis ikan arapaima, ikan air tawar berukuran besar seperti arwana

Salah satu ikan terbesar penghuni sungai Amazon, ikan raksasa ini sama dengan ikan purba berukuran besar. Juga dikenal sebagai pirarucu di Brasil dan paiche di Peru, ikan air tawar terbesar arapaima gigas telah ada sejak periode Miosen dan dianggap sebagai fosil hidup.

Dulunya mampu tumbuh hingga panjang 3 meter dan berat 130 kg, karena penangkapan berlebihan, arapaima sekarang hanya mencapai panjang tubuh sekitar 1,8 meter dan berat 124 kg. Ikan ini mampu menghirup udara dan dapat bertahan hidup hingga 24 jam di luar air. Baca juga : Ikan hias air tawar termahal

Baca Juga:   Ikan Apa yang Bisa Terbang? Cari Tahu Disini!

Ikan Air Tawar Terbesar di Malaysia

Predator raksasa yang menghirup udara jarang terlihat lagi di habitat aslinya, lembah Amazon, karena penangkapan ikan berlebihan yang parah. Namun, ternyata di Malaysia, beberapa pemancing baru-baru ini mengklaim bahwa mereka menemukan pirarucu di Danau Kenyir di negara mereka meskipun, ikan tersebut lolos.

The Star, sebuah koran Malaysia, melaporkan pada tahun 2009 bahwa penduduk desa di Kampung Baung, sebuah kota yang berbatasan dengan danau, juga telah melihat adanya ikan raksasa, dalam artikel tersebut disebutkan bahwa ikan itu mampu melompat beberapa meter ke udara dan bisa membalikkan perahu kecil dengan kepalanya yang kuat.

Seorang penduduk desa memberi tahu Star bahwa dia telah melihat seorang lelaki Tionghoa tua melepaskan dua ikan, yang katanya dia bawa dari luar negeri, ke sungai terdekat karena mereka telah tumbuh terlalu besar untuk dia pelihara.

6. Ikan Pari Air Tawar Raksasa (Giant Freshwater Stingray)

ikan pari sungai mekong terbesar, ikan di sungai mekong, ikan raksasa sungai mekong, sungai mekong menghasilkan ikan, ikan sungai mekong thailand

Salah satu spesies ikan air tawar terbesar di dunia, ikan pari raksasa (Himantura chaophraya) pertama kali diidentifikasi oleh para ilmuwan pada 1990-an. Ikan air tawar ini dapat tumbuh hingga ukuran besar, dengan berat lebih dari 580 kg dan berukuran hampir 4 meter.

Ditemukan di sungai-sungai Asia Tenggara, mereka memiliki ekor yang panjang dan berbahaya bergerigi yang mampu menembus tulang dan menyuntikkan bisa atau racun. Sayangnya, ikan pari air tawar raksasa terancam punah akibat penangkapan ikan dan hilangnya habitat.

7. Ikan Dayung (Paddlefish)

ikan air tawar terbesar, ikan air tawar raksasa, ikan air tawar terbesar di bumi, jenis ikan air tawar terbesar di indonesia, ikan air tawar paling besar di dunia

Mudah dikenali dari moncongnya yang berbentuk dayung, ikan air tawar raksasa bernama ilmiah Polyodontidae ini adalah pemakan zooplankton yang tidak berbahaya. Ada dua spesies yang diketahui masih hidup di bumi, ikan dayung Cina dan ikan dayung Amerika.

Sayangnya ikan dayung Cina, yang mendiami Sungai Yangtze, sangat terancam punah dan mungkin punah. Lebih besar dari kedua spesies, berukuran sepanjang 3 meter, paddlfish Cina terancam karena penangkapan yang berlebihan dan hilangnya habitat.

Baca Juga:   Ikan Patin Hias yang Bisa Dimakan

Ikan dayung Amerika, yang terdaftar sebagai spesies rentan, menghuni lembah Sungai Mississippi dan pernah menghuni Great Lakes di Kanada juga. Mereka dapat tumbuh hingga panjang 2 meter dan berat hingga 68 kg.

8. Ikan Mas Siam (Giant Barb)

ikan mas siam, jenis ikan air tawar terbesar di indonesia, jenis ikan hias air tawar besar, jenis ikan hias air tawar ukuran besar, jenis ikan air tawar besar, jenis ikan air tawar cepat besar, jenis ikan air tawar ukuran besar, jenis ikan air tawar yang bisa besar, jenis ikan air tawar yang bisa tumbuh besar, ikan mas terbesar

Ikan mas dari semua varietas dapat tumbuh hingga ukuran yang cukup besar, tetapi tidak ada yang sebesar Ikan mas siam raksasa (Giant Barb) atau disebut juga duri raksasa yang ditemukan di Asia Tenggara.

Spesies ikan mas ini secara teratur tumbuh hingga lebih dari 1 meter dan dewasa jarang ditemukan di bawah 1 meter. Meskipun mereka tumbuh sedemikian besar, ikan mas siam tidak berbahaya; mereka lebih suka memakan organisme kecil seperti ganggang, fitoplankton, dan kadang-kadang buah. Giant barb sangat terancam punah karena penangkapan ikan yang berlebihan dan hilangnya habitat.

9. Sturgeon putih (White sturgeon)

ikan air tawar terbesar indonesia, ikan air tawar terbesar di bumi, ikan air tawar terbesar di dunia, jenis ikan air tawar terbesar, mancing ikan air tawar terbesar, mancing ikan air tawar terbesar di dunia, memancing ikan air tawar terbesar, mancing ikan terbesar di air tawar, penangkapan ikan air tawar terbesar, 10 ikan air tawar terbesar di dunia

Ikan air tawar terbesar di Amerika Utara, sturgeon putih (Acipenser transmontanus) dapat tumbuh hingga 4 meter panjangnya dan beratnya bisa hampir satu ton.

Ditemukan di sepanjang Pantai Barat Amerika Utara, dan sejauh Kepulauan Aleutian, ikan sturgeon putih menghuni sungai, muara, dan laut. Mereka bermigrasi ke hulu untuk bertelur dan memiliki umur 80 hingga 100 tahun.

Karena ukurannya, sturgeon putih adalah target populer bagi para nelayan, dan meskipun tidak terdaftar secara federal, mereka dikategorikan sebagai spesies yang mendapat perhatian khusus di California.

10. Perch nil (Goliath perch)

ikan air tawar terbesar di bumi, ikan air tawar terbesar di dunia, ikan tawar terbesar di dunia, jenis ikan air tawar terbesar di indonesia, ikan air tawar paling besar di dunia, jenis ikan hias air tawar besar, jenis ikan hias air tawar ukuran besar, jenis ikan air tawar besar, jenis ikan air tawar cepat besar, jenis ikan air tawar yang bisa besar, jenis ikan air tawar yang bisa tumbuh besar, jenis ikan tawar besar, ikan air tawar paling besar, ikan air tawar ukuran besar

Ikan yang bernama ilmiah Lates niloticus ini berasal dari sungai tropis dan danau Afrika, Perch nil adalah salah satu ikan air tawar terbesar di Afrika.

Mencapai panjang maksimal 2 meter, ikan ini biasanya ditemukan dengan ukuran 0,6 – 1 meter. Karena popularitas mereka di kalangan nelayan, Perch nil telah disebar ke banyak danau non-pribumi dan telah menjadi spesies invasif yang berbahaya. Hal ini menjadi sangat tragis di Danau Victoria, di mana lebih dari 200 spesies asli telah punah karena masuknya Perch nil.

error: