Ikan Aligator, Berkepala Mirip Buaya

daftarhewan.com. Apa anda telah akrab atau malah asing dengan ikan Aligator Gar? Spesies yang terkadang dikatakan sebagai Ikan Buaya ini sempat mengagetkan kita saat mereka pun ada di Waduk Jatiluhur – Jabar.

Bagaimana pun juga, komunitas asli gar memang benar ada di Amerika Selatan termasuk Meksiko. Mereka juga dilihat sebagai predator agresif yang harusnya tidak hidup di nusantara.

ikan aligator, aligator ikan, ikan aligator gar, jenis ikan aligator, ikan aligator berbahaya, ikan aligator raksasa, aligator florida ikan, ikan aligator adalah, ikan hias aligator air tawar, ikan aligator makan apa

Ada juga nama Alligator Gar diambil dari moncongnya. Bagian tersebut memang serupa Buaya Amerika atau dikenal alligator. Ukuran serupa, hingga mereka demikian mengagumkan.

Deskripsi Ikan Aligator

Ikan Aligator Gar sebagai satu diantara demikian banyak spesies ikan air tawar yang mempunyai ukuran besar di Amerika Utara. Wujud tubuhnya serupa torpedo, bergigi tajam, dan moncongnya pun lebar. Apabila sudah dewasa, ukuran dapat capai di antara 1,5-1,8 mtr. dan beratnya sekitaran 68 kg atau lebih.

1. Fakta Menarik Alligator Gar

Dari performanya saja, ikan ini telah unik dan menarik. Demikian pula dengan beberapa kenyataannya berikut ini:

Baca Juga:   Ikan Patin Hias yang Bisa Dimakan

2. Fosil Hidup

Alligator gar sering dikatakan sebagai fosil hidup. Maknanya, ikan ini masih serupa dengan fosilnya sendiri yang telah berumur jutaan tahun lalu.

3. Euryhaline

Ikan ini sebagai organisme yang mahir beradaptasi dengan berbagai jenis air dan kadar garam. Kekuatan ini benar-benar menolong ikan saat memburu makanan di air tawar bahkan di asin sekalipun

4. Kekuatan Menelan

Saat repot mencari makanan, mereka kerap masuk area perairan yang tenang dan cukup keruh. Umumnya teritori ini miskin oksigen. Tetapi untungnya ikan ini bisa menyesuaikan. Mereka tinggal menelan udara extra yang didapatkan dari permukaan.

5. Swim Bladder

Ketika menelan udara dari permukaan, hasilnya tidak langsung sampai ke paru-paru, tetapi tersimpan ke bagian swim bladder atau seperti kantung gelembung renang. Perannya serupa paru-paru. Disamping itu, sisi ini menyangga ikan supaya bisa mengontrol daya apung.

6. Habitat Ikan Aligator Gar

Spesies ini lebih kerasan di perairan yang bergerak lamban. Karena mereka dapat bertahan dengan keadaan kandungan oksigen yang rendah. Mereka dapat hidup di waduk, rawa, danau, kolam, teluk, atau sungai dengan aliran air yang lamban. Luar biasanya, mereka dapat beradaptasi di di air tawar serta asin sekaligus.

Ikan Aligator, Ikan Alligator gar, ikan air tawar berukuran besar tts,ikan hias air tawar berukuran besar, ikan air tawar cepat besar, ikan hias air tawar yang cepat besar, ikan hias air tawar yg cepat besar, ikan air tawar terbesar di dunia

7. Apakah Ikan Aligator Bisa Dimakan?

Daging ikan Alligator gar atau ikan buaya gar berwarna putih dan padat dengan rasa yang ringan, sebanding dengan daging banyak ikan sport yang dimakan pemancing. Meskipun dagingnya enak, perlu diperhatikan bahwa telur aligator gar beracun dan dapat menyebabkan penyakit jika dimakan.

Baca Juga:   Budidaya Ikan Bandeng di Air Tawar

8. Persebaran Alligator Gar

Sebagian besar spesies ikan ini menyebar di Amerika Serikat selatan. Umumnya mereka menempati daerah pesisir seperti Florida sampai Texas. Ada pula komunitas lebih kecil yang tinggal di Meksiko timur. Hingga saat ini, komunitas Alligator Gar semakin menurun, tetapi status mereka masih belum dikatakan rawan punah.

9. Makanan Alligator Gar

Mereka ialah karnivora, hingga makanannya berbasiskan daging-dagingan. Mereka tidak pilih-memilih menu tertentu dan bisa makan apa saja yang ketangkap. Umumnya sasaran mereka sesuaikan sama ukuran dan lokasi. Taktik memburu mereka yaitu dengan menangkap mangsa secara cepat.

10. Hubungan dengan Manusia

Telah lama warga asli Amerika manfaatkan sisik Alligator Gar sebagai perisai dan kepala panah. Tetapi di tahun 1950, masyarakat sempat memandang ikan ini sebagai hama. Hingga nelayan dan beberapa petinggi terkait sampai membabat ikan-ikan ini dengan maksud membuat perlindungan ikan lain yang dirasa lebih berharga.

Tetapi karena komunitasnya terus turun, hingga sekarang Alligator Gar malah dilindungi. Meskipun begitu, IUCN masih memutuskan spesies ikan ini sebagai Least Concern (beresiko rendah terhadap kepunahan, atau masih banyak terdapat di alam liar).

11. Domestikasi

Selama ini tidak ada usaha untuk menjinakkan Alligator Gar.

12. Apa Ikan Alligator Gar Bisa Dijadikan Hewan Peliharaan?

Hewan ini tidak direferensikan sebagai piaraan, ingat ukuran yang besar. Anda pasti kewalahan menyiapkan akuariumnya. Belum juga dengan perawatan yang harus extra.

macam macam ikan hias air tawar termahal, gambar jenis ikan hias air tawar termahal, jenis ikan hias yang mahal, jenis ikan hias air tawar mahal, jenis ikan hias termahal di dunia, ikan hias air tawar termahal di dunia, jenis jenis ikan hias termahal, ikan hias air tawar termahal, jenis ikan hias air tawar yang mahal, ikan hias air tawar yg mahal, harga ikan hias air tawar termahal, jenis ikan hias yang harganya mahal

Ikan Aligator albino, salah satu ikan air tawar termahal

13. Perawatan Alligator Gar

Tempat pelindungan untuk Alligator Gar perlu menyiapkan akuarium khusus. Mereka perlu hidup dengan bebas. Ada juga menu makanannya yakni ikan, krustasea, udang, dan lain-lain.

Baca Juga:   Monyet Bekantan, Si Hidung Panjang

14. Sikap Alligator Gar

Apabila jadi perhatian, ikan ini sering seperti tiduran tercenung pada air dan melayang-layang perlahan-lahan. Sepintas mereka seperti hewan pemalas. Tetapi Anda tidak boleh tertipu, karena mereka sangat cepat dan mematikan. Mereka suka memburu di spot favorit, yaitu beberapa meter dari permukaan air. Sebagian besar mereka dikenal sebagai nokturnal, hingga lebih aktif saat malam hari.

15. Reproduksi Ikan Alligator Gar

Sesudah periode banjir, ikan ini baru dapat berkembangbiak di air dengan temperatur hangat. Alligator Gar betina akan bertelur dalam tanaman atau vegetasi yang tergenang. Dan alligator gar jantan akan melepas sperma supaya sel telurnya dapat dibuahi.

Ukuran betina dapat menentukan jumlahnya telur yang keluar. Rerata sekitaran 150.000 buah. Mereka perlu waktu sekitaran 10 hari supaya telur menetas dan tumbuh jadi larva ikan.

Tampilan yang galak dari ikan ini membuat kehadirannya ditakuti. Mereka mirip dengan buaya dan mempunyai gigi tajam. Tetapi rupanya alligator gar ini tidak memberikan ancaman bagi manusia. Bahkan juga ilmuwan tidak pernah mendapati ada kasus atau kejadian serangan Alligator Gar terhadap manusia. Namun, dampak gigitan mereka pasti terasa menyakitkan.

error: