Home » Ikan Hias » Ikan Anglefish Air Laut vs Air Tawar, Persamaan dan Perbedaannya

Ikan Anglefish Air Laut vs Air Tawar, Persamaan dan Perbedaannya

daftarhewan.com. Sering kali menjadi primadona pada akuarium air laut, angelfish juga dianggap mendominasi keindahan pada akuarium air tawar. Namun, meski sama-sama memiliki sebutan angelfish, nyatanya angelfish yang hidup di air tawar, berbeda dengan angelfish yang hidup di laut.

ikan hias air laut angelfish, ikan hias air laut aquarium, angelfish air laut, ikan angelfish laut, jenis ikan angelfish laut, ikan angelfish, ikan hias air laut tercantik, makanan ikan angelfish laut, ikan angel

Ikan angelfish laut (Pomacanthus imperator) yang masih muda

Bahkan, perbedaan angelfish air tawar dan angelfish air laut, tidak hanya terletak pada warna dan habitat saja, melainkan hal-hal yang lebih mendasar, seperti klasifikasi ilmiah atau taksonomi.

Untuk penjelasan yang lebih lengkap, simak perbedaan angelfish air tawar dan air laut, serta deskripsi tentang kehidupan angelfish, berikut ini:

A. Klasifikasi Ilmiah Angelfish Air Laut

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Perciformes

Famili: Pomacanthidae

Nama Ilmiah: Pomacanthidae

Nama populer: angelfish air laut

ikan angelfish laut, ikan hias air laut aquarium, ikan hias air laut angelfish, harga ikan hias air laut angelfish, ikan hias air laut untuk aquarium, angelfish air laut, jenis ikan angelfish laut, ikan angelfish, ikan hias air laut tercantik

Ikan angelfish laut (Pomacanthus imperator) dewasa

B. Klasifikasi Ilmiah Ikan Angelfish Air Tawar

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Actinopterygii

Ordo: Cichliformes

Famili: Cichlidae

Nama ilmiah: Pterophyllum

Nama populer: angelfish air tawar atau manfish air tawar

C. Persamaan angelfish air laut dan angelfish air tawar

Lokasi habitat: belahan Bumi selatan

Pola makan: Omnivor

pH optimal: 6,5-7,2

Masa hidup: 8-15 tahun

Status konservasi: Terancam

Tipe kulit: bersisik

Baca Juga:   Mengenal Ikan Hias Angelfish Air Tawar yang Cantik Rupawan

Ciri khas: bentuk yang unik dan warna-warni mentereng

D. Perbandingan angelfish air laut dan angelfish air tawar

Terdapat sekitar 100 spesies angelfish yang hidup di perairan pada belahan bumi selatan. Mereka terbagi menjadi dua golongan, yaitu angelfish yang mendiami sungai di Amerika Selatan (angelfish air tawar) dan angelfish yang berhabitat di lautan (angelfish air asin).

Untuk skala akuarium rumahan, angelfish air tawar dan angelfish air laut sama-sama relatif sulit untuk dipelihara, karena membutuhkan kondisi air yang spesifik. Angelfish sangat rentan terhadap perubahan parameter air, seperti kadar garam dan pH, sehingga sering kali mati ketika terjadi perubahan yang drastis. Namun, tentu saja keduanya memiliki kebutuhan air yang jauh berbeda, karena berasal dari lingkungan yang berbeda pula.

Selain itu, kendati memiliki nama yang sama, angelfish air tawar dan angelfish air laut berasal dari ordo yang berbeda. Ikan hias Angelfish air tawar termasuk spesies cichlid tropis, yang masih bertalian jauh dengan cichlid Afrika. Sementara angelfish air laut lebih dekat kekerabatannya dengan ikan kupu-kupu (Butterflyfish).

Angelfish air tawar memiliki bentuk unik yang menyerupai busur panah, dan cenderung segitiga. Umumnya, angelfish air tawar hanya akan tumbuh hingga 15 cm, sementara angelfish air laut bisa mencapai 30 cm, dengan warna yang sangat cerah, tergantung varietasnya.

ikan angelfish, tentang ikan manfish, mengenal ikan manfish, fungsi ikan manfish, foto ikan manfish, fakta ikan manfish, manfish ikan, ikan hias angelfish air tawar

Ikan hias angelfish air tawar (manfish)

Angelfish air tawar berasal dari cekungan Amazon dan dapat ditemukan pada sungai yang mengalir di area tersebut. Angelfish air tawar menghuni perairan yang bersih, dengan suhu antara 25-30°C.

Baca Juga:   Daftar Ikan Hias Kecil Cantik yang Mesti Kamu Ketahui

Dari segi reproduksi, angelfish kerap bertelur pada dedaunan yang datar atau akar-akar pohon. Mereka dapat menghasilkan 100-1000 telur yang akan menetas hanya dalam hitungan hari.

Setelah menetas, bayi-bayi angelfish tetap melekat pada telur selama sepekan dan mengonsumsi sisa-sisa kuning telur mereka. Ketika anak-anak angelfish berusia 1 minggu, barulah mereka melepaskan diri dari telur dan berenang dengan bebas. Pada tahap ini, bayi angelfish mulai menyantap nutrisi di dalam air dan pada tanaman.

Menariknya, angelfish air tawar dapat berkembang biak seumur hidup. Namun, mereka termasuk ikan yang setia. Ketika pasangannya mati, maka angelfish air tawar tidak lagi tertarik untuk berkembangbiak.

Dengan bentuk segitiga yang pipih, angelfish air tawar dapat bersembunyi dengan mudah di celah-celah rimbunan vegetasi air. Tampilan alami angelfish air tawar, umumnya juga memiliki garis-garis vertikal berwana gelap, yang membantu mereka menyaru dengan lingkungan.

Angelfish air tawar gemar memakani ikan-ikan yang lebih kecil, invertebrata, serta berbagai partikel makanan yang mereka temukan di dalam air. Sementara itu, mereka juga menjadi incaran para predator, dari spesies ikan, burung dan mamalia laut yang lebih besar.

E. Lantas, bagaimana dengan angelfish air laut?

Anda dapat menemukan mereka di sekitar terumbu karang pada kedalaman sekitar 50 meter. Ikan Angelfish air laut dikenal sangat pemberani dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap para penyelam.

Di sisi lain, beberapa spesies angelfish air laut bersifat soliter, namun ada pula spesies angelfish air laut yang membentuk pasangan kawin secara teritorial, bahkan kelompok yang terdiri dari satu jantan dan sejumlah betina.

Baca Juga:   Jenis Ikan Hias Kecil yang Suka Bergerombol

Berbeda dengan angelfish air tawar, angelfish air laut menempatkan telur-telur kecilnya langsung ke air. Telur-telur angelfish air laut lantas mengapung di lautan, bercampur dengan plankton, hingga mereka menetas. Sayangnya, proses tersebut membuat sejumlah besar telur angelfish air laut ikut termakan oleh hewan-hewan yang memakan plankton.

Walaupun bentuk tubuh angelfish air laut tidak seikonik angelfish air tawar, angelfish air laut populer karena warna-warni cerah dan pola-pola unik pada tubuh mereka. Tiap-tiap spesies memiliki keunikan warna, bentuk, dan pola, yang konon menunjukkan posisi mereka dalam hierarki.

Ketika mencari makanan, angelfish air laut biasanya berburu alga di terumbu karang dan bebatuan, serta menyantap ikan kecil dan krustasea. Atas nama keseimbangan alam, angelfish air laut yang telah dewasa juga menjadi mangsa empuk bagi hiu, mamalia laut, dan manusia. Sementara angelfish air laut yang masih kecil dan muda menjadi santapan berbagai hewan yang ada di ekosistem tersebut, seperti ikan dan burung.

Nah, jika Anda tertarik memelihara angelfish, tentukan lebih dulu, angelfish seperti apa yang Anda inginkan. Karena, kedua jenis angelfish, yang hidup di air tawar maupun air laut, sama-sama memiliki keunikan, sehingga dapat Anda pilih sesuai selera.

Namun, bukan hanya tentang mengapresiasi pesona semata, Anda juga perlu mempertimbangkan kesiapan fasilitas untuk angelfish. Pastikan Anda memahami detail kebutuhan hidup mereka, agar angelfish kesayangan Anda dapat hidup sejahtera dan beranak-pinak dengan bahagia.

error: