Bagaimana Ikan Cupang Berkembang Biak?

daftarhewan.com. Ikan cupang (betta splendens – siamese fighting fish) dikenal mengenali sahabat atau pemeliharanya, dan biasanya akan mengikuti jari pemiliknya di sekitar akuarium, dan bahkan dapat dilatih untuk menjadi galak. Rata-rata, masa hidup ikan cupang adalah 3 hingga 5 tahun, tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, mereka dapat mencapai umur atau usia 8 atau 9 tahun di dalam pemeliharaan.

1. Cara Ikan Cupang Berkembang Biak

ikan cupang berkembang biak dengan, cara berkembang biakan ikan cupang, cara ikan hias berkembang biak, cara berkembang biak ikan cupang, bagaimana ikan cupang berkembang biak, bagaimana cara ikan cupang berkembang biak, cara kembang biak ikan cupang, ikan cupang berkembang biak dengan cara, proses perkembangbiakan ikan cupang, cara perkembangbiakan ikan cupang, cara berkembang biak cupang, kembang biak cupang, bagaimana cara ikan cupang bertelur, cara berkembangbiak ikan cupang, proses kembang biak ikan cupang

Ikan cupang jantan mengeluarkan gelembung

Selama masa pembiakan ikan cupang, cupang jantan membangun sarang gelembung di permukaan dan menarik betina ke sana. Setelah pasangan terbentuk, mereka melakukan ritual pacaran / kawin yang rumit. Ketika betina mulai bertelur, jantan mengambilnya dan menyimpannya di sarang. Dia kemudian mengusir betina itu dan menjaga sarang sampai telurnya menetas.

Baca Juga:   Nama Jenis Ikan Cupang Plakat Beserta Gambar dan Harganya

Kamu mungkin bertanya-tanya bagaimana cara ikan cupang berkembang biak? Cupang betina yang sudah siap kawin dapat dengan mudah bertelur setiap dua minggu sekali melalui ‘lubang telur’. Menariknya, dengan atau tanpa bantuan ikan cupang jantan, cupang betina tetap bisa bertelur.

Ikan cupang betina dapat bertelur melalui lubang telurnya saat dibuahi. Cupang betina bisa disebut subur ketika dapat bertelur antara 30 hingga 40 telur saat bertelur. Beberapa yang lain bahkan dapat bertelur hingga 500 telur sekaligus. Tetapi para breeder mungkin tidak memperhatikan hal ini tersebut karena terlalu fokus dengan warna ikan cupang.

Membiakkan ikan cupang, adalah hobi yang luar biasa. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa dianggap enteng. Jika kamu memiliki banyak waktu, sumber daya, pengetahuan, dan komitmen yang dibutuhkan untuk mengembangbiakkan ikan cupang, tentu bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat.

Baca Juga:   Nyari Aquarium Ikan Cupang Keren? Ini Rekomendasi Terbaik!

2. Ikan Cupang Siap Kawin

a. Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin

Ikan cupang jantan yang siap memijah adalah saat cupang jantan menunjukkan dengan membuat sarang gelembung untuk calon burayak. Kamu akan melihat sarang gelembung mengambang di bagian atas tangki atau akuarium. Sarang gelembung akan tampak seperti kumpulan gelembung kecil biasa di dalam akuarum.

Dengan dibuatnya sarang gelembung, ikan cupang jantan akan sering berada di bawah sarang gelembung untuk menjaganya. Jadi, setelah cupang jantan yang kamu miliki mulai bertingkah seperti ini, saat itulah ikan cupang tersebut sedang ingin membuahi beberapa telur. Kamu bisa membawa cupang betina ke dalam akuarium saat itu atau membiarkannya berduaan dengan ikan cupang betina.

b. Ciri Ikan Cupang Betina Siap Kawin

Dalam kasus cupang betina, warnanya akan memberi tahu apakah dia siap untuk proses kawin. Cupang betina biasanya ditandai dengan warnanya yang kusam dan perutnya yang membuncit dan terlihat gumpalan telur di perutnya. Jika kamu memperhatikan bahwa warna cupang betina yang kamu miliki, warnanya sudah pudar dan mulai berubah warna menjadi lebih gelap, itulah isyarat untuk segera dikawinkan.

Baca Juga:   Penyakit Ikan Cupang: Pengobatan dan Cara Mengatasinya

Kamu akan melihat garis vertikal yang terlihat di sepanjang area tengahnya. Jika kamu melihat lubang telurnya lebih jelas selama periode ini, maka betina juga siap untuk proses kawin.

cara ikan cupang bertelur, cara ikan cupang berkembang biak, cara ikan cupang cepat bertelur, cara ikan cupang menikah, cara ikan cupang agar cepat bertelur, cara mengawinkan ikan cupang agar berhasil, cara mengawinkan ikan cupang agar cepat bertelur, cara ikan cupang betina full telur, cara ikan cupang betina bertelur, cara ikan cupang bagus, bagaimana cara ikan cupang bertelur, cara membuat ikan cupang cepat besar, cara ternak ikan cupang.com, cara ikan cupang bertelur dan menetas, proses perkembangbiakan ikan cupang

Proses perkembangbiakan ikan cupang

c. Berapa Umur Ikan Cupang Berkembang Biak?

Jika kamu berniat untuk menambah isi akuarium dengan lebih banyak bayi atau burayak ikan cupang, maka umur ikan cupang yang mulai berkembang biak menjadi penting. Kamu bisa mendapatkan indukan ikan cupang kisaran umur 4-12 bulan.

Pada usia ini, ikan cupang kemungkinan sedang dalam masa puncak perkembangbiakannya. Bukan berarti ikan yang lebih tua tidak dapat menghasilkan telur. Tetapi, jika kamu baru mengenal ikan cupang, kamu akan memiliki peluang lebih baik jika mendapatkan sepasang ikan yang lebih muda.

error: