Ikan Cupang Dicampur Ikan Koki? No Way!

daftarhewan.com. Ikan cupang dicampur mas koki. Apakah Anda pernah berpikiran sama dengan saya, bahwa Anda memelihara ikan cupang dan ingin disatukan atau digabung dengan ikan mas koki?

Atau sebaliknya Anda sedang asyik memelihara ikan mas koki, namun sangat tertarik melihat teman-teman memelihara ikan cupang yang sedang viral dan ingin menyatukan mereka dalam satu akuarium.

ikan cupang disatukan dengan ikan mas koki, ikan cupang digabung dengan ikan koki, ikan koki dicampur ikan cupang, ikan cupang dicampur ikan koki

Ikan cupang dan ikan mas koki dalam akuarium – via : bettasource.com

Ikan Cupang Dicampur Ikan Mas Koki

Jadi, apakah ikan cupang bisa dicampur ikan mas koki? Jawabannya adalah TIDAK!

Memelihara spesies ikan ini di akuarium yang sama dengan berharap mereka bisa menjadi teman seakuarium, bukanlah ide yang baik. Ternyata ada banyak alasan mengapa kedua ikan ini tidak bisa menjadi teman dalam satu akuarium. Pertama-tama ikan cupang merupakan ikan tropis dan ikan teritorial, berasal dari perairan Thailand, cupang membutuhkan perairan dengan suhu 25 – 26 derajat celcius. Sedangkan ikan mas koki, bagaimanapun, lebih menyukai perairan yang lebih dingin sekitar 23 derajat celcius. ph Ikan Cupang antara 6.8 and 7.5, sedangkan ikan koki antara 7.0 and 8.4.

Baca Juga:   10 Teman Ikan Mas Koki di Aquarium

Ikan mas koki menghasilkan banyak kotoran ikan, menyebabkan tingginya kadar amonia di dalam air yang merupakan racun bagi ikan cupang. Amonia ini mengotori air di dalam tangki dengan cepat, yang berarti bahwa penggantian air yang lebih cepat dan lebih sering perlu dilakukan. Pergantian volume air yang besar dapat menyebabkan ikan cupang stres, meskipun akan lebih baik daripada membiarkan ikan Anda di air kotor. Baca juga : Ikan yang Aman Dicampur Dengan Cupang

Aturan lainnya ketika Anda berpikir tentang ikan apa yang bisa hidup dengan ikan cupang Anda. Ikan mas koki bisa menjadi penjepit sirip yang buruk! Jadi, tidak cocok dengan sirip panjang yang halus dari ikan cupang apalagi tempramen ikan cupang yang mudah marah.

Perbedaan lainnya adalah pola makan mereka. Ikan cupang adalah karnivora, hidup dari larva serangga kecil di alam liar. Sedangkan ikan mas koki adalah omnivora yang berarti mereka membutuhkan tumbuh-tumbuhan dan protein. Makanan khusus ikan cupang tidak dianjurkan untuk ikan mas koki.

Ikan mas koki memakan hampir apa saja yang datang dan mereka pemakan cepat dibandingkan ikan cupang, tentu saja karena ukuran mereka yang berbeda. Ini berarti bahwa jika Anda menempatkan dua spesies ikan di tangki yang sama, yang satu akan makan lebih cepat dan lebih banyak makanan daripada yang lain. Jadi, perbedaan dalam pemberian makan ini menimbulkan masalah besar jika kedua jenis ikan tersebut dipelihara bersama.

Baca Juga:   Bagaimana Cara Membuat Ikan Cupang Menjadi Ganas?

Lebih buruk lagi, cupang adalah karnivora sedangkan ikan mas adalah omnivora. Dengan demikian, masalah dapat terjadi jika salah satu dari keduanya makan dengan bersamaan. Jelas, ikan mas Anda akan memakan sebagian besar makanan, meninggalkan cupang Anda dengan lebih sedikit makanan atau tidak sama sekali untuk dimakan.

Ikan Cupang Dicampur Ikan Mas Koki untuk Sementara Waktu

Bisakah Anda Menyatukan Ikan Mas dan Ikan Cupang Untuk Sementara? Dimungkinkan untuk memelihara ikan mas dan ikan cupang di akuarium yang sama untuk waktu yang singkat jika Anda tidak memiliki alternatif lain. Jika dipelihara sementara, kedua spesies ikan tersebut tidak akan menimbulkan masalah mengingat ikan mas tidak agresif meskipun ukurannya besar dibandingkan dengan cupang.

Baca Juga:   7 Rekor Ikan Koki Terbesar di Dunia

Selain itu, suhu air akuarium yang lebih hangat selama beberapa hari tidak akan memengaruhi ikan mas Anda dengan cara apa pun asalkan Anda tidak membiarkannya tinggal di sana lebih lama dari yang diharapkan. Namun, Anda hanya dapat menggunakan opsi ini dalam keadaan yang ekstrim. Jika tidak, tidak disarankan ikan cupang dicampur mas koki atau membawa kedua spesies ikan ini di lingkungan akuarium yang sama.

Kesimpulan

Ikan cupang dan ikan mas tidak dapat hidup berdampingan di lingkungan air tangki yang sama untuk waktu yang lama. Ini karena kedua ikan sangat kurang cocok. Ikan cupang lebih menyukai suhu yang lebih hangat, sedangkan ikan mas bertahan pada suhu air yang lebih rendah; cupang lebih kecil dari ikan mas dan pola makannya juga sangat berbeda.

Dengan mengingat hal itu, berikan lingkungan masing-masing untuk kedua spesies ikan jika Anda ingin melihat mereka bahagia. Jadi, kami rasa itu adalah alasan yang cukup untuk masuk akal agar Anda tidak pernah menempatkan ikan mas koki dan ikan cupang di dalam akuarium yang sama. Semoga ini bisa membantu!

error: