Ikan Cupang Ngedok, Kenapa dan Bagaimana?

daftarhewan.com. Di alam liar, semua hewan mempunyai berbagai cara untuk mempertahankan diri dan mempersulit predator untuk menangkapnya. tidak terkecuali dengan ikan cupang.

Arti Ngedok Ikan Cupang

Tindakan yang biasa disebut ikan cupang ngedok atau dalam Bahasa Inggris disebut flaring ini memiliki tujuan khusus untuk ikan cupang termasuk ketika mereka merasa terancam, mereka akan membuka insangnya lebar-lebar agar terlihat lebih besar dan gagah dengan tujuan mengintimidasi lawannya.

ikan cupang ngedok artinya, gambar ikan cupang ngedok, kenapa ikan cupang ngedok, cara membuat ikan cupang ngedok, arti ngedok ikan cupang, apakah ikan cupang betina bisa ngedok, cara agar ikan cupang mau ngedok, cara membuat ikan cupang mau ngedok, mengapa cupang, ketika merasa terancam, akan melebarkan insangnya dan melebarkan siripnya

Gambar ikan cupang ngedok

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang semua hal tentang ikan cupang ngedok. Kita akan berbagi pemahaman tentang perilaku ikan cupang ini.

a. Kenapa Ikan Cupang Ngedok?

Ikan cupang terkadang dikenal sebagai Siamese fighting fish atau Ikan petarung Siam. Nama ini bukan tanpa alasan. Itu adalah nama yang sangat cocok untuk ikan ini. Saat dua cupang jantan melihat satu sama lain, mereka akan marah dan menjadi ikan cupang ganas. Ini adalah cara membuat diri mereka terlihat lebih besar untuk mempertahankan wilayah mereka.

Salah satu jantan akhirnya mundur. Jika salah satu pejantan menolak untuk mundur, perkelahian akan terjadi. Mereka terkadang bertengkar sampai salah satu dari mereka akhirnya mati.

Inilah sebabnya mengapa bukan ide yang baik untuk menyatukan dua pejantan di dalam satu akuarium. Pertarungan sering terjadi, dan salah satu pejantan akhirnya akan mati.

Faktanya, cupang khususnya jantan di alam liar cenderung bersembunyi dan tidak saling bertengkar. Bagaimanapun, mereka memiliki lebih banyak tempat untuk bersembunyi di alam liar. Sedangkan di penangkaran atau akuarium tentunya akan berbeda. Karena tidak ada tempat untuk lari dan bersembunyi, cupang selalu berkelahi dan mengamuk di akuarium ketika disatukan.

Baca Juga:   Ikan Cupang Blue Rim yang Bagus dan Cara Perawatannya

Tindakan ikan cupang ngedok artinya tidak selalu merupakan tanda agresi, pertempuran atau adu kekuatan. Anda mungkin memperhatikan cupang Anda mengembangkan insangnya di siang hari dan melotot di hadapan Anda, dan wajar jika ikan Anda melakukan ini selama beberapa saat di siang hari. Ini serupa dengan Anda melakukan peregangan atau rileksasi saat bekerja.

Hal ini juga bermanfaat bagi ikan cupang. Dan itu juga cara bagi mereka untuk meregangkan otot dan menjaga kebugaran.

b. Apakah Ngedok Bagus untuk Ikan Cupang?

Menurut bettacarefishguide.com, ngedok juga memiliki beberapa poin penting dan baik. Anda bisa mendorong ikan Anda untuk mengamuk dan ngedok. Cukup gunakan cermin kecil dan dekatkan ke cupang Anda. Beri waktu beberapa saat sampai cupang Anda melihat dirinya sendiri. Akhirnya, Anda akan melihat semua sirip mengembang.

Biarkan dia mengamuk selama satu atau dua menit sekali sehari. Ini adalah jumlah waktu yang wajar bagi ikan Anda untuk melakukan peregangan, berolahraga, dan merasa nyaman.

Beberapa cupang mungkin mengembang karena kegembiraan. Setiap hewan memiliki kepribadiannya sendiri, demikian pula cupang. Anda mungkin menemukan bahwa cupang Anda mengembang pada waktu makan setiap hari, atau saat Anda memasuki ruangan.

gambar ikan cupang ngedok, penyebab ikan cupang ngedok sebelah, kenapa ikan cupang ngedok, ikan cupang ga mau ngedok, cara membuat ikan cupang ngedok, arti ngedok ikan cupang, apakah ikan cupang betina bisa ngedok, ikan cupang laga, kenapa ikan cupang tidak ngedok, cara agar ikan cupang mau ngedok, cara membuat ikan cupang mau ngedok

Ikan cupang ngedok gagah banget – via : tumblr.com

c. Apakah Ngedok Tidak Baik untuk Ikan Cupang?

Ngedok sangat menegangkan bagi cupang Anda. Terlalu sering ngedok bisa jadi berbahaya.

Yang bisa menyebabkan stres yang juga dapat menurunkan efektivitas sistem kekebalan tubuh. Air akuarium Anda mengandung bakteri, parasit, dan jamur, yang dapat ditangani oleh sistem kekebalan ikan Anda dengan mudah. Namun, jika sistem kekebalan tidak dapat menangani hal-hal tersebut, ikan cupang Anda akan jatuh sakit dan kemungkinan mati.

Baca Juga:   8 Makanan Ikan Cupang Hias dan Aduan Supaya Cepat Besar

d. Kenapa Ikan Cupang Ngedok Terus?

Saat cupang Anda mengembangkan insangnya atau ngedok terus menerus atau ikan cupang ngedok sebelah serta ikan cupang yang tidak mau ngedok, gunakan kesempatan ini untuk memeriksanya apakah ada tanda-tanda busuk sirip atau robekan kulit. Gejala-gejala ini bisa berarti ikan Anda sakit dan membutuhkan bantuan medis.

Bukan juga berarti juga ikan cupang tersebut membenci Anda. Seringkali hal ini terjadi karena perilaku ikan yang baru saja datang ke rumah baru mereka, misalnya Anda baru saja membeli ikan tersebut. Mereka berada dalam posisi defensif.

Jadi mereka ingin tampil mengintimidasi apapun ancaman yang ada di lingkungannya sehingga akan lebih baik dibiarkan begitu saja. Mereka mungkin melihat Anda sebagai predator besar yang datang untuk memakannya.

Teman akuarium ikan cupang bisa menjadi alasan ikan cupang terlalu sering ngedok dan mengamuk. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu memindahkan ikan ke tangki yang berbeda, sehingga semua ikan tetap tenang dan bebas stres. Bagaimanapun juga, terlalu stres dapat menyebabkan ikan sakit dan mati.

e. Cara Membuat Ikan Cupang Ngedok

Para breeder atau peternak ikan cupang biasanya meletakkan tangan mereka di dalam atau di dekat kaca akuarium, atau menggunakan pensil dengan tujuan memancing ikan cupang supaya ngedok. Bahkan mereka juga menempatkan cermin di dalam akuarium dengan tujuan yang sama yaitu sebagai cara membuat ikan cupang ngedok.

Tetapi perlu diketahui untuk pemula bahwa sedikit ngedok dan tidak terlalu sering jauh lebih baik, karena berfungsi untuk melatih ikan cupang, tetapi sebaliknya harus diminimalkan karena dapat membuat ikan menjadi stres.

Itulah alasan kenapa para penjual ikan cupang, pada rak pajangan atau etalase ikan cupang di akuarium-akuarium kecil memberikan sekat diantara akuarium.

Baca Juga:   Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina

Ikan cupang tidak dapat melihat Anda sejelas yang Anda lihat. Sebagai permulaan, mata manusia dan cupang diatur secara berbeda.

Ikan cupang biasanya melihat warna dan aksi serta merasakan getaran (seperti merasakan langkah Anda saat mendekati tangki). Kuncinya adalah memberi ikan Anda waktu untuk tenang, dan pada akhirnya ia akan sadar.

Anda dapat membantu ikan cupang terbiasa dengan tangan Anda dengan tidak mengeluarkannya dari tangki selama pembersihan. Jika menggunakan siphon, gerakkan perlahan di sekitar ikan saat Anda membersihkannya. Dia akan mengetahui bahwa siphon bukanlah ancaman.

Hal yang sama berlaku jika Anda menggunakan cangkir untuk membersihkan air, lakukanlah dengan berhati-hati dan lamban dalam bertindak, dan ikan Anda akan terbiasa dengannya dan tidak membuatnya stres.

f. Apakah Ikan Cupang Betina Bisa Ngedok?

Jawabannya adalah ya, ikan cupang betina bisa saling menyerang satu sama lain. Perbedaannya adalah cupang betina semi-agresif, sedangkan cupang jantan cenderung lebih agresif. Artinya, jantan akan selalu menegaskan dominasi satu sama lain, sementara betina mungkin tidak melakukan ini.

Jika Anda meletakkan cermin di dekat tangki dan membiarkan betina Anda menggunakannya, dia mungkin akan ngedok dan bisa juga tidak mau ngedok. Biasanya cupang betina ngedok dilakukan dengan tujuan yang lebih sedikit daripada ikan cupang jantan, jadi jika cupang Anda tidak mau ngedok mungkin itu cupang betina.

Seperti biasa, pastikan untuk melepas cermin dan jangan biarkan cupang betina Anda menggunakannya lebih dari satu atau dua menit. Meskipun tidak disarankan untuk memelihara cupang jantan bersama, betina bisa hidup bersama. Asalkan tangki Anda cukup besar dan memiliki banyak tempat persembunyian, ini seharusnya tidak menjadi masalah dalam memelihara betina. Anda harus tetap memantau ikan dengan cermat untuk memastikan mereka tidak saling menggigit sirip atau saling mengejar.

error: