Ikan Cupang Susah Berenang? Hati-hati Penyakit SBD!

daftarhewan.com. Penyakit gelembung renang atau Swim Bladder Disease (SBD) memiliki berbagai penyebab yang berbeda termasuk, syok, cedera, infeksi, sembelit, dan makan berlebihan. Penyakit ini dapat menyebabkan ikan cupang susah berenang.

Gejala-gejalanya antara lain ikan cupang kesulitan berenang, mengambang di atas atau berdiam diri di bawah atau pojok akuarium, tidak bisa diam di satu tempat, berenang tidak beraturan, kadang-kadang berenang vertikal, ikan cupang juga berenang miring, punggung buncit atau perut kembung, kehilangan nafsu makan, dan lesu.

ikan cupang tidak bisa berenang, ikan cupang mengambang, ikan cupang langkah, ikan cupang berenang vertikal, kenapa ikan cupang tidak bisa berenang, ikan cupang mengambang, ikan cupang tidak bergerak, kenapa ikan cupang tidak bisa disatukan, ikan cupang tidak mau mengambang, ikan cupang berenang vertikal, ikan cupang berenang miring, ikan cupang berenang vertikal

Ikan Cupang Berenang Vertikal

Bagi pemelihara ikan cupang, semakin hari bisa jadi disibukan dengan melihat tingkah laku ikan kesayangan mereka, memperhatikan perilaku yang kadang terlihat aneh dan selalu menarik perhatian.

Mungkin ada juga yang mengalami hal seperti ikan cupang berenang vertikal, naik turun tangki, begitu terus dan tidak terlihat normal. Lalu kenapa ikan cupang berenang vertikal?

Ikan cupang biasanya berenang secara vertikal karena penyakit yang mendasarinya, seperti penyakit SBD (Swim Bladder Disease) atau penyakit gelembung renang, sembelit, dan infeksi. Itu juga terjadi ketika kondisi air buruk atau jika tangki terlalu kecil. Namun demikian, berenang naik turun pada ikan cupang hanya bisa menjadi masalah kepribadian.

Apa Itu Penyakit Gelembung Renang Pada Ikan Cupang?

Penyakit Gelembung Renang sebenarnya bukan penyakit. Ini adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan penyakit apa pun, apakah itu penyakit, kerusakan, atau situasi yang menyebabkan kantung renang cupang berhenti berfungsi dengan baik. Jadi saat mengobati penyakit kantung ateu gelembung renang, Anda sebenarnya mencoba mengobati gejala yang lain.

Apa Penyebab Umum Penyakit Kantung Renang pada Ikan Cupang?

Ada beberapa penyebab penyakit gelembung renang yang berbeda. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendiagnosis penyebab yang tepat. Jika tidak, Anda mungkin akan melakukan lebih banyak kerugian.

Baca Juga:   Ikan Cupang Betina yang Bagus untuk Kontes

1. Overfeeding / Sembelit

Pada sebagian besar kasus, penyakit gelembung renang disebabkan oleh makan berlebihan. Ikan cupang adalah ikan yang sangat rakus dan mereka tidak akan pernah berhenti makan, bahkan saat mereka kenyang. Hal ini sering membuat mereka sembelit yang dapat berdampak pada kantung renang mereka. Hal ini tidak hanya menyebabkan mereka menjadi sembelit tetapi juga dapat membuat timbunan lemak menumpuk di gelembung renang mereka.

Selain memberi makan berlebihan, cupang Anda mungkin juga menelan terlalu banyak udara. Karena cupang cenderung makan dari permukaan, mereka juga dapat menelan udara yang akan memengaruhi gelembung renangnya.

Jika Anda memberi makan ikan cupang yang mengandung terlalu banyak udara, hal itu juga dapat menyebabkan sembelit. Hal ini kemungkinan besar terjadi pada makanan berkualitas rendah, jadi Anda harus selalu membeli makanan cupang berkualitas.

2. Stres

Penyebab penyakit gelembung renang yang kurang umum adalah syok. Jika sesuatu yang drastis telah terjadi di tangki ikan cupang Anda, stres dan kejutan bisa berpengaruh. Guncangan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Seperti perubahan suhu yang tiba-tiba atau cahaya yang terus berubah.

3. Parasit

Jika Anda belum mengejutkan ikan cupang dan Anda yakin mereka belum diberi makan berlebihan, penyebab lain bisa jadi parasit. Cacing parasit dapat menyerang perut dan usus ikan cupang. Yang membuat ikan cupang tidak bisa berenang. Meskipun cacing parasit biasanya tidak berakibat fatal, dalam kasus yang ekstrim hal ini dapat terjadi dan dapat menyebabkan penyakit gelembung renang.

4. Infeksi Bakteri

Penyakit gelembung renang juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Bersamaan dengan parasit kemungkinan besar karena kualitas air yang buruk. Jika ikan cupang Anda menderita infeksi bakteri, penyakit SBD kemungkinan besar merupakan gejala komplikasi dengan banyak gejala lainnya.

5. Suhu Air Rendah

Jika suhu akuarium Anda di bawah 78 ° F (25 derajat celcius), inilah penyebab ikan cupang Anda menderita penyakit kantung renang. Ketika suhu air di tangki Anda turun di bawah suhu ideal, itu akan menyebabkan sistem pencernaan ikan cupang Anda melambat. Ketika sistem pencernaan melambat, cupang Anda kemungkinan besar akan mengalami konstipasi, serta pembengkakan organ lainnya.

Baca Juga:   15 Jenis Penyakit Ikan Cupang: Cara Mencegah dan Menanganinya

6. Penyebab Lain

Bersamaan dengan penyebab tersebut, kista di ginjal dan telur yang mengikat ikan cupang betina juga bisa menjadi penyebab penyakit gelembung renang. Dan jika ini masalahnya, tidak banyak yang dapat Anda lakukan kecuali menunggu dan melihat apa yang terjadi.

Cara Mencegah Penyakit Swim Bladder Disease

Penyakit kandung kemih cukup mudah dicegah jika Anda tahu caranya, tetapi akan membutuhkan sedikit perubahan pada cara Anda merawat ikan cupang saat ini. Jika Anda ingin mencegah risiko penyakit kantung renang sebaik mungkin, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

Beli makanan berkualitas tinggi – Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit kantung renang adalah dengan menggunakan makanan dari merek ternama. Makanan berkualitas rendah seringkali dapat diisi dengan lebih banyak udara. Hal ini dapat membuat ikan cupang mengalami sembelit dan kembung yang menyebabkan penyakit kandung kemih.

Rendam makanan cupang Anda – Sebelum memberi makan cupang, coba rendam makanannya sebentar agar tenggelam. Saat cupang makan dari permukaan akuarium, mereka dapat menelan udara. Menelan terlalu banyak udara dapat menyebabkan penyakit kandung kemih. (Jika Anda tidak ingin melakukannya, pertimbangkan untuk membeli makanan ikan tenggelam.)

ikan cupang berenang di dasar, ikan cupang berenang terbalik, ikan cupang berenang tidak beraturan, ikan cupang berenang tegak, ikan cupang berenang naik turun, ikan cupang berenang mundur, kenapa ikan cupang berenang miring, penyebab ikan cupang berenang miring, ikan cupang sakit berenang miring, penyebab ikan cupang malas berenang, cara mengatasi ikan cupang berenang vertikal, penyebab ikan cupang berenang vertikal, ikan cupang tidak bisa berenang

Ikan cupang tidak mau mengambang, diam didasar akuarium

Pastikan Anda tidak memberi makan cupang Anda secara berlebihan. Perut cupang memiliki ukuran yang sama dengan matanya sehingga tidak membutuhkan makanan sebanyak yang Anda kira. Tidak peduli berapa banyak Anda memberi makan cupang Anda, dia akan selalu lapar, jadi pertahankan 2-3 pelet sehari atau jumlah yang disarankan.

Pastikan Anda menjaga kualitas air tetap baik – Ada beberapa cara untuk melakukannya, termasuk melakukan penggantian air secara teratur, menyedot debu kerikil, dan menghilangkan alga dari tangki Anda. Selain itu sesekali Anda juga harus membersihkan semua ornamen di akuarium Anda. Ini tidak hanya akan membantu mencegah penyakit kandung kemih tetapi juga akan membantu mencegah banyak penyakit lainnya juga.

Baca Juga:   15 Aquarium Ikan Cupang Minimalis, Paling Keren!

Pastikan Anda menjaga suhu agar tetap konstan – Fluktuasi suhu dapat menyebabkan penyakit kandung kemih dan ikan cupang stres.

Jika cupang bertengkar dengan salah satu ikan lain di akuarium, Anda harus menyingkirkan penyebabnya. Ini akan membantu mengurangi kemungkinan cedera yang mengakibatkan penyakit kandung kemih.

Hapus semua ornamen yang dapat menyebabkan cedera – Jika Anda memiliki ornamen atau tanaman plastik dengan ujung yang tajam, Anda harus melepaskannya dari tangki. Ini juga akan mengurangi kemungkinan munculnya banyak penyakit dan infeksi.

Mengobati Ikan Cupang Terkena SBD

SBD biasanya terjadi karena makan berlebihan, tetapi bisa juga menjadi tanda penyakit serius seperti tuberkulosis. Sayangnya, tidak ada cara untuk memastikan dengan pasti apakah itu karena salah satunya. Jika cupang Anda berada di dalam akuarium komunitas dan tampaknya memiliki kasus yang buruk, Anda mungkin harus mengisolasinya di akuarium khusus agar aman.

Jika Anda curiga bahwa penyakit ikan cupang Anda karena makan berlebihan, jangan terlalu khawatir – kelainan ini sendiri tidak mengancam nyawa. Cukup beri makan cupang Anda lebih sedikit, bahkan mungkin harus membiarkan ikan puasa selama satu sampai 3 hari. Cobalah memberi ikan makanan yang lebih seimbang. Anda akan mengetahui dengan pasti apakah ikan Anda menderita kasus SBD sederhana jika ukuran perutnya mengecil.

Jika itu adalah cacat pada ikan muda, kelainan tersebut akan hilang saat ikan tumbuh. Jika ikan kesulitan berenang, turunkan permukaan air di akuarium (menjadi sekitar 8cm hingga 10cm) sehingga ikan dapat lebih mudah keluar ke permukaan untuk mencari udara.

Jika menurut Anda itu karena stres atau cedera, tidak ada yang dapat Anda lakukan selain bersabar.

Dan terakhir, penyakit kantung renang tidak menular tetapi jika dikaitkan dengan masalah kualitas air maka ada kemungkinan ikan lain juga akan tertular.

error: