7 Ikan Cupang Termahal dan Terbagus, Cocok Buat Investasi!

daftarhewan.com. Ikan cupang termahal. Kiprah ikan cupang makin bersinar. Eksistensi ikan cantik ini merangsek pasar, seiring dengan peningkatan minat masyarakat terhadap hewan peliharaan.

Apalagi, kondisi di masa pandemi, didukung oleh pengaruh dari para selebritas yang juga pehobi, turut mendongkrak popularitas mereka.

Sehingga, tidak hanya sebagai hewan kesayangan yang dekoratif dan menyenangkan, budidaya ikan cupang juga bisa menjadi peluang bisnis yang cukup gemilang. Meski hidup di perairan hangat, cupang digemari oleh pecinta ikan hias dari berbagai belahan dunia.

Ikan Cupang Mahal

Dan, kabar baiknya, Indonesia yang beriklim tropis, merupakan salah satu habitat asli ikan cupang, bersama dengan negara-negara lainnya di Asia Tenggara, seperti Vietnam, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Dengan begitu, Anda tidak hanya dapat memprospek konsumen lokal, melainkan juga internasional.

A. Ikan Cupang Termahal di Dunia

Tapi, sebelum memulai, ada banyak informasi yang perlu Anda pelajari. Yang utama, ketahui dulu harga dan pangsa pasar dari masing-masing jenis ikan cupang. Karena, mereka begitu beragam, dari yang mainstream dan relatif murah, hingga yang langka dan berharga mahal.

Di kalangan umum, biasanya ikan cupang terbagi menjadi tiga, yaitu cupang aduan, hias, dan liar. Namun, apabila dipetakan berdasarkan harga dan keunikan, setidaknya terdapat 7 jenis ikan cupang yang dapat Anda pilih untuk berinvestasi, antara lain:

Baca Juga:   Bagaimana Cara Membuat Ikan Cupang Menjadi Ganas?

1. Ikan Cupang Aduan

ikan cupang aduan thailand, ikan cupang aduan juara dunia, ikan cupang aduan terbaik, ikan cupang aduan paling ganas, ikan cupang aduan, ikan cupang aduan terganas, ikan cupang aduan super, ikan cupang aduan termahal, ikan cupang aduan import thailand, gambar ikan cupang aduan

Kisaran harga: Rp. 50.000 – 150.000

Praktik pengaduan ikan cupang, barangkali bukan hal yang baik dan tidak dibenarkan oleh banyak kalangan. Namun, ikan cupang aduan tetap digandrungi atas berbagai alasan.

Dengan harga yang terjangkau, Anda bisa mendapatkan ikan cupang yang tidak kalah rupawan. Mereka memiliki postur tubuh ramping, dengan warna yang mentereng. Sirip ikan cupang aduan juga dapat mengembang, sehingga membuat mereka tampil cukup menawan.

Lagipula, pangsa pasar ikan cupang aduan juga cukup besar. Meski tidak begitu mahal, Anda tetap berpotensi meraup keuntungan yang optimal.

Namun, pastikan Anda telah menyiapkan tempat tinggal yang kondusif untuk mereka. Karena, ikan cupang aduan tidak akan segan-segan menubruk dinding akuarium, jika melihat ikan cupang lain di sekitarnya.

2. Ikan Cupang Slayer

cupang termahal 2021-2022-2023-2024-2025, jenis ikan cupang termahal, cupang hias termahal, jenis cupang termahal, harga ikan cupang termahal, ikan cupang terbagus di dunia, cupang termahal di dunia, ikan cupang paling mahal, cupang termahal dunia, ikan cupang hias termahal

Kisaran harga: Rp. 250.000 – 350.000

Ikan cupang slayer merupakan hasil persilangan antara ikan cupang serit dan halfmoon. Mereka mewarisi sirip yang lebar dan layur dari ikan cupang halfmoon, berpadu dengan badan ramping yang relatif kecil dari genetik ikan cupang serit.

Dengan sirip yang mengembang, ikan cupang slayer terlihat memesona ketika berenang. Merah, oranye, biru metalik, dan gradasi warna terang lainnya juga turut memberikan penampilan yang menakjubkan.

Sebagai komoditas, ikan cupang slayer dibanderol dengan harga yang cukup bervariasi, tergantung ukuran dan warnanya.

3. Ikan Cupang Plakat

ikan cupang blue rim termahal, cupang blue rim harga, cupang blue rim yang bagus, cupang blue rim mutasi, cupang blue rim halfmoon, ikan cupang blue rim adalah, anakan ikan cupang blue rim, cara mendapatkan cupang blue rim, cara menghasilkan cupang blue rim, cara cetak cupang blue rim, ciri ikan cupang blue rim, cara perawatan cupang blue rim, ikan cupang blue rim, foto ikan cupang blue rim, gambar ikan cupang blue rim

Ikan Cupang Plakat Blue rim

Kisaran harga: Rp. 50.000 – 1.500.000

Nama “plakat” merujuk pada kata dalam bahasa Thailand, yang artinya “tarung”. Meski termasuk ikan cupang aduan, plakat juga sering kali dipelihara sebagai ikan hias atas keindahannya.

Baca Juga:   Ikan Cupang Betina yang Bagus untuk Kontes

Yang perlu Anda cermati, harga ikan cupang plakat amat bervariasi, antara lain: Blue Rim, Avatar, Galaxy, Koi, FCCP dan lain-lain. Mereka bisa dibanderol semakin tinggi seiring dengan ukuran, kualitas warna, serta kelangkaan jenisnya.

Untuk menjaga penampilan ikan cupang plakat, kondisikan tempat tinggal mereka sesuai standar pemeliharaan. Terutama, karena pergerakan ikan cupang plakat cenderung agresif dan memiliki insting untuk melawan ikan cupang lain yang nampak di sekitarnya.

4. Ikan Cupang Double Tail

ikan cupang termahal, ikan cupang termahal di dunia, kenapa ikan cupang mahal, apa ikan cupang termahal

Kisaran harga: Rp. 100.000 – 1.500.000

Jika Anda cukup telaten, terdapat potensi keuntungan yang berlimpah dari ikan cupang double tail. Sesuai namanya, mereka memiliki daya tarik berupa ekor yang terbelah dua.

Nilai jual ikan cupang double tail juga dapat menjadi semakin tinggi, jika kedua ekornya menampilkan warna berbeda, dengan gradasi yang unik dan indah.

Namun, terdapat tantangan yang perlu Anda pertimbangkan jika hendak membudidayakan ikan cupang double tail. Selain harga yang mahal untuk bibit hingga indukan, mereka pun rentan terhadap jamur dan mudah mati.

Jadi, pastikan Anda telah berpengalaman dan memahami seluk-beluk pemeliharaan ikan cupang, sebelum meemutuskan untuk berbisnis ikan cupang double tail.

5. Ikan Cupang Fancy

ikan cupang fancy, ikan cupang plakat fancy, ikan cupang fancy cooper, cupang fancy adalah, ikan cupang fancy copper, ikan cupang jenis fancy, gambar ikan cupang fancy, harga ikan cupang fancy koi, ciri ikan cupang fancy, anakan ikan cupang fancy, pengertian cupang fancy

Ikan cupang fancy Spiderman

Kisaran harga: Rp. 100.000 – 3.000.000

Harga ikan cupang fancy atau ikan cupang mewah, dapat melambung tinggi dalam pelelangan. Anakan ikan cupang jenis ini saja bisa dibanderol dengan harga 100 – 200 ribu rupiah.

Baca Juga:   9 Penyakit Ikan Cupang: Pengobatan dan Cara Mengatasinya

Namun, angka yang mengorek kantong tersebut bukan tanpa alasan. Ikan cupang fancy terbilang mahal, karena keunikan warnanya yang menimbulkan ilusi optik.

Ketika mereka berenang, perpaduan warna pada tubuh mereka, tampak berarak dan menimbulkan pemandangan yang luar biasa indah.

6. Ikan Cupang Halfmoon

ikan cupang termahal 2021-2022, ikan cupang terbaru, foto ikan cupang termahal, ikan cupang yang paling mahal, ikan cupang termahal, cupang termahal dan terbagus, ikan cupang termahal di dunia, ikan cupang termahal dan terlangka, ikan cupang termahal dan tercantik di dunia, ikan cupang termahal di indonesia, ikan cupang yang mahal

Kisaran harga: Rp. 500.000 – 3.000.000

Senada dengan namanya, sirip ikan cupang halfmoon tampak seperti setengah lingkaran ketika mengembang sempurna. Berkat penampilan fisiknya yang memukau itu, ikan cupang halfmoon menjadi salah satu jenis ikan dengan nilai jual yang tinggi.

Apalagi, siripnya yang lentur dan warna sisik yang terang juga turut menjadi daya tarik tatkala mereka berenang. Tidak heran, pamor ikan cupang halfmoon di Indonesia cenderung menanjak dan tidak kunjung turun, dalam 10 tahun terakhir.

Dan, meski memiliki pembawaan yang agresif laiknya cupang aduan, para pehobi tentu lebih memilih memelihara halfmoon sebagai ikan hias, untuk menjaga kecantikan sirip dan warnanya.

B. Cupang Termahal dan Terlangka

ikan hias cupang termahal, ikan cupang hias termahal di dunia, ikan cupang hias termahal di indonesia, ikan cupang hias termahal 2021-2022-2023, gambar ikan cupang hias termahal, jenis ikan cupang hias termahal di indonesia, harga ikan cupang hias termahal, jenis ikan cupang hias termahal, Ikan Cupang Kachen Worachai

Ikan Cupang Kachen Worachai

7. Ikan Cupang Kachen Worachai

Kisaran harga: Rp. 20 – 25 juta

Nama “Kochen Worachai” disematkan pada ikan cupang ini, karena merujuk pada nama pemiliknya. Di Thailand, ikan cupang jenis ini dianggap sangat berharga, karena memiliki warna yang indah dan kontras, dengan perpaduan yang sama seperti bendera Thailand.

Ikan cupang kachen worachai tercatat sebagai ikan cupang yang terjual dengan harga paling mahal di dunia. Dalam pelelangan, ikan cupang kachen worachai dewasa yang dinobatkan sebagai ikan cupang termahal dan terlangka di dunia, bahkan bisa terjual dengan harga 20-25 juta rupiah.

x
error: