10 Ikan Hias Air Laut Kecil yang Cantik

daftarhewan.com. Ikan hias air laut. Tentunya sangat menyenangkan jika bisa memiliki akuarium ikan air laut, diisi dengan berbagai jenis ikan hias yang indah. Meskipun memelihara ikan air laut bukanlah perkara yang mudah, tidak seperti memelihara jenis ikan hias air tawar. Tangki atau akuarium ikan hias air laut atau air asin membutuhkan lebih banyak upaya untuk menjaga agar air tetap bersih dan seimbang, dan terlebih lagi jika Anda memiliki tangki air asin yang kecil, yang tentunya Anda membutuhkan ikan air laut kecil yang tepat.

Selain itu, ikan air tawar jauh lebih kuat daripada kebanyakan ikan air asin, dan ini berarti mereka tidak membutuhkan banyak perawatan. Hal-hal menjadi lebih sulit bagi ikan air asin Anda ketika Anda ingin memelihara mereka dalam ukuran kecil atau yang populer disebut sebagai tangki atau akuarium nano karena Anda harus berhati-hati agar tidak terlalu padat sekaligus memastikan ikan yang Anda miliki dapat hidup bersama dengan baik.

Dan selain upaya ekstra yang diperlukan untuk menemukan peralatan yang ideal untuk tangki ikan hias air laut berukuran kecil, Anda bahkan perlu lebih memperhatikan memilih ikan air asin kecil terbaik untuk akuarium.

Ikan Hias Kecil Air Laut untuk Pemula

Kami merekomendasikan 10 ikan hias air laut cantik berukuran kecil yang akan memberi kepuasan tersendiri bagi aquarist pemula atau mereka yang sangat berpengalaman.

1. Ikan Badut

ikan tercantik di dunia, ikan tercantik sedunia, ikan tercantik di malaysia, ikan tercantik di air tawar, ikan tercantik adalah, foto ikan cantik dan unik, ikan aquarium tercantik, ikan aquarium tercantik di dunia

Clownfish atau Ikan badut disebut juga ikan Giru harus berada di urutan teratas daftar Anda saat mencari ikan air laut untuk akuarium kecil karena ini adalah salah satu opsi terpopuler yang dipopulerkan oleh film “Finding Nemo”.

Ikan kecil ini akan tumbuh sekitar 7 cm dan cukup damai kecuali Ikan balong padang (Maroon clownfish) yang berwarna merah marun dan tumbuh sedikit lebih besar dari ikan badut biasa dan juga cenderung lebih agresif.

Umumnya, ikan ini sangat mudah dirawat, dan pemberian makan tidak memerlukan banyak usaha karena makanan beku dan pelet kering yang dimakannya banyak tersedia.

Lebih baik lagi, ikan yang mencolok dan berwarna-warni ini cukup aktif dan tidak seperti ikan air asin kecil lainnya, mereka tidak suka bersembunyi, oleh karena itu tangki atau akuarium Anda akan terasa berwarna-warni sepanjang hari.

Fakta menakjubkan tentang Clownfish adalah bahwa ikan ini adalah hermaprodit karena mereka semua terlahir sebagai jantan dan dapat berubah menjadi betina ketika mereka membutuhkannya, informasi yang bermanfaat bagi mereka yang berniat budidaya atau mengembangbiakannya. Ikan yang mempunyai daya tahan yang sangat kuat di lingkungan akuarium ini memerlukan suhu air yang tepat yaitu 22-25 ° C, PH air: 8.0-8.4, dan ukuran tanki minimal 114 liter.

2. Ikan Blue Chromis

ikan hias laut kecil, ikan hias yang hidup di air laut, ikan hias air laut yang kuat, ikan hias kecil berwarna biru, ikan hias kecil biru, ikan hias kecil paling cantik, cara merawat ikan hias kecil

Blue Chromis – Ikan hias kecil berwarna biru

Blue Chromis adalah pilihan ikan hias laut kecil lain yang sangat populer, ia juga merupakan ikan yang sangat kuat yang akan beradaptasi dengan cepat di dalam akuarium.

Ikan ini dapat dipelihara dengan sebagian besar invertebrata dan ikan komunitas karena cukup damai dan hampir tidak pernah agresif bahkan saat mempertahankan wilayahnya. Di habitat aslinya, Anda akan sering menemukan ikan ini dengan kelompok dan untuk menghuni akuarium di rumah, sediakan beberapa ekor dalam kelompok kecil juga akan bagus.

Baca Juga:   12 Ikan Guppy Termahal di Dunia, Langka dan Cantik!

Ikan ramah yang hidup di terumbu karang laut ini akan membutuhkan makanan yang menggabungkan herbivora dan makanan berdaging karena mereka adalah omnivora. Ikan dapat hidup antara 8 dan 15 tahun yang lebih lama dari kebanyakan ikan air asin kecil lainnya. Suhu airyang tepat 22-25 ° C. PH air: 8.1-8.4 dan ukuran akuarium minimal 114 liter.

3. Ikan Capungan Piyama

jenis ikan hias air laut, ikan ikan hias air laut, gambar ikan hias air laut, foto ikan hias air laut, ikan hias di air laut, gambar ikan hias air laut cantik, ikan hias air laut yang cantik, ikan hias air laut dan ciri-cirinya, ikan hias air laut cantik, ikan hias air asin laut, ikan hias air laut kecil lucu

Meskipun ada banyak jenis dan tipe Cardinalfish, Pajama Cardinalfish atau Ikan Capungan Piyama adalah jenis yang paling populer untuk akuarium air laut berukuran kecil. Wajah kekuningan yang khas dan mata merah cemerlang menciptakan kontras yang sempurna dengan tubuh berbintik, sehingga memberikan tampilan ikan yang sangat menarik.

Ikan Capungan Piyama adalah ikan hias air laut kecil tapi damai yang akan tumbuh sekitar 7 cm saat dewasa sepenuhnya yang membuatnya sempurna untuk hampir semua akuarium air laut berukuran kecil. Dan mereka bisa hidup baik dengan invertebrata dan sebagai individu maupun dalam kelompok. Suhu Air yang tepat bagi mereka adalah 22-25 ° C. PH air: 8.1-8.4. Mereka adalah ikan hias yang cukup Kuat. Ukuran tangki yang tepat berisi 75-113 liter.

Ikan hias air laut yang kuat, ramah, dan aktif (kebanyakan pada malam hari – nocturnal) dan dapat beradaptasi dengan hampir semua akuarium air asin, ikan yang merupakan pilihan ideal untuk pemula dan aquarist berpengalaman.

Di alam, makanan mereka terdiri dari krustasea kecil, yang mereka buru di malam hari. Di akuarium mereka lebih menyukai makanan daging beku seperti udang mysis dan udang air asin. Namun, mereka juga akan memakan pelet dan makanan serpihan.

4. Ikan Catalina Goby

ikan hias laut kecil, ikan hias yang hidup di air laut, ikan hias air laut yang kuat, ikan hias air laut yang cantik, ikan hias air laut aquarium, ikan hias dari laut, ikan laut hias aquarium, 5 ikan hias air laut, 5 jenis ikan hias air laut, 10 jenis ikan hias air laut

Catalina Goby adalah salah satu ikan gobi terindah yang dapat Anda miliki di akuarium Anda. Tumbuh hingga ukuran maksimum sekitar 5 cm, ini adalah salah satu ikan akuarium air laut terkecil.

Ikan ini memiliki tubuh merah cerah yang indah dihiasi dengan beberapa garis vertikal di bagian depan tubuh dan dengan topeng biru cerah, sehingga akan menciptakan pemandangan yang menakjubkan di akuarium yang pencahayaannya cukup atau terang. Dengan suhu air: 15-21 ° C. PH air: 8.1-8.4. Ukuran tangki minimal 37 liter.

Selain keindahannya, ikan ini juga tidak membutuhkan banyak ruangan karena Anda dapat dengan mudah menyimpannya di dalam akuarium nano berukuran 37 liter, dan juga bukan ikan yang pemalu sehingga jarang bersembunyi di bawah ornamen akuarium.

Catalina Goby juga memiliki jaringan reproduksi unik, untuk kedua jenis kelamin, sehingga dapat beralih ke jenis kelamin lain.

Meskipun ikan ini akan membutuhkan tingkat perawatan yang lebih tinggi dan karenanya lebih cocok untuk aquarists berpengalaman, mudah untuk diberi makan karena ia akan menerima hampir semua makanan beku atau makanan siap saji dan bahkan makanan pelet atau pakan serpihan yang tenggelam setelah terbiasa dengan akuarium.

5. Ikan Crown Goby

ikan hias air laut aquarium, ikan hias air laut tercantik, ikan hias air asin laut, ikan hias air laut cantik, ikan hias air laut dan ciri-cirinya, ikan hias air laut yang cantik, gambar ikan hias air laut cantik, ikan hias di air laut, foto ikan hias air laut, ikan hias air laut beserta gambar, gambar ikan hias air laut, identifikasi ikan hias air laut, jenis ikan hias air laut, ikan hias air laut kecil, ikan hias air laut kuning

Crown atau Coral Goby dan beberapa sebutan lainnya seperti Ikan badut kuning, Goby badut kuning yang mempunyai nama ilmiah Gobiodon okinawae selalu menjadi tambahan yang ceria untuk akuarium ikan air laut, karena warnanya yang cerah akan membuat segalanya lebih hidup. Selain itu, ikan ini bukanlah ikan pemalu karena Anda akan sering menemukannya bertengger di tempat terbuka di atas bebatuan atau karang hidup.

Dan sementara ikan dewasa hampir tidak akan tumbuh lebih dari 5 cm, ikan ini memiliki penampilan yang keren di akuarium Anda berkat kepala besar yang kekar sehingga membuatnya tampak lebih besar dari yang sebenarnya.

Baca Juga:   12 Ikan Hias Air Tawar Termahal 2021

Akuarium dengan setidaknya 37 liter air, dengan suhu air: 22-25 ° C. PH air: 8.1-8.4 dihiasi dengan beberapa karang bercabang akan menciptakan habitat yang sempurna untuk ikan ini, tetapi Anda perlu lebih berhati-hati dengan jenis karang yang Anda miliki karena ikan ini diketahui bisa merusak karang yang lebih kecil.

Biasanya spesies ikan ini bertelur di dalam akuarium dan akan melakukannya dengan cukup cepat, jadi jika Anda tidak ingin mendapatkan lebih banyak ikan daripada yang dapat Anda tangani, lebih baik memulai memelihara ikan ini dengan satu atau beberapa pasang.

Selain itu, ikan ini adalah ikan yang damai tetapi dalam sistem akuarium yang lebih kecil di mana mereka penuh sesak, mereka cenderung sering bertengkar dengan jenisnya.

6. Ikan Fire goby

ikan hias kecil yang kuat, ikan hias kecil langka, ikan hias yang wajib dimiliki, nama ikan hias kecil, nama dan jenis ikan hias kecil, nama ikan hias ukuran kecil

Dartfish atau Firefish Goby, juga disebut Fire goby adalah ikan air laut kecil yang dikenal dengan penampilan menawan dan lebih polos dilengkapi dengan tubuh cerah berwarna-warni yang biasanya memiliki corak ungu atau oranye.

Namun yang benar-benar membuat ikan ini unik selain tubuhnya yang panjang dan mirip belut adalah penambahan sirip punggung yang terbelah di dekat kepala pada beberapa spesies.

Dartfish adalah ikan yang cukup kuat yang akan cepat beradaptasi dengan kehidupan akuarium dan karenanya ideal untuk aquarists pemula. Selain itu, ikan yang cukup kecil ini cukup cerdas dan merupakan spesies yang damai yang tampaknya paling baik jika dipelihara dalam kelompok yang terdiri dari minimal 4 individu. Suhu Air yang tepat 22 – 25 ° F. PH air: 8.1-8.4 dan ukuran akuarium minimal 75 liter.

Makanan mereka membutuhkan pasokan yang stabil dari berbagai makanan berdaging, tetapi refugium yang dapat memberi mereka pasokan plankton yang berkelanjutan akan lebih baik karena mereka dapat memberi makan dari apa yang biasanya mereka makan di habitat alaminya.

7. Ikan Green Chromis

ikan hias air laut yang kuat, ikan hias air laut untuk pemula, ikan hias air laut aquarium, nama ikan hias air laut, nama ikan hias air laut dan gambarnya, ikan hias air laut dan nama latinnya, ikan hias dari air laut, ikan hias di air laut, ikan hias air laut untuk aquarium

Di Indonesia dikenal dengan nama Betok hijau. Green Chromis sangat mirip dengan Blue Chromis dengan perbedaan warna yang paling signifikan di antara keduanya. Ikan ini memiliki warna hijau sempurna yang akan terlihat luar biasa dengan pencahayaan tangki yang bagus.

Ikan ini lembut dan mudah dirawat dan karenanya akan menjadi tambahan yang bagus untuk tangki air asin baru Anda, dan sebagaimana Blue Chromis, Green Chormis adalah ikan aktif yang tampaknya lebih suka bergerombol dan suka tinggal di habitat dengan banyak kehidupan batu. Dengan suhu air: 22-25 ° C. PH air: 8.1-8.4. Ukuran tangki minimal 114 liter

Meskipun ikan ini tampak suka berantem dengan beberapa spesies lain di dalam akuarium dengan membuat gerakan menggigit, tetapi mereka tidak terlalu agresif, dan rata-rata umur ikan ini 8 hingga 16 tahun umur yang cukup panjang untuk ukuran kecil, yang berarti mereka akan bertahan lebih lama dari kebanyakan ikan lainnya.

Untuk perawatan terbaik, Anda harus memberi makan ikan ini beberapa kali sehari dan memberi mereka makanan yang bervariasi yang mencakup serpihan untuk herbivora, makanan ikan beku, dan makanan berdaging.

8. Ikan Neon Goby

ikan hias air laut aquarium, nama ikan hias air laut, nama ikan hias air laut dan gambarnya, ikan hias air laut yang mudah dipelihara, ikan hias air laut murah, ikan hias air laut dan nama latinnya, cara memelihara ikan hias air laut, cara merawat ikan hias air laut, ikan hias dari air laut, ikan hias di air laut, ikan hias air laut untuk aquarium, ikan hias air laut untuk pemula

Neon Goby atau Elacatinus adalah salah satu ikan air laut atau ikan air asin asin kecil yang paling kuat dan salah satu ikan air laut terbaik untuk tangki 37 liter karena tidak membutuhkan banyak ruang. Juga, ikan ini adalah salah satu ikan air asin terkecil yang bisa Anda dapatkan di luar sana karena ikan yang sudah dewasa hampir tidak akan pernah tumbuh melebihi 5 cm.

Baca Juga:   Ikan Hias Corydoras Panda: Karakteristik, Asal Usul, dan Budidaya

Meskipun Neon Goby adalah ikan yang cukup damai, ia masih mempertahankan wilayahnya secara agresif dan akan sering berdebat dengan ikan gobi lainnya, tetapi di musim kawin mereka bisa lebih damai.

Dan sementara di alam liar mereka biasanya memakan parasit dari ikan lain yang lebih besar, di akuarium rumah Anda, makanan mereka harus terdiri dari hal-hal seperti daging udang, udang air asin, dan udang Mysis beku.

Ikan ini umumnya mudah dipelihara, dan Anda dapat memilikinya baik sebagai bagian dari komunitas atau di terumbu karena secara alami merupakan penghuni terumbu karang yang baik yang suka bersembunyi di bebatuan.

Ikan air laut ini adalah ikan kecil yang sangat kuat, suhu air yang tepat untuk ikan Neon Goby 22-25 ° C. PH air yang baik 8.1-8.4. Ukuran tangki minimal 37 liter.

9. Ikan Orchid dottyback

ikan hias air laut yang cantik, gambar ikan hias air laut cantik, ikan hias air laut tercantik, ikan hias air laut di air tawar, ikan hias air laut untuk pemula, ikan hias air laut yang kuat, gambar ikan hias laut cantik, ikan hias air laut paling cantik, 10 ikan hias air laut, 5 ikan hias air laut, 5 jenis ikan hias air laut, ikan hias yang hidup di air laut

Ikan Orchid dottyback berwarna ungu lavender yang cantik, adalah tambahan yang bagus untuk akuarium air laut. Ikan cantik ini memiliki kepribadian yang luar biasa. Dan bagi kebanyakan aquarists, ikan ini menjadi favorit dalam akuarium hias mereka.

Untuk memberi ikan ini habitat yang baik, Anda membutuhkan setidaknya akuarium berukuran 37 liter dan memastikan ia memiliki banyak tempat persembunyian. Dan ikan ini bukanlah ikan yang pemalu karena cenderung berenang di alam terbuka setelah terbiasa dengan akuarium. Dengan suhu Air: 22-25° C. PH air: 8.1-8.4

Orchid Dottyback tergolong spesies semi-agresif karena cenderung mempertahankan tempat persembunyiannya secara agresif dan juga akan sesekali mengejar ikan yang lebih kecil dan dapat memangsa bristleworms dan udang mantis.

Memberi makan spesies ikan kecil ini juga tidak menjadi masalah karena mereka menerima sebagian besar makanan berdaging seperti potongan kerang kecil-kecil, plankton, krill, udang Mysis, dan udang air asin yang kaya vitamin.

Jika Anda berniat untuk memasukan lebih dari satu ikan Orchid Dottyback di akuarium ikan nano yang sama, pastikan Anda memasukannya secara bersamaan karena mereka cenderung menunjukkan agresi kepada pendatang baru. Juga, selalu tambahkan mereka terakhir ke akuarium Anda untuk mencegah konflik tersebut.

10. Ikan Royal Gramma

ikan hias air laut cantik, ikan hias air laut dan ciri-cirinya, ikan hias air laut yang cantik, gambar ikan hias air laut cantik, ikan hias di air laut, foto ikan hias air laut, ikan hias air laut beserta gambar, gambar ikan hias air laut, identifikasi ikan hias air laut, jenis ikan hias air laut, ikan hias air laut kecil, ikan hias air laut kuning

Jika Anda pernah pernah memainkan game facebook bernama Aqualife tentu tidak asing dengan ikan bernama Royal Gramma. Royal Gramma mendapatkan namanya dari fakta bahwa warna kuning dan ungu cerahnya adalah simbol kerajaan. Warna-warna fantastis ini berarti ikan ini akan selalu menambahkan percikan warna cerah ke tangki akuarium ikan berukuran kecil.

Banyak aquarists menyukai ikan ini karena pola warnanya yang menakjubkan dan ukuran dewasa yang kecil membuatnya ideal untuk tangki ikan air asin kecil.

Spesies ikan air asin kecil ini lebih menyukai gua batuan yang luas, jadi jika Anda berencana menambahkannya ke akuarium, Anda perlu merencanakannya dengan memasukkan ornamen berbentuk gua ke dalam tata letak akuarium. Dengan suhu air akuarium 22-25° C. PH air : 8.1-8.4. Ukuran akuarium minimal 37 liter.

Secara keseluruhan, ikan-ikan kecil ini juga lebih disukai karena sifatnya yang kuat dan mudah dipelihara karena bahkan para pemula pun akan memiliki waktu yang mudah bersama mereka, dan mereka juga mudah beradaptasi dengan akuarium baru. Mereka adalah ikan karnivora yang membutuhkan makanan beku atau makanan siap saji seperti udang Mysis dan udang air asin kecil.

Demikian tentang jenis ikan hias air laut yang cantik, semoga memberi informasi yang bermanfaat. Khususnya untuk pemula yang ingin memelihara ikan hias air laut.

error: