12 Ikan Hias Air Laut Termahal di Dunia

daftarhewan.com. Jenis ikan hias air laut termahal. Mungkin kita telah mengenal jenis ikan hias air laut tercantik dan ikan hias air laut kecil yang indah. Tetapi tahukah Anda, bahwa ada jenis ikan hias air laut yang harganya diluar perkiraan dan bisa dibilang paling mahal.

Ada banyak alasan mengapa beberapa ikan air laut bisa mempunyai harga sangat mahal. Pertama, seringkali ketersediaan ikan yang menentukan harganya. Seperti kebanyakan hal dalam hidup, jika langka, harganya pasti mahal.

Mengapa mereka langka? Ikan-ikan ini mungkin tidak langka di alam liar tetapi bisa langka di akuarium rumah karena sangat sulit ditangkap di alam liar. Ini bisa jadi karena lokasi mereka dan kedalaman tempat mereka tinggal. Jika ikan hidup di perairan dalam dan bersembunyi di gua-gua kecil, lubang dan di antara karang, mereka akan sulit ditangkap. Karenanya harganya akan tinggi.

Apa Ikan hias Air Laut Termahal?

1. Peppermint angelfish

ikan hias air laut yang mahal, ikan hias air laut mahal, ikan hias air laut termahal di dunia, ikan hias air laut termahal, ikan laut paling mahal, ikan hias air asin termahal, 5 ikan hias air laut

Peppermint angelfish (Centropyge boylei), adalah Angelfish yang relatif berukuran kecil yang dikenal sebagai salah satu ikan hias air laut termahal yang pernah ditangkap dan ditawarkan untuk dijual.

Angelfish kecil namun sangat cantik ini hidup di perairan dalam, dengan kedalaman antara 100 meter – 130 meter, yang membuatnya sangat sulit untuk ditangkap. Sehingga menjadikannya salah satu ikan air laut paling langka di industri ikan hias dan oleh karena itu, di luar jangkauan sebagian besar aquarists, menurut beberapa sumber mereka dihargai $ 25.000- $ 30.000 atau sekitar 350.000.000 – 400.000.000 juta rupiah.

Peppermint Angelfish mendiami terumbu karang tropis di Pasifik bagian timur-tengah sekitar Kepulauan Cook dan Rarotonga dan hanya mencapai ukuran sekitar 3 inch atau 7 cm.

Ikan hias air laut ini relatif pemalu, karena sering bersembunyi di antara bebatuan dan karang laut. Ia hidup di kedalaman air laut antara 100 – 130 m. Dengan tubuh oranye cerah yang dilengkapi dengan garis-garis putih bersih yang indah, tidak aneh kenapa ada orang yang ingin memilikinya. Baca juga : Ikan hias air tawar termahal

Namun, apakah harga tiga ratus juta sampai empat ratus juta layak untuk ikan ini, apa masuk akal menurut Anda? Kami serahkan pada Anda untuk menilai dan memutuskan. Bisa jadi, ikan Peppermint Angelfish adalah ikan hias air laut termahal pernah Anda ketahui.

2. Ikan Masked Angelfish

ikan hias air laut termahal di dunia, ikan hias air laut termahal di indonesia, ikan hias air laut paling mahal, ikan hias air laut mahal, jenis ikan hias air laut termahal

Ikan Masked Angelfish atau Angelfish topeng berasal dari Hawaii, adalah salah satu ikan paling luar biasa yang pernah ada di akuarium. Tubuh putih yang megah dengan topeng di kepalanya yang berwarna hitam dan biru yang mencolok terlihat luar biasa. Harga paling mahal di pasaran adalah sekitar 15.000 – 20.000 Dolar Amerika, atau setara 200.000.000 – 280.000.000 rupiah.

Baca Juga:   Ikan Hias Corydoras Panda: Karakteristik, Asal Usul, dan Budidaya

Anehnya, ikan ini tidak ada dalam daftar spesies yang terancam punah dan terdaftar sebagai Spesies risiko rendah (Least-concern species) yang berarti tidak ada bahaya langsung jika ikan ini punah. Jadi, mengapa ikan ini bisa berhaga mahal?

Nama ilmiahnya adalah Genicanthus personatus dan mereka hidup di kedalaman air laut antara 150 m – 175 m. Cukup dalam sehingga membuat mereka sangat sulit ditangkap. Ikan ini membutuhkan peralatan khusus untuk menyesuaikannya dengan kedalaman yang lebih rendah dalam kehidupan akuarium, jadi perlu penyesuaian yang cukup membutuhkan waktu serta tidak bisa langsung dimasukan ke dalam akuarium. Proses ini tidak murah dan sangat sedikit spesies yang bertahan, sehingga menjadikannya sangat langka.

Mereka dapat ditemukan tak jauh dari Kepulauan Hawaii Barat Laut, di ujung batas penyelaman konvensional, membuat ikan ini hampir tidak mungkin ditangkap.

3. Peacekeeper Maroon Clownfish

ikan hias air laut termahal, ikan hias air laut anemone, ikan hias air asin laut, gambar ikan hias air laut cantik, apa saja jenis ikan hias termahal, nama ikan termahal, berapa ikan termahal di dunia, berapa harga ikan termahal

Salah satu jenis ikan badut yang cantik luar biasa. Spesies hasil penangkaran ikan ini sangat terbatas jumlahnya dan hanya ada beberapa pasang spesies yang berkembang biak di penangkaran. The Peacekeeper Maroon Clownfish adalah strain baru Premnas biaculeatus (Ikan balong padang) yang menakjubkan dari perusahaan pembibitan ikan hias yang berbasis di Israel.

Dari ribuan anak, pasangan yang sedikit ini hanya menghasilkan sedikit ikan yang menunjukkan warna-warna yang menakjubkan. Karenanya kelangkaannya menyebabkan harganya menjadi mahal. Jika menginginkannya, Anda harus memasukkan nama Anda di daftar tunggu dan membayar setidaknya 9000 Dolar Amerika atau sekitar 126.000.000 rupiah.

4. Basslet Bladefin

ikan hias air laut yang mahal

Ikan kecil kecil mungil yang lucu ini memiliki harga yang sangat tinggi sekitar $ 8000 (Rp. 112.000.000). Basslet Bladefin (Jeboehlkia legaifer) adalah salah satu ikan air asin terlangka yang pernah ditangkap dan dijual kepada seorang kolektor.

Ikan ini hidup di kedalaman lebih dari 150 meter, membuat mereka hampir tidak mungkin ditangkap. Ketika berhasil ditangkap, mereka sering mati dalam perjalanan, membuat ikan yang berhasil selamat dalam perjalanan menjadi sangat berharga.

Dengan fitur menonjol mereka yaitu sirip seperti bilah dan pola warna yang mencolok. Apakah kita akan menghabiskan uang 112.000.000 untuk satu ikan ini?

5. Golden Basslet

ikan hias air laut paling mahal, ikan hias air laut yang mahal, ikan hias air laut termahal, ikan hias air laut termahal di dunia, ikan hias air laut termahal di indonesia, ikan hias dari laut, ikan laut mahal, ikan hias laut termahal, ikan hias laut termahal di dunia

Ikan ini adalah spesies lain yang terlalu sulit ditangkap, yang membuatnya sangat langka dalam perdagangan ikan akuatik. Golden Basslet (Liopropoma Aberrans) adalah salah satu ikan paling pemalu yang hidup di kedalaman air laut sekitar 50 – 80 m dan juga pemalu, menjadikannya salah satu ikan yang sulit ditangkap.

Mereka mendapatkan namanya dari warnanya yang mencolok, mereka adalah ikan yang sangat menarik untuk dilihat di akuarium rumah.

Jika Anda pernah mendapat kesempatan untuk melihat Golden Basslet dijual, biasanya ikan ini dihargai sekitar $ 7000 atau sekitar 98.000.000 juta rupiah.

6. Wrought Iron Butterfly fish

ikan hias termahal di indonesia, ikan hias termahal di dunia, ikan hias termahal saat ini, ikan hias termahal di malaysia, ikan hias termahal di indonesia 2020-2021-2022, ikan hias termahal air tawar, ikan hias termahal aquascape, ikan hias aquarium termahal ikan hias air asin termahal, ikan hias termahal di dunia adalah

Chaetodon daedalma atau Ikan kupu-kupu besi tempa yang bernama latin Chaetodon daedalma, berasal dari samudra Pasifik Barat dekat Jepang bagian tengah dan selatan. Mereka bisa tumbuh hingga 15 cm panjangnya, yang membuatnya menjadi ikan yang bagus untuk akuarium di rumah. Namun, mereka masih membutuhkan tangki tidak kurang dari 500 liter.

Baca Juga:   Ikan Molly Balon dan Cara Mereka Melahirkan

Ikan ini tidak termasuk dalam daftar spesies yang terancam punah tetapi masih memiliki harga yang tinggi. Salah satunya dipajang di website bluezooaquatics.com dengan harga $ 3700 atau lebih dari Rp. 500.000.000.

7. Clarion Angelfish

ikan hias termahal di indonesia 2021, ikan hias termahal aquascape, ikan hias aquarium termahal, ikan hias air asin termahal, ikan hias termahal di dunia adalah, ikan hias termahal bagus, bentuk ikan hias termahal di dunia

Clarion Angelfish yang bernama latin Holacanthus clarionensis adalah salah satu ikan di Daftar Ikan Air Laut termahal yang digolongkan sebagai spesies ‘Rentan’ di Daftar Merah Spesies Terancam Punah IUCN.

Hal ini sebagian disebabkan oleh perubahan lingkungan tempat mereka hidup dan juga penangkapan ikan berlebihan dari spesies ini untuk perdagangan akuatik. Ketika ikan ini mendapatkan harga yang tinggi, Anda dapat melihat mengapa kolektor melakukan segala cara untuk menangkapnya untuk diperdagangkan.

Sebagian besar hidup di lepas pantai Pasifik Meksiko pada kedalaman sekitar 5 – 30 meter, ikan ini lebih mudah ditangkap daripada beberapa ikan lain dalam daftar dan mendapatkan harga tinggi karena kelangkaannya – bukan seberapa sulit mereka ditangkap.

Boleh jadi ikan remaja terlihat sangat berbeda dengan ikan dewasa dan keduanya memiliki harga yang berbeda. Harga rata-rata ikan dewasa adalah 2800 Dolar Amerika atau sekitar 39 juta rupiah.

8. Japanese angelfish

ikan hias termahal di dunia, ikan hias termahal di indonesia, ikan hias termahal saat ini, apa saja jenis ikan hias termahal, ikan hias termahal berapa, nama ikan hias termahal

Japanese angelfish yang bernama ilmiah Centropyge interruptus berasal dari perairan sekitar Jepang bagian selatan dan tengah dan hidup di kedalaman 15 – 65 meter.

Mereka hidup di bebatuan dan terumbu karang dan sering ditangkap di Kepulauan Hawaii. Angelfish kecil ini jarang terlihat untuk dijual.

Ukuran yang cocok untuk akuarium rumahan ditambah warna yang menakjubkan membuat ikan ini menarik dan harus dimiliki oleh para kolektor ikan hias air laut. Paling mahal ikan ini dihargai $2000 atau sekitar 28.000.000 rupiah.

9. Candy Basslet

foto ikan hias termahal, jenis ikan hias termahal, ikan hias yg termahal, ikan hias termahal di indonesia, ikan hias termahal di dunia, ikan hias termahal saat ini, ikan hias termahal di indonesia 2021-2022-2023, ikan hias termahal air tawar, ikan hias termahal aquascape, ikan hias aquarium termahal, ikan hias air asin termahal, ikan hias termahal di dunia adalah, ikan hias termahal bagus, bentuk ikan hias termahal di dunia

Candy Basslet (Liopropoma carmabi) adalah bagian dari keluarga basslet laut. Ikan ini ditemukan di perairan dalam Samudra Atlantik tropis, mulai dari Florida hingga Karibia dan sejauh utara Amerika Selatan.

Apa yang membuat Candy Basslet menjadi salah satu ikan air laut yang mahal? Karena, mereka hidup di perairan yang sangat dalam dan jarang berenang di atas 25 meter. Mereka lebih suka hidup di antara terumbu karang dalam sekitar 100 meter.

Jadi sangat sulit menangkap ikan ini di dalam terumbu karang yang dalam. Oleh karena itu, mereka bisa dijual dengan harga yang tinggi saat dijual. Harganya berkisar antara $700 – $1500 atau sekitar 9 juta sampai 20 juta rupiah.

10. Gem Tang

ikan hias termahal di dunia, ikan hias termahal saat ini, ikan hias termahal di malaysia, ikan hias aquarium termahal, ikan hias air asin termahal, ikan hias termahal bagus, ikan hias termahal berapa

Gem Tang (Zebrasoma gemmatum) yang disebut juga tang permata, tang tutul atau tang Mauritian adalah salah satu jenis ikan Tang yang tersedia dalam perdagangan akuatik. Ikan yang termasuk ikan hias langka ini dihargai oleh banyak aquarists karena keindahan dan kelangkaannya.

Baca Juga:   Ikan Oscar Albino, Si Agresif yang Rakus

Gem Tang terkenal dengan bintik-bintik putih cerah di seluruh tubuhnya yang berwarna hitam. Sirip duburnya yang kuning menambah kontras yang mencolok dengan tubuh Gem Tang yang lebih gelap.

Ikan ini dapat ditemukan di perairan yang lebih dalam di Samudera Hindia Barat sehingga sulit untuk mendapatkan spesies ini, sehingga harganya mahal. Mereka bukan spesies yang terancam punah – hanya sulit ditangkap.Di akuarium rumah, spesies Tang ini bisa menjadi agresif dan diperlukan akuarium besar dengan banyak bebatuan dan tempat persembunyian.

Makanan mereka harus terdiri dari makanan berdaging dengan keseimbangan yang baik antara vegetasi dan strip ganggang adalah cara yang baik untuk membantu memperkuat sistem kekebalan mereka dan mengurangi agresi, serta meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan di akuarium rumah. Harganya terendah biasanya sekitar 6.500.000 rupiah, dan yang termahal bisa mencapai 14.000.000 juta rupiah.

11. Arothron Puffer

jenis ikan hias air laut termahal, ikan hias laut termahal, ikan hias air laut mahal, ikan hias air laut paling mahal, ikan hias laut termahal di dunia, harga ikan hias air laut termahal, 5 ikan hias air laut, ikan hias air laut termahal di indonesia, ikan hias air laut termahal di dunia

Arothron Puffer (Arothron meleagris) adalah jenis ikan buntal yang tergolong mahal, mereka memiliki banyak nama umum termasuk Spotted Puffer, Guinea Fowl Puffer, dan Golden Puffer. Ikan air asin ini memiliki kemampuan untuk mengubah penampilan selama berbagai tahap kehidupan mereka. Mereka memiliki tiga tahap warna berbeda yang mereka lalui.

Pada fase Hitam, warnanya biru tua sampai hitam dengan bintik-bintik putih di sekujur tubuh. Fase kedua adalah fase berbintik-bintik, di mana tubuh memiliki bercak kuning dengan pola berbintik hitam putih. Fase ketiga adalah fase Emas, di mana puffer didominasi warna kuning. Namun, ikan ini jarang berubah melalui ketiga fase ketika tinggal di akuarium. Harganya berkisar antara 7 juta sampai 11 juta rupiah.

12. Injel kaisar (Emperor angelfish)

ikan hias air laut angelfish, ikan hias air laut aquarium, angelfish air laut, ikan angelfish laut, jenis ikan angelfish laut, ikan angelfish, ikan hias air laut tercantik, makanan ikan angelfish laut, ikan angel

Ikan angelfish laut remaja

Emperor Angelfish (Pomacanthus Imperator) atau yang sering disebut Imperator Angelfish atau dalam Bahasa Indonesia disebut Injel Kaisar, telah lama menjadi salah satu ikan air laut yang paling diinginkan yang tersedia untuk koleksi aquarist rumahan. Spesies ikan yang cantik ini secara dramatis mengubah penampilan dari remaja menjadi dewasa. Anda dapat menyaksikan mereka berubah penampilan saat dewasa dan berubah menjadi ikan yang benar-benar menakjubkan dengan warna yang mencolok.

Emperor Angelfish dapat tumbuh dari 5 – 7 cm, hingga 30 – 35 cm. Seperti ikan apa pun yang dapat tumbuh sebesar ini, Anda membutuhkan akuarium besar tidak kurang dari 850 liter. Merupakan ukuran yang sempurna untuk ditempatkan di akuarium Anda.

Ikan karang alami ini akan menggigit karang berbatu dan lunak (invertebrata sesil), jadi harus berhati-hati saat memasukkan mereka ke dalam akuarium. Mereka membutuhkan banyak batu, gua, dan tempat untuk melarikan diri dan lari jika merasa terancam.

Injel Kaisar telah mengalami berbagai perubahan harga, paling mahal pernah mencapai $ 2000 (Rp. 28.000.000) , tetapi rata-rata Anda dapat membeli salah satu ikan ini dengan harga $ 600 atau Rp. 8 juta. Ikan remaja lebih murah dan berkisar dari $ 200- $ 400 (dua juta rupiah sampai lima juta rupiah).

error: