12 Ikan Hias Air Tawar Termahal 2021

daftarhewan.com. Daftar Ikan hias air tawar termahal. Berbagai jenis ikan hias telah banyak dibahas baik di buku hobi ataupun blog dan website hewan peliharaan. Tetapi tahukah Anda bahwa di luar sana banyak juga informasi tentang jenis ikan hias air tawar yang harganya mahal dari ikan cupang termahal, ikan koki termahal, ikan louhan termahal, ikan arwana termahal sampai ikan koi termahal yang harganya mencapai miliaran rupiah. Berikut ini adalah jenis ikan hias air tawar termahal di dunia:

Ikan Hias Air Tawar Termahal di Dunia

1. Ikan Koi Termahal

ikan hias air tawar termahal 2020-2021-2022-2023, ikan hias air tawar termahal di dunia, ikan hias air tawar termahal adalah, jenis ikan hias air tawar termahal, harga ikan hias air tawar termahal, ikan hias air tawar mahal, ikan hias air tawar yg mahal, daftar ikan hias air tawar termahal, 10 ikan hias air tawar termahal di dunia, ikan hias air tawar harga mahal, gambar jenis ikan hias air tawar termahal, ikan hias air tawar yang mahal

Ada kompetisi reguler untuk memberi gelar Koi teratas dan seperti ras anjing yang berharga, orang Jepang menganggap pembiakan ikan Koi dengan sangat serius. Ikan koi bisa bernilai jutaan rupiah – ikan Koi termahal yang pernah dijual bernilai $ 1,8 juta (lebih dari 25 miliar rupiah).

Koi adalah sejenis ikan mas (carp) atau ikan karper, ikan umum yang dapat ditemukan di seluruh dunia, tetapi yang membuat Koi begitu istimewa adalah warna dan garis keturunannya.

2. Ikan Arwana Termahal

arwana termahal, gambar jenis ikan hias air tawar termahal, ikan hias air tawar yang mahal, macam ikan hias air tawar termahal, ikan hias air tawar termahal 2020, ikan hias air tawar termahal di dunia, ikan hias air tawar termahal adalah, jenis ikan hias air tawar termahal, harga ikan hias air tawar termahal, ikan hias air tawar mahal, ikan hias air tawar yg mahal

Arwana Asia (Asian arowana) yang bernama latin Scleropages formosus telah lama menjadi simbol kemakmuran di Cina, Singapura, dan negara Asia Timur lainnya, Ikan Arwana Asia adalah beberapa ikan termahal yang bisa Anda beli.

Secara khusus, banyak warna yang ditemukan pada varietas yang dibudidayakan karena ikan Arwana Asia liar adalah spesies yang terancam punah. Nama Cina mereka diterjemahkan menjadi “Ikan Naga,” menggambarkan sirip mereka yang mengalir, dan sisik yang besar dan cerah.

Dari Ikan Arwana Super Red Dragon hingga Ikan Arwana Platinum, ikan ini secara teratur mencapai harga empat dan lima angka dalam dolar Amerika. Ikan termahal kedua yang pernah dibeli adalah Arwana Asia albino yang dijual seharga $ 300.000 – 4.210.500.000 (Empat Miliar Dua Ratus sepuluh Juta Lima Ratus Ribu Rupiah). Apalagi Ikan Arwana Platinum yang merupakan mutasi genetik yang langka berharga $ 400.000. Saat dipamerkan, penjaga bersenjata sering kali dibutuhkan untuk mencegah pencurian.

3. Ikan Alligator Gar : Golden dan Platinum

macam macam ikan hias air tawar termahal, gambar jenis ikan hias air tawar termahal, jenis ikan hias yang mahal, jenis ikan hias air tawar mahal, jenis ikan hias termahal di dunia, ikan hias air tawar termahal di dunia, jenis jenis ikan hias termahal, ikan hias air tawar termahal, jenis ikan hias air tawar yang mahal, ikan hias air tawar yg mahal, harga ikan hias air tawar termahal, jenis ikan hias yang harganya mahal

Alligator gar platinum

Ikan Alligator Gar cukup umum di Amerika Serikat. Mereka adalah predator aktif dan fosil hidup literal yang telah ada selama hampir 100 juta tahun.

Sisik dan kulit Alligator Gar terkenal keras; Kekerasan sisik ganoid disebabkan oleh lapisan seperti enamel yang dikombinasikan dengan ukuran ikan dewasa yang sangat besar. Tidak salah jika ikan ini merupakan salah satu ikan air tawar terbesar. Suku asli Amerika menggunakan sisiknya untuk perhiasan dan kulitnya untuk pelindung dada.

Platinum dan Golden Alligator Gar kadang-kadang ditemukan di alam liar tetapi lebih sering dibiakkan untuk mencerahkan warnanya di beberapa negara Asia. Baik ditangkap di alam liar atau dibesarkan, Alligator Gar mudah dirawat selama mereka diberi makan mangsa hidup dan memiliki ruang yang cukup untuk mencari mangsa. Harga termurah adalah $ 5 setara Rp. 70.000 dan paling mahal bisa mencapai $ 7000 atau 98 juta rupiah.

Baca Juga:   7 Jenis Ikan Komet Beserta Gambar dan Harganya

4. Pari hitam bertotol (Xingu River ray)

ikan hias air tawar termahal di dunia, ikan hias air tawar termahal, ikan hias air tawar termahal di indonesia, ikan hias air tawar yg mahal, macam macam ikan hias air tawar termahal, gambar jenis ikan hias air tawar termahal, jenis ikan hias air tawar yang mahal, jenis ikan hias air tawar mahal, ikan hias air tawar yang mahal

Polkadot Stingray (Ikan pari polkadot) disebut juga ikan Pari Hitam Berototol atau Xingu River Ray. Ikan pari air tawar ini mempunyai harga $ 300 (4.200.000 rupiah) untuk ikan pari muda dan hingga $ 1500 (21.000.000 rupiah) untuk ikan dewasa.

Mayoritas ikan pari adalah ikan laut yang berkerabat dekat dengan hiu dan ikan hiu gergaji, tetapi ada juga beberapa spesies ikan pari air tawar. Hal ini membuat Ikan Pari Polkadot semakin tidak biasa. Baca juga : Ikan Hias Air Laut Termahal

Ikan pari kecil namun berwarna mencolok ini berasal dari Lembah Sungai Xingu di Brasil, tempat mereka berburu invertebrata seperti udang dan kerang.

Ikan Pari polka dot memiliki rahang yang kuat karena memangsa mangsanya yang mempunyai cangkang, dan lainnya. Dan sesuai dengan namanya, mereka juga memiliki duri berbisa di sepanjang ekornya untuk mencegah serangan predator.

Sementara manusia jarang dengan sengaja mengganggu mereka, kebiasaan mereka menutupi diri dengan pasir di air dangkal membuat mereka sering terinjak. Meski jarang berakibat fatal, luka seringkali bisa menjadi risiko infeksi yang serius.

5. Ikan Diskus Termahal

ikan hias discus termahal, ikan hias air tawar termahal di dunia, ikan hias termahal di dunia, ikan hias air tawar yang mahal, ikan hias air tawar termahal di indonesia, ikan hias air tawar termahal 2020, ikan hias air tawar termahal 2021, ikan hias air tawar termahal adalah, jenis ikan hias air tawar termahal, harga ikan hias air tawar termahal, ikan hias air tawar yg mahal, ikan hias yang paling mahal, 10 ikan hias air tawar termahal di dunia

Diskus (Dicus) adalah salah satu ikan paling tidak biasa dan termahal yang biasa terlihat di toko hewan peliharaan. Cichlid Amazon ini mendapatkan namanya dari bentuknya yang bulat dan pipih. Diskus memiliki lusinan varietas, sebagian besar berwarna neon merah, biru, atau kuning. Ciri lain yang tidak biasa dari Discus adalah mereka adalah cichlid sosial, lebih suka dipelihara dalam kelompok setidaknya 6 ekor. Baca Juga : Ikan Guppy Termahal

Diskus sering dijual sebagai pasangan untuk pembiakan yang dapat meningkatkan nilainya secara substansial. Jika Anda seorang pemula, biasanya Anda hampir tidak akan bisa membedakan antara Diskus jantan dan betina. Ikan dengan nama ilmiah Symphysodon aequifasciatus ini biasanya dihargai antara Rp. 200.000 (dua ratus ribu rupiah) hingga Rp. 7.000.000 (tujuh juta rupiah). Mungkin merupakan salah satu ikan hias air tawar termahal di Indonesia.

6. Belut Listrik (Electric Eel)

Electric eel in aquarium, akuarium belut listrik, daftar ikan hias air tawar termahal, 10 ikan hias air tawar termahal di dunia, ikan hias air tawar harga mahal, ikan hias air tawar termahal di dunia, ikan hias air tawar harga mahal, ikan hias yang mahal

Tahukah Anda salah satu ikan hias air termahal sebagai salah satu yang paling berbahaya? Belut Listrik atau Sidat listrik terkenal dengan kemampuannya menghasilkan kejutan listrik bertegangan tinggi untuk membuat pingsan dan membunuh mangsanya.

Ditemukan di lembah sungai Amazon dan Orinoco di Amerika Selatan, mereka hidup di perairan yang gelap dan tersumbat rumput liar. Mata mereka berukuran kecil. Belut listrik memiliki kendali yang sangat baik atas kemampuannya sehingga mereka bahkan dapat menyetrum otot ikan agar bergerak ke tempatnya untuk dikonsumsi.

Belut dapat memiliki berat hampir 22 kg, meskipun listrik yang dihasilkan itu sendiri biasanya tidak fatal (tegangan tinggi tetapi arus listrik rendah), manusia yang tersengat listriknya bisa jatuh pingsan ke dalam badan air dapat dengan cepat tenggelam dan meninggal karena tidak bisa bergerak untuk sementara waktu. Untuk harganya sendiri berkisar antara $ 100 – Rp. 1.400.000 (Satu juta empat ratus ribu rupiah) untuk belut listrik muda dan hingga $ 1000 (Rp. 14.000.000 – Empat belas juta rupiah) untuk belut listrik dewasa

Baca Juga:   8 Jenis Tanaman untuk Kolam Ikan

7. Ikan Zebra Pleco

Ikan Zebra Pleco, ikan hias air tawar termahal 2020-2021, ikan hias air tawar termahal di dunia, ikan hias air tawar termahal di indonesia, ikan hias air tawar termahal 2023, ikan hias air tawar termahal adalah, ikan hias air tawar termahal kecil, harga ikan hias air tawar termahal, ikan hias air tawar aquarium termahal, ikan hias air tawar, jenis ikan hias air tawar, ikan air tawar termahal, ikan hias air laut termahal di dunia, daftar ikan hias air tawar termahal

Zebra Pleco merupakan ikan yang tidak biasa dalam banyak hal dan bukan hanya karena garis-garis hitam dan putihnya yang berani seperti halnya Zebra.

Pleco kecil ini berasal dari wilayah Big Bend di Rio Xingu, anak sungai Amazon. Perairan ini mengalir deras, teroksigenasi dengan baik, dan murni, yang membuatnya lebih sulit untuk dipelihara daripada Plecostomus biasa dan beberapa ikan termahal lainnya.

Di Akuarium air tawar, Ikan hias Zebra Pleco juga termasuk hewan omnivora. Mereka jarang makan alga dan lebih memilih campuran sayuran yang sudah direbus, wafer yang tenggelam, dan makanan berbahan invertebrata seperti udang dan cacing darah.

Sementara spesimen yang ditangkap dari alam semakin langka karena Brazil telah melarang ekspornya, Zebra Pleco yang dibudidayakan perlahan-lahan menjadi lebih umum dalam perdagangan. Harganya berkisar antara $ 150 – Rp. 2.100.000 (Dua juta seratus ribu rupiah) sampai dengan $ 300 – Rp. 4.100.000 (Empat juta seratus ribu rupiah) untuk ikan yang masih muda.

8. Ikan Louhan Termahal

jenis penyakit ikan louhan kesehatan, penyakit pada louhan, penyakit perut kembung ikan louhan, macam penyakit ikan louhan, penyakit mata pada ikan louhan, penyakit yang menyerang ikan louhan, penyakit sisik nanas pada ikan louhan, penyakit ikan louhan dan obatnya, obat untuk penyakit ikan louhan, penyakit pada sirip ikan louhan, penyakit white spot ikan louhan, macam macam penyakit pada ikan louhan

Gambar Ikan louhan yang sehat dan cantik

Flowerhorn Cichlid atau Ikan Louhan dikembangkan dan dipopulerkan di Malaysia, Thailand, Taiwan dan Indonesia pada tahun 1990-an.

Asal usul ikan Louhan ini sebenarnya adalah hibrida dari empat spesies Cichlid Amerika Tengah yang berkerabat dekat: dua spesies Red Devil, Midas, dan Quetzal Cichlid.

Garis keturunan campuran mereka adalah upaya yang berhasil untuk menggabungkan dan memaksimalkan punuk nuchal (jenong) pada jantan, pola bercorak biru, hitam dan merah, bibir menonjol, dan sirip yang mengalir dari induk mereka hingga menjadi satu ikan.

Menurut buildyouraquarium.com, Ikan Louhan termahal yang pernah dijual untuk akuarium peliharaan adalah Golden Monkey Flowerhorn Cichlid. Ikan itu dijual pada 2009 seharga $ 600.000 di Malaysia. Wow sebuah harga yang fantastis, jika saat itu rate dollar Amerika 10.000 bisa jadi harga ikan saat itu adalah 6 miliar rupiah.

Tetapi itu dulu, sekarang ini ikan louhan sudah bisa dibeli dengan harga yang relatif lebih murah. Kecuali ikan yang menang kontes, tentu harganya akan lebih mahal.

Tidak seperti Koi dan Ikan mas koki, Flowerhorn Cichlid adalah predator agresif yang tidak cocok untuk sebagian besar tangki dan kolam komunitas. Namun, mereka dapat dipelihara dengan ikan agresif seperti cichlid lainnya.

9. Ikan Cupang Termahal

ikan hias cupang termahal, ikan cupang hias termahal di dunia, ikan cupang hias termahal di indonesia, ikan cupang hias termahal 2021-2022-2023, gambar ikan cupang hias termahal, jenis ikan cupang hias termahal di indonesia, harga ikan cupang hias termahal, jenis ikan cupang hias termahal

Ikan Cupang atau Siamese Fighting Fish atau Betta fish dikenal di seluruh dunia karena siripnya yang mengalir, kemudahan perawatan, dan sikap agresif terhadap satu sama lain, kalau kata orang Indonesia “bisa ngedok” terutama jantan.

Mayoritas ikan cupang adalah ikan yang paling umum dan murah. Namun, pada tahun 2016 Betta Trai Rong dengan warna yang identik dengan bendera Thailand akhirnya dijual seharga $ 1500 – atau sekitar Rp. 21.000.000 (Dua puluh satu juta rupiah) dan dianggap sebagai ikan cupang termahal yang pernah dijual.

Garis-garis horizontal merah, putih, dan biru tidak mungkin dapat dibiakkan dan menelurkan anak yang sama dengan induknya, dan itu hanya masalah keberuntungan. Hal ini menjadikan Betta Trai Rong itu salah satu dari yang terbaik.

Baca Juga:   Ikan Oscar Albino, Si Agresif yang Rakus

Mengingat ikan cupang adalah simbol nasional untuk Thailand di masa lalu, tidak mengherankan jika ikan tersebut terjual semahal itu. Tidak mengherankan jika di Indonesia ikan cupang mulai banyak dipelihara dan dibudidayakan, serta harganya yang tidak tanggung-tanggung antara puluhan ribu, ratusan ribu sampai jutaan rupiah.

10. Ikan Koki Termahal

ikan koki termahal di dunia, ikan koki termahal di indonesia, ikan koki termahal yang bagus, ikan mas koki termahal, warna ikan koki termahal, gambar ikan koki termahal, ikan koki termahal terbesar, jual ikan koki termahal, ikan koki termahal dan tercantik, ikan koki, ciri ciri ikan koki termahal, ciri dan jenis ikan koki termahal, foto ikan mas koki termahal, gambar jenis ikan koki termahal, jenis ikan koki termahal

Ikan mas koki – ikan koki atau dalam Bahasa Inggris disebut Goldfish adalah pemandangan umum di toko ikan hias atau toko hewan peliharaan di seluruh dunia. Namun, Izumo Nankin adalah varietas yang sangat langka dari Jepang. Dikembangkan sekitar tahun 1750 di Prefektur Shimane modern, Izumo Nankin adalah ikan dengan corak warna “pemandangan atas” yang dimaksudkan untuk ikan hias kolam.

Bentuknya yang segitiga, tanpa sirip punggung memberi penekanan pada pola punggung yang berani dan ukuran kuat dari Ikan mas koki ini. Meskipun umum di Jepang, Izumo Nankin jarang diekspor dan mahal untuk ditemukan dengan garis keturunan yang dapat dilacak. Harga untuk ikan mas koki ini adalah $ 150 – Rp. 2.000.000 (Dua juta rupiah) sampai dengan 300 – Rp. 4.200.000 (Empat juta dua ratus ribu rupiah) untuk ikan dengan ukuran 5 – 7 cm.

11. Ikan Arapaima

ikan arapaima adalah, ikan arapaima air tawar, apa itu arapaima, ikan arapaima bisa dimakan, ikan arapaima boleh dimakan, foto ikan arapaima, fakta ikan arapaima, foto ikan arapaima gigas, fakta tentang ikan arapaima, ikan arapaima gigas berasal dari mana, ikan arapaima gigas pirarucu, ikan hias arapaima, ikan arapaima wikipedia indonesia, jenis ikan arapaima

Banyak ikan termahal yang cocok untuk akuarium, bahkan ikan yang lebih besar seperti Belut Listrik.

Tetapi untuk ikan Arapaima, Anda harus menyediakan akuarium yang lebih besar dan kuat, atau jika tidak Anda harus menyediakan kolam untuknya. Karena ikan ini bisa mencapai ukuran 1 meter lebih ketika dewasa, bahkan di alam liar ia bisa mencapai ukuran 2 meter dengan berat 90 kg.

Meskipun Arapaima (atau ikan Pirarucu) tidak melompat seperti sepupu mereka, Ikan Arwana. Mereka mempunyai kebiasaan makan sembarangan. Arapaima akan mengkonsumsi apa saja yang bisa masuk ke dalam mulut mereka, seperti: ikan, burung, reptil, mamalia perenang, serangga, dan banyak lagi.

Mereka juga memiliki kemampuan untuk menghirup udara atmosfir, muncul setiap 10 menit untuk mengambil napas dengan suara keras. Suaranya khas dan membantu ikan asli sungai Amazon ini melacak ikan burunannya. Perkiraan harga untuk ikan arapaima adalah $ 100 – Rp. 1.400.000 (Satu juta empat ratus ribu rupiah) untuk ikan muda dan belasan juta untuk ikan yang sudah dewasa.

12. Royal Clown Loach

ikan hias termahal air tawar, ikan hias termahal di malaysia, ikan hias termahal aquascape, ikan hias aquarium termahal, ikan hias termahal di dunia adalah, ikan hias air tawar termahal di dunia, ikan hias termahal bagus, ikan hias termahal berapa, bentuk ikan hias termahal di dunia, ikan hias air tawar termahal adalah, harga ikan hias air tawar termahal, urutan ikan hias termahal

Ikan dari keluarga Botiidae ini jauh lebih besar ukurannya dari Kuhli Loaches. Sementara Ikan Clown Loach biasa tumbuh hingga ukuran 20 – 30 cm, sepupunya ini bisa mencapai dua kali panjangnya saat dewasa.

Royal Clown Loaches adalah karnivora nokturnal pemalu, seperti ikan dari keluarga Botiidae lainnya. Namun, ukuran, kecepatan, dan mulutnya yang besar memungkinkan mereka menelan ikan yang lebih kecil dengan mudah. Mereka adalah ikan yang cocok berada di tangki komunitas untuk ikan besar, mereka akan lebih senang jika dipelihara dalam jumlah 3 – 6 individu dalam kelompok. Harga ikan hias ini mempunyai harga $ 75 – 100 atau sekitar satu juta lebih untuk ikan berukuran 10 cm di Amerika.

error: