Home » Ikan Hias » Mengenal Ikan Hias Angelfish Air Tawar yang Cantik Rupawan

Mengenal Ikan Hias Angelfish Air Tawar yang Cantik Rupawan

daftarhewan.com. Pada akuarium bertema tropis, keberadaan ikan angelfish air tawar atau manfish kerap menjadi daya tarik yang mengagumkan. Spesies cichlid air tawar ini begitu populer dan digandrungi, karena bentuknya yang unik, warna yang cantik, dan sisik metalik yang berkilauan.

Terlebih, angelfish juga tidak memerlukan perawatan yang rumit. Anda hanya perlu meluangkan waktu untuk mempelajari tentang pola hidup angelfish, agar dapat mengakomodasi kebutuhan, serta sarana dan prasarana yang tepat untuk mereka. Yuk, mengenal  angelfish lebih dalam!

ikan angelfish, tentang ikan manfish, mengenal ikan manfish, fungsi ikan manfish, foto ikan manfish, fakta ikan manfish, manfish ikan, ikan hias angelfish air tawar

Ikan Angelfish air tawar (manfish)

Seluk-beluk Ikan Angelfish Air Tawar

Angelfish air tawar (Pterophyllum scalare) adalah spesies cichlid yang berasal dari Amerika Selatan. Angelfish dapat ditemukan di wilayah Guyana, Guyana Prancis, Kolombia, Brasil, dan Peru, pada berbagai jenis sungai, antara lain Rio Essequibo, Rio Oyapock, dan Amazon.

Tampak depan, struktur tubuh mereka terlihat tipis. Namun, angelfish memiliki sirip yang tegak dan panjang, sehingga tubuh mereka menyerupai busur panah jika dilihat dari samping. Terlebih, angelfish dapat tumbuh hingga panjang tubuh 15 cm, dengan tinggi mencapai 20 cm.

Dan, dari segi warna, anglefish juga begitu memikat. Mereka memiliki variasi warna dan corak, mulai dari perak merata hingga garis-garis dan marmer.

Sementara itu, sebagai bagian dari akuarium, perilaku angelfish air tawar biasanya cenderung tenang. Namun, ada kalanya mereka tidak cocok hidup berdampingan dengan spesies yang sangat kecil, karena dapat menjadi cukup agresif dan memosisikan diri sebagai predator. Dalam kondisi ideal, angelfish air tawar dapat hidup mencapai sepuluh tahun atau lebih, terutama jika spesies mereka mendominasi akuarium.

Baca Juga:   Daftar Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka

Tips Pengkondisian Akuarium Ikan Angelfish Air Tawar

ikan hias angelfish air tawar, ikan angelfish laut, ikan angelfish, angelfish air tawar, ikan manfish air tawar, ikan hias air tawar manfish, sifat ikan angelfish, jenis ikan angelfish, jenis jenis ikan angelfish, macam macam ikan angelfish, harga ikan angelfish air tawar

Ikan angelfish air tawar (manfish) di Aquascape atau akuarium

Dengan pertimbangan bahwa angelfish dapat tumbuh hingga 15 cm, ikan air tawar ini harus tinggal dalam tangki dengan kapasitas lebih dari 20 gallon (76 liter). Selain itu, karena angelfish tumbuh meninggi, Anda perlu memilih tangki yang tinggi, alih alih yang lebar.

Kisaran suhu yang disarankan untuk spesies ini, yaitu 24-27°C dengan tingkat kesadahan yang rendah, antara 5-18. dH Dan, karena angelfish berasal dari Sungai Amazon, angelfish air tawar lebih menyukai pH air yang sedikit asam antara 6-7,5 dan padat dengan vegetasi.

Meski cukup kompatibel dengan spesies lain, namun angelfish tidak boleh dipelihara dengan fin-nipping atau ikan yang berukuran sangat kecil, karena bisa dianggap sebagai mangsa. Anda juga harus berhati-hati untuk tidak membuat tangki terlalu padat penghuni, karena dapat memicu perilaku agresif dan sifat teritorial mereka.

Makanan Ikan Angelfish Air Tawar dan Perawatannya

Secara alami, angelfish air tawar merupakan omnivor, namun mereka cenderung lebih menyukai daging. Di habitat aslinya, angelfish gemar menyantap krustasea kecil dan invertebrata air. Namun, mereka juga dapat menerima berbagai makanan jika tinggal dalam akuarium.

Baca Juga:   Jenis Ikan Hias yang Mudah dan Cepat Beranak

Berikan makanan pokok, berupa pelet cichlid yang telah diformulasikan secara khusus, serta suplemen berupa makanan hidup, atau makanan beku dan kering-beku. Umumnya, angelfish sangat menikmati berbagai makanan hidup, seperti cacing darah, udang, belatung, krustasea, dan serangga-serangga kecil. Sebagai omnivor, angelfish juga perlu mendapatkan nutrisi dari pakan nabati berupa ganggang kering atau sayuran segar.

Selain pakan yang tepat, Anda juga perlu melakukan penggantian air, dan menjaga kondisi akuarium tetap sesuai dengan kebutuhan angelfish. Bersihkan filter, dan lakukan pengujian pada air akuarium untuk memastikan bahwa setiap parameter masih berada dalam kisaran yang diinginkan.

Untuk itu, Anda perlu memiliki kit pengujian air akuarium, atau membawa sampel air ke toko hewan peliharaan untuk pengujian. Penting untuk mengetahui fluktuasi dari masing-masing parameter pada air akuarium, agar Anda dapat segera menyadari ketika terjadi masalah yang dapat memengaruhi kehidupan ikan.

Tips Pengembangbiakkan Ikan Angelfish Air Tawar

ikan manfish jantan dan betina, ikan manfish jantan, perbedaan ikan manfish jantan dan betina, membedakan ikan manfish jantan dan betina, gambar ikan manfish jantan dan betina, ciri ikan manfish jantan dan betina

Ikan manfish jantan dan betina

Cukup sulit untuk membedakan antara angelfish jantan dan betina. Meski diketahui bahwa papila genital jantan lebih kecil dan meruncing, namun karakteristik tersebut hanya nampak saat pemijahan dan musim kawin.

Dengan kata lain, pengembangbiakkan angelfish terbilang tidak mudah. Terlebih, angelfish jantan juga kerap menunjukkan perilaku yang agresif atau teritorial.

Baca Juga:   Penyakit Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya

Maka, sebagai pengkondisian, mulailah dengan sekelompok 6 angelfish muda, dan nantikan mereka berpasangan secara alami ketika dewasa. Anda juga dapat membeli sepasang angelfish yang telah matang secara reproduksi di toko hewan peliharaan, untuk mempercepat proses pengembangbiakkan.

Selama pemijahan, beri mereka pakan sehat berupa makanan hidup dan beku. Ada baiknya, Anda juga memisahkan pasangan angelfish ke akuarium khusus. Lakukan penggantian air sesering mungkin untuk menjaga parameter kualitas air di dalam tangki dan pertahankan suhu yang stabil antara 27-29°C.

Ketika angelfish siap melakukan pemijahan, betina akan menempatkan telur-telurnya dalam barisan yang sangat teratur dan angelfish jantan akan mengikuti di belakangnya, sembari membuahi setiap telur. Setelah proses tersebut selesai, pindahkan kembali angelfish dewasa ke tangki lain, karena bisa jadi mereka akan memakani telur dan benih yang baru menetas.

Kesimpulan

Angelfish dapat menjadi pilihan yang bagus jika Anda mencari spesies ikan air tawar yang unik dan menarik. Karena, bukan hanya warna dan corak yang cantik, sirip anglefish yang panjang juga tampak begitu anggun saat berenang, sehingga dapat menjadi pemandangan yang menawan dalam akuarium Anda.

Selain itu, Anda juga dapat memudidayakan mereka, dan menjajal peluang bisnis baru. Yang terpenting, gali informasi sebanyak-banyaknya, untuk mendapatkan perspektif yang luas terkait pemeliharaan dan pengembangbiakkan angelfish.

Sebagai acuan, sebaiknya Anda juga mempertimbangkan kondisi lingkungan pada habitat asli angelfish air tawar. Jika akuarium yang Anda sediakan mirip dengan habitat alami mereka, angelfish pun akan tumbuh dengan baik dan beranak-pinak dengan optimal.

error: