Home » Ikan Hias » Jenis Ikan Hias yang Mudah dan Cepat Beranak

Jenis Ikan Hias yang Mudah dan Cepat Beranak

daftarhewan.com. Cepat Berkembang Biak, Berikut Jenis Ikan Hias yang Mudah Beranak! – Memelihara ikan hias menjadi hiburan tersendiri bagi sebagian orang. Setelah penat beraktivitas seharian, menghabiskan waktu luang untuk mengurus ikan hias merupakan sebuah hiburan yang sangat menyenangkan. Jenis ikan hias yang bisa dipelihara pun beragam.

Namun, tidak banyak ikan hias yang mudah beranak. Memelihara ikan yang mudah berkembang biak bisa menjadi kepuasan tersendiri jika berhasil dilakukan. Apalagi ikan tersebut telah dirawat dengan sepenuh hati. Bahkan bisa saja dari hobi tersebut, peluang bisnis justru terbuka lebar. Siapa sih yang tidak ingin menghasilkan rupiah dari hobi yang digeluti?

Banyak alasan mengapa memelihara ikan hias sangat digemari. Selain sebagai hobi sampingan, memelihara ikan juga bisa mempercantik suasana rumah. Apalagi ikan hias memiliki beragam corak dan warna yang sangat menarik. Banyak media yang bisa digunakan untuk memilihara ikan hias, baik di akuarium maupun kolam. Tentu saja jenis ikan harus disesuaikan dengan media yang digunakan.

Jenis Ikan Hias yang Mudah Berkembang Biak

Jika ingin memelihara ikan hias namun tidak ingin kerepotan dalam mengurusnya, sebaiknya pilih jenis ikan hias yang gampang beranak. Jenis ikan ini sangat mudah untuk dipelihara dan tidak membutuhkan treatment yang rumit.

Baca Juga:   Penyakit Ikan Louhan dan Cara Mengatasinya

Berikut beberapa jenis ikan hias yang bisa Anda jadikan pilihan:

1. Ikan Guppy

ikan hias yang mudah beranak, ikan hias yang beranak, ikan hias yg mudah beranak, jenis ikan hias yang mudah beranak, berapa lama ikan hias hamil, ikan hias kecil yang mudah beranak, ikan hias yang gampang beranak, ikan hias gampang beranak, ikan hias beranak

Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat mudah untuk dipelihara dan dikembang biakan. Ikan ini cocok bagi Anda yang ingin memelihara sekaligus menernakkannya. Caranya pun sangat mudah yaitu cukup dengan menyatukan indukan jantan dan betina dalam satu kolam. Setelah itu biarkan proses perkawinan terjadi.

Ikan Guppy termasuk ikan yang sangat produktif. Bahkan indukan betina mampu menampung sperma selama 8 bulan lamanya. Sehingga ikan Guppy bisa melahirkan bayi meskipun pejantan telah dikeluarkan dari wadah.

Selain merupakan ikan hias yang mudah beranak, ikan Guppy juga mampu hidup dalam waktu yang cukup lama serta memiliki warna dan corak yang menarik.

2. Ikan Platy

ikan hias yang mudah beranak, ikan hias yg mudah beranak, ikan hias yang mudah beranak dalam akuarium, jenis ikan hias mudah beranak, ikan hias yang gampang beranak, ikan hias kecil yang mudah beranak, ikan hias yg gampang beranak, ikan hias air tawar mudah beranak, ikan hias air tawar yang mudah beranak, ikan hias gampang beranak

Warna ikan platy akan terlihat indah jika dipadukan dengan tanaman aquascape. Tidak heran jika ikan ini banyak diburu oleh penggemar ikan hias. Apalagi ikan Platy mampu bertahan dalam segala situasi dan tidak mudah mati. Ikan ini juga sangat mudah untuk berkembang biak seperti halnya ikan Guppy.

Masa kehamilan ikan Platy akan terjadi selama 1.5 bulan setelah dibuahi oleh indukan jantan. Agar proses berjalan lancar sebaiknya gunakan indukan yang telah berumur 3 bulan ke atas.

3. Ikan Molly

ikan hias yang beranak, ikan hias beranak di aquarium, jenis ikan hias yang mudah beranak, jenis ikan hias yg mudah beranak, macam ikan hias yang mudah beranak, ikan hias air tawar yang beranak, jenis ikan hias yang gampang beranak, ikan hias beranak

Ikan ini sering dijadikan rekomendasi para pecinta ikan hias karena ketangguhan yang dimilikinya. Selain itu ikan ini juga sangat mudah untuk beradaptasi dalam lingkungan dan suasana yang baru. Ikan Molly juga termasuk kedalam salah satu ikan hias yang mudah beranak. Bahkan proses reproduksi dapat terjadi dengan sangat mudah secara alami.

Baca Juga:   Mengenal Ikan Hias Angelfish Air Tawar yang Cantik Rupawan

4. Ikan Convict Cichlid

ikan hias yg gampang beranak, ikan hias air tawar mudah beranak, ikan hias air tawar yang mudah beranak, ikan hias yang beranak, ikan hias beranak di aquarium, jenis ikan hias yg mudah beranak, macam ikan hias yang mudah beranak

Untuk dapat mengembangbiakan ikan satu ini cukup sediakan indukan jantan dan betina dengan makanan bernutrisi serta air dengan kualitas baik. Ikan dengan ukuran lumayan besar ini mampu menjaga telur mereka dari gangguan dengan baik hingga siap untuk dilahirkan.

Corak ikan terlihat sangat menawan dengan garis vertikal yang dimilikinya. Sangat pas untuk mengisi akuarium yang Anda miliki di rumah.

5. Ikan Killifish

ikan hias yg mudah beranak, ikan hias yang mudah beranak dalam akuarium, jenis ikan hias mudah beranak, ikan hias yang gampang beranak, ikan hias kecil yang mudah beranak, ikan hias yg gampang beranak, ikan hias air tawar mudah beranak, ikan hias air tawar yang mudah beranak

Dengan tampilan yang elok dan menawan, ikan ini merupakan pilihan yang tepat untuk mengisi akuarium agar nampak lebih indah. Ikan ini mampu hidup dalam jangka waktu yang cukup lama dan dapat hidup berdampingan dengan damai bersama ikan lainnya.

Ikan ini dapat dikategorikan sebagai ikan hias yang mudah beranak karena cenderung mudah untuk berkembang biak. Namun, sebaiknya sediakan tempat yang cukup luas jika ingin memelihara ikan eksotis satu ini.

6. Ikan Ekor Pedang (Swordtails fish)

ikan hias mudah beranak, ikan hias yang gampang beranak, ikan hias yg gampang beranak, ikan hias yang mudah beranak, ikan hias yg mudah beranak, ikan hias yang mudah beranak dalam akuarium, jenis ikan hias mudah beranak, jenis ikan hias yang gampang beranak, ikan hias beranak

Ikan Swordtails atau ikan ekor pedang ini memilik warna cerah yang mampu memanjakan mata penikmatnya. Ikan hias ini memiliki ciri khas tersendiri, yaitu bentuk ekor yang seperti pedang. Keunikan ini lah yang menjadikan ikan ini terlihat menarik.

Selain coraknya yang cantik, indukan betina ikan Swordtails mampu bertelur setiap 28 hari sekali. Sangat produktif, bukan? Bukan hal yang mustahil untuk memenuhi akuarium Anda dengan anakan ikan ini.

Baca Juga:   Daftar Ikan Hias Kecil Cantik yang Mesti Kamu Ketahui

Semua ikan yang telah disebutkan di atas memiliki cara pemeliharaan yang cukup mudah dan tidak rumit, di samping mudah untuk diternakkan. Bagi Anda yang ingin mencoba memelihara ikan hias yang mudah beranak, tidak ada salahnya memilih salah satu jenis ikan hias di atas.

Untuk mempercepat proses pembuahan sebaiknya siapkan indukan betina lebih banyak daripada indukan jantan dengan perbandingan 5:1. Bisa juga dengan menempatkan beberapa pasang ikan sekaligus dalam satu tempat. Dengan demikian peluang terjadinya pembuahan juga lebih besar.

Perlu diketahui beberapa jenis ikan perlu mendapatkan perlakuan khusus setelah terjadinya pembuahan untuk menjaga agar telur-telur yang ada tetap aman dan terjaga. Pada beberapa jenis ikan terdapat kecenderungan untuk memakan telur yang menetas. Adapun yang memburu anak mereka sendiri sesaat setelah ditetaskan.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya pindahkan indukan jantan dan betina setelah berhasil bertelur agar proses penetasan tidak terganggu. Pada jenis ikan tertentu proses pemisahan indukan dilakukan justru setelah telur berhasil menetas, agar ikan kecil yang baru saja menetas tidak dijadikan santapan oleh induk mereka.

Mudahnya proses berkembang biak pada ikan hias yang mudah beranak, menjadi alasan utama mengapa jenis ikan di atas sangat direkomendasikan terutama bagi pemula yang baru menggeluti hobi satu ini.

error: