17 Ikan Hiasan Air Tawar Cantik di Malaysia

daftarhewan.com. Ikan hiasan air tawar menjadi salah-satu hewan peliharaan yang banyak dipilih. Alasannya beragam. Entah itu karena perawatannya mudah, warnanya cantik, mengundang aura yang indah, atau bisa bikin rileks siapa pun yang melihatnya. Bahkan ditinjau dari segi kesehatan, memelihara ikan hias bisa mengurangi tekanan darah, detak jantung, dan melonggarkan pikiran yang tegang.

Ikan Hias Air Tawar

Berikut ini Ikan Hiasan Air Tawar Cantik di Malaysia :

1. Neon Tetra

ikan hias kecil air tawar yang bisa dicampur, ikan hias kecil air tawar tanpa oksigen, ikan hias kecil air tawar murah, ikan hias kecil air tawar bergerombol, ikan hias kecil air tawar termahal, harga ikan hias kecil air tawar, ikan hias kecil air tawar aquarium, ikan hias air tawar untuk aquarium kecil, ikan hias air tawar yang cocok di aquarium kecil, budidaya ikan hias kecil air tawar, neon tetra

Neon tetra berukuran 2,2 cm. Mereka senang hidup berkelompok, atau ikan hias yang bergerombol. Ikan mungil ini mudah untuk dirawat dan cenderung kalem. Tidak heran kalau para pemula biasanya memilih neon tetra dulu sebelum ikan lain yang perawatannya lebih rumit.

Ikan ini memiliki warna cerah. Pada tubuhnya terdapat garis biru yang membuatnya tetap terlihat di air keruh. Neon tetra bukan tipikal ikan pemilih makanan. Mereka omnivora. Suka dengan cacing, tanaman, serangga, udang, dll.

2. Ikan Guppy

ikan guppy bahasa inggris, gambar hewan dalam bahasa inggris beserta artinya

Guppy dikenal sebagai ikan berwarna yang lincah. Guppy jantan berwarna lebih terang. Ikan ini mampu beradaptasi di segala kondisi. Perawatan mereka juga tidak merepotkan. Anda hanya perlu konsisten mengatur temperaturnya. Suhu yang disukai antara 10-29 derajat celcius. Sebaiknya ikan ini dipelihara dalam tiga set. Adapun makanannya dicampur antara tumbuhan dan hewan.

3. Ikan Oscar

ikan hiasan, ikan hias air tawar, ikan hias aquarium, ikan hiasan aquarium, ikan hias besar, ikan hias predator, ikan hias terdekat, ikan hias yang kuat hidup, ikan hias spesies perwakilan, ikan hias cantik tapi murah, ikan hiasan murah, ikan hias cantik, ikan hiasan mahal, ikan hias di akuarium, dimana ikan hias itu dipelihara

Oscar dikenal sebagai salah-satu ikan pintar, sehingga bisa diajari berbagai trick atau keterampilan. Mereka juga spesies yang bisa makan langsung dari tangan anda.

Ikan ini tumbuh besar dengan cepat. Sehingga tangkinya harus anda siapkan. Mereka berkembang pesat jika hidup berpasangan atau bersama lebih dari lima ikan lainnya. Namun kebersamaan itu harus dilakukan sejak dini.

Baca Juga:   Cara Kerja Pompa Udara Akuarium yang Harus Diketahui

Dibanding ikan lain, perawatan oscar harus diperhatikan, sebab mereka bersifat karnivora. Kotoran yang dihasilkan juga begitu banyak. Oleh karena itu, mereka bukanlah ikan komunitas.

4. Ikan Molly

ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak, ikan hias yg cepat berkembang biak, jenis ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias yang mudah berkembang biak, ikan air tawar yang cepat berkembang biak

Ikan kecil ini berukuran antara 3-4 inci. Mereka adalah ikan yang damai, yang bisa beradaptasi di berbagai kondisi. Air idealnya memiliki pH antara 7,0-7,8. Ikan ini omnivora, sehingga bersedia melahap makanan hewan dan tanaman.

Sebenarnya ikan ini mudah dirawat, tapi mereka juga mudah beranak. Menariknya, mereka tidak bertelur, tapi melahirkan. Jika anda pemula, sebaiknya anda memelihara satu jenis kelamin saja.

5. Ikan Zebra Danio

ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak, ikan hias paling cepat berkembang biak, ikan hias yang mudah berkembang biak, ikan hias yg cepat berkembang biak, ikan hias yang gampang berkembang biak

Zebra danios tumbuh antara 5-7 cm. Ikan ini juga bisa menjadi pilihan bagi para pemula. Anda bisa memeliharanya dalam kelompok, setidaknya lima ekor ikan. Mereka bisa stres jika tidak banyak teman, sebab mereka tipikal ikan berkelompok.

Ikan ini dikenal suka melompat. Anda pun harus memastikan agar tangkinya tertutup. Soal makanan, mereka bukanlah tipe pemilih. Mereka melahap krustasea, serangga, cacing, dll. Anda juga bisa menambahkan suplemen makanan.

6. Ikan Platy

ikan hias yang melahirkan, ikan melahirkan, ikan melahirkan atau bertelur, jenis ikan yang melahirkan anak, ikan yang bisa melahirkan, ikan apa yang bisa melahirkan, contoh ikan yang melahirkan, jenis ikan hias yang melahirkan

Ikan ini populer karena berwarna indah dan mudah dirawat. Mereka juga bertemperamen tenang dan suka berkelompok. Platy bisa bergaul baik denhan molly dan guppy. Selain itu, mereka juga begitu aktif. Meski dikenal omnivora, mereka cenderung suka tanaman.

7. Ikan Cherry Barb

jenis ikan hias air tawar untuk aquarium kecil, ikan hias air tawar yang cocok di aquarium kecil, ikan hias yang cocok untuk aquarium kecil, cara merawat ikan hias kecil aquarium, ikan hias yg cocok untuk aquarium kecil, ikan hias yang cocok di aquarium kecil, ikan hias aquarium sedang, ikan hias buat di aquarium, foto ikan hias aquarium, ikan kecil hias aquarium, gambar ikan hias aquarium, ikan hias aquarium tawar, ikan hias kecil tawar, jenis ikan hias aquarium kecil, ikan hias kecil untuk aquarium kecil

Ikan berukuran sekitar 2 inci ini bertempramen damai. Perawatannya cenderung mudah. Apalagi mereka juga senang hidup berkelompok. Sebagai omnivora, mereka menyukai bebagai jenis makanan. Entah itu makanan hidup, beku, atau serpihan.

8. Ikan Pearl Gourami (Sepat Mutiara)

ikan hias air tawar, ikan hias aquarium, ikan hiasan aquarium, ikan hiasan kecil, ikan hias kecil, ikan hias terdekat, ikan hias yang kuat hidup, ikan hias spesies perwakilan, ikan hias cantik tapi murah, ikan hias kecil air tawar, ikan hiasan murah, ikan hias tanpa oksigen, ikan hias cantik, ikan hias di akuarium

Badannya besar, namun kepribadiannya tenang. Bahkan gurami ini cukup mudah dirawat. Anda cukup menyediakan tangki ukuran sekitar 100 dengan pencahayaan redup, substrat gelap, serta berbagai tempat persembunyian.

Anda bisa menempatkan gurami ini dengan ikan lain yang temperamen dan ukurannya sama. Namun hati-hati untuk tidak mencampurkannya dengan ikan agresif. Makanannya cukup mudah, sebab ikan ini bersifat omnivora.

Baca Juga:   8 Daftar Ikan Hias Kecil Cantik yang Mesti Kamu Ketahui

9. Ikan Ekor Pedang (Swordtail Fish)

ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak, ikan hias yg cepat berkembang biak, jenis ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias yang mudah berkembang biak, ikan air tawar yang cepat berkembang biak

Sekilas, ikan ini mirip guppy dan platy. Namun swordtail lebih berotot. Pada sirip ekornya juga terdapat bagian mirip pedang, sehingga namanya pun Swordtail. Ikan ini begitu tangguh, cocok bagi pemula yang baru memulai memelihara ikan hias. Apalagi mereka tipikal ikan lincah yang cinta damai. Tapi ketika berkembang biak, indukan ikan ini suka memangsa anaknya sendiri, sehingga anda harus menjauhkan mereka.

10. Ikan Diskus (Discus)

jenis warna ikan discus, cara agar warna ikan discus keluar, kenapa ikan discus berubah warna, cara menaikan warna ikan discus, agar warna ikan discus cerah, macam macam warna ikan discus, cara memunculkan warna ikan discus, mengeluarkan warna ikan discus, makanan untuk warna ikan discus, warna ikan discus pudar, warna ikan discus jadi gelap, warna telur ikan discus

Ikan yang anggun dan cantik ini bisa tumbuh besar, sehingga anda mesti menyiapkan tangki yang besar pula. Mereka bisa dikumpulkan dengan ikan lain, kecuali yang bertemperamen agresif. Di habitat alaminya, mereka adalah karnivora. Namun mereka sebenarnya bisa memakan aneka makanan. Meski demikian, discus mesti ditangani orang-orang yang sudah berpengalaman, bukan oleh para pemula.

11. Ikan Killifish

ikan hias buat aquarium kecil, ikan hias yang bagus untuk akuarium, jenis ikan hias untuk aquarium kecil, jenis ikan hias kecil untuk aquarium, jenis ikan hias kecil akuarium, ikan hias kecil air tawar murah, jenis ikan hias aquarium kecil, jenis ikan hias kecil air tawar

Ada lebih dari 700 spesies Killifish. Jadi mereka memiliki beragam warna terang. Mereka ikan yang kuat dan mampu beradaptasi di segala kondisi. Umumnya mereka merupakan ikan yang kalem dan bisa berbaur dengan kelompok kecil ikan lain. Sebaiknya satu akuarium diisi oleh seekor killifish jantan. Kalau berkerumun, para jantan akan saling agresif. Sebagai karnivor, mereka suka memakan cacing, larva, dan krustasea.

12. Betta (Ikan Laga atau Cupang)

cupang koi marble, cupang koi avatar, ikan cupang koi adalah, macam cupang koi, cupang koi yang bagus, cupang koi yellow base, perbedaan ikan cupang koi dan nemo, perbedaan ikan cupang koi dan fancy, cupang koi galaxy multicolor, cupang koi galaxy kontes, cupang plakat koi yellow, cupang koi yellow tiger

Cupang koi kuning (yellow base) Halfmoon plakat – via : @redeyebetta

Ikan tawar hias lain yang begitu populer yaitu betta alias cupang. Alasannya karena mereka mudah dirawat, pemakan segala, dan memiliki warna benderang. Sesama cupang jantan saling agresif. Sehingga anda wajib menempatkan seekor cupang jantan saja dalam satu akuarium, jika anda ingin keadaannya tenteram. Tetapi mereka bisa bergaul dengan ikan lain yang temperamennya kalem. Meski ukurannya mungil, sebaiknya anda menempatkan cupang di tangki yang besar.

13. Ikan Sapu-sapu (Plecostomus)

ikan hias kolam tanpa oksigen, ikan hias kolam tanpa filter, ikan hias kolam selain koi, ikan hias kolam dangkal, ikan hias kolam yang tidak mudah mati, ikan hias kolam yang kuat, ikan hias kolam tawar, ikan hias kolam air tawar, ikan hias kolam rumah, ikan hias cocok untuk kolam, ikan sapu-sapu di kolam

Ikan pleco alias sapu-sapu masih termasuk kategori lele. Mereka memiliki tubuh yang spesial dan mulut pengisap, khusus untuk menyedot alga di dalam tangki. Beberapa ikan ini juga doyan udang air asin yang beku.

Baca Juga:   5 Daftar Jenis Ikan Hias Air Tawar Langka

Tidak banyak pemelihara ikan yang bisa mengembangbiakkan plecs, sebab prosesnya sangat rumit. Namun hasilnya sepadan, sebab ikan ini bisa bertahan hingga lebih dari 20 tahunan.

Ikan ini suka melompat, jadi anda mesti menjaga agar tangkinya selalu tertutup. Anda bisa menempatkan plecs dengan ikan lain. Asalkan bukan dengan ikan yang pipih atau gemuk, misalnya goldfish, sebab bisa saja plecs menghisapnya.

14. Ikan Pelangi (Rainbowfish)

ikan hias warna pelangi, ikan hias warna warni, nama ikan hias air tawar, nama ikan hias di indonesia

Ikan ini berasal dari Asia Tenggara dan Australia termasuk Indonesia. Ukurannya sekitar 6 inci, dan bisa bergaul dengan ikan lainnya. Entah itu tetra, bard, danio, dll. Rainbowfish cukup populer sebagai ikan hias peliharaan. Mereka baru menampakkan warna indahnya ketika memasuki masa dewasa.

15. Ikan Cory (Corydoras Catfish)

budidaya ikan corydoras panda, ikan hias corydoras panda, harga ikan corydoras panda

Ikan corydoras panda

Ikan yang sering disebut Cory Cat ini merupakan pengumpan bawah. Mereka kalem dan mampu bersosialisasi. Anda pun bisa memeliharanya secara individu atau pun berkelompok. Mereka justru senang hidup bersama ikan lain, yang penting bukan ikan agresif.

16. Ikan Mas Koki (Goldfish)

cara memilih ikan mas koki, cara memilih ikan mas koki yang berkualitas, cara memilih ikan mas koki oranda, cara memilih indukan ikan mas koki, cara memilih bibit ikan mas koki, cara memilih ikan koki, memilih ikan mas koki yang bagus, cara memilih ikan koki yang berkualitas

Sebenarnya banyak varietas goldfish yang tersebar. Anda bahkan bisa mencampurnya. Dengan catatan, jenis goldfish tersebut tidak bersaing ketat untuk mendapatkan makanannya. Misalnya simpan bermata normal bersama-sama dan goldfish ekor tunggal bersama-sama. Akuariumnya minimal berukuran 20 gallons atau sekitar 75 liter. Anda juga mesti menyiapkan filter dan rutin mengubah airnya.

17. Ikan Angelfish

ikan hias angelfish air tawar, ikan angelfish, angelfish air tawar, ikan manfish air tawar, ikan hias air tawar manfish, sifat ikan angelfish, jenis ikan angelfish, jenis jenis ikan angelfish, macam macam ikan angelfish

Ukan ini adalah aggota dari keluarga Cichlid. Sama seperti oscar, discus, dan parrot fish. Semuanya menjadi ikan-ikan hias yang populer untuk dipelihara. Panjang angelfish bisa mencapai 6 inci dan tingginya sekitar 8 inci. Mereka juga tumbuh dalam variasi warna dan motif.

Sebagai omnivora, makanan mereka mesti seimbang antara tumbuhan dan daging. Semakin dewasa, jiwa agresif mereka semakin meningkat. Apalagi kalau mereka tinggal dalam akuarium yang cukup berkerumun atau sesak. Umumnya mereka bisa berkelakuan baik bersama ikan lain, asalkan bukan ikan spesies penggigit sirip dan ikan-ikan mungil.

Memelihara ikan hias memang menyenangkan. Tapi varietasnya sangat banyak. Bagi pemula, sebaiknya anda mempertimbangkan jenis ikannya dulu dan tidak perlu langsung memelihara banyak. Demikian, Ikan Hiasan Malaysia. #RD

error: