22 Ikan Kecil Warna Warni Penghuni Akuarium

Posted on

daftarhewan.com. Ikan kecil. Ketika akuarium Anda mulai terasa monoton dan membosankan, maka sudah waktunya untuk membuat perubahan. Tenang saja, tidak harus merombak dekorasi atau ganti penghuni. Menambahkan ikan-ikan kecil yang tidak memakan ruang, tetap bisa memberi efek yang signifikan.

Meski hanya berukuran kurang dari 7,5 cm, berbagai jenis ikan kecil hadir dengan warna kontras dan hidup dalam kelompok, sekitar 3-5 ekor. Mereka juga cenderung aktif bergerak, sehingga akan membuat akuarium Anda tampak lebih hidup.

Jenis Ikan Kecil

Namun, berhati-hatilah dalam memilih jenis ikan kecil yang akan Anda pelihara. Cermati parameter lingkungan yang mereka butuhkan, lalu pertimbangkan kecocokkannya dengan kondisi akuarium yang Anda miliki.

Di sisi lain, untuk meminimalisir risiko yang bisa muncul di kemudian hari, Anda juga perlu mengkarantina ikan-ikan baru selama 4-6 pekan, sebelum masuk ke akuarium. Proses tersebut, sangat penting untuk memastikan kesehatan ikan dan mencegah penyebaran penyakit.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini 22 jenis ikan kecil yang dapat jadi pilihan untuk menyemarakkan akuarium Anda:

1. Platy Mickey Mouse

ikan kecil, ikan kecil kecil, ikan kecil hias, ikan hias kecil tanpa oksigen, ikan kecil aquascape, gambar ikan kecil, ikan akuarium kecil, ikan kecil akuarium, ikan kecil aquarium
Platy Mickey Mouse

Nama populer: Platy golden moon, platy mickey mouse, moonfish

Nama ilmiah: Xiphophorus maculatus

Ukuran maksimum: 2,5-5 cm

Masa hidup: 5 tahun

Sebutan “mickey mouse” yang melekat pada nama ikan platy jenis ini, merujuk pada corak di pangkal ekor yang menyerupai bentuk tokoh kartun tersebut. Selain tampil cantik dengan corak yang unik, ikan platy mickey mouse juga bisa jadi pilihan terbaik bagi para pemula, karena cenderung mudah berkembang biak.

Selain platy mickey mouse, ada pula varietas platy lain yang dapat Anda pilih, seperti red wagtail, gold, sunset, dan sebagainya.

2. Ikan guppy

ikan hias kecil aquascape, jenis ikan hias di akuarium, ikan hias kecil air tawar aquarium, ikan hias air tawar aquarium kecil, jenis ikan hias yang kuat di aquarium, ikan hias buat aquarium kecil, ikan hias yang cocok untuk aquarium kecil
Ikan guppy

Nama populer: Guppy

Nama ilmiah: Poecilia reticulata

Ukuran maksimum: 5 cm

Masa hidup: 2-3 tahun

Sangat mudah berkembang biak, ikan guppy menjadi salah satu jenis ikan kecil yang paling populer bagi pehobi pemula, meskipun begitu, ada juga ikan guppy termahal. Karena itu, umumnya pemilik guppy sangat jeli dalam membedakan antara jantan dan betina, untuk mencegah ledakan populasi dalam akuarium.

3. Ikan zebra

ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak, ikan hias paling cepat berkembang biak, ikan hias yang mudah berkembang biak, ikan hias yg cepat berkembang biak, ikan hias yang gampang berkembang biak
Ikan zebra

Nama populer: Danio bergaris, zebra danio, ikan zebra

Nama ilmiah: Danio rerio

Ukuran maksimum: 5 cm

Masa hidup: 5 tahun

Ikan zebra sangat cocok untuk menyemarakkan akuarium Anda, karena kerap beraktivitas dalam kelompok atau bergerombol . Meski mendapat sebutan “zebra”, ikan bergaris ini tampil dalam berbagai warna dan ciri khas, yang dapat Anda temukan di pasaran.

Baca Juga:   7 Jenis Ikan Komet Beserta Gambar dan Harganya

4. Ikan Neon tetra

ikan hias kecil air tawar yang bisa dicampur, ikan hias kecil air tawar tanpa oksigen, ikan hias kecil air tawar murah, ikan hias kecil air tawar bergerombol, ikan hias kecil air tawar termahal, harga ikan hias kecil air tawar, ikan hias kecil air tawar aquarium, ikan hias air tawar untuk aquarium kecil, ikan hias air tawar yang cocok di aquarium kecil, budidaya ikan hias kecil air tawar, neon tetra
Ikan Neon tetra

Nama populer: Neon tetra, ikan neon

Nama ilmiah: Paracheirodon innesi

Ukuran maksimum: 4 cm

Masa hidup: 5 tahun

Selain guppy, ikan neon tetra juga termasuk dalam jajaran ikan air tawar kecil yang paling digandrungi. Mereka tampak sangat menarik dengan warna-warni metalik, dan gemar beraktivitas dalam kelompok. Dengan keunggulan tersebut, ikan neon tetra sangat cocok untuk menghidupkan suasana, sekaligus mempercantik akuarium Anda.

5. Ikan Zebra Hongkong

jenis jenis ikan hias ukuran kecil, macam2 ikan hias kecil, aneka ikan hias kecil, jenis ikan hias yang ada di indonesia, ikan hias kecil mudah perawatan, jenis ikan hias tawar kecil, jenis ikan hias ukuran kecil air tawar, ikan hias yang populer, ikan hias kecil yang bagus, jenis ikan hias yg kecil
Ikan Zebra Hongkong

Nama populer: Danio kanton, danio China, ikan awan putih gunung

Nama ilmiah: Tanichthys micagemmae

Ukuran maksimum: 4 cm

Masa hidup: 3-5 tahun

Lebih cocok dengan akuarium bertemperatur sedang, Zebra Hongkong dapat hidup harmonis bersama ikan zebra dan ikan mas kecil. Karena ukurannya yang mini dan tidak begitu mencolok, ikan zebra Hongkong kerap jadi penghuni aquascape yang menonjolkan keindahan lanskap, alih-alih pesona ikan.

6. Ikan Rasbora harlequin

ikan hias yang banyak dicari,nama jenis ikan hias kecil, jenis ikan hias kecil murah, jenis ikan hias kecil yang bisa dicampur, jenis ikan hias kecil yang cantik, jenis ikan hias kecil bergerombol, jenis ikan hias kecil aquascape, nama dan jenis ikan hias kecil, jenis ikan hias kecil akuarium, ikan hias kecil mudah perawatan, ikan hias kecil tawar, jenis ikan hias kecil untuk aquarium
Ikan Rasbora harlequin

Nama populer: Rasbora merah

Nama ilmiah: Trigonostigma heteromorpha

Ukuran maksimum: 4,5 cm

Masa hidup: 6 tahun

Rasbora harlequin tampil dengan warna merah delima yang menawan. Ikan hias kecil ini menjadi favorit di kalangan pehobi karena memiliki corak yang khas, warna yang kontras, dan cenderung mudah berkembang biak.

7. Ikan Serpae Tetra

Ikan Serpae Tetra, Characin darah, callistus, callistus tetra, jewel tetra, red minor tetra, serpae merah, serpa tetra
Ikan Serpae Tetra

Nama populer: Characin darah, callistus, callistus tetra, jewel tetra, red minor tetra, serpae merah, serpa tetra

Nama ilmiah: Hyphessobrycon eques

Ukuran maksimum: 4,5 cm

Masa hidup: 5 tahun

Meski berukuran kecil, serpae tetra cukup aktif dan kerap menunjukkan perilaku agresif, dengan menggigit ikan lain. Kendati demikian, mereka juga tampak memesona dengan warna merah menyala dan sirip hitam yang menjadi ciri khasnya.

8. Ikan Corydoras panda

budidaya ikan corydoras panda, ikan hias corydoras panda, harga ikan corydoras panda
Ikan corydoras panda

Nama populer: Lele panda, panda cory, panda corydoras

Nama ilmiah: Corydoras panda

Ukuran maksimum: 5 cm

Masa hidup: 10 tahun

Corydoras panda merupakan varietas ikan corydoras yang paling umum menjadi komoditas. Sebutan “panda” merujuk pada tubuh mereka yang berwarna putih transparan, dengan corak hitam pada mata dan pangkal ekor. Berbagai spesies corydoras memiliki temperamen yang cenderung damai, nokturnal, dan lebih sering beraktivitas di area dasar.

9. Ikan Neon api

Glowlight tetra, glolight, neon api, ikan glofish tetra, ikan kecil aquascape, ikan hias kecil aquascape, ikan kecil untuk aquascape, jenis ikan kecil aquascape, ikan kecil aquascape bergerombol, ikan ikan kecil aquascape, ikan kecil yang cocok untuk aquascape, ikan kecil buat aquascape, ikan aquascape ukuran kecil
Ikan Neon api

Nama populer: Glowlight tetra, glolight, neon api

Nama ilmiah: Hemigrammus erythrozonus

Ukuran maksimum: 4 cm

Masa hidup: 5 tahun

Meski memiliki nama yang mirip, neon api atau glolight berbeda dengan glofish. Neon api tampil dengan warna yang alami, sementara glofish telah melalui proses rekayasa genetika.

10. Ikan buntal kerdil

merawat ikan buntal air tawar, gigi ikan buntal air tawar, ikan buntal air tawar makan pelet, ikan buntal air tawar beracun, ikan buntal air tawar beracun atau tidak, ikan buntal air tawar apakah beracun, ikan buntal air tawar di aquarium, makanan untuk ikan buntal air tawar, cara menggembungkan ikan buntal air tawar, perawatan ikan buntal air tawar
Ikan buntal kecil atau kerdil

Nama populer: Ikan buntal kacang polong, ikan buntal kerdil, ikan buntal bumblebee, ikan buntal Malabar.

Nama ilmiah: Carinotetraodon travancoricus

Ukuran maksimum: 2,5-4 cm

Masa hidup: 4 tahun

Ukuran yang kecil tidak menghalangi jenis ikan buntal air tawar berukuran kerdil ini untuk bersikap agresif, bahkan terhadap jenisnya sendiri. Dari segi perawatan, ikan buntal kerdil bukan ikan yang tepat untuk pehobi pemula, karena membutuhkan pola makan khusus dan lingkungan dengan parameter yang spesifik.

Baca Juga:   Ikan Keling Tanduk Asli, si Dragon Wrasse

11. Ikan Sumatra

Tiger barb, ikan Sumatra, dan partbelt barb
Ikan Sumatra

Nama populer: Tiger barb, ikan Sumatra, dan partbelt barb

Nama ilmiah: Barbus tetrazona

Ukuran maksimum: 7,5 cm

Masa hidup: 6 tahun

Ikan hias yang berasal dari Indonesia, tepatnya di pulau Kalimantan dan Sumatra. Perawatan ikan Sumatra relatif mudah. Namun, mereka tidak begitu cocok dengan akuarium komunitas, karena cenderung agresif dan membutuhkan banyak ruang untuk berenang.

12. Ikan ekor pedang

ikan hias air tawar yang mudah berkembang biak, ikan hias yg cepat berkembang biak, jenis ikan hias yang cepat berkembang biak, ikan hias yang mudah berkembang biak, ikan air tawar yang cepat berkembang biak

Nama populer: Swordtail

Nama ilmiah: Xiphophorus helleri

Ukuran maksimum: 7,5-10 cm

Masa hidup: 3-5 tahun

Sesuai namanya, ikan ekor pedang memiliki sirip ekor yang memanjang dan meruncing, menyerupai pedang. Di pasaran, Anda dapat menemukan mereka dalam berbagai warna. Selain unik, ikan ekor pedang juga sangat mudah berkembang biak, sehingga cocok untuk pemula.

13. Ikan Ramirezi

ramirezi german, german ramirezi, jenis ramirezi, rami rezi, German blue ram, ram siklid

Nama populer: German blue ram, ram siklid

Nama ilmiah: Mikrogeophagus ramirezi

Ukuran maksimum: 5-7,5 cm

Masa hidup: 2-3 tahun

Ramirezi merupakan salah satu dari sebagian kecil spesies siklid yang berukuran kecil. Varietas ini tidak cocok untuk pehobi yang belum berpengalaman, karena membutuhkan parameter air dan kondisi lingkungan yang spesifik.

14. Ikan Tetra Buenos Aires

Tetra Buenos Aires, diamond spot characin, ikan palang merah, ikan kecil hias, gambar ikan kecil, ikan cupang kecil, ikan akuarium kecil, ikan kecil akuarium, ikan kecil aquarium, ikan kecil ikan kecil, ikan kecil air tawar
Ikan Tetra Buenos Aires – via : pinterest.com

Nama populer: Tetra Buenos Aires, diamond spot characin, ikan palang merah

Nama ilmiah: Hyphessobrycon anisitsi

Ukuran maksimum: 7 cm

Masa hidup: 5 tahun

Perawatan tetra Buenos Aires relatif mudah dan dapat dilakukan oleh para pemula. Namun, tetra Buenos Aires memiliki reputasi sebagai pemakan tumbuhan yang sangat aktif, sehingga lebih cocok tinggal di lanskap akuarium yang rimbun, untuk menyediakan banyak asupan nabati.

15. Gurami kerdil

ikan hias tanpa oksigen, ikan hias kecil tanpa oksigen, ikan hias tanpa oksigen di akuarium, ikan hias kolam tanpa oksigen, ikan hias yang tidak perlu oksigen, oksigen ikan hias, jenis ikan hias tanpa oksigen, ikan hias yang tidak pakai oksigen, ikan hias yang tahan tanpa oksigen

Nama populer: Gurami kerdil, gurami api, gurami merah, gurami matahari terbenam

Nama ilmiah: Trichogaster Ialius

Ukuran maksimum: 5 cm

Masa hidup: 4 tahun

Sangat sedikit varietas gurami yang berukuran kecil, dan gurami kerdil menjadi salah satu di antaranya. Namun, mereka hanya cocok untuk pehobi berpengalaman, karena membutuhkan persyaratan lingkungan yang khusus dan spesifik, agar dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

16. Ikan Barb emas

Barb China, barb setengah strip China, barb emas, barb hijau, barb Schubert, barb enam pita

Nama populer: Barb China, barb setengah strip China, barb emas, barb hijau, barb Schubert, barb enam pita

Nama ilmiah: Puntius semifasciolatus

Ukuran maksimum: 7,5 cm

Masa hidup: 5 tahun

Di alam liar, varietas barb ini umumnya tampil dengan warna hijau. Namun, warna mereka bisa menjadi emas melalui pengembangbiakan selektif di penangkaran. Ikan barb emas dapat menjadi bagian dari akuarium komunitas, dengan suhu yang sedikit lebih rendah dari standar tropis.

17. Ikan cupang

cupang blue rim harga, cupang blue rim yang bagus, cupang blue rim mutasi, cupang blue rim halfmoon, ikan cupang blue rim adalah, anakan ikan cupang blue rim, cara mendapatkan cupang blue rim, cara menghasilkan cupang blue rim, cara cetak cupang blue rim, ciri ikan cupang blue rim, cara perawatan cupang blue rim, ikan cupang blue rim, foto ikan cupang blue rim, gambar ikan cupang blue rim

Nama populer: Betta, ikan petarung siam

Nama ilmiah: Betta splendens

Ukuran maksimum: 7 cm

Masa hidup: 2-3 tahun

Populer sebagai komoditas di Indonesia dan mancanegara, ikan cupang dapat Anda temukan dalam berbagai warna dan bentuk yang memesona. Namun, dengan sifatnya yang agresif, ikan cupang jantan tidak cocok menjadi bagian dari akuarium komunitas, dan lebih umum dipelihara secara individu dalam akuarium kecil.

18. Ikan kapak air tawar

Ikan kapak marmer, Ikan kapak pualam, ikan kapak air tawar
Ikan kapak air tawar

Nama populer: Ikan kapak marmer, Ikan kapak pualam

Nama ilmiah: Carnegiella strigata

Ukuran maksimum: 2,5-4 cm

Baca Juga:   Rainbow boesemani, Ikan Hias Warna Pelangi yang Cantik

Masa hidup: 5 tahun

Bagi Anda yang menyukai tantangan, pilih ikan kapak air tawar yang langka dengan bentuk tubuh unik dan sirip yang mengepak laiknya sayap. Ikan ini juga membutuhkan persyaratan lingkungan yang khusus dan spesifik, sehingga dapat menguji kelihaian dan keahlian Anda.

19. Ikan Tetra Congo

Congo tetra, ikan kecil air tawar bagus

Nama populer: Congo Tetra

Nama ilmiah: Phenacogrammus interruptus

Ukuran maksimum: 7,5-9 cm

Masa hidup: 3-5 tahun

Dalam kategori ikan kecil, tetra Kongo berukuran relatif besar. Dengan begitu, mereka dapat memberi spektrum warna yang cukup signifikan pada akuarium Anda. Tetra Kongo juga cenderung damai dan cocok menjadi bagian dalam akuarium komunitas.

20. Ikan Tetra beacon

Ikan beacon, beacon tetra, head dan tail light tetra, Hemigrammus ocellifer

Nama populer: Ikan beacon, beacon tetra, head dan tail light tetra

Nama ilmiah: Hemigrammus ocellifer

Ukuran maksimum: 5 cm

Masa hidup: 5 tahun

Anggota keluarga ikan tetra yang satu ini memiliki bintik-bintik tembaga yang khas dan menyerupai lampu kendaraan. Tetra beacon akan tampil menakjubkan pada pencahayaan yang rendah dengan banyak vegetasi.

21. Ikan Tetra black phantom

Black phantom petra, phantom tetra, ikan black phantom

Nama populer: Black phantom petra, phantom tetra

Nama ilmiah: Megalamphodus megalopterus

Ukuran maksimum: 4,5 cm

Masa hidup: 5 tahun

Memiliki pesona yang berbeda dengan banyak ikan kecil lainnya, tetra black phantom tampil memukau dengan warna gelap dan sirip punggung yang memanjang. Kerap berkumpul dalam kelompok, kehadiran tetra black phantom yang kontras dengan lingkungan juga akan memberi sprektrum warna yang unik dalam akuarium Anda.

22. Ikan Barb black ruby

Ikan Barb black ruby, Purplehead barb, ruby barb, black barb

Nama populer: Purplehead barb, ruby barb, black barb

Nama ilmiah: Pethia nigrofasciata

Ukuran maksimum: 5 cm

Masa hidup: 5 tahun

Dengan bentuk menyerupai ikan Sumatra, barb black ruby memiliki warna unik dengan gradasi merah delima hingga silver dan hitam. Namun, barb black ruby muda memiliki warna kuning pucat, yang akan menggelap seiring pertambahan usia mereka.

***

Namun, terlepas dari berbagai jenis ikan kecil yang paling menarik bagi Anda, ada pula beberapa hal penting yang perlu Anda pahami sebelum memelihara mereka, yaitu:

  • Meski bertubuh mini, bukan berarti ikan-ikan kecil bisa hidup di akuarium yang kecil pula. Beberapa spesies justru membutuhkan ruang yang luas karena bersifat teritorial, atau butuh dimensi akuarium yang cukup untuk berenang dalam kelompok. Umumnya, untuk setiap 2,5 cm ikan, akan membutuhkan kapasitas air hingga 4,5-9 liter.
  • Kumpulkan informasi yang cukup sebelum Anda memilih ikan, terutama terkait parameter air dan lingkungan yang mereka butuhkan. Pastikan kondisi akuarium Anda dapat mendukung kehidupan ikan dengan optimal.
  • Setelah melakukan karantina dan memasukkan ikan baru ke akuarium, lakukan pemeriksaan secara berkala untuk memastikan bahwa parameter air tetap terjaga dan sesuai dengan kebutuhan.
  • Berikan pakan yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan nutrisi masing-masing spesies, untuk memastikan mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jika poin-poin di atas dapat Anda pahami dan lakukan dengan penuh komitmen, maka kini Anda untuk siap memilih ikan. Dari 22 jenis ikan kecil di atas, manakah yang paling cocok dan menarik perhatian Anda?