Ikan Koi Kohaku yang Bagus dan Terbaik

daftarhewan.com. Orang Jepang mempunyai peribahasa “Memelihara ikan koi berawal dari Koi Kohaku dan diakhiri dengan Koi Kohaku”. Bagi penggemar koi di Jepang, Kohaku memang dianggap sebagai rajanya ikan koi.

Kenapa ada ungkapan seperti itu? Rupanya, orang Jepang selalu terpesona dengan Ikan Koi Kohaku begitu mereka memelihara ikan koi. Sesudah itu, sedikit demi sedikit mereka akan mengagumi Showa atau Ogon. Akan tetapi, akhirnya mereka kembali terpaku lagi oleh kecantikan Kohaku, ikan koi yang berwarna merah putih yang warna merahnya sama persis dengan warna bulatan merah bendera Jepang.

ikan koi kohaku terbaik, ikan koi kohaku yang bagus, koi kohaku japan, ciri ciri ikan koi kohaku, ikan koi jenis kohaku, cara budidaya ikan koi kohaku, ikan koi karasugoi

Ikan Koi Kohaku yang bagus

Ikan Koi Kohaku yang bagus dan Terbaik

a. Sejarah Ikan Koi Kohaku

Menurut Asosiasi Koi di Jepang, Sejarah Ikan Koi Kohaku adalah sebagai berikut; Di era Bunka serta Bunsei, 1804-1829, ikan mas (Ciprinus carpio) hasil mutasi yang bercorak putih dengan corak merah pada pipinya, pertama kali ditemukan, di antara anak-anak ikan mas liar berwarna gelap atau hitam. Dari mutasi inilah awal lahirnya ikan koi Kohaku yang terdapat saat ini.

Ikan yang bercorak putih dengan pipi merah ini melahirkan koi yang bercorak putih bersih. Berikutnya, koi putih ini disilangkan dengan Higoi yang bercorak merah (hi: merah, goi dari Nishikigoi ikan mas yang berwarna warni) serta menciptakan generasi koi putih dengan corak merah pada abdomennya. Pada era Tokugawa, kedua tipe koi ini, koi putih dengan warna merah pada tutup insangnya serta koi putih dengan warna merah pada abdomennya, banyak dikembangbiakkan.

Baca Juga:   Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Ikan Koi

Di era Tenpo, 2930 – 1843, dihasilkan Kohaku dengan warna merah pada sebagian kepalanya, yang dijuluki Zukinka buri, Kohaku berkepala merah (Menka buri), Kohaku berbibir merah (Kuchibeni) dan Sarasa Kohaku yang berbintik merah pada punggungnya. Sampai akhir era Edo, Kohaku jenis-jenis itulah yang banyak dikembangkan.

Di musim gugur 1888, Gosuke atua Kunizo Hiroi dan Utogi, membeli koi betina berkepala merah di pelelangan koi di Nigoro. Menginjak musim panas, koi itu disilangkan dengan koi Sakurakana miliknya, yang pola warnanya mirip dengan bunga sakura, sehingga menurunkan Gosuke Kohaku.

Selanjutnya Gosuke Kohaku menurunkan Tomoin Kohaku, yang merupakan hasil pemijahan Tomoemon Hoshino dari Takezawa, pada 1949 – 1952. Tomoin Kohaku menurunkan Buketa Kohaku, pada 1954. Tomoin Kohaku melahirkan Yagozen Kohaku yang dipijahkan oleh Su Kenojo Hiroi dari Oguriyama di tahun 1950 – 1960. Dari ketiga jenis Kohaku inilah yang kemudian dihasilkan berjuta-juta Ikan Kohaku yang bagus lainnya.

b. Ikan Koi Kohaku yang Bagus

Kohaku baru bisa disebut bagus jika memenuhi 5 syarat. Pertama, warna merah-nya cerah. Kedua, sudut-sudut batas pola warnanya jelas. Ketiga, bagian tubuh disekitar mata dan sirip tidak dironai warna merah. Keempat, di bawah garis lateralnya tidak ada warna merah. Kelima, warna merah pada kepala tidak menyebar melampaui mata, mulut, atau pipi, tetapi cukup mendekati hidung atau minimal mencapai mata dan warna merah pada bagian ekor tidak mencapai sirip belakang, minimal ada jarak 2 cm dari sirip belakang.

Baca Juga:   Waspadai, 8 Penyakit Ikan Koi yang Paling Sering Terjadi

Syarat 1 ke 2 ke 3 dan ke 5 merupakan faktor penting yang menentukan Kohaku yang baik. Syarat yang ke 4 sekarang sudah tidak begitu diperhatikan. Kohaku dengan pola warna yang menyebar luas sampai di garis bawah lateralnya banyak dipilih dan dalam lomba ternyata Kohaku demikian tidak selalu didiskualifikasi.

Selain itu, masih harus diperhatikan pula bentuk tubuh dan mutu warnanya. Bentuk tubuh merupakan syarat umum untuk semua ikan koi. Warna putih Kohaku harus benar-benar putih seperti salju. Warna putih yang kekuningan atau kecokelatan tidaklah bagus dan kurang bernilai. Warna merah pada Kohaku secara umum digolongkan atas 2 jenis, merah keunguan dan merah kecokelatan.

Warna merah yang keunguan lebih gelap dan tidak mudah pudar. Hanya sayangnya, warna ini tidak bisa dimurnikan lagi, sehingga berkesan kurang elegan. Sementara itu, untuk bisa mendapatkan warna merah kecokelatan pada Kohaku agak sulit, karena warna ini memang mudah berubah. Sekalipun begitu, warna merah kecokelatan ini justru bisa dimurnikan menjadi merah cerah. Oleh karena itu, sebaiknya dipilih Kohaku yang warna merahnya kecokelatan.

ikan koi kohaku yang bagus, ikan koi kohaku harga, ikan koi kohaku terbaik, jenis ikan koi kohaku, gambar ikan koi kohaku, koi kohaku japan, ikan koi jenis kohaku, harga ikan koi jenis kohaku, macam macam ikan koi kohaku, ciri ciri ikan koi kohaku

Contoh Ikan Koi Kohaku Terbaik

c. Ikan Koi Kohaku Terbaik

Kohaku yang baik harus memiliki noda warna merah pada bagian kepala. Kohaku demikian disebut Bozu, yang artinya pendeta. Walaupun pola warna pada tubuh Kohaku sangat sempurna, tetapi jika di kepalanya tidak ada warna merah, menjadikannya tidak bernilai. Dalam seleksi, anak Kohaku yang bagian kepalanya tidak ada corak merah harus di sisihkan pertama kali. Sekalipun demikian, mulutnya harus bersih dari warna merah.

Baca Juga:   Waspadai, 8 Penyakit Ikan Koi yang Paling Sering Terjadi

Sebaiknya memilih Kohaku yang pola warna merahnya besar-besar yang disebut Omoyo. Terutama kalau koi itu sudah berumur setahun atau dua tahun, pola warnanya harus besar-besar. Kalau kecil-kecil, koi akan menjadi kurang menarik setelah ia besar nanti.

Pola warna itu bisa berupa pola yang bersambungan dari kepala sampai ekor, bisa pula terputus-putus. Menurut orang Jepang, pola yang terputus-putus lebih indah, karena mirip dengan pola batu pijakkan kaki di taman-taman bergaya Jepang yang biasanya juga dihiasi kolam ikan koi.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan, keseimbangan pola warna pada kedua sisinya. Yang baik adalah pola warna pada bagian badan yang besar, karena lebih menarik. Dapat ditarik kesimpulan, Kohaku yang pola warnanya besar-besar dan yang corak warna terbesarnya mirip pola batu pijakan, itulah ikan koi kohaku terbaik.

error: