Ikan Koi Kumpay Cantik itu Bernama Hirenaga-Goi

daftarhewan.com. Ikan koi kumpay, koi kumpai atau koi kumpay slayer yang dalam bahasa Inggris disebut butterfly koi ternyata beda lagi sebutan di negeri sakura Jepang, namanya adalah Hirenaga goi.

ikan koi kumpay slayer, ikan koi dan kumpai cantik, jenis ikan koi kumpai, jual ikan koi kumpai, gambar ikan koi kumpai, perbedaan ikan koi dan kumpai, tentang ikan koi kumpai, ikan koi kuningan, 9 ikan koi

Gelar lady of the koi memang pantas diterima hirenaga-goi. Betapa tidak. Pola warnanya yang indah menawan dan gemulai sirip-sirip panjangnya benar-benar memancarkan keanggunan bak putri kerajaan.

Hirenaga-goi sebenarnyajuga keturunan nishikigoi (koi). Karena itu corak warna tubuhnya masih mencerminkan ciri koi yang berwarna-warni. Sedangkan sirip panjangnya sendiri diturunkan oleh sejenis karper bersirip panjang yang dijadikan induk silangan.

Walaupun gerakannya tidak selincah koi lantaran sirip-siripnya yang terlampau panjang bahkan melebihi panjang tubuhnya, namun daya tarik koi jenis ini justru terletak pada sirip-sirip tersebut. Bahkan kekhasan sirip koi ini bakal memberikan warna baru dalam ‘blantika’ koi jepang, karena mampu memamerkan dua keindahan sekaligus, keserasian corak warna tubuh dan keanggunan gerak-gerak siripnya.

1. Sejarah Koi Kumpay

Tampaknya Indonesia juga punya andil besar dalam menghadirkan hirenaga-goi di koi itu. Sebab karper bersirip panjang yang menjadi induk silangan tersebut tak lain adalah ikan mas kumpay atau kumpai, salah satu ras ikan mas dari Indonesia. Kaisar Akihito tertarik dengan karper bersirip panjang yang dimiliki Indonesia. Karena itu, kaisar meminta untuk diciptakan koi jenis baru dengan mengawinkan koi Jepang dengan karper Indonesia itu.

Untuk menindaklanjuti usul kaisar tersebut, anak buahnya mengunjungi Pusat Penelitian dan Pengembangan Perikanan di Indonesia untuk melakukan survei. Sekembalinya ke jepang, mereka membawa beberapa ekor bibit kumpai berukuran 4 cm dan dipelihara di tempat kerjanya hingga dewasa. Penyilangan pertama kali dilakukan tahun 1982.

2. Jenis Jenis Koi Kumpay

Untuk mendapatkan jenis hirenaga-goi terbaik, mereka sengaja melakukan percobaan penyilangan terhadap bermacam-macam koi. Varietas koi yang dipilih tak lain adalah koi-koi terbaik Jepang. Tercatat ada platinum, kohaku, taisho sanshoku, asagi, shusui, dan yamabuki ogon yang telah berhasil disilangkan dengan kumpai. Setiap varietas memang memiliki corak warna berbeda, tetapi penampilan mereka tetap menarik dengan sirip-sirip panjang. Apalagi dengan penyilangan berulang kali, rata-rata penampilan hirenaga-goi bertambah cantik.

Baca Juga:   Cara Memijahkan Ikan Koi

Menurut mereka, penyilangan dilakukan pertama kali terhadap varietas platinum pada tahun 1982, kemudian diikuti kohaku pada tahun 1983. Selanjutnya pada 1988, giliran shusui dan asagi yang disilangkan dengan kumpai, disusul taisho sanshoku pada tahun berikutnya.

Dari hasil penyilangan selama lima belas tahun, ada enam varietas hirenaga-goi yang dikoleksi Stasiun Penelitian Perikanan Saitama. Keenam varietas itu adalah hirenaga-goi kohaku, hirenaga-goi taisho sanshoku, hirenaga-goi asagi, hirenaga-goi shusui, hirenaga-goi platinum, dan hirenaga-goi yamabuki ogon.

3. Souvenir Keluarga Kaisar

Memang untuk menghasilkan hirenaga-goi yang permanen pola warna dan panjang siripnya masih perlu disilang-silangkan lagi, termasuk silang balik. Namun demikian, koi baru yang telah tercipta saat ini cukup membuat mereka berbangga hati. Pasalnya, Putra Mahkota Akishino pun telah terpikat oleh gerak tubuh hirenaga-goi yang anggun, sehingga meminta beberapa ekor untuk dipelihara di lingkungan istana.

Baca Juga:   Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Ikan Koi

Kaisar jepang juga tampaknya memilih koi baru ini sebagai salah satu suvenir kebanggaan keluarga kaisar. Hirenaga-goi dari varietas platinum, kohaku, dan shusui menjadi salah satu cendramata yang dibawa kaisar ketika berkunjung ke Indonesia. Hirenaga-goi pun ternyata telah memikat hati Ratu Sirikit dari Thailand ketika melakukan kunjungan ke Negeri Matahari terbit itu. Penguasa kerajaan Thailand ini kemudian meminta sepasang induk hirenaga-goi untuk dibawa pulang ke negaranya sebagai suvenir.

4. Ikan Koi yang Cocok di Akuarium

ikan koi kumpay di aquarium, ikan koi kumpay slayer, ikan koi kumpay platinum, ikan koi kumpay kuning, jenis ikan koi kumpay, jenis ikan koi kumpay slayer, ikan mas koi kumpay, jenis koi kumpay, cara merawat ikan koi kumpay, makanan ikan koi kumpay, gambar ikan koi kumpay, ikan hias koi kumpay, sejarah ikan koi kumpay, ikan koi slayer kumpay

Ikan koi kumpay platinum di Akuarium

Memang ada sedikit perbedaan antara koi dan hirenaga-goi dalam metode pemeliharaanya. Kalau nishikigoi lebih cocok dipelihara di kolam-kolam dangkal di pekarangan, hirenaga-goi justru lebih cocok dihadirkan dalam wadah akuarium di ruang tamu atau lobi-lobi hotel dan perkantoran. Sebab, gemulai sirip-siripnya akan lebih menarik jika dipandang dari samping, daripada dinikmati dari atas.

error: