Mengenal Ikan Koi Showa Sanshoku

daftarhewan.com. Dari 3 jenis ikan koi yang populer: Kohaku, Taisho, dan Showa Sanshoku. Showa Sanshoku-lah yang paling akhir dikembangkan. Sanshoku atau koi 3 warna (merah-putih-hitam) ini dikembangkan semasa pemerintahan Kaisar Showa, kaisar Jepang ke-124.

koi showa juara, koi showa yang bagus, koi showa f1, koi showa adalah, koi showa import, koi showa champion, what is a showa koi, showa koi grand champion, ciri koi showa yang bagus

Jukichi Hoshino dari Yamakoshi adalah orang pertama yang memijahkan Showa Sanshoku pada tahun 1927. Ia menyilangkan Ki-Utsuri (koi hitam-kuning) dengan Kohaku. Sayangnya, Showa yang pertama ini warna merahnya agak kuning kecoklatan.

Tomiji Kobayashi, dari kota Tachio, Niigata, berusaha memperbaiki warna merah Showa itu. Ia lalu menyilangkannya dengan Yagozen Kohaku. Hasilnya adalah cikal bakal Showa Sanshoku yang ada sekarang. Keturunannya terkenal dengan nama Kobayashi Showa.

Ciri-ciri Ikan Koi Showa Sanshoku

Showa sanshoku adalah koi hitam dengan pola warna merah-putih, berbeda dengan taisho sanshoku yang koi putih dengan pola merah-hitam. Persentase warna putihnya harus antara 20-30% badan. Warna putihnya, seperti juga pada ikan koi kohaku maupun taisho, harus murni putih bersih seperti salju. Warna putih sepanjang punggung mempertinggi keindahannya. Warna hitam yang dikelilingi warna putih di punggungnya membuatnya nampak elegan. Pipi yang putih menjadikannya charming.

Warna merah yang dikehendaki sama kriterianya dengan kohaku. Pola warna merah yang besar di kepalanya perlu ada. Warna merah ini boleh menyebar melewati hidung, pipi, maupun mulutnya. Warna merahnya harus dalam dan seragam, sudut batasnya pun harus jelas. Semua siripnya harus tanpa warna merah.

Baca Juga:   Tips Membuat Kolam Ikan Koi yang Bagus, Baik dan Benar

Ada 2 pola warna hitam di kepalanya. Pertama, pola halilintar, garis warna itu seperti membelah kepalanya yang merah menjadi dua. Kedua, pola huruf V atau huruf Y yang diimbangi warna hitam pada hidungnya. Yang pasti, showa sanshoku harus memiliki pola warna hitam di kepalanya yang merah itu. Jika bentuk asimetris, pola warna hitam pada badannya lebih disukai yang besar. Pola showa sanshoku yang umum adalah pola halilintar dan pola gunung yang turun sampai ke abdomennya.

Yang menjadi ciri khas showa sanshoku adalah adanya warna hitam pada sambungan sirip dadanya, yang biasa disebut motoguru.

Membedakan Taisho dan Showa

Selintas taisho sanshoku dan showa sanshoku tampak sama. Warna keduanya sama-sama merah-hitam-putih. Akan tetapi pada dasarnya keduanya berbeda. Taisho sanshoku warna dasarnya putih dengan pola warna merah-hitam, sedangkan showa sanshoku hitam dengan pola merah-putih. Bagaimana membedakannya?

Baca Juga:   Ikan Koi Kumpay Cantik itu Bernama Hirenaga-Goi

Ada 3 hal yang bisa dijadikan patokan untuk membedakan keduanya. Pertama, pada kepala taisho sanshoku tidak boleh ada warna hitamnya, sedangkan showa sanshoku hanya boleh ada pada punggungnya. Kedua, warna hitam pada showa sanshoku tersebar sampai ke abdomennya. Yang ketiga, sirip pectoral taisho sashoku hanya putih atau ada setrip hitamnya, sedangkan showa sanshoku warna hitamnya ada pada sambungannya.

Ini cara sederhana membedakkan taisho sanshoku dan showa sanshoku. Seorang yang ahli dapat membedakannya dengan melihat kualitas warna hitamnya karena memang keduanya berbeda.

Banyak sekali showa sanshoku yang mengensankan keindahannya. Yang betul-betul baik sangat sedikit dibandingkan dengan kelompok kohaku ataupun taisho sanshoku.

error: