Ikan Koki: Sejarah, Habitat dan Fakta Menarik Lainnya

daftarhewan.com. Orang-orang yang saat ini memelihara ikan koki di rumahnya mungkin layak berterima kasih pada orang Tiongkok (China) zaman dahulu, khususnya pada mereka yang membudidayakan ikan mas koki.

sejarah ikan koki, deskripsi ikan koki, asal usul ikan koki, macam ikan koki, jenis ikan koki

Ikan Mas Koki

Ikan mas koki telah dipelihara hampir 2.000 tahun yang lalu untuk digunakan sebagai ikan hias di kolam dan tangki akuarium. Mereka dipandang sebagai simbol hoki atau keberuntungan, dan pada zamannya hanya bisa dimiliki oleh anggota Dinasti Song.

Sekarang ada di mana-mana dalam akuarium di seluruh rumah orang yang memeliharanya, bahkan bisa ada di ruang kelas, kantor dan tempat lainnya. Mereka bahkan memiliki banyak nama, warna serta varietas yang unik.

Jangan bingung antara ikan koki dengan ikan koi yang merupakan sepupunya yang berukuran besar, jenis ikan mas jinak lainnya. Ada kesalahpahaman umum bahwa ikan koi adalah ikan mas besar, tetapi mereka adalah spesies yang berbeda.

Ketika kebanyakan tidak menyadari bahwa hewan peliharaan umum ini memiliki sejarah yang mengagumkan. Ikan mas seperti yang kita kenal sekarang adalah keturunan dari Ikan Karper Prusia, ikan asli yang berasal dari Asia timur dan tenggara, dan tidak terlihat seperti nenek moyang mereka yang berwarna kusam, ikan mas koki yang ada saat ini sangat cantik dan beraneka ragam.

Hadir dalam berbagai warna yang menakjubkan. Mereka juga tersedia dalam berbagai bentuk, ukuran dan tipe sirip. Ikan ini cukup kuat kuat dan bisa menjadi hewan peliharaan pertama yang bagi mereka yang baru memeliharanya di akuarium atau pemula.

Ikan mas koki fancy, seperti, ikan koki panda, black moor dan oranda, ikan koki mutiara, berwarna-warni, unik, dan lebih cocok untuk dipelihara sebagai hobi.

Baca Juga:   7 Cara Memilih Ikan Mas Koki yang Bagus Berkualitas

√ Sejarah Ikan Mas Koki

Selama Dinasti Song (960 M – 1279 M) di zaman Tiongkok kuno orang mulai membudidayakan ikan mas berwarna perak. Begitu masa pemijahan tiba, mutasi warna muncul, menghasilkan anakan ikan koki yang mempunyai sisik kuning-oranye. Kuning ditetapkan sebagai warna kekaisaran dan dilarang disimpan oleh siapa pun selain anggota keluarga kerajaan. Orang biasa harus tetap menggunakan atau memelihara versi oranye saja, dan akhirnya disebutlah ikan mas hias.

Di Tiongkok kuno, membudidayakan spesies ini di kolam luar ruangan dan taman air adalah hal yang umum, yang masih dilakukan orang hingga hari ini. Pada acara-acara khusus, ikan mas koki dari spesimen yang luar biasa indah dipajang di dalam ruangan dalam wadah kecil.

Selama Dinasti Ming sekitar 1276 M, ikan mas secara resmi dibesarkan dan dibawa ke dalam ruangan, menghasilkan ikan berwarna merah, emas, totol-totol, dan warna lainnya. Selain itu, ikan mas berekor mewah (fancy) mulai bermunculan.

√ Distribusi Ikan Koki Peliharaan

Saat ini, ikan koki tersedia dalam berbagai jenis, bentuk, ukuran, gaya sirip, konfigurasi pengaturan mata, dan warna. Kebanyakan ikan mas koki yang Anda lihat di toko hewan peliharaan baik online maupun online, berasal dari peternak komersial yang biasanya berlokasi di Thailand, Jepang, China atau Indonesia. Sementara ikan mas komersial berwarna merah, kuning, berwarna emas dan banyak warna lainnya, ikan mas liar hampir secara eksklusif berwarna hijau zaitun atau abu-abu tua. Ikan mas komersial hanya cocok untuk kehidupan di dalam ruangan, tetapi ada spesies ikan mas kolam yang tumbuh subur di taman air luar dan kolam dan dapat tumbuh jauh lebih besar.

Ikan mas koki adalah ikan peliharaan paling populer dan dapat ditemukan di toko hewan peliharaan khususnya toko ikan hias. Rata-rata, bergantung pada warna dan jenisnya, Anda akan membayar mulai dari belasan rupiah hingga ratusan ribu rupiah untuk seekor ikan mas peliharaan. Jenis ikan mas termahal adalah ikan mas koki Ranchu, yang harganya sekitar Rp. 1.000.000 tergantung pada ukuran dan warnanya.

Baca Juga:   Cara Merawat Anakan Ikan Mas Koki

√ Apa Ikan Koki Bisa Besar?

Ikan mas biasa, sebenarnya adalah salah satu spesies ikan mas terbesar, yang mampu mencapai panjang lebih dari 45 cm dan berat hingga 4 kg. Bahkan spesies ikan mas terkecil mencapai panjang dewasa antara 10 cm sampai 17 cm dan paling cocok untuk akuarium berukuran 75 liter atau lebih besar, dan bukan mangkuk ikan. Baca Juga : Apa Ikan Koki Bisa Besar?

Ukuran akuarium ikan mas Anda akan memengaruhi pertumbuhannya sampai batas tertentu, tetapi ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan, seperti pola makan ikan dan kebersihan lingkungannya. Bergantung juga pada spesies dan faktor genetiknya.

√ Umur Ikan Mas Koki, Berapa Lama Ikan Koki Hidup?

Di alam liar, ikan mas adalah omnivora, pemakan tumbuhan air, katak, kadal air, telur ikan, dan larva serangga. Ikan mas peliharaan cocok dengan makanan ikan pelet yang dilengkapi dengan sayuran, tetapi beberapa varietas yang lebih mewah mungkin memerlukan makanan hidup dalam jumlah yang cukup dalam makanan mereka atau mereka berisiko mengalami masalah usus.

Terlepas dari mitos populer bahwa ikan mas koki mati dalam usia yang cukup muda, ikan mas adalah salah satu ikan yang hidup paling lama di luar sana, dengan ikan mas tertua yang tercatat mencapai usia 49 tahun. Alasan utama mengapa begitu banyak ikan mas mati muda adalah karena mereka tidak dipelihara dalam kondisi yang tepat.

Rata-rata, yang dipelihara dalam mangkuk atau akuarium kecil memiliki umur terpendek sekitar lima tahun. Ikan mas yang hidup di dalam akuarium dapat hidup hingga sepuluh tahun, sedangkan yang dipelihara di luar ruangan di taman air atau kolam dapat hidup setidaknya 20 tahun, terkadang hingga 30 atau 40 tahun.

√ Habitat Asli Ikan Mas Koki

Di alam liar, ikan mas lebih menyukai air tawar, terutama air yang bergerak lambat dan tenang. Ikan mas juga menunjukkan preferensi pada air yang pekat dan berlumpur, dan air keruh atau pekat tidak mengganggu mereka sama sekali.

Baca Juga:   White Spot Pada Ikan Koki, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Di daerah lain, populasi ikan mas ditemukan hidup bahagia di daerah perairan yang stagnan, tempat mereka berpesta dengan banyak tumbuhan air. Habitat yang ideal juga akan memiliki zooplankton, telur ikan, larva serangga, dan krustasea yang berkeliaran untuk dijadikan makanan. Ikan mas juga lebih menyukai perairan yang lebih dingin, dan oleh karena itu sebaiknya tidak disimpan di akuarium tropis.

Hal lain yang perlu diingat jika Anda menginginkan memelihara di akuarium adalah mereka membutuhkan ruang dua kali lebih besar dari yang dibutuhkan ikan tropis, jadi jangan membebani akuarium Anda.

√ Apa Ikan Koki Bisa Dimakan?

Ikan mas dulunya dibesarkan untuk makanan orang di Asia kuno. Ikan mas masih menjadi ikan buruan pertama di Eropa dan dianggap sebagai ikan makanan paling berharga di Asia. Meskipun demikian, ikan mas tidak digunakan sebagai ikan makanan di Amerika Serikat karena sangat keras, bertulang, dan berminyak. Ditambah ikan peliharaan bisa membawa penyakit; ikan lainnya menghasilkan makanan yang lebih baik, lebih mengenyangkan, dan lebih sehat.

√ Fakta Menarik Lainnya Tentang Ikan Mas

Berikut adalah beberapa hal sepele ikan mas untuk membuat teman Anda terkesan:

  • Ikan mas hidup dan tidur dengan mata terbuka. Faktanya, mereka tidak memiliki kelopak mata sehingga mereka tidak dapat menutup mata meskipun mereka “mungkin” menginginkannya.
  • Dulunya dipercaya sebagai hewan keberuntungan dan sudah menjadi tradisi bagi pria yang baru menikah di Tiongkok untuk memberikan satu kepada istri mereka pada ulang tahun pernikahan pertama.
  • Terlepas dari kepercayaan umum, yang mengatakan ikan mas koki memiliki ingatan yang pendek, hanya sekitar tiga detik. Tetapi fakta lain menyebutkan bahwa benar-benar dapat mengingat hal-hal yang terjadi hingga tiga bulan lalu bahkan terkadang lebih.
  • Ikan mas memiliki rasa rutinitas dan dapat dilatih untuk melakukan trik-trik kecil seperti berenang melalui lingkaran dan menarik tuas untuk mengeluarkan makanan.
error: