15 Jenis Ikan Lele Hias Penghuni Akuarium

daftarhewan.com. Ikan lele hias akuarium. Lele adalah kelompok spesies yang sangat beragam, dengan segelintir yang umum dalam perdagangan hewan peliharaan. Sebagian besar spesies yang dikenal sebagai penghuni bawah, menggunakan duri, atau “kumis”, untuk mencari makanan di substratnya.

Jenis Ikan Lele Hias

Banyak spesies memiliki duri pelindung pada sirip punggung dan dada mereka, jadi berhati-hatilah saat memegang atau menjaring. Ada banyak jenis ikan lele akuarium di luar sana. Faktanya, mereka adalah salah satu jenis ikan air tawar yang paling populer untuk didapatkan oleh aquarists.

Ada banyak penampilan unik, beragam perilaku, dan manfaat yang bisa dibawa makhluk ini ke akuarium Anda. Tidak heran mengapa mereka ditemukan di begitu banyak tangki di seluruh dunia. Berikut ikan lele hias

1. Asian Stone Catfish

ikan lele di akuarium, ikan lele kecil, jenis ikan lele, jenis ikan lele hias, jenis ikan lele hias aquarium, lele akuarium, lele aquarium

Asian Stone Catfish, Ikan Lele kecil

Asian Stone Catfish  (Hara jerdoni) adalah salah satu spesies ikan lele akuarium terkecil. Mereka dikenal dengan sebutan sebagai Ngengat Catfish atau Anchor Catfish, adalah spesies miniatur asli sungai yang bergerak lambat di India dan Bangladesh.

Ini adalah spesies damai yang cocok dengan banyak ikan “nano” lainnya serta invertebrata damai yang menikmati parameter air serupa.

2. Bandit catfish (Bandit Cory)

ikan lele kecil, jenis ikan lele, jenis ikan lele hias, jenis ikan lele hias aquarium, lele akuarium, lele aquarium,

Bandit catfish (Corydoras Bandit)

Dinamakan karena topeng “bandit” wajah mereka yang khas, Bandit Cory atau Bandit Catfish adalah termasuk ikan lele hias akuarium berukuran kecil yang damai. Seperti spesies corydoras lainnya, ikan ini tumbuh subur jika dipelihara dalam kelompok kecil.

Baca Juga:   12 Ikan Hias Predator Air Tawar Terbaik untuk Pemula dan Expert!

Bandit Cory juga merupakan pengumpan noktural, jadi jangan berharap untuk sering melihat mereka di siang hari. Masa hidup mereka adalah 5 tahun.

3. Bristlenose Catfish

teman ikan mas koki, ikan yang cocok dengan ikan mas koki, teman ikan mas koki di aquarium, ikan yang cocok dengan ikan koki, teman ikan mas koki dalam aquarium, teman ikan koki di aquarium, teman ikan koki, teman untuk ikan mas koki

Juga dikenal sebagai Bristlenose Pleco, spesies ikan lele ini tetap relatif kecil dan tidak akan tumbuh lebih besar dari akuariumnya seperti plecostomus lainnya. Ikan lele ini dibedakan oleh banyak bulu atau kumis, yang mengelilingi kepala, bukan hanya mulutnya.

Meskipun mereka akan memakan alga dan detritus, yang terbaik adalah memberi mereka makanan pelet untuk memastikan menu yang lengkap. Mereka juga ikan yang cocok disatukan dengan ikan mas koki.

4. Ghost Catfish

lele di akuarium, macam macam jenis lele, memelihara ikan lele di akuarium, pelihara lele aquarium

Glass Catfish atau Ghost Catfish

Glass Catfish atau Ghost Catfish diberi nama yang tepat karena penampilannya yang transparan. Ikan lele hias ini memiliki tubuh yang hampir sepenuhnya bening. Baca Juga : Ikan Lele Paling Besar.

Anda dapat melihat jelas tulang dan organ individunya, menjadikannya ikan yang menarik untuk diperhatikan, apalagi jumlah dalam akuarium lebih dari 7 dalam akuarium.

5. Lele Bumblebee (Bumblebee catfish)

Lele Bumblebee (Bumblebee catfish), lele unik, ikan lele unik

Lele Bumblebee (Bumblebee catfish), belang hitam dan kuning

Lele Bumblebee merupakan ikan dengan warna yang cukup cerah dan sangat lucu untuk disaksikan saat keluar dari lubang persembunyiannya untuk mengais makanan. Ada 2 jenis ikan lele Bumblebee, Amerika Selatan dan Asia.

6. Lele ekor merah (Red Tail Catfish)

ikan lele ekor merah, harga lele ekor merah, penyakit lele ekor merah, klasifikasi ikan lele ekor merah, apa itu lele ekor merah, harga ikan lele ekor merah, lele ekor putih, ikan red tail catfish tidak mau makan, umpan ikan redtail catfish, pakan ikan red tail catfish, jenis ikan red tail catfish, foto ikan red tail catfish, gambar ikan red tail catfish, makanan ikan red tail catfish

Redtail Catfish adalah spesies lain yang hanya dipelihara oleh aquarists berpengalaman. Lele ini sangat menuntut dan bisa sangat sulit untuk tetap sehat jika Anda tidak melengkapi kebutuhannya dengan benar.

Redtail Catfish bisa menjadi agresif. Mereka adalah makhluk predator yang akan memakan ikan dan krustasea yang lebih kecil. Anda bahkan mungkin melihat mereka mengunyah batu dan kayu apung.

Baca Juga:   12 Ikan Hias Air Laut Termahal di Dunia

7. Lele Raphael Bergaris

lele bergaris, macam macam jenis lele, memelihara ikan lele di akuarium, pelihara lele aquarium, ikan lele di akuarium, lele di akuarium, ikan lele aquarium, aquarium ikan lele

Lele Striped Raphael Catfish

Lele Raphael Bergaris (Striped Raphael Catfish) adalah spesies lele yang menawan. Mereka biasanya menempati dasar kolom air seperti ikan lele lainnya, makhluk ini secara alami suka bermain dan suka menghabiskan waktu menjelajahi lingkungan mereka.

8. Panda Cory

budidaya ikan corydoras panda, ikan hias corydoras panda, harga ikan corydoras panda

Ikan corydoras panda

Ikan Corydora paling umum dalam perdagangan akuarium adalah Panda Cory. Dinamakan karena tubuh putihnya yang khas dengan bintik-bintik hitam, ia sangat mirip dengan Bandit Cory. Kualitas dan pemeliharaan air sangat penting untuk kesehatan cory yang baik, dan pastikan untuk memberi mereka banyak tempat bersembunyi di siang hari.

Mereka juga aktif di malam hari, jadi Anda mungkin tidak akan sering melihatnya sampai hari semakin gelap. Maca hidup mereka 10 tahun.

9. Pictus Catfish

jenis ikan lele hias, jenis lele hias, macam macam jenis lele

Pictus Catfish

Pictus Catfish (Pictus cat) yang bernama latin Pimelodus pictus adalah salah satu spesies ikan lele akuarium yang paling umum. Meskipun awalnya sangat kecil, ikan lele ini dapat tumbuh hingga lebih dari 15 cm di alam liar.

Pictus Catfish adalah ikan nokturnal, jadi jangan berharap banyak aktivitas di siang hari. Pemberian makan harus dilakukan pada sore hari saat ikan bangun untuk beraktivitas malam hari. Umur mereka bisa mencapai 4 – 8 tahun.

10. Sapu-sapu (Suckermouth catfish)

ikan hias kolam tanpa oksigen, ikan hias kolam tanpa filter, ikan hias kolam selain koi, ikan hias kolam dangkal, ikan hias kolam yang tidak mudah mati, ikan hias kolam yang kuat, ikan hias kolam tawar, ikan hias kolam air tawar, ikan hias kolam rumah, ikan hias cocok untuk kolam, ikan sapu-sapu di kolam

Lebih dikenal sebagai Plecostomous atau common pleco, ikan lele ini dikenal menggunakan mulutnya sebagai titik jangkar. Mulut khusus mereka dapat mengikis permukaan, membersihkannya dari ganggang dan kotoran lainnya, oleh karena itu mereka disebut sebagai ikan pembersih akuarium maupun kolam ikan.

Beberapa Pleco bisa menjadi sangat besar, jadi pastikan untuk mengidentifikasi spesies Anda dengan benar sebelum menambahkannya ke akuarium Anda. Umur Ikan sapu-sapu bisa mencapai 10 – 15 tahun bahkan lebih.

11. Skunk Cory

Skunk Cory, jenis ikan corydoras, macam ikan corydoras

Skunk Cory

Skunk Cory diberi nama karena pita hitamnya yang tebal membentang di sepanjang punggung punggung ikan. Hal ini mirip dengan Adolfi Corydoras (Corydoras adolfoi), yang memiliki pita hitam serupa tetapi yang membedakannya adalah bercak oranye terang di kepala.

Baca Juga:   Ikan Anglefish Air Laut vs Air Tawar, Persamaan dan Perbedaannya

Seperti spesies corydoras lainnya, Skunk Cory hidup di akuarium dengan baik jika dalam kelompok kecil dengan banyak tempat untuk bersembunyi, mengingat sifat nokturnal mereka.

12. Three-lined corydoras (Three Stripe corydoras)

jenis ikan hias corydoras, ikan lele aquarium, ikan lele di akuarium, ikan lele kecil

Three-lined corydoras (Three Stripe corydoras)

Three-lined corydoras (Threestripe corydoras) yang disebut juga Leopard Corydoras adalah sejenis ikan lele hias akuarium yang dihiasi oleh labirin garis-garis hitam hingga coklat tua di seluruh tubuhnya yang tembus cahaya dan berwarna-warni.

Juga dikenal sebagai Leopard Cory, spesies ini mengikuti aturan perawatan untuk banyak corydoras, termasuk makan di malam hari, persyaratan kualitas air yang ketat, dan preferensi untuk dipelihara di sekolah kecil. Masa hidup mereka bisa mencapai 10 tahun.

13. Tiger Shovelnose Catfish

aquarium untuk ikan lele, aquarium untuk lele, ikan lele aquarium, ikan lele di akuarium, ikan lele kecil, jenis ikan lele, jenis ikan lele hias, jenis ikan lele hias aquarium, lele akuarium, lele aquarium, lele di akuarium

Tiger Shovelnose Catfish adalah lele hias air tawar khusus untuk para pecinta ikan hias yang sudah ahli karena dalam perawatannya penuh tantangan, jadi tidak disarankan untuk pemula. Mereka berasal dari Amerika Selatan. Dengan umur 18 hingga 25 tahun, menjaga kesehatan lele ini merupakan komitmen yang sangat besar.

14. Twig Catfish

ikan lele di akuarium, lele di akuarium, ikan lele aquarium, aquarium ikan lele, kele unik, ikan lele unik

Twig Catfish

Seperti yang mungkin bisa Anda tebak dari namanya, Twig Catfish adalah ahli penyamaran. Mereka terlihat seperti cabang pohon yang tenggelam. Tubuh mereka panjang dan kurus. Plus, mereka memiliki moncong datar memanjang.

15. Upside-Down Catfish

ikan lele berenang terbalik, ikan lele aquarium, ikan lele di akuarium, ikan lele kecil, jenis ikan lele, jenis ikan lele hias, jenis ikan lele hias aquarium, lele akuarium, lele aquarium, lele di akuarium, macam macam jenis lele, memelihara ikan lele di akuarium, pelihara lele aquarium

Upside-Down Catfish, ikan lele berenang terbalik – via : aquariumsource.com

Dinamakan ikan lele terbalik (Upside-down) atau turun naik karena posisi tubuh dan perilaku berenangnya yang sangat unik, Ikan Lele Terbalik hadir dengan tingkah yang cerdik untuk mencari makan di permukaan, kebalikan dari kebanyakan spesies ikan lele lainnya. Dengan karakteristik seperti itu mereka dapat hidup 5 tahun dalam akuarium.

Mereka mampu berenang miring ke atas dan akan menunjukkan perilaku makan dari bawah yang normal saat makanan tersedia. Tidak ada yang tahu persis bagaimana perilaku ini berasal, karena kantung renang dan struktur telinga bagian dalam mereka menyerupai ikan lele lainnya.

error: