7 Ikan Lele Terbesar di Dunia yang Pernah Tertangkap

daftarhewan.com. Ikan lele terbesar. Kita mungkin telah mengenal ikan lele karena ikan ini sering ada dalam menu pedagang masakan seafood pinggir jalan atau restoran.

Secara keseluruhan, ikan lele adalah beberapa spesies ikan paling banyak di dunia. Menurut Praktis Pemeliharaan Ikan, saat ini ada lebih dari 3.000 spesies ikan lele di seluruh dunia.

Ikan Lele Terbesar

Bergantung pada spesiesnya, ikan lele dapat berukuran mulai dari 1,5 hingga 2 inci (4 hingga 5 cm) hingga berat ratusan kg, seperti ikan lele raksasa dalam daftar ini. Semua ikan lele dalam daftar ini memiliki berat lebih dari 100 pon (45,36 kilogram).

Hampir semua ikan lele ini terdaftar sebagai rekor dunia untuk spesies mereka di Database Rekor Dunia International Game Fish Association (IGFA).

1. Ikan Lele Raksasa Mekong

lele paling besar, ikan lele yang paling besar, ikan lele paling besar, lele ukuran 5-6, lele ukuran 5-7, ikan lele paling besar di dunia, ikan lele yang paling besar di dunia, gambar ikan lele paling besar

Ikan Lele Raksasa Mekong – via : chuangzaolun.com

Pada tahun 2005, seekor Ikan Lele raksasa Mekong Raksasa (Pangasianodon gigas), dengan berat mencapai 293 kilogram ditangkap di sebuah desa terpencil di Thailand dekat Sungai Mekong. Para ahli percaya bahwa ikan lele raksasa Mekong raksasa atau ikan yang disebut juga Patin raksasa Mekong ini bukan hanya lele terbesar yang pernah ditangkap di dunia, tetapi juga ikan air tawar terbesar yang pernah tercatat.

Baca Juga:   Umpan Racikan Paling Jitu untuk Ikan Mas

Selain beratnya hampir 650 pon, ikan lele raksasa Mekong ini memiliki panjang 9 kaki 2,7 meter. Butuh waktu lebih dari satu jam bagi para nelayan Thailand untuk menangkap ikan lele yang sangat berat ini.

Pejabat dari Departemen Perikanan Darat Thailand ingin menggunakan ikan lele raksasa Mekong betina untuk program pengembangbiakan, tetapi ikan tangkapan ini akhirnya mati. Orang-orang dari desa terdekat tidak membiarkan ikan itu terbuang percuma dan akhirnya memakannya.

Ikan lele raksasa Mekong langka serta terancam punah dan yang ditangkap pada tahun 2005 adalah yang terbesar yang pernah ditangkap sejak Thailand mulai mencatat rekor tangkapan ikan lele pada tahun 1981.

2. Ikan Lele Lau-Lau (Piraiba)

ikan lele terbesar, ikan lele ter besar, ikan lele terbesar di dunia, ikan lele yang besar, ikan lele besar sekali, ikan lele yang terbesar di dunia

Ikan Lele Lau-Lau (Piraiba) terbesar – via : pescaecia.com.br

Jorge Masullo de Aguiar saat ini memegang rekor dunia untuk Ikan Lele Lau-Lau (Piraiba) terbesar, yaitu spesies ikan lele yang berasal dari Amerika Selatan. Piraiba yang mempunyai nama latin Brachyplatystoma capapretum milik Masullo de Aguiar ditangkap pada tahun 2009 dan memiliki berat 155 kilogram.

Ikan lele Amerika Selatan raksasa ini juga memiliki panjang lebih dari 2 meter.

Sementara Piraiba karya Masullo de Aguiar adalah yang terbesar yang tercatat secara resmi. Piraiba dapat memiliki berat lebih dari 204 kilogram. Faktanya, Piraiba adalah spesies ikan lele terbesar yang ditemukan di Sungai Amazon.

Fakta Mengejutkan!

Piraiba sangat besar sehingga monyet, kucing, anjing, burung, dan ikan lele lainnya ditemukan di perut mereka.

Baca Juga:   Pemijahan Ikan Gurami Secara Alami

3. Ikan Lele Wels (Silurus glanis)

ikan lele besar sedunia, ikan lele yang paling besar, ikan lele albino terbesar, ikan lele yang terbesar, contoh ikan lele terbesar, jenis ikan lele terbesar di dunia, nama jenis ikan lele terbesar, ikan lele perut besar, photo ikan lele terbesar, ikan lele raksasa terbesar

Dilansir dari largest.org, pada 2015, seorang nelayan Italia bernama Dino Ferrari ditampilkan dalam berita Internasional karena menangkap ikan lele monster Wels di Po Delta. Ikan lele Wels ini memiliki berat 127 kilogram dan panjang 2,67 meter.

Meski hasil tangkapan Ferrari sangat mengesankan, sayangnya dia tidak lebih dari rekor dunia untuk tangkapan Lele Wels sebelumnya didapatkan orang lain yang beratnya 134,97 kilogram.

Namun, selain daftar rekor resmi di situs International Game Fish Association, tidak ada informasi yang cukup untuk menampilkan kisah catatan Ikan lele Wels.

4. Lele Iblis (Bagarius bagarius)

ikan lele terbesar, ikan lele ter besar, ikan lele terbesar di dunia, mancing ikan lele terbesar di dunia, lomba mancing ikan lele terbesar, ikan lele yang besar, ikan lele terbesar di indonesia, ikan lele besar sekali, mancing ikan lele terbesar, ikan lele yang terbesar di dunia

Ikan dengan beberapa sebutan antaranya : Goonch, devil catfish, or dwarf goonch (Bagarius bagarius). Goonch terbesar yang pernah ditangkap adalah milik Jakub Vágner, pembawa acara “Fish Warrior” dari National Geographic. Ikan lele Goonch ini memiliki berat 75 kilogram dan panjang lebih dari 1,57 meter. Ikan lele besar ini ditangkap di Sungai Ramganga di India.

Selain Goonch besar, Vágner telah menangkap beberapa ikan air tawar besar lainnya, termasuk Arapaima seberat 130 kilogram dan ikan lele Wels seberat 110 kilogram. Dalam sebuah wawancara, Vágner mengatakan bahwa dia masih berada di ambang rekor dunia Ikan Harimau Goliath di sungai Kongo.

Fakta Menarik!

Ikan lele Goonch dilaporkan memakan mayat dari tumpukan kayu pemakaman di Sungai Kali, yang membentang antara Nepal dan India. Diperkirakan hal ini telah memungkinkan Goonch tumbuh begitu besar dan mengembangkan cita rasa daging manusia.

Baca Juga:   9 Penyakit Ikan Arwana dan Obatnya

5. Lele Biru (Ictalurus furcatus)

ikan lele yang terbesar, ikan lele paling besar, ikan lele paling besar di dunia, ikan lele terbesar di dunia ini, foto ikan lele terbesar, gambar ikan lele terbesar di dunia, ikan lele yang besar di dunia, jenis ikan lele terbesar, ikan lele terbesar di seluruh dunia, sungai ikan lele terbesar

Ikan Lele Biru – via : i.pinimg.com

Rekor ikan lele biru ditangkap pada tahun 2011 di Danau Kerr, Virginia oleh seorang pria bernama Richard Nicholas Anderson. Ikan lele biru besar ini memiliki berat 64,86 kilogram dan panjang 1,45 meter. Anderson membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk mendaratkan ikan lele biru raksasa, yang ukurannya mengejutkan kepala Departemen Permainan dan Perikanan Darat Virginia saat itu.

Anderson ingin memelihara ikan lele birunya agar bisa dimasukkan ke dalam tangki di toko ritel Bass Pro Shops setempat. Namun, terlepas dari upaya terbaiknya, ikan lele tersebut akhirnya mati.

6. Lele Ekor Merah (Phractocephalus hemioliopterus)

rekor tangkap ikan lele terbesar di dunia, lele ekor merah terbesar, lele ekor merah paling besar

Ikan lele ekor merah besar – via : igfa.org

Ikan lele ekor merah terbesar di dunia yang pernah tercatat ditangkap pada tahun 2010 oleh Gilberto Fernandes di Sungai Amazon Brasil. Ikan lele ekor merah Fernandes memiliki berat 56 kilogram dan panjang 1,4 meter. Sebenarnya tidak ada detail lebih lanjut tentang tangkapan Fernandes.

Menurut laporan berita, Fernandes memiliki lebih dari 100 rekor penangkapan ikan dunia IGFA. Hanya sebulan sebelum dia membuat rekor tangkapan ikan lele ekor merah, Fernandes menangkap ikan ekor merah lain dengan berat 51,5 kilogram.

7. Lele Lumpur (Flathead catfish)

foto ikan lele terbesar, ikan lele sangkuriang terbesar, gambar ikan lele terbesar di dunia, ikan lele putih terbesar, ikan lele hias besar, jenis ikan lele terbesar, youtube ikan lele terbesar, ikan lele dumbo yang terbesar di dunia, ikan lele terbesar di seluruh dunia, sungai ikan lele terbesar, tentang ikan lele terbesar

Lele Lumpur (Flathead catfish) terbesar – via : igfa.org

Rekor untuk Lele lumpur (Flathead catfish) terbesar adalah milik Ken Paulie, yang memancing ikan yang bernama latin Pylodictis olivaris ini, kurang lebih 23 tahun yang lalu. Ikan lele flathead Paulie memiliki berat 55,79 kilogram dan panjangnya lebih dari 1,55 meter.

error: