Mandarin Fish yang Disebut Ikan Tercantik

Posted on

daftarhewan.com. Ikan ini berukuran kecil, biasanya tidak lebih dari 10 cm. Tubuhnya bermotif batik. Sepintas mirip pola gaun gadis-gadis mandarin. Mungkin karena itulah ia disebut Mandarin.

Ikan Mandarin

Memiliki nama latin Synchiropus splendidus dan lebih dikenal sebagai Ikan Mandarin, mempunyai saudara sepupu yang juga sama cantiknya, yaitu Synchiropus picturatus (spotted mandarin fish). Keduanya masih dalam satu keluarga Callionymidae.

ikan mandarin asli, harga ikan mandarin, ikan laut mandarin, ikan mandarinfish, ikan senangin in mandarin
Ikan Mandarin asli

Si cantik ini ternyata agak pemalu, sehingga sering mengubur diri dalam pasir di dalam akuarium. Paling-paling hanya kepalanya saja yang nampak. Bila tidak, ia akan bersembunyi di antara bebatuan di dalam akuarium.

Baca Juga:   Ikan Botia Badut Si Clown Loach

1. Ciri-Ciri Ikan Mandarin

Tubuhnya mungil dan banyak mempunyai warna, terutama cokelat kemerahan, biru dan hijau, yang tersebar secara acak di badan dan sirip-siripnya. Ikan dengan warna ini biasa disebut Mandarin fish atau ikan mandarin asli, sedangkan sepupunya mandarin biasa.

2. Perbedaan Ikan Mandarin Jantan dan Betina

Perbedaan Jantan dan Betina terletak pada ukuran panjang tubuhnya. Badan si jantan tentu saja lebih panjang dibandingkan si betina, yang pendek dan gemuk, kemudian kepala si jantan benjol sedangkan si betina agak runcing.

3. Cara Merawat Ikan Mandarin

Mereka tidak rewel dipelihara. Asalkan pH airnya tetap dijaga di sekitar 8, dengan kadar garam 1.020 dan suhu di antara 22-25oC, ia bakal bertahan hidup lama dalam akuarium. Sebab pada dasarnya ia memang termasuk ikan yang dapat dipelihara di akuarium dalam jangka waktu lama, meskipun panjang tubuhnya tidak bisa lebih dari 10 cm.

Baca Juga:   Cara Memelihara dan Merawat Ikan Channa
mandarin fish, mandarin fish facts, mandarin fish fun facts, mandarin fish saltwater, mandarin fish eat, mandarin fish tank size, mandarin fish tank, mandarin fish live aquaria, mandarin fish information
Synchiropus picturatus (spotted mandarin fish)

4. Makanan Ikan Hias Mandarin

Si batik ini juga sangat sederhana selera makannya. Udang rebon sudah cukup baginya. Tetapi sekali-sekali ia perlu juga makan lalap-lalapan, yang disukainya adalah alga.

Mandarin termasuk ikan yang memiliki lendir pada tubuhnya. Lendir akan diproduksi secara berlebihan bila ia stress, dan biasanya lendir ini beracun. Oleh karena itu, bila Anda baru membeli ikan ini, air yang berasal dari si penjual ikan jangan ikut dimasukkan ke dalam akuarium.

Sebab bisa jadi si mandarin stress selama pengangkutan, dan air itu ikut tercemari lendir yang beracun. Akibatnya bila dicampurkan ke dalam air akuarium, bisa-bisa ikan yang lain mati keracunan.

5. Ikan yang Bisa Disatukan

Ikan ini akan tampil lebih cantik bila dipadukan dengan ikan-ikan yang berenang di bagian tengah sampai atas akuarium. Mandarin lebih senang di dasar akuarium.

Baca Juga:   Informasi Ikan Guppy, Baca Sebelum Pelihara!

Tetapi jangan sampai dicampur dengan ikan-ikan dari jenis kerapu, sebab ia bakal habis dimakan. Tapi dengan kuda laut, ikan ini sangat bersahabat.

Penyakit yang biasa menyerangnya hanya white spot. Biasanya serangan datang bila suhu air terlalu dingin. Ada dua cara yang biasa dilakukan untuk mengatasinya. Pertama, naikkan suhu air sekitar 28oC selama satu hari atau sampai serangan white spot hilang. Cara kedua dengan menggunakan sanoxon, 10 gram sanoxon dilarutkan kedalam 100 liter air akuarium cukup untuk membunuh protozoa penyebab white spot.

Bila berminat terhadap ikan ini, Anda dapat membelinya di penjual-penjual ikan hias air laut.