Ikan Mas Koki Mutiara, Bentuknya Bulat Seperti Bola Golf

daftarhewan.com. Ikan koki mutiara atau ikan koki Pearlscale, juga disebut Chinshurin dalam bahasa Jepang, adalah variasi ikan mas berbentuk telur. Tubuhnya pendek, gemuk, dan kompak. Memiliki punggung lurus dan perut bengkak, menyerupai bola golf, dan biasanya berekor kembar.

ikan mas koki mutiara jambul, ikan mas koki mutiara, ikan hias koki mutiara, gambar ikan mas koki mutiara, cara merawat ikan mas koki mutiara, ikan mas koki mahkota, ikan mas koki hias

Ikan mas koki mutiara jambul

Ikan Mas Koki Sisik Mutiara

Ikan koki ini adalah satu-satunya jenis ikan mas dengan bentuk sisik yang berbeda. Sisik pada Ikan Mas Koki Mutiara memiliki daerah yang keras di tengah sisik, dan nama ikan ini diambil dari tengah sisik ini karena umumnya berwarna putih dan terlihat seperti mutiara.

Pearlscale Goldfish atau ikan mas koki mutiara dapat ditemukan dengan berbagai jenis warna, seperti kombinasi merah, biru, hitam, calico, coklat, dan merah atau putih.

Ikan koki mutiara fancy adalah salah satu varietas terbaru dari ikan mas koki fancy, diperkenalkan pertama kali di awal abad ke-20. Mereka pertama kali muncul pada tahun 1900, dan sebagian besar dikembangkan di Inggris.

a. Asa Usul Ikan Mas Koki Mutiara

Mereka yang memiliki jambul atau mahkota kepala disebut Ikan koki mutiara Hamanishiki, dan yang paling populer adalah yang tumbuh di kepala yang bulat dan rata.

Variasi dari ikan mas koki mutiara umum adalah Ikan Mas Koki Mutiara Mahkota atau Hamanishiki, yang mengembangkan jambul atau disebut juga tudung, pertumbuhan di kepala atau mahkota yang mirip dengan yang terlihat pada Ikan Mas Koki Oranda.

Konon, ada kisah mengatakan bahwa selama Dinasti Qing, rombongan dari India membawa varietas Ikan mas koki mutiara pertama sebagai penghormatan kepada Janda Permaisuri Ci-Xi.

Varietas Pearlscale atau ikan koki mutiara ternyata merupakan produk mutasi genetik Wen-Yu (fantail) di India yang berasal dari China berabad-abad silam. Pemuliaan selektif selama beberapa dekade telah menghasilkan banyak sub-varietas Ikan koki mutiara. Garis tertua mungkin adalah Pearlscale klasik dari Cina utara. Varietas yang indah ini memiliki:

  • Kepala kecil runcing kontras dengan perut besar
  • Bentuk mutiara yang jelas
  • Ekor anggun dengan lekukan yang sangat dangkal, terlihat sangat mirip dengan kerudung.

Sayangnya, untuk alasan komersial, ikan ini belum dibiakkan secara ekstensif dan jarang ada di luar China.

b. Cara Merawat Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan mas ini umumnya akan mencapai sekitar 4 inci (10 cm), meskipun beberapa penghobi melaporkan ikan koki mutiara mereka bisa tumbuh jauh lebih besar. Rata-rata masa hidup atau umur ikan mas koki mutiara adalah 10 – 15 tahun, meskipun bisa hidup 20 tahun atau lebih tidak jarang di akuarium dan kolam ikan mas yang terawat dengan baik.

Baca Juga:   Ikan Mas Koki Panda, Si Cantik Hasil Hibrida

Kebanyakan peternak atau breeder lebih menyukai Ikan Mas Koki Mutiara dimana lebar tubuhnya lebih dari 2/3 panjang tubuhnya. Ikan koki mutiara ditemukan dalam dua variasi utama, ikan yang memiliki pertumbuhan atau semacam mahkota di kepala dan yang tidak ada mahkota di kepalanya.

Ikan mas koki mutiara adalah beberapa spesies ikan mas yang lebih keras dan dapat dipelihara oleh pemula. Mereka sangat tidak menuntut kualitas dan suhu air yang terjaga. Namun, mereka dapat dengan mudah cedera atau mengalami luka, karena penanganan yang kasar atau kontak dengan benda tajam di lingkungan mereka dapat merusak sisik mereka.

Berhati-hatilah bahkan saat menjaring ikan ini karena sisik ‘mutiara’ yang hilang hanya akan tumbuh kembali tetapi hanya seperti sisik biasa. Beberapa penghobi menyarankan bahwa memberikan kalsium tambahan ke dalam akuarium mereka dapat membantu mencegah hilangnya sisik, tetapi hal itu belum didokumentasikan.

Banyak orang akan memelihara ikan mas di akuarium tanpa pemanas atau filtrasi. Tetapi untuk keberhasilan terbaik dalam memelihara ikan mas koki mutiara, berikan mereka filtrasi yang sama, terutama filtrasi biologis, yang dinikmati penghuni akuarium lainnya.

cara memelihara ikan mas koki mutiara, cara budidaya ikan mas koki mutiara, ikan mas koki mutiara, ikan mas koki mutiara tikus, ikan mas koki mutiara jambul, cara memelihara ikan koki mutiara, ikan hias koki mutiara, ikan mas koki sisik mutiara, gambar ikan mas koki mutiara, cara mengawinkan ikan mas koki mutiara, cara memijahkan ikan koki mutiara, cara merawat ikan koki mutiara, gambar ikan koki mutiara, umur ikan mas koki mutiara

ikan koki mutiara tikus

c. Makanan Ikan Mas Koki Mutiara

Karena mereka omnivora, Ikan Mas Koki Mutiara umumnya akan memakan semua jenis pakan segar, beku, dan serpihan. Untuk merawat Ikan Mas koki Mutiara Anda, jaga keseimbangan dengan memberi mereka makanan serpihan berkualitas tinggi setiap hari. Beri makan udang air asin (hidup atau beku), cacing darah, Daphnia, atau cacing tubifex sebagai penjaga kesehatannya.

Sayuran lain seperti mentimun dan selada juga bisa mereka makan. Biasanya lebih baik memberi makan makanan kering beku yang direndam daripada makanan hidup untuk menghindari parasit dan infeksi bakteri yang mungkin ada dalam makanan hidup.

Karena bentuk tubuhnya yang tidak biasa, Ikan koki mutiara lebih rentan terhadap penyakit kantung atau gelembung renang dan sembelit. Semua jenis pelet atau makanan serpihan harus terendam secara menyeluruh sebelum diberikan untuk mencegah penyakit perut.

Beberapa aquarists merekomendasikan menambahkan kacang polong ke dalam makanan mereka setidaknya sekali seminggu untuk mencegah dan mengobati sembelit.

d. Akuarium Untuk Ikan Mas Koki Mutiara

Ikan mas koki ini perlu dipelihara di akuarium yang terawat dengan baik dan diberi makanan yang tepat agar tetap sehat. Ukuran tangki minimal 37 liter, jadi pastikan sering melakukan penggantian air di tangki atau akuarium. Pergantian air mingguan rutin 1/4 hingga 1/3 sangat disarankan untuk menjaga kesehatan ikan ini. Siput air dapat ditambahkan untuk mengurangi alga di dalam tangki, membantu menjaga air tetap bersih.

Baca Juga:   Kenapa Ikan Koki Sering Mati? Ternyata ini Penyebabnya

Ikan mas koki menghasilkan lebih banyak limbah daripada kebanyakan ikan air tawar lainnya dan mendapat manfaat besar dari penggantian air yang lebih sering.

Menyiapkan akuarium ikan mas dengan cara yang akan membuat ikan Anda bahagia dan sehat adalah langkah pertama menuju kesuksesan dalam pemeliharaan.

Bentuk dan ukuran akuarium penting dan tergantung pada jumlah ikan mas yang akan Anda pelihara. Ikan ini membutuhkan banyak oksigen dan menghasilkan banyak limbah.

Filtrasi yang baik terutama filtrasi biologi sangat membantu dalam menjaga kualitas air akuarium. Sistem filtrasi akan menghilangkan banyak kotoran, makanan berlebih, dan limbah, yang menjaga akuarium tetap bersih dan menjaga kesehatan ikan mas secara umum.

Ikan mas koki adalah ikan air dingin dan akan tumbuh paling baik pada suhu antara 18 ° – 22 ° C. Ikan mas koki mutiara adalah salah satu varietas ikan mas yang paling kuat dan dapat mentolerir suhu beberapa derajat di atas titik beku, selama pendingin turun hanya beberapa derajat dalam sehari.

Penurunan suhu yang cepat dapat membunuh mereka, jadi jika Anda tinggal di iklim yang sangat dingin, disarankan menggunakan pemanas. Ikan koki mutiara tidak boleh disimpan di dalam air yang lebih dingin dari 12.77 ° C.

Sediakan substrat kerikil untuk membantu menciptakan lingkungan yang alami dan nyaman bagi ikan Anda. Anda dapat menambahkan beberapa dekorasi, tetapi pastikan semua ornamen halus tanpa titik yang menonjol atau tepi yang tajam.

Batuan halus atau kayu apung harus digunakan dengan benar. Tanaman akuarium akan menjadi pilihan dekorasi akuarium terbaik untuk ikan mas koki mutiara, tetapi sayangnya ikan ini adalah penggali. Akibatnya tanaman hidup dapat tercabut. Tanaman tiruan bisa menjadi pengganti yang baik dan tanaman berbahan kain lebih aman daripada tanaman plastik.

Sebagian besar akuarium dilengkapi dengan penutup yang mencakup pencahayaan. Sebaiknya sediakan tutup tangki karena mengurangi penguapan meskipun ikan ini tidak mudah melompat, terkadang beberapa ikan mas akan melompat keluar.

Pencahayaan tidak begitu penting untuk ikan mas koki mutiara, tetapi membuat akuarium menjadi barang hiasan yang bagus serta pencahayaan akan membantu jika Anda memiliki tanaman hidup.

Ukuran Tangki Minimum: 37 liter. Sepuluh galon adalah jumlah minimum mutlak yang dibutuhkan untuk menampung ikan ini. Ia memiliki kebutuhan oksigen yang tinggi dan menghasilkan banyak limbah. Pertumbuhannya akan sangat kerdil jika dipelihara di akuarium yang lebih kecil.

e. Karakteristik Ikan Koki Mutiara

Ikan mas koki mutiara adalah ikan yang sangat sosial dan berkembang dalam komunitas. Tidak hanya mereka ikan komunitas yang hebat, tetapi mereka juga pemulung yang hebat. Anda benar-benar tidak perlu menambahkan ikan pemulung atau pengumpan dasar lainnya ke akuarium saat Anda memiliki ikan mas koki mutiara.

Baca Juga:   12 Jenis Ikan Mas Koki Keren dan Tips Perawatannya

Bersama dengan ikan mas berbentuk telur lainnya, seperti ikan koki Fantail, ikan koki Ryukin, dan Ikan koki Black Moor, Ikan koki mutiara adalah perenang lambat. Mereka tidak dapat bersaing keras untuk mendapatkan makanan dengan jenis ikan mas koki yang berenang cepat seperti Ikan Mas Biasa, Ikan Mas Komet, dan Shubunkin. ikan koki mutiara akan bekerja paling baik dengan ikan yang sama lambatnya.

ikan koki mutiara tikus, ikan mutiara tikus, ikan mas mutiara tikus, mas koki mutiara tikus, koki mutiara tikus, ikan mas koki mutiara, gambar ikan mas koki mutiara, ikan hias koki mutiara

ikan mas koki mutiara tikus

f. Cara Memijahkan Ikan Koki Mutiara

Ikan mas koki mutiara menjadi semakin populer sebagai hewan peliharaan rumah tangga. Dengan bentuk tubuhnya yang unik dan sirip yang tidak biasa membuat peminat ikan memuncak di mana-mana. Untungnya, petunjuk pembiakan ikan mas koki mutiara tidak jauh berbeda dengan jenis ikan mas lainnya. Dengan beberapa langkah sederhana, para penghobi ikan dapat meningkatkan hobi mereka menjadi seorang pembudidaya ikan.

Pisahkan ikan mas Pearlscale jantan dan betina hingga siap dikembangbiakkan. Selama waktu ini, beri makan ikan dengan makanan kaya protein untuk persiapan pembiakan. Makanan seperti potongan kecil ikan air asin dan bloodworm adalah pilihan yang sangat baik karena tingkat proteinnya yang tinggi.

Waktu ideal untuk mengembangbiakkan ikan koki mutiara adalah pada usia tiga tahun. Sulit untuk mengetahui usia ikan Anda kecuali Anda sudah memilikinya sejak lahir. Ikan yang lebih muda cenderung berwarna lebih cerah, sedangkan ikan yang lebih tua warnanya lebih pucat. Untuk mendapatkan penilaian yang lebih akurat tentang usia ikan mas koki mutiara Anda, pertimbangkan untuk menanyakan seorang profesional di toko hewan peliharaan untuk membantu Anda.

Tentukan tangki yang khusus untuk pengembangbiakan, dan tempatkan sisik mutiara di dalamnya. Tangki ini harus berukuran minimal 20 galon, dilengkapi dengan filter air yang berfungsi penuh, memiliki suhu air yang sedikit lebih tinggi, dan memiliki tanaman yang cukup hidup untuk membantu telur menempel.

Suhu rata-rata tangki sebelum pembiakan harus sekitar 10 ° C. Saat Anda siap membiakkan ikan, mulailah menaikkan suhu 2 derajat per hari hingga suhu air mencapai 20 ° C. Peningkatan suhu air akan merangsang kondisi perkembangbiakan Ikan mas koki mutiara.

Perhatikan perubahan perilaku ikan. Ketika saatnya tiba bagi ikan untuk berkembang biak, sang jantan akan mengejar betina, terkadang selama berjam-jam, sampai ia menggosok tubuh betina. Itulah saatnya, telur akan dilepaskan. Betina dapat bertelur hingga 2.000 telur sekaligus.

Keluarkan Pearlscale jantan dan betina dari tangki setelah telur dilepaskan. Jika Anda membiarkan ikan dewasa di dalam air, mereka akan memakan telurnya. Telur biasanya akan menetas dalam lima hingga tujuh hari.

error: