Ikan Molly Balon dan Cara Mereka Melahirkan

daftarhewan.com. Ikan Molly Balon Melahirkan. Ikan molly adalah salah satu ikan yang paling populer dan banyak dipelihara di akuarium tropis. Ikan kecil yang berwarna cerah dan hidup ini sangat mudah dirawat, hidup bahagia dalam komunitas ikan damai lainnya, dan membawa banyak perilaku menarik yang akan membuat yang melihatnya terpesona selama berjam-jam.

ikan molly balon, ikan molly balon hamil, ikan molly balon jantan dan betina, jenis ikan molly balon, pakan ikan molly balon, gambar ikan molly balon, cara memelihara ikan molly balon, membedakan ikan molly balon jantan dan betina, ikan molly balon wikipedia, sejarah ikan molly balon, pengertian ikan molly balon, gambar perbedaan ikan molly balon jantan dan betina, ikan balon hias

Ikan Molly Balon

Ikan Balon Hias

Tingkat Perawatan : Sedang
Temperamen : Damai
Bentuk Warna : Hitam, Putih, Kuning
Makanan : Omnivora
Suhu dan Kondisi Air : 20 – 27 ° C, pH 7,0 – 7,8
Max. Ukuran : 7 cm
Asal : Pantai timur Florida, Teluk Meksiko, Carolina utara
Keluarga : Poeciliidae
Ukuran Tangki Minimum : 100 liter
Umur Ikan Molly Balon : 3 – 5 tahun

Molly adalah ikan pertama yang bagus untuk pemula di hobi akuarium. Dalam panduan ini, kami memperkenalkan Ikan Molly balon yang cantik dan suka berteman, termasuk panduan perawatan terperinci untuk memastikan ikan baru Anda berkembang biak.

Ikan Molly balon adalah variasi hibrida dari Poecilia latipinna, Sailfin Molly. Ikan Molly balon memiliki punggung melengkung dan perut bulat besar. Varietas warna meliputi kombinasi hitam, kuning, dan putih. Ikan ini juga memiliki sirip ekor besar berbentuk seperti lira (alat musik) dan sirip punggung yang mengesankan.

Baca Juga:   15 Jenis Ikan Hias Kecil Air Tawar untuk Aquarium dan Aquascape

Molly balon memiliki kemampuan beradaptasi dengan berbagai kadar garam di akuarium. Dengan aklimasi bertahap, ikan ini dapat dipelihara baik di akuarium air tawar maupun di akuarium air asin. Di akuarium air tawar, satu sendok teh garam akuarium per galon direkomendasikan untuk kesehatan optimal.

Ikan Molly balon lebih menyukai tangki minimal 100 liter air dengan banyak tanaman air yang kuat seperti Java fern, Sagittaria, Vallisneria dan Anubias. Mereka membutuhkan sistem filtrasi yang baik karena selera makan mereka yang sehat. Ikan Molly balon sangat cocok untuk akuarium komunitas karena sifatnya yang damai, dan cocok dengan ikan besar yang damai lainnya yang dapat bertahan dalam kondisi air yang serupa. Mereka mungkin mengejar anak mereka dan anak ikan lainnya.

Sirip dubur yang runcing dan sirip punggung yang jauh lebih besar pada sirip jantan, dan sirip dubur yang bulat dan titik kehamilan pada betina membedakan keduanya. Ikan Molly balon adalah livebearer atau ikan yang melahirkan anak yang membutuhkan tank pemijahan sekitar 95 liter, atau tangki pengembangbiakan yang lebih besar.

Akuarium harus ditanami tanaman air hias sepadat mungkin atau memiliki alas alga yang tebal. Memiliki sekelompok tanaman terapung di sudut akuarium akan mendorong pembesaran burayak di luar tangki pembiakan. Setiap 60-70 hari betina ikan molly balon melahirkan dengan jumlah 10-60 anak yang panjangnya sudah kurang lebih 1 cm.

ikan molly balon melahirkan, ikan molly balon hamil, jenis molly balon, berapa lama ikan molly balon beranak, berapa lama ikan molly balon hamil, jumlah anak ikan molly balon, klasifikasi ilmiah ikan molly balon

Ikan molly balon melahirkan – via : youtube.com/Bije Aquatics

a. Jenis Jenis Ikan Molly Balon

Berikut ini adalah varietas Molly balon yang akan Anda temukan di toko ikan:

  • Marble Lyretail Molly
  • Golden Sailfin Molly
  • Harlequin Sailfin Molly
  • Gold Doubloon Molly
  • Gold Dust Molly
  • Black Molly
  • Platinum Lyretail Molly
  • Black Lyretail Molly
  • Dalmation Molly
  • Black Sailfin Molly
Baca Juga:   7 Jenis Ikan Hias Kecil yang Suka Bergerombol

b. Makanan Ikan Molly Balon

Ikan Molly balon adalah omnivora dan membutuhkan makanan berdaging serta alga. Sediakan makanan serpihan berbahan dasar alga untuk ikan ini, serta bloodworm yang dikeringkan, tubifex, dan udang air asin.

Idealnya, Anda harus memberi makan ikan dalam jumlah kecil dua kali sehari. Cara tersebut memungkinkan sistem pencernaan ikan memiliki banyak kesempatan untuk memproses makanan dan mengurangi risiko masalah seperti kembung dan swim bladder, yang juga rentan terhadap ikan perut bulat.

c. Teman Ikan Molly Balon dalam Akuarium

Molly adalah ikan damai yang hidup berdampingan dengan baik dengan sebagian besar spesies lain, termasuk siput dan invertebrata.

Idealnya, Anda harus memelihara sekelompok Ikan molly balon, karena ini adalah ikan kawanan yang bersosialisasi. Kawanan harus terdiri dari betina, karena ikan jantan biasanya akan mengganggu betina. Stres pada semua spesies ikan dapat membuat mereka rentan terhadap penyakit dan masalah kesehatan.

Pilihan teman tangki yang baik untuk Balloon Mollies termasuk spesies damai lainnya, termasuk:

  • Ikan Corydoras
  • Cherry barbs
  • Ikan Zebra Danio
  • Dwarf Gourami
  • Ikan Platy
  • Rosy barbs
  • Ikan Tetra
  • Zebra loaches

Ada banyak spesies kecil dan damai untuk dipilih yang merupakan tambahan yang bagus untuk akuarium komunitas.

Baca Juga:   9 Ikan Hias Air Tawar yang Paling Cepat Berkembang Biak

Teman tangki yang harus dihindari termasuk ikan yang sangat besar atau agresif, keduanya dapat menggertak dan mengejar ikan molly balon yang lebih kecil hingga penyakit yang berhubungan dengan stres membunuh mereka.

ikan molly balon melahirkan, ikan molly balon hamil, anak ikan molly balon, jenis molly balon, anakan molly balon berapa lama ikan molly balon beranak, berapa lama ikan molly balon hamil, jumlah anak ikan molly balon, klasifikasi ilmiah ikan molly balon, ikan molly balon

Burayak ikan molly balon – via : via : youtube.com/Bije Aquatics

Ada banyak contoh teman akuarium yang tidak cocok untuk Ikan Molly Balon dalam kelompok ikan cichlid, terutama Convict cichlid. Konon, Angelfish, yang juga merupakan anggota keluarga cichlid, umumnya cocok dengan Ikan Molly.

Sebagian besar spesies invertebrata, seperti udang dan siput, cocok dengan Ikan Molly balon, dan ada banyak spesies dan varietas berbeda untuk dipertimbangkan.

d. Cara Mengawinkan Ikan Molly Balon

Ikan Molly balon berkembang biak dengan melahirkan dan sangat mudah dan sering di akuarium. Mengembangbiakkan atau membudidayakan ikan cantik ini bisa menjadi hobi yang menarik dan bermanfaat, terutama mengingat banyaknya variasi warna yang bisa Anda buat.

e. Membedakan Jenis Kelamin Ikan Molly Balon

Saat memilih grup Ikan Molly balon, penting bagi Anda untuk mengetahui mana yang jantan dan mana yang betina. Seperti disebutkan sebelumnya, idealnya Anda memiliki lebih banyak betina daripada jantan, sehingga perempuan tidak terlalu dilecehkan dan stres oleh pejantan yang dimabuk asmara!

Baca Juga:   12 Jenis Ikan Hias untuk Aquarium Kecil

Membedakan jenis kelamin ikan molly balon jantan dan betina relatif mudah. Ikan molly balon jantan memiliki sirip dubur yang runcing dan sirip dubur jauh lebih besar daripada betina yang sirip duburnya membulat. Ikan molly balon betina juga memiliki ciri atau tempat kehamilan di perutnya.

error: