Ikan Pacu, Informasi dan Gambarnya

daftarhewan.com. Ikan Pacu bernama ilmiah atau nama latin Colossoma macropomum ikan air tawar yang berasal dari Amerika Selatan. Ada beberapa jenis ikan yang biasa disebut pacu.

Ikan Pacu

Ikan Pacu adalah keluarga ikan air tawar yang berkaitan dengan Piranha, jika di Indonesia bisa dibilang lebih mirip Ikan Bawal. Tetapi, meskipun beberapa spesies ikan Pacu memang terlihat seperti Piranha, mereka sebenarnya merupakan herbivora dan termasuk ikan yang sangat damai.

Baca Juga:   Perbedaan Ikan Tuna dan Tongkol

ikan pacu terbesar, ikan pacu hitam, ikan bawal pacu, perbedaan ikan pacu dan bawal

1. Perbedaan Ikan Pacu dengan Piranha

Salah satu perbedaan utama antara Ikan Pacu dan Piranha adalah gigi piranha berbentuk segitiga dan tajam, setajam silet dan gigi Pacu lebih berbentuk persegi dan seperti halnya manusia.

Selain itu, sebagian besar kesamaan yang dimiliki kedua spesies ini ada pada kedewasaan, terutama dalam hal ukuran.

Ikan pacu mirip bawal dan piranha ketika masih muda, tetapi memiliki rahang bawah yang tidak terlalu menonjol. Mereka memiliki satu baris gigi, yang sangat mirip dengan gigi manusia, digunakan untuk mengunyah, memecahkan dan mengunyah kacang keras yang jatuh ke sungai.

Mereaka juga dikenal mengembangkan kepribadiannya seiring bertambahnya usia dan terkadang jika dipelihara di dalam penangkaran atau akuarium dapat mengenali pemiliknya. Perilaku mereka membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan penggemar akuarium.

ikan pacu

Gigi ikan pacu yang mirip gigi manusia

2. Asal Ikan Pacu

Ikan pacu berasal dari Amerika Selatan yang memiliki iklilm tropis dan subtropis. Habitat alami mereka adalah sungai, danau dan hutan banjir, membentang dari pedalaman Amazon ke lembah Sungai Plate (River Plate) atau Rio de la Plata.

Tetapi, disamping kenyataan bahwa tempat asal mereka yaitu Amerika Selatan, beberapa spesies Pacu dapat diketemukan di alam liar di seluruh dunia.

Hal tersebut merupakan hasil dari pelepasan ilegal ikan Pacu peliharaan ke alam liar setelah si pemilik menyadari bahwa ikannya telah tumbuh terlalu besar untuk ukuran akuarium mereka.

Saat ini, Pacu terdapat di alam liar mulai dari Amerika Serikat sampai Skandinavia, dan di beberapa wilayah, ikan peliharaan di akuarium ini menjadi spesies invasif serta menjadi ancaman bagi ekosistem.

3. Warna Ikan Pacu

Mereka terdiri dari banyak jenis ikan yang berbeda. Sehingga secara alami menjelaskan berbagai variasi dalam penampilannya, hal tersebut sangat membantu para expert membedakan antara spesies yang berlainan.

Tidak seperti banyak ikan air tawar yang cantik, Ikan Pacu juga bisa dibilang sedikit membosankan daripada dengan kerabat tropisnya yang memiliki beraneka warna.

Warna aksennya tergantung pada spesies tertentu, meskipun warna zaitun keabu-abuan menjadi warna utama. Misalnya, Pacu Bersirip Hitam atau Black-Finned Pacu akan memiliki tubuh yang sebagian besar berwarna hitam, sedangkan Pacu Perut Merah memiliki bagian bawah merah yang mencolok.

piranha bahasa inggris, b inggris ikan piranha, piranha english

Ikan Piranha

4. Cara Memelihara Ikan Pacu

Sebelum memutuskan memelihara pacu ada baiknya mengetahui cara pemeliharaan yang baik, karena mereka adalah spesies ikan air tawar yang bisa besar di dalam akuarium.

Bertentangan dengan kepercayaan yang cukup terkenal, bahwa beberapa spesies dapat mencapai panjang lebih dari 1 meter.

Biasanya pemilik baru yang tidak berpengalaman akan membeli ikan yang lebih muda dan akhirnya baru menyadari setelah ikan tersebut dewasa dan tidak dapat mengikuti perkembangan ukuran ikan yang besar serta sangat menuntut dari waktu ke waktu.

Pacu cocok hidup di akuarium yang besar dengan ukuran 567 liter atau lebih atau ditempatkan dalam kolam ikan luar ruangan yang besar.

Sebaik mungkin mendekorasi dengan simpel karena diketahui mereka terkadang menggunakan giginya untuk merusak aksesoris akuarium.

Mereka sangat kuat bahkan kadang bisa menjatuhkan penutup kaca akuarium disaat mereka sedang bersemangat.

Anda juga harus memperhatikan ukuran serta kekuatannya ketika membersihkan tangki.

Meskipun mereka adalah jenis ikan yang damai, mereka mempunyai insting ingin tahu serta memiliki gigitan yang sangat kuat. Bahkan ada beberapa laporan tentang penghobi yang terluka diakibatkan dari gigitan ikan pacu.

Mereka akan cocok di air yang memiliki nilai pH 6,0 hingga 8,0. Suhu air harus sekitar 23 hingga 27 derajat Celcius.

Dengan kata lain, pengaturan dasar akuarium air tawar sederhana akan sangat disarankan untuk Pacu, selama akuarium cukup besar untuk menampung mereka.

Untuk dekorasi, tanaman hidup merupakan satu-satunya hal yang tidak disarankan, karena Pacu akan dengan senang hati memakannya dalam waktu singkat.

5. Makanan Ikan Pacu

Kebanyakan mereka adalah omnivora serta pada habitat asalnya Pacu akan memakan apa saja mulai dari biji-bijian, daun-daun tanaman serta kacang-kacangan yang tersedia secara lokal sampai ikan maupun siput yang lebih kecil.

Sedangkan Ikan Pacu yang berada dalam masa remaja atau masih muda, pakan ikan serpihan bisa menjadi makanan utama mereka, tetapi seiring bertambahnya umur, nutrisi mereka akan lebih kompleks.

Idealnya, Berikan mereka pakan pelet berkualitas, divariasikan dengan pakan nabati dan cacing sesekali seperti cacing tubifex, atau cacing darah.

Sementara beberapa spesies ikan pacu memang nampak seperti piranha, tetapi sebenarnya mereka adalah herbivora dan ikan yang cinta damai.

6. Ikan Pacu Albino

ikan pacu albino, ikan pacu albino besar, makanan ikan pacu albino, ikan paku merah, harga ikan pacu albino 5 jari, pakan ikan pacu albino, ikan dolar paku, beda ikan pacu dan bawal, ikan pacul, ikan bawal pacu albino, jenis ikan pacu, ikan pacu dan bawal

Ikan Pacu Albino

Ikan Pacu Albino adalah ikan yang baru-baru ini memasuki pasarkan dari peternakan komersial di mana mereka dibesarkan yang tujuan utamanya adalah sebagai ikan makanan.

Pacu Merah akan memakan hampir semua makanan makanan siap saji maupun makanan beku di akuarium, namun harus ditawarkan juga makanan yang dengan variasi yang banyak mengandung bahan-bahan nabati. Baca Juga : Ikan Bawal Putih

7. Budidaya Ikan Pacu

Mengembangbiakkan ikan pacu dalam akuarium di rumah sangat sulit serta tidak banyak literatur yang membahas tentang hal ini.

8. Benarkah Ikan Pacu Bisa Dimakan?

Ya, Ikan Pacu bisa dimakan. Di daerah sungai Amerika Selatan sangat terkenal sebagai sumber makanan.

Cara memasak ikan pacu biasanya dipanggang dengan api sedang. Pastikan tidak terlalu banyak area yang hangus atau gosong. Balik dan lumuri saus secara bebas pada kulit. Lanjutkan memanggang dengan api kecil hingga matang.

error: