15 Fakta Tentang Ikan Pari yang Unik

Posted on

daftarhewan.com. Ikan pari, dengan tubuhnya yang lebar dan rata, mungkin tidak terlihat seperti ikan, tetapi memang mereka adalah ikan. Catatan fosil tentang ikan pari diduga berasal periode Jurassic, 150 juta tahun yang lalu.

Tubuh mereka ditopang oleh tulang rawan, bahan yang sama yang kamu rasakan ketika merasakan ujung hidung. Merupakan salah satu dari sejumlah ikan bertubuh datar yang terkenal dengan duri panjang dan tajam di ekornya. Salah satu spesies air tawar mereka merupakan ikan termahal di dunia.

Mereka kadang-kadang masuk dalam satu family yaitu Dasyatidae – Whiptail stingrays (Ikan pari sengat), tetapi sering dipisahkan menjadi dua keluarga, Dasyatidae dan Urolophidae.

Baca Juga:   Migrasi Ikan Salmon, Pengertian dan Tujuannya

Ikan pari hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran dan merupakan salah satu makhluk paling indah di laut, Tetapi, mereka terlihat sedikit aneh. Berikut ini adalah fakta tentang ikan pari berikut ini:

Ikan pari, apakah ikan pari boleh dimakan, asal usul ikan pari, apakah ikan pari halal, apakah ikan pari beracun, kisah ikan pari apa itu ikan pari, apakah ikan pari bisa dimakan, rasa ikan pari, kenapa ikan pari tidak boleh dimakan, kenapa ikan pari berbau pesing, mata ikan pari dimana, tentang ikan pari
Ikan pari – via : wikimedia.org

Fakta Ikan Pari

1. Apakah Ikan pari berbahaya? Mereka tidak agresif. Mereka adalah hewan yang ingin tahu dan suka bermain ketika ada penyelam dan perenang snorkel di sekitar, dan jika mereka merasa terancam insting pertama mereka adalah berenang menjauh.

Tetapi seperti semua kehidupan laut, orang harus menghormati ruang pribadi ikan-ikan ini.

Mereka memiliki duri berbisa di ekornya. Jika Anda tidak sengaja menginjaknya, ia mungkin merespons dengan menusukkan ekornya ke kaki Anda.

Racun dan fragmen tulang belakang dapat menyebabkan luka infeksi. Sengatan ikan pari biasanya menyebabkan rasa sakit yang hebat, mual, lemas, dan pingsan.

2. Apakah ikan pari boleh dimakan? Ya, Anda bisa memasaknya. Meski tampilannya tidak menggugah selera, karena bisa disebut anatominya yang aneh, tidak sulit dibersihkan. Dan, mereka juga bisa dibuat makanan yang lezat. (Sumber : floridasportsman.com)

3. Pari dan Ikan skate (skates fish) adalah ikan pipih yang berkerabat dekat dengan hiu. Semua termasuk dalam kelompok ikan yang disebut Elasmobranchs.

Baca Juga:   30 Akuarium Ikan Hias untuk Dekorasi di Dalam Rumah

4. Ikan ini cukup unik karena mereka tidak memiliki tulang di tubuh mereka, kerangka mereka terbuat dari tulang rawan yang fleksibel (bahan lentur yang mirip seperti yang terdapat pada telinga dan hidung manusia).

5. Meskipun terlihat hampir identik, ikan yang disebut ray ini dan ikan skate sebenarnya berbeda. Bersifat ovovivipar, artinya yang muda menetas dari telur yang disimpan di dalam tubuh induknya, sedangkan ikan skate bersifat ovipar, artinya mereka bertelur dan telur ini dilindungi oleh cangkang persegi panjang yang keras yang sering disebut dompet “putri duyung”.

6. Ada berbagai jenis ikan yang termasuk pari: pari listrik, pari kupu-kupu, pari bulat, pari manta, sawfish dan guitarfish.

7. Ikan pari menggunakan indera keren mereka untuk mencari makanan. Lubang khusus berisi gel di bagian depan wajah mereka, (disebut Ampulae of Lorenzini), memungkinkan mereka menangkap sinyal listrik dari hewan lain saat mereka bergerak.

Mata mereka berada di bagian atas tubuh mereka dan mulut serta insang mereka dapat ditemukan di bawahnya, jadi di kedalaman yang lebih gelap atau sungai keruh, indera elektromagnetik ini sangat berguna untuk mencari mangsa.

8. Banyak ikan pari suka hidup sendiri dan hanya berkumpul untuk berkembang biak dan bermigrasi.

Beberapa pari terbesar seperti pari manta dan Rhinoptera bonasus (Cownose ray) tidak pernah berhenti berenang dan bermigrasi dalam jumlah ribuan ke tempat mencari makan setiap tahun.

Kelompok besar ini dapat mencapai hingga 10.000 individu dan dikenal sebagai “fever”.

9. Pari melindungi diri dengan duri berbisa atau duri di ekornya. Ikan skate mengandalkan tonjolan berduri di punggung dan ekornya.

Baca Juga:   7 Hewan yang Bisa Terbang Selain Burung

10. Ikan pari dan ikan skate fish memakan krustasea, ikan kecil, siput, kerang, udang, dan makhluk kecil lainnya.

11. Predator alami mereka adalah hiu, anjing laut, singa laut dan ikan besar lainnya.

12. Pari elektrik diberi nama karena kemampuannya untuk menghasilkan dan melepaskan arus listrik yang kuat untuk menyetrum mangsa dan untuk pertahanan dari pemangsa potensial.

13. Pari dapat sangat bervariasi dalam ukuran. Ikan pari terkecil adalah ikan pari elektrik hidung pendek yang mempunyai lebar kurang lebih 10 cm dan beratnya sekitar 400 g.

14. Pari manta laut adalah ikan pari terbesar dengan rentang sayap hingga 7 m dan berat 2.000 kg (2 TON).

gambar ikan terbang, ikan pari terbang, foto ikan terbang, ikan terbang adalah, www ikan terbang, ikan terbang yang paling besar, ikan terbang yang pernah ditemukan, nama ikan terbang, ikan terbang yang tepat

Salah satu ikan air tawar yang paling umum adalah ikan pari sungai, dan induk akan melahirkan bayi hidup, yang disebut pups.

15. Terancam Punah. Jumlah mereka menurun. Penangkapan ikan yang berlebihan, hilangnya habitat, dan perubahan iklim merupakan ancaman utama bagi pari.

Baca Juga:   10 Hewan yang Bernapas dengan Insang Selain Ikan

Mereka juga diburu untuk diambil insangnya (digunakan untuk makan) untuk digunakan dalam pengobatan Cina.

Saat ini, 539 spesies pari yang dinilai berada di bawah Daftar Merah IUCN, dan 107 diklasifikasikan sebagai terancam punah.