Home » Ikan » 7 Jenis Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

7 Jenis Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

daftarhewan.com. Area yang lembab dan memiliki genangan air, kerap menjadi markas besar bagi nyamuk. Karena itulah, pemilik akuarium atau kebun dengan kolam ikan, perlu memelihara jenis-jenis ikan pemakan jentik nyamuk, untuk memutus siklus hidup makhluk penghisap darah tersebut.

Hanya saja, selain memakani jentik nyamuk dan memburu nyamuk dewasa di tepi kolam, sebagian jenis ikan juga menyantap berudu a.k.a kecebong. Maka, jika Anda termasuk pemilik kebun yang ingin menjaga ekosistem alami dan mempertahankan eksistensi katak, berikut ini 7 jenis ikan yang makan nyamuk, yang tidak memangsa berudu:

Ikan yang suka dan doyan jentik nyamuk

1. Ikan mas

ikan pemakan jentik2 nyamuk, ikan pembersih jentik nyamuk, ikan pembersih dan pemakan nyamuk di kolam

Dalam kontes hewan peliharaan, berbagai varietas ikan mas kerap tampil dengan beragam rupa dan warna. Namun, ikan mas di alam tidak semencolok saudara-saudara mereka yang dipelihara oleh para pehobi. Secara alami., ikan mas berwarna kuning keabu-abuan atau silver, dan dapat tumbuh hingga 45 cm.

Ikan mas lebih menyukai kondisi air yang tenang, sehingga mereka dapat menangkap jentik dengan mudah. Ikan mas juga dapat bertahan dalam air dingin, dan memiliki toleransi tinggi terhadap pH dan tingkat kesadahan.

Karakter ikan mas pun cenderung tenang dan bisa hidup berdampingan dengan spesies ikan lainnya.

2. Ikan cere

ikan yang makan nyamuk, ikan nyamuk, ikan yang memakan jentik nyamuk, ikan yang suka jentik nyamuk, ikan yang doyan jentik nyamuk, ikan yang suka memakan jentik nyamuk, ikan yang bisa memakan jentik nyamuk

Dalam satu jam, ikan cere (tampele / ikan seribu) mampu menyantap hingga 160 ekor jentik nyamuk. Kelihaian tersebut membuat ikan cere juga populer dengan nama mosquitofish. Spesies ini berasal dari Amerika Serikat bagian timur, hingga ke selatan wilayah Alabama, dan Texas di bagian barat.

Dari segi fisik, ikan cere betina berukuran lebih besar dari jantan, dan dapat tumbuh mencapai 4 cm, sedangkan jantan hanya sekitar 2,5 cm. Di luar masa kehamilan, ikan cere betina berwarna abu-abu kusam, dengan postur tubuh ramping, sementara ikan cere jantan bertubuh lebih gempal dan berwarna lebih cerah.

Baca Juga:   Jenis Ikan Hias Asli Indonesia dan Nama Latinnya

Memelihara ikan cere untuk menghabisi jentik nyamuk terhitung sangat efektif karena ikan cere hidup di air yang tenang dan mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan, bahkan dalam suhu 3-30°C.

Namun, ikan cere cenderung agresif, dan sebaiknya hanya hidup berdampingan dengan sesama spesiesnya. Mereka dapat berkembang biak dengan mudah, namun kerap memakani ikan-ikan cere kecil jika tidak dipisahkan.

3. Ikan guppy

ikan apa saja yang memakan jentik nyamuk, ikan apa yang memakan jentik nyamuk, ikan apa yang suka memakan jentik jentik nyamuk, ikan jentik nyamuk, jenis ikan yang memakan jentik nyamuk, ikan nyamuk laut, ikan makan nyamuk, ikan pemakan nyamuk, ikan pengusir nyamuk

Populer sebagai ikan hias, guppy tersedia dalam aneka warna, corak, dan bentuk sirip. Ikan guppy berasal dari Karibia, dan masih berkerabat dengan ikan cere dalam satu famili yang sama.

Di alam liar, ikan guppy memiliki bintik-bintik hitam yang tidak beraturan, serta bercak warna-warni, seperti merah, biru, dan hijau pada sisi tubuhnya. Namun, warna ikan guppy betina tidak semanarik jantan, dan berukuran lebih besar. Panjang betina dapat mencapai 6 cm, sementara jantan hanya sekitar 3 cm.

Untuk hidup dengan optimal, ikan guppy memerlukan rentang suhu antara 20-24°C. Mereka juga dapat tumbuh dengan baik di air dengan tingkat kesadahan yang tinggi.

Ikan guppy bersifat komunal dan dapat hidup berdampingan dengan ikan lain, seperti ikan cere. Namun, mereka juga kerap memakani anak-anak mereka yang masih sangat kecil.

4. Ikan Minnow

ikan pembasmi nyamuk, ikan pemangsa nyamuk, ikan untuk nyamuk, ikan buat nyamuk, ikan cupang nyamuk, ikan pemakan nyamuk di kolam, ikan digigit nyamuk, ikan yang dapat memakan jentik nyamuk, ikan jentik nyamuk, jenis ikan yang memakan jentik nyamuk

Dengan ukuran yang imut-imut, hanya sekitar 3 cm, ikan minnow sangat fungsional. Mereka sering kali menjadi umpan untuk memancing, namun juga dapat memakani jentik nyamuk yang menetas di lingkungan hidupnya.

Bentuk tubuh ikan minnow cenderung ramping dan padat. Mereka tersedia dalam berbagai warna, namun umumnya berwarna cokelat tua di bagian punggung, dengan warna kehijauan dan garis gelap dari insang hingga ekor.

Baca Juga:   12 Jenis Ikan Mas Koki Keren dan Tips Perawatannya

Suhu optimal bagi ikan minnow berkisar antara 15-22°C. Mereka membutuhkan air tawar yang lengkap dengan tanaman, namun harus tetap memiliki ruang yang cukup lapang untuk berkeliaran. Terutama, karena ikan minnow kerap bergerak dengan lincah dalam kawanan, dan biasanya mencari makanan di dekat permukaan.

Meski mudah berkembangbiak, ada baiknya Anda memelihara ikan minnow tanpa spesies lainnya, karena ukuran tubuh yang kecil membuat mereka menjadi sasaran empuk bagi ikan yang lebih besar.

5. Ikan Koi

warna kolam ikan koi, bentuk kolam ikan koi yang ideal, kolam ikan koi yang sehat, kolam ikan koi terindah, kolam ikan koi yg bagus, kolam ikan koi yg baik, kolam yang cocok untuk ikan koi, kedalaman kolam ikan koi yang ideal, kolam minimalis ikan koi, kolam ikan koi modern

Masih satu keluarga dengan ikan mas, koi dikembangbiakkan menjadi ikan hias dengan warna dan pola yang khas. Di Jepang, warna dan pola koi memiliki nama yang spesifik, seperti kohaku, showa, tancho, dan sebagainya.

Dapat dikatakan, koi merupakan ikan peliharaan yang sempurna. Mereka cukup jinak untuk menerima makanan dari tangan manusia, namun juga aktif memakani jentik nyamuk yang menetas di kolam.

Dalam kondisi ideal, seekor koi bisa tumbuh hingga mencapai lebih dari 90 cm. Tercatat, mereka juga dapat hidup lebih lama dari manusia, bahkan ada yang pernah menginjak usia 200 tahun. Namun, koi pada umumnya bertahan hidup sekitar 50 tahun.

6. Ikan Zebra Danio

ikan yang makan nyamuk, ikan yang memakan jentik nyamuk, ikan yang suka jentik nyamuk, ikan yang doyan jentik nyamuk, ikan yang suka makan nyamuk, ikan yang suka memakan jentik nyamuk, ikan yang bisa memakan jentik nyamuk, ikan anti nyamuk, ikan buat nyamuk

Sesuai namanya, zebra danio memiliki corak bergaris, yang sekilas berwarna hitam putih. Namun, jika Anda amati lebih dekat, warna tubuh mereka lebih mendekati biru dan warna emas yang indah.

Ikan yang berasal dari timur laut India ini, memiliki postur tubuh yang kecil dan ramping, dengan panjang sekitar 5-7,5 cm, dengan ukuran betina yang lebih besar, dan cenderung berwarna silver.
Tidak hanya jentik, zabra danio juga kerap memakani pupa nyamuk di permukaan air.

Baca Juga:   17 Penyakit Ikan Mas Koki, Gejala dan Cara Mengatasinya

Sementara pada aspek lingkungan, mereka tidak membutuhkan pH dan tingkat kesadahan tertentu, namun lebih menyukai air tawar yang dangkal dan dinamis, serta terpapar oleh sinar matahari. Mereka juga membutuhkan tanaman, namun tetap dengan ruang yang lapang, dan dasar kerikil untuk pemijahan.

Meski cukup aktif, zebra danio dapat hidup berdampingan dengan jenis ikan lainnya, terutama jika mereka masih ada hubungan kekerabatan.

7. Ikan Mujair (Tilapia)

ikan yang makan nyamuk, ikan yang memakan jentik nyamuk, ikan yang suka jentik nyamuk, ikan yang doyan jentik nyamuk, ikan yang suka makan nyamuk, ikan yang bisa memakan jentik nyamuk, ikan anti nyamuk, ikan buat nyamuk, ikan pemakan nyamuk di kolam, ikan yang dapat memakan jentik nyamuk, ikan jentik nyamuk, jenis ikan yang memakan jentik nyamuk, ikan pengusir nyamuk, ikan pembasmi nyamuk, ikan pemangsa nyamuk

Termasuk ikan konsumsi yang paling digemari, tilapia (mujair / nila) berasal dari Timur Tengah dan sebagian besar wilayah Afrika.

Ikan ini memiliki kepala besar, tubuh yang tebal, sirip yang panjang, dengan bentuk ekor yang agak membulat.

Sementara dari segi warna, tilapia bisa sangat bervariasi, tergantung jenisnya. Hal ini juga berlaku pada ukuran tubuh mereka yang berkisar antara 12-20 cm, tanpa perbedaan antara jantan dan betina di luar masa kahamilan.

Terbilang mudah beradaptasi, tilapia cukup toleran terhadap segala kondisi air tawar. Tidak hanya air tenang, mereka juga dapat hidup pada genangan air.

Bahkan, tilapia juga ditemukan pada danau soda yang panas di Afrika, dengan kedalaman hanya beberapa inci. Beberapa varietas dapat tumbuh optimal dalam suhu medium, namun ada pula yang dapat mentoleransi suhu setinggi 32°C.

Kendati demikian, untuk memelihara ikan tilapia, Anda membutuhkan tangki atau kolam yang cukup dalam, dengan banyak tanaman, bebatuan, atau batang kayu. Mereka termasuk ikan komunal, namun Anda perlu mensortir beberapa varietas tilapia yang cukup agresif atau sebaliknya, dapat hidup harmonis dengan spesies lain.

Kesimpulan

Ikan-ikan pemakan jentik nyamuk pada daftar di atas, cenderung membiakan berudu hidup dan mendukung eksistensi katak di kebun Anda. Dan, yang terpenting, mereka tidak hanya fungsional, namun juga memiliki nilai estetis untuk menjadi penghuni kolam dan akuarium.

error: